in

Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia

Biaya kuliah di Indonesia senantiasa meningkat sekitar 15 hingga 30% per tahun. Masalah biaya bisa menjadi masalah serius bagi sebagian orang yang mau melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Masalah lainnya adalah biaya kuliah di beberapa jurusan kuliah jauh lebih mahal daripada jurusan lain. Oleh sebab itu, beberapa jurusan tersebut diberi label sebagai jurusan kuliah termahal di Indonesia.

Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kursi-kamar-lot-356065/

Ada hal yang perlu diketahui, yaitu biaya pendidikan yang tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor penyebabnya yang utama adalah biaya operasional seluruh rangkaian kegiatan selama perkuliahan, termasuk kegiatan organisasi mahasiswa yang tinggi. Hal ini terjadi, terutama di jurusan kuliah dengan persyaratan operasional yang banyak. Faktor lainnya adalah berbagai fasilitas kampus dan minat mahasiswa yang tinggi terhadap jurusan tersebut menyebabkan biaya pendidikan semakin tinggi. Fenomena ini sesuai dengan hukum permintaan, yaitu harga naik ketika jumlah permintaan naik.

Simak ulasan lengkap tentang jurusan kuliah termahal berikut ini supaya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih jurusan kuliah.

1. Fashion Design

Dunia fashion selalu berubah dari masa ke masa. Indonesia juga termasuk negara yang bersaing dengan negara-negara lainnya di dunia. Buktinya, ada banyak desainer Indonesia yang sudah terkenal di dunia seperti Dian Pelangi sebagai desainer baju muslimah, Tex Saverio, Ivan Gunawan, dan Adjie Notonegoro. Oleh sebab itu, pendidikan fashion design sangat diminati. Tak heran jika fashion design menjadi jurusan kuliah termahal.

Faktor lain yang menyebabkan biaya kuliah di jurusan ini mahal adalah banyaknya tugas-tugas desain mode dan tekstil yang memerlukan berbagai bahan dengan berbagai ukuran kain. Tugas yang semakin rumit akan menyebabkan biayanya semakin mahal. Penyebab lainnya adalah tingginya gaji para staf pengajar di lapangan dan ada banyak biaya tambahan untuk acara fashion show. Jadi, total biaya yang harus dibayar untuk kuliah di jurusan ini adalah Rp10-50 miliar. Sangat fantastis! Namun, biaya kuliah yang mahal akan terbayar karena karier yang menjanjikan ada di depan mata.

2. Penerbangan (Aviasi)

Jurusan kuliah termahal yang pertama adalah penerbangan (aviasi). Profesi utama dari jurusan ini adalah pilot yang tentunya memiliki gaji besar karena harus mengendarai pesawat yang membawa banyak jiwa. Kisaran biaya sekolah di kampus penerbangan adalah Rp500 hingga Rp 1 Milyar. Biaya yang tinggi sesuai dengan fasilitas yang diperoleh selama pendidikan berlangsung siswa.

Para siswa trainee akan memperoleh kesempatan magang berupa simulasi menerbangkan pesawat dan memperoleh banyak sertifikat. Faktanya, jurusan ini tetap diminati oleh banyak orang karena prospek karier yang gemilang. Setiap penerbang (pilot) profesional akan mendapat gaji puluhan juta rupiah per bulan. Apakah kamu tertarik untuk menjadi pilot juga?

3. Kedokteran

Jurusan kuliah termahal selanjutnya adalah kedokteran. Biaya kuliah yang sangat mahal disebabkan oleh biaya operasional pendidikan yang tinggi karena ada banyak praktik langsung di rumah sakit dan laboratorium. Bahkan, para mahasiswa juga harus membayar biaya tambahan untuk kegiatan penunjang kegiatan pembelajaran seperti praktikum intensif, buku, dan bahan referensi tambahan. Biaya kuliah kedokteran sekitar Rp200 juta hingga lebih dari Rp500 juta sesuai kebijakan dan penetapan di masing-masing universitas.

Sebagai contoh, untuk praktikum bedah anatomi, setiap mahasiswa kedokteran harus memakai kadaver (mayat) yang harganya jutaan rupiah. Bahkan, ada alat yang cuma bisa digunakan satu kali seperti jarum suntik. Selain itu, jurusan ini juga begitu diminati sehingga harganya semakin fantastis. Namun, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan prospek pekerjaan pada masa yang akan datang. Gaji dokter per bulan bisa puluhan juta, bahkan dokter spesialis bisa mendapat gaji hingga ratusan juta per bulan. Fantastis bukan? Ingat, kuliah kedokteran itu tidak mudah dan harganya mahal. Oleh sebab itu, kamu harus meyakinkan diri dan orangtua jika memang benar-benar ingin kuliah di jurusan ini.

4. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Biaya kuliah di DKV hingga selesai memang tidak terlalu mahal, tetapi harga alat-alat yang dibutuhkan dalam latihan atau tugas akan sangat mahal sehingga DKV dinobatkan sebagai salah satu jurusan kuliah termahal. Biaya yang mahal juga diakibatkan oleh kegiatan belajar animasi, desain web, desain interaktif, ilustrasi, dan lainnya yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi mendukung seperti MacBook. Keperluan lainnya seperti buku sketsa, pensil cangkok, tablet, printer, dan peralatan lainnya juga tidak murah. Jadi, kamu berminat untuk kuliah di jurusan ini?

5. Arsitektur

Arsitektur termasuk jurusan kuliah termahal, terutama jika kuliah di universitas swasta ternama. Penyebabnya adalah uang pangkal yang tinggi, biaya praktikum yang mahal, dan biaya kuliah yang mencapai puluhan juta rupiah per semesternya. Namun faktanya, jurusan ini tetap diminati oleh banyak orang karena prospek pekerjaan yang cemerlang pada masa yang akan datang.

Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/cahaya-meja-kemewahan-lampu-6143348/

Para mahasiswa arsitektur membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi pendukung yang lengkap sehingga bisa menjalankan software desain dengan baik. Selain itu, biaya pencetakan gambar secara berkali-kali karena harus melewati tahap revisi tentunya memakan banyak biaya juga. Selain itu, para mahasiswa harus menyiapkan dana untuk presentasi dan pembuatan maket yang memerlukan banyak peralatan seperti pulpen dengan tipe tertentu, berbagi jenis kertas, pensil, meja desain, dan perlengkapan lainnya.

6. Seni

Seni juga termasuk jurusan kuliah termahal, terutama jika kuliah di universitas swasta ternama. Ada banyak biaya yang tidak disangka-sangka ketika kuliah di jurusan ini. Biaya-biaya yang harus dibayar untuk belajar di fakultas seni antara lain biaya kuliah per semester, peralatan penunjang, penyelenggaraan berbagai pentas atau pameran seni, biaya praktik, dan masih banyak lagi. Misalnya, mahasiswa yang kuliah di jurusan seni rupa harus membeli banyak jenis kuas, tanah liat, dan banyak keperluan lainnya yang tidak murah harganya.

Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/lukisan-wanita-3094218/

Begitu juga dengan seni musik yang harus membeli atau menyewa berbagai alat musik dan seni tari yang harus menyewa berbagai pakaian adat karena tidak ada seni yang murah di dunia ini. Selain itu, para mahasiswa seni juga sengaja menambah kredit mata kuliah untuk memaksimalkan kemampuan dan kompetensi di bidang yang ditekuninya. Jika mau berhasil tentunya kita harus mengeluarkan modal yang besar.

7. Penyiaran (Broadcasting)

Jurusan kuliah termahal terakhir adalah Penyiaran (Broadcasting). Ada banyak biaya yang harus dibayar bukan hanya biaya kuliah per semester. Ada banyak biaya untuk menunjang kegiatan praktikum dan editing selama proses perkuliahan, walaupun mahasiswa tidak perlu memiliki peralatan pribadi seperti kamera, microphone, tripod, dan komputer dengan spek yang mendukung. Namun, mahasiswa harus menyewa alat-alat tersebut dan terkadang harus sering menyewa studio untuk praktik penyiaran. Namun, uang yang sudah dikeluarkan akan terbayar setelah lulus dari jurusan ini karena ada banyak peluang karier di perusahaan-perusahaan penyiaran (broadcasting) dengan gaji yang besar.

Itulah 7 jurusan kuliah termahal di Indonesia yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih jurusan kuliah. Pastikan semua sudah dibicarakan dengan orangtua jika mereka yang harus membayar semua biaya kuliahmu. Semoga sukses!

Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Ini Dia Daftar 7 Mangaka Paling Kaya Di Dunia

Season 1 Masih Tayang, The Uncanny Counter Atur Jadwal Penggarapan Musim ke-2 : Okezone Celebrity

Uncanny Counter Tamat Dengan 16 Episode, Ini Sinopsis Ceritanya!