in

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya

Sumber Gambar: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/06/04/facial-siput-1_43.jpeg?w=600&q=90

Jadi cantik merupakan dambaan semua orang termasuk banyak sekali wanita di indonesia. Sayangnya standar kecantikan seringkali sudah ditentukan dalam setiap negara. Misalnya saja di indonesia mereka yang memiliki kulit putih, tinggi, dan juga berbadan langsing, merupakan mereka yang bisa dikategorikan sebagai cantik. Tidak jarang, beberapa wanita melakukan tips kecantikan aneh yang berbahaya hingga viral.

Berbicara soal tren kecantikan, ternyata ada beberapa tren yang tidak boleh diikuti loh. Bukan hanya aneh namun juga berbahaya untuk kulit dan kesehatan wajah anda. Apa saja tren yang dimaksud? Dalam artikel berikut ini informasinya.

Complexion dengan Tepung Jagung

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya Kecantikan

Sumber Gambar: Timesofindia.indiatimes.com

Tips pertama yang harus dihindari dan sempat ramai baik dilakukan oleh beauty vlogger di luar negeri, yaitu menggunakan tepung jagung untuk baking wajah atau untuk make up. Sehingga tampilan dari make up lebih tahan lama. Ternyata tidak sedikit beauty vlogger yang mencoba berbagai produk aneh untuk menampilkan make up yang bagus dan unik. Salah satunya dengan menggunakan tepung jagung ini.

Tujuannya agar produk complexion menjadi lebih tahan lama. Ternyata tips ini tidak boleh anda ikuti, karena pada dasarnya produk makanan tidak dibuat untuk di wajah. Bahkan bisa saja menimbulkan alergi ataupun reaksi lain seperti berjerawat dan juga iritasi. Selain itu tepung jagung masuk ke dalam salah satu tepung dengan protein yang cukup tinggi dan juga serbuk yang sangat halus, sehingga mungkin terlihat bagus untuk digunakan. Tetapi tepung ini tidak untuk diaplikasikan secara langsung.

Cleansing oil 15 menit

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya Kecantikan

Sumber Gambar: Allure.com

Selanjutnya, tren perawatan dan kecantikan yang berbahaya yaitu membersihkan wajah dengan cleansing oil selama 15 menit. Beberapa waktu lalu banyak yang mengatakan bahwa mereka dapat menghilangkan jerawat dan juga masalah di kulit. Dengan menggunakan cleansing oil yang digunakan untuk exfoliating selama 15 menit. Ternyata efek samping adalah iritasi dan juga jerawat semakin banyak timbul karena adanya exfoliating ataupun pembersihan sel kulit mati berlebihan.

Selain itu masing-masing orang juga memiliki tipe dan juga karakter kulit yang berbeda-beda. Nyatanya cleansing oil berguna untuk membersihkan make up. Namun bukan berarti membantu mengeluarkan sel kulit yang ada, sehingga bahan kimia tersebut terlalu keras. Pada akhirnya menyebabkan kulit menjadi iritasi sehingga tips kecantikan yang berbahaya satu ini sangat bahaya dan jangan diikuti.

Primer untuk Riasan

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya Kecantikan

Sumber Gambar: boots.com

Banyak orang yang sangat senang menggunakan make up untuk membantu menyamarkan atau bahkan menutupi kekurangan yang ada di dalam wajah. Salah satunya yaitu produk primer. Tujuan dari penggunaan produk primer sendiri memang untuk membantu menutupi pori-pori yang besar, dan menghasilkan riasan yang menjadi lebih halus.

Sehingga terlihat lebih halus dan sempurna. Sayangnya, bagi anda yang ketagihan untuk menggunakan primer, ternyata hal tersebut masuk ke dalam hal yang buruk. Karena jika permukaan kulit tertutup maka akan ada banyak minyak serta keringat yang tidak bisa keluar. Penggunaan primer bisa jadi jebakan bagi banyak orang,karena bisa menyuguhkan riasan yang cantik namun merusak wajah.

Pada akhirnya terjebak di permukaan kulit hal ini tentu saja membuat pori-pori menjadi tersumbat, dan menyebabkan masalah pada kulit wajah. Selain iritasi ataupun jerawat yang tidak kunjung selesai. Gunakanlah primer untuk riasan bold atau acara sesekali saja.

Lipstick Matte

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya Kecantikan

Sumber Gambar: Nolisoli.ph

Tren lainnya yang berbahaya untuk kulit wajah yaitu adanya penggunaan lipstick matte, yang dapat membuat bibir menjadi lebih hitam. Penggunaan lipstick matte memang menjadi tren di kalangan para wanita khususnya di tahun 2018 hingga 2019. Hal ini dikarenakan formula lipstik matte membuat bibir menjadi lebih kering dan tentu saja terlihat berisi.

Sayangnya kekurangan dari lipstik matte yaitu membuat bibir menjadi lebih hitam. Karena adanya penggunaan pigmentasi yang cukup tinggi disertai dengan ketahanan yang sangat besar. Bahan kimia yang ada pada produk inipun tidak main-main. Lipstick matte memang memberikan tampilan yang menarik bagi penggunanya. Terutama jika anda tidak memiliki bibir yang berisi.

Sehingga merusak warna alami dari bibir. Untuk itu jika anda memang ingin menggunakan lipstik cobalah untuk berganti antara lipstik yang menutrisi. Misalnya saja lip gloss, lip balm, dan sekali diperbolehkan untuk menggunakan lipstik matte. Selain itu jangan lupa rawat bibir anda dengan menggunakan bahan alami misalnya saja gula, madu, dan juga strawberry.

Pembersih Wajah Scrub

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya Kecantikan

Sumber Gambar: Kishmishorganic.com

Beberapa tahun belakangan cukup banyak para wanita yang mencoba untuk membeli pembersih wajah yang mengandung mereka menganggap bahwa dengan scrub. Maka dapat membantu menghilangkan kulit mati serta menghaluskan kulit yang ada di wajah. Ternyata hal ini salah atau bahkan justru berbahaya scrap justru bisa merusak tekstur kulit. Akhirnya banyak bagian kulit dalam yang terbuka dan bakteri lebih mudah untuk masuk.

Selain itu bagi anda yang memiliki kulit sensitif atau pun berjerawat penggunaan pencuci muka, dengan berbahan scrub mungkin terasa nyaman, dan membantu menghilangkan adanya minyak. Tetapi sebenarnya scrub tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tipis, dan sinar matahari serta bakteri lebih mudah untuk masuk.

Apabila anda ingin scrubbing ataupun ingin menghilangkan sel kulit mati yang ada di dalam wajah. Lakukan selama satu minggu satu kali saja dan jangan dilakukan secara rutin.

Peel Off Mask

Jangan Ditiru! Inilah 6 Tips Kecantikan Aneh yang Berbahaya Kecantikan

Sumber Gambar: SehatQ.com

Terakhir tren kecantikan yang aneh dan berbahaya untuk kulit khususnya untuk wajah yaitu penggunaan peel off mask. Sebenarnya penemuan peel off ini,awalnya dilakukan oleh beberapa perusahaan masker di mana para penggunanya hanya tinggal mengaplikasikan maskernya. Kemudian tanpa perlu memilih satu mencucinya saat mengering anda bisa langsung melepaskan masker tersebut yang menempel di wajah.

Tujuannya masker tersebut memiliki perkataan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menghilangkan komedo ataupun sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Namun kenyataannya cukup banyak oknum yang memasukkan bahan penggunaan peel off mask, bahkan ada yang membuat sendiri masker tersebut. Dengan bahan-bahan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tentu saja berbahaya.

Beberapa beauty vlogger di luar negeri percaya bahwa peel off mask, dapat dibuat hanya dengan menggunakan lem saja tentu saja tren ini sangat tidak masuk akal. Karena kita tahu bahwa penggunaan lem sendiri merupakan bahan kimia yang sangat kuat sehingga berbahaya untuk kulit terutama di wajah. Jangan coba untuk ikuti tren ini karena bisa menyebabkan iritasi bahkan masalah kulit lainnya.

Idealnya kecantikan haruslah aman dan sehat. Bukan hanya sekedar putih dan cerah saja. Namun tren kecantikan harus memiliki bahan yang juga aman, dan bukan sekedar mengikut tips kecantikan yang berbahaya. Penggunaan riasan ataupun produk perawatan bukan hanya digunakan untuk sekarang saja. Melainkan untuk jangka waktu kedepannya sehingga wajah tampak sehat dan terawat.

Untuk tips merawat kulit atau tips cantik lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Beauty

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Beauty

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Destinasi Wisata Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi

9 Kuliner Khas Lampung Yang Wajib Kamu Coba