in

Jenis Hewan Peliharaan Yang Bisa Melengkapi Rumah Kamu

Rumah biasanya ditinggali oleh sekelompok manusia, biasanya oleh keluarga. Namun, di keluarga yang modern biasanya dilengkapi dengan hewan pendamping. Memelihara hewan peliharaan dapat menjadi sesuatu yang positif di dalam rumah. Memiliki hewan peliharaan juga dapat membawa kebahagiaan sendiri dalam rumah. Walaupun, memelihara hewan peliharan juga tidak semudah yang dibayangkan, tetapi dengan memiliki hewan peliharan, kehidupan dalam satu rumah terasa lebih lengkap dan terpenuhi. Apalagi kalau rumah kamu memiliki ruang yang cukup untuk mengurus hewan peliharaan. Kamu akan merasa lebih leluasa dan tenang dalam mengurus hewan tersebut. Tidak hanya itu, dengan memiliki rumah sendiri, tidak akan ada orang yang melarang. Berbeda dengan tinggal di tempat lainnya seperti kos-kosan atau apartemen yang biasanya melarang hewan peliharaan. Jadi, kalau kamu memiliki rumah sendiri, mungkin hewan peliharaan dapat menjadi konsiderasi di rumah kamu. Setiap rumah akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya hewan peliharaan, apapun jenis hewan peliharaan tersebut.

Memilih hewan peliharaan memang mudah, tetapi untuk mengurus hewan tersebut adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Kamu perlu menyesuaikan gaya hidup, waktu, dan keuangan kamu untuk merawat hewan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih hewan peliharaan. Saat ini pun, ada banyak jenis hewan peliharaan yang dapat kamu pilih untuk disesuaikan dengan situasi kamu. Hewan adalah tanggung jawab milik kamu. Karenanya, sudah sewajibnya kamu merawat dia dengan telaten. Hewan peliharaan bukan sekadar mainan yang dapat dibuang setelah kamu bosan. Kalau sudah memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, kamu harus berkomitmen untuk merawatnya sampai akhir. Mungkin bagi orang-orang yang belum pernah memiliki hewan di rumahnya akan merasa kebingungan. Nah, tetapi jangan khawatir karena dalam artikel kali ini, kami akan membahas beberapa jenis hewan peliharaan dan apa saja sih yang diperlukan untuk merawat mereka. Mari langsung saja kita simak di bawah ini.

Hamster

Bagi orang-orang yang tidak memiliki ruang yang cukup untuk hewan yang besar mungkin bisa memelihara hamster. Hal ini karena hamster tidak memakan banyak ruang dan kamu dapat dengan mudah mengurus lingkungan tempat tinggalnya. Biasanya hamster peliharaan hanya berkeliaran di sekitar kandang milik mereka yang berukuran tidak besar. Namun, jangan menyangka kalau mengurus hewan yang satu ini sangat mudah ya. Hewan kecil ini termasuk kategori hewan yang sensitif dan mudah stress. Jadi, kalau tidak dijaga dengan baik, bukan tidak mungkin hamster tersebut merasa stress dan akhirnya jatuh sakit. Pastikan kalau kamu membersihkan kandang hamster secara berkala dan tentunya beri makan dan minum yang cukup. Meskipun begitu, hamster memang hewan peliharaan pilihan yang cukup populer. Walaupun lebih sering berada di dalam kandang, kamu masih bisa berinteraksi dengan mereka. Meski kecil, tetapi hamster tetap allah memberikan kebahagian yang besar bagi pemiliknya.

Jenis Hewan Peliharaan Yang Bisa Melengkapi Rumah Kamu Rumah

Sumber: https://unsplash.com/photos/D_pXn7cueOs

Kucing

Berangkat dari tikus kecil ke musuh bebuyutan mereka, kucing. Hewan yang satu ini sangat populer dan menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Bahkan diperkirakan kalau kucing sudah dipelihara oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti paling tua ditemukan di mesir, dimana terlihat kalau kucing menjadi teman hidup manusia di rumah mereka. Hingga saat ini pun, kucing masih menjadi hewan peliharaan yang sering menemani manusia di rumah. Perawatan kucing sendiri sangat berbeda dari hamster. Jenis hewan peliharaan yang satu sifatnya memang lebih mandiri dan tidak terlalu bergantung pada manusia.

Kucing sendiri juga merupakan hewan yang pintar, biasanya mereka akan dibiarkan berkeliaran di sekitar rumah. Untuk perawatannya pastikan kamu memberi makan 2x sehari dan cek kesehatan kucing secara berkala. Walaupun sebenarnya tidak terlalu membutuhkan mandi secara teratur, tetapi ada baiknya sesekali kamu membawa kucing ke salon hewan untuk dimandikan. Hal ini juga menghindari resiko kucing terkena kutu dan penyakit kulit lainnya. Kalau kamu memiliki ruang yang cukup di dalam rumah, kucing bisa jadi teman yang cocok di rumah kamu. Selain itu, kucing juga sangat manja. Jadi, pastinya kamu akan sangat sering berinteraksi dengan hewan dengan nama latin Felis Catus ini.

Jenis Hewan Peliharaan Yang Bisa Melengkapi Rumah Kamu Rumah

Sumber: https://unsplash.com/photos/gKXKBY-C-Dk

Ikan

Akhir-akhir ini memelihara beberapa jenis ikan sedang menjadi tren yang digandrungi oleh banyak orang. Salah satu ikan yang sempat populer adalah ikan cupang. Namun, selain ikan tersebut, ada banyak jenis-jenis ikan yang dapat menjadi hewan peliharaan di rumah kamu. Misalnya ikan koi, sapu-sapu, sampai ikan koki. Memelihara ikan memang terkadang terlihat membosankan dan membuang-buang waktu. Namun, memelihara ikan ternyata memang bisa memberi rasa nyaman dan ketenangan buat pemiliknya loh. Tentu saja memelihara ikan juga perlu merawat hewan-hewan tersebut. Pertama-tama memiliki tempat tinggal untuk ikan yang sesuai, seperti akuarium atau kolam ikan. Selanjutnya, kebersihan tempat tinggal mereka juga harus dijaga. Biasanya hal ini bisa dipermudah dengan membeli filter untuk menjaga kualitas air. Terakhir, pastinya ikan juga harus diberi makan. Selain berfungsi sebagai hewan peliharaan, kolam ikan juga bisa menjadi hiasan di rumah kamu loh. Baik di outdoor maupun indoor, kolam ikan memiliki daya tarik tersendiri yang membuat rumah terasanyaman dan apik.

Jenis Hewan Peliharaan Yang Bisa Melengkapi Rumah Kamu Rumah

Sumber: https://unsplash.com/photos/Rb8s0sb2kew

Anjing

Hewan yang satu ini sering dijuluki sebagai teman baik manusia. Tidak main-main karena memang anjing dikenal sebagai hewan penurut yang pintar dan setia. Bisa dipastikan kalau rumah dilengkapi dengan anjing akan terasa lebih hangat dan menyenangkan. Tidak jauh berbeda dengan kucing, anjing juga memiliki sejarah cukup panjang dengan manusia. Diperkirakan kalau anjing merupakan keturunan dari serigala dan alasan mengapa anjing menuruti perintah manusia karena sejak dahulu gen mereka sudah terlatih terbiasa dengan manusia. Terlebih lagi, ada banyak ras anjing yang dapat kamu pelihara. Mulai dari anjing mungil seperti pom dan chihuahua, anjing berukuran medium seperti beagle, sampai anjing berukuran besar seperti golden retriever dan german shepherd. Tentunya ukuran anjing juga harus disesuaikan dengan ruang yang ada di rumah kamu. Idealnya, jika memiliki anjing, rumah juga sebaiknya memiliki taman. Anjing juga terkenal sebagai hewan yang cerdas dan bisa memberikan emotional support yang besar kepada pemiliknya.

Namun, tentunya sama seperti jenis hewan peliharaan lainnya, anjing juga memerlukan perawatan yang telaten dari pemiliknya. Pada dasarnya anjing adalah hewan yang aktif bergerak. Jadi, jangan sampai kamu mengurung anjing selama 24 jam di kandang. Biarkan anjing berkeliaran di rumah. Selanjutnya karena memiliki tenaga yang cukup besar, idealnya kamu harus membawa anjing jalan-jalan minimal 1 hari sekali. Selain itu, pastikan anjing kamu mendapatkan nutrisi yang baik dari makanan yang dia makan. Sama seperti kucing, anjing yang sudah dewasa diberi makan sebanyak 2x sehari. Selain itu, karena cukup mudah kotor, idealnya memandikan anjing dengan shampo khusus anjing secara teratur. Biasanya waktu mandi anjing 30 – 40 hari sekali. Terakhir, pastikan jaga kesehatan anjing dengan melakukan check-up rutin dan juga vaksinasi pada anjing kamu.

Untuk tips seputar rumah lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Rumah.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Rumah

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Lee Hyeri Girl's Day Main di Drakor My Roommate is a Gumiho

Hyeri Girls Day Cerita Tentang Pengalamannya Dalam Drama Terbaru

Cara Kocak EXO Melepas Xiumin ke Lokasi Wajib Militer

Enam Momen Pelepasan Member Exo Yang Pergi Menjalani Tugas Wamil