in

Jangan Bingung Lagi Lagu BTS Berjudul Dynamite Ciptaan Siapa!

Prestasi lagu bahasa Inggris pertama BTS yang berjudul Dynamite ini memang tidak main-main karena berhasil mendunia. Para personel Bangtan Boys menjadi idola K-pop pertama yang berhasil merajai tangga lagu Hot 100 Billboard. Dynamite juga bertahan di posisi puncak selama dua pekan berturut-turut. Pencapaian tersebut pun menjadi sejarah baru dalam dunia industri musik Korea. Namun, masih ada yang belum tahu lagu BTS berjudul Dynamite ini ciptaan siapa. Padahal lagu ini trending YouTube hampir di seluruh negara.

BTS menjadi salah satu grup yang mampu mencapai peringkat teratas di Billboard Hot 100 pada pekan pertama perilisan lagunya. Fakta menariknya adalah hanya sedikit lagu yang pernah melakukan hal yang serupa dengan lagu Dynamite. Ini berdasarkan laporan Forbes. Beberapa grup sebelum BTS adalah Boys II Men pada tahun 1995. Lalu, ada grup R&B 112 dan Aerosmith yang menjadi grup rock pertama yang meraih prestasi tersebut. Terakhir, ada The Jonas Brothers yang sukses meraih prestasi ini pada tahun 2019 setahun sebelum BTS.

RM, Jin, Suga, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook mengaku tidak pernah memperkirakan Dynamite benar-benar meledak begitu hebat di dunia. Apalagi di negara Amerika Serikat. RM yang merupakan leader BTS ini mengungkapkan bahwa pencapaian mereka ini terjadi berkat usaha, kerja keras, serta ketulusan mereka dalam beberapa tahun terakhir. Lebih lanjut, idola kelahiran tahun 1994 ini menilai Dynamite bisa menjadi hit karena lagu tersebut sepenuhnya berbahasa Inggris. Alasan lainnya adalah lagu tersebut memiliki genre pop disko yang sangat familiar di Amerika Serikat. Selain itu, melodi lagu yang ceria dan sederhana menjadi alasan mengapa Dynamite sangat disukai banyak orang di dunia.

Jangan Bingung Lagi Lagu BTS Berjudul Dynamite Ciptaan Siapa! K-Pop
Gambar: Penulis lagu Dynamite milik BTS adalah Jessica Agombar dan David Stewart

Apabila masih ada yang belum tahu lagu Dynamite ciptaan siapa, maka jawabannya adalah David Stewart dan Jessica Agombar. Sementara, BTS tidak berpartisipasi secara langsung dalam pembuatannya. Dynamite juga merupakan lagu pertama bagi kedua penulis lagu tersebut yang sukses meraih peringkat teratas di Billboard Hot 100. Adapun lagu yang mereka ciptakan sebelumnya adalah lagu What a Man Gotta Do yang dibawakan oleh Jonas Brothers. Kendati begitu, ketujuh personel BTS mengaku bahwa mereka langsung jatuh hati ketika mendengar aransemen dan lirik lagu Dynamite. Mereka mengatakan bahwa langsung jatuh hati saat mereka mendengarkanya masih dalam versi demo. RM mengatakan bahwa mereka berpikir musik tersebut sangat bagus dan memutuskan untuk membawakannya. Mereka berpikir untuk mencoba sesuatu yang baru dalam situasi pandemi.

Pemerintah Korea Selatan memperkirakan dampak yang mereka rasakan atas prestasi yang diperoleh BTS lewat lagu Dynamite yang ingin kita ketahui ciptaan siapa ini pada 7 September 2020. Lagu yang sukses menguasai peringkat pertama tangga lagu Billboard Hot 100 ini memberikan dampak positif pada perekonomian negara. Peningkatan hingga 1,7 triliun won atau sekitar Rp 21,1 triliun berdasarkan laporan yang diterbitkan Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata. Kementerian tersebut bersama Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea mengatakan bahwa pencapaian tersebut diproyeksikan menghasilkan 1,23 triliun won di sektor produksi. Tidak hanya itu ada juga nilai tambah sekitar 480 miliar won. Pencapaian lainnya adalah sekitar 8.000 pekerjaan dapat dilaksanakan karena BTS masuk dan merajai tangga lagu Billboard Hot 100. Ini berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata. Kementerian tersebut bersama Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea. Itulah 4 fakta soal lagu Dynamite milik BTS yang sangat populer.

Ini cerita dari pencinta lagu Dynamite agar tidak ada yang bingung lagi tentang ciptaan siapa:

1. Proses Pembuatan Lagu

Jangan Bingung Lagi Lagu BTS Berjudul Dynamite Ciptaan Siapa! K-Pop
Gambar: RM, Jin, Suga, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook raih banyak prestasi lewat Dynamite

Jessica Agombar menceritakan bagaimana proses pembuatan lagu Dynamite yang sukses mencetak sejarah baru di panggung Billboard. BTS pun sukses menjadi artis Korea Selatan pertama yang menguasai tangga lagu Hot 100 Billboard. Tidak hanya itu Dynamite bahkan bertahan di sana dua pekan berturut-turut. Ia juga mengungkapkan bahwa tujuan diciptakannya lagu Dynamite adalah untuk menangkap energi dan antusiasme dari BTS. Idola dunia asal Korea Selatan tersebut tampil dengan penuh kegembiraan dalam lagu yang berdurasi 3:45 menit. Jessica tidak sendirian. Dia menciptakan Dynamite bersama dengan David Stewart yang merupakan seorang produser musik.

2. Faktor Pendukung Kesuksesan

Jessica Agombar berpendapat bahwa banyak hal yang menjadi faktor pendukung kerja sama itu terjadi sampai akhirnya Dynamite pun mencetak sejarah. Pertama, kerja sama yang baik antara dirinya dengan David Steward yang telah terbentuk selama bertahun-tahun. Kedua, Pemberitahuan tentang BTS yang ingin menyiapkan lagu berbahasa Inggris penuh dari Ron Perry yang merupakan CEO Columbia Records dan publisher Stellar Songs. Setelah mendengarkan hal tersebut, Jessica dan David langsung berpikir apa yang mereka perlu katakan saat ini untuk menyemangati dunia. Hal tersebut memerlukan sesuatu yang penuh energi, kebahagiaan dan harapan.

3. Telepati Kedua Penulis Lagu

Jessica dan David selalu mengatakan bahwa mereka memiliki telepati. Lantaran keduanya memang telah bekerja bersama salama bertahun-tahun. Tidak jarang keduanya sering mengucapkan suatu hal yang sama secara berbarengan. Sehingga, saat menyiapkan lagu ini pun mereka sama-sama setuju bahwa lagu ini perlu menjadi sebuah ledakan yang menyenangkan. Sehingga muncullah kata Dynamite yang dalam pikiran Jessica kembang api seperti lagu milik Katy Perry. Jessica pun memikirkan tentang ide ledakan, kembang api, pesta, menyenangkan, dan mengambil alih dunia. Semua itu bersatu menjadi penuh energi.

Jangan Bingung Lagi Lagu BTS Berjudul Dynamite Ciptaan Siapa! K-Pop
Gambar: Potret ketujuh personel BTS dalam musik video lagu Dynamite (Sumber: https://img2.yna.co.kr/photo/yna/YH/2020/08/21/PYH2020082110610000500_P2.jpg)

4. Memantau Media Sosial

Jessica mengaku bahwa dirinya berulang kali mengecek media sosial untuk memantau apa yang dilakukan penggemar BTS atau yang akrab disapa ARMY. Hal tersebut dilakukan selama menyiapkan lagu Dynamite. Menurutnya, dia belum pernah melihat fanbase seperti ARMY yang dengan rela seolah menjadi Artist and repertoire sekaligus Public Relations bagi BTS. Akhirnya, Jessica dan David mulai menulis lirik dalam bahasa Inggris. Mereka tidak merasa khawatir terhadap rintangan bahasa mengingat bahasa utama tujuh member BTS adalah Korea. Adapun cara mereka menyiasati lirik lagu agar lebih bersahabat adalah dengan mengubahnya beberapa kali. Jessica berpendapat bahwa Dynamite sebagai single pertama berbahasa Inggris merupakan hal besar. Sehingga mereka sepakat untuk membuatnya benar-benar berbeda agar semua orang mengingatnya dengan tema musim panas, positif, dan penuh semangat.

5. Idenya Diterima Big Hit Entertainemt

Jessica dan David menyampaikan pendapat mereka melaui Ron Perry kepada Big Hit Entertainment. Beruntungnya adalah BTS menyukai ide tersebut. Hanya dalam beberapa pekan setelah mereka melakukan beberapa kali penyesuaian lirik. Itu pun dilakukan secara daring pada sebagian besar proses pembuatan lagu. Jessica dan David mengaku tidak menyangka bahwa lagu Dynamite sukses mencetak sejarah baru di dunia musik. Hal tersebut tentu saja menjadi kisah yang tidak akan pernah bisa dia lupakan. Jessica mengatakan bahwa melihat kesuksesan lagu ciptaannya tersebut membuat dirinya merasa telah melakukan hal yang benar. Jadi kalau masih ada yang bingung lagu Dynamite ciptaan siapa, maka jangan lupa lagi mereka adalah David Stewart dan Jessica Agombar.

Itulah artikel mengenai “Jangan Bingung Lagi Lagu BTS Berjudul Dynamite Ciptaan Siapa!”. Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Manga-Manga Dengan Jumlah Penjualan Terbesar Sepanjang Masa

Respons SBS Setelah Joseon Exorcist Dikritik Tampilkan Hidangan China

Drama Joseon Exorcist Baru Dua Episode Sudah Alami Kontroversi