in

Karier Gfriend Diselamatkan Fancam Penggemar di Youtube

Gfriend terselamatkan karirnya karena fancam dari seorang Buddy yang merupakan sapaan penggemar grup mereka diunggah di Youtube. Fancam tersebut merekam aksi panggung keenam personel yang sedang membawakan lagu Me Gustas Tu. Rekaman tersebut mendapat sorotan publik karena mereka terjatuh saat menyanyi dan menari di atas panggung. Lantaran panggung yang menjadi tempat performance mereka tersebut baru saja diguyur hujan. Akibatnya mereka beberapa kali terjatuh karena lantai panggung yang licin bahkan Yuju harus mengalami bolak-balik jatuh sebanyak 5 kali. Kendati begitu, mereka tetap profesional dengan kembali bangkit dan menyelesaikan penampilan hingga akhir.

Lagu Me Gustas Tu ini langsung menempati posisi di chart Melon berkat fancam yang langsung viral di kalangan masyarakat ini. Bahkan berhasil bertengger lama di Top 100 tangga lagu Melon. Lagu ini juga mencetak rekor dengan bertahan selama 63 minggu di tangga musik bergengsi tersebut. Banyak masyarakat yang sangat terharu dengan penampilan Gfriend dalam fancam tersebut. Padahal grup yang debut pada tahun 2015 itu hampir saja bubar karena tidak mendapatkan banyak perhatian masyarakat. Untung saja mereka mendapatkan best fancam Kpop idol dari penggemar yang menyelamatkan karir mereka.

Fancam sebenarnya singkatan dari fans camera atau kamera milik penggemar. Istilah fancam memiliki maksud sebagai sebuah video penampila idola Kpop yang direkam dari kamera milik penggemarnya. Biasanya fancam diambil pada saat penampilan langsung suatu grup di acara festival musik atau sejenisnya. Oleh karenanya, fancam terdiri dari dua jenis rekaman, yaitu fancam grup yang menampilkan keseluruhan personel dan fancam individu yang hanya menampilkan salah satu personel grup saja.

Karier Gfriend Diselamatkan Fancam Penggemar di Youtube K-Pop

Gambar: Lagu Me Gustas Tu milik Gfriend yang langsung viral di kalangan masyarakat hingga langsung menempati posisi di chart Melon berkat fancam

Jangan salah sangka dulu ya! Meskipun rekamannya dibuat oleh penggemar, tetapi hasilnya tidak main-main loh! Penggemar tidak membuat video sembarangan dalam memproduksi fancam untuk idolanya. Biasanya mereka menggunakan perlengkapan merekam dengan kualitas yang sangat super canggih. Untuk kamera yang digunakan saja minimal memakai lensa sigma 120-300s loh. Kebayang gak tuh gimana bagusnya kualitas video itu? Itu masih minimal yaa, ada juga penggemar yang menggunakan lensa yang lebih super lagi.

Faktor yang paling penting dalam pembuatan fancam adalah kualitas kamera dan cara pengambilan video. Namun, kedua hal tersebut hanyalah hal teknis saja. Tidak jarang ada faktor lain yang menjadi penentu utama fancam tersebut banyak dilihat, yaitu kharisma dari sang idola. Sebut saja fancam milik personel girl grup Seolhyun AOA, Naeun Apink, Jennie Blackpink atau dari boy grup Jimin BTS, Kai EXO dan Wonho Monsta X. Mereka sering mendapatkan viewer yang banyak lantaran dinilai memiliki visual yang seksi nan menawan.

Kendati begitu, video fancam bukan saja tentang penampilan idola di atas panggung dengan penuh kharisma. Banyak juga fancam yang dibuat justru menampilkan sisi lain dari sang idola. Video tersebut berhasil menangkap momen lucu yang dilakukan para idola Kpop. Selain itu, ada juga fancam yang menyoroti idolanya pada saat latihan untuk persiapan sebelum penampilan atau reherseal.

Ternyata kreativitas dari penggemar ini sangat membantu sang idola. Pasalnya tidak hanya digunakan penggemar untuk melihat idolanya dari berbagai sisi tetapi juga berguna untuk menunjukan kerja keras sang idola. Sama seperti yang dialami Gfriend yang sukses menyelamatkan kerier mereka lewat video fancam yang disebarluas di Youtube. Ada video fancam lainnya yang dianggap sangat legendaris karena menjadi titik balik dari karir idola.

Berikut ini adalah karier grup K-Pop selain Gfriend yang diselamatkan oleh fancam penggemar yang diunggah di Youtube :

1. EXID

Bisa dikatakan kultur fancam di dunia perKpopan semakin melejit tinggi setelah kemunculan video rekaman Hani, salah satu personel EXID. Fancam ini langsung menjadi perbincangan di media sosial dan viral di jagat maya Korea Selatan. Video yang menampilkan kharisma Hani saat membawakan lagu Up & Down bersama grupnya ini berhasil menyelamatkan karir EXID di dunia hiburan Korsel. Berkat fancam tersebut EXID akhirnya mendapatkan popularitasnya. Padahal grup ini hampir saja bubar karena tidak kunjung terkenal sejak debutnya. Fancam Hani tersebut telah ditonton jutaan kali dalam waktu yang relatif singkat dan diputar dimana-mana.

Karier Gfriend Diselamatkan Fancam Penggemar di Youtube K-Pop

Gambar: Video yang menampilkan Hani saat membawakan lagu Up & Down bersama grupnya ini berhasil menyelamatkan karir EXID di dunia hiburan Korea Selatan

Hani sendiri langsung menjadi celebrity on demand dan lagu Up & Down masuk chart musik setelah viral di media sosial. Bukan itu saja, nama EXID juga mendapatkan keberuntungannya sendiri dengan menjadi salah satu top girl group yang diperhitungkan di Korea Selatan. Padahal lagu ini akan menjadi lagu terakhir EXID loh. Semua keberkahan tersebut tidak lain dan tidak bukan dari kreativitas yang dibuat penggemar. Adapun penggemar hebat yang membuat Hani’s impact ini adalah Pharkil. Ia dianggap sebagai pahlawan yang menyelamatkan karir EXID. Berkat fancam miliknya Kpopers mulai melirik bakat dan talenta EXID. Hal ini diakui sendiri oleh Hani dengan mengundangnya makan malam sebagai ucapan terima kasih. Sayangnya, undangan tersebut ditolak oleh Pharkil. Sejak saat itu fancam menjadi konten yang wajib ada untuk para idola. Bahkan M-Coutdown sebagai acara musik miliki Mnet juga mengikuti tren ini. Mereka memproduksi fancam grup dan individu yang tampil di acara mereka.

2. NU’EST

Pada acara survival yang bertajuk Project 101 Season 2 di tahun 2016, penggemar Kpop dikejutkan dengan kumunculan para anggota NU’EST. Mereka hadir sebagai kontestan dalam acara tersebut. Alasan mereka mengikuti program tersebut adalah agar publik melihat mereka sehingga nantinya akan meningkatkan popularitas mereka sebagai NU’EST. Grup ini sebenarnya telah debut sebagai boy group pada tahun 2012. Namun, kurangnya popularitas membuat mereka harus menghentikan aktivitas grup dan mengikuti acara tersebut. Beruntungnya, video fancam yang diambil saat mereka menjalani program menarik perhatian publik. Sehingga menaikan kembali nama NU’EST di dunia hiburan Korea Selatan.

Sebenarnya hanya Min Hyun yang berhasil debut dari program ini. Min Hyun bergabung dengan sepuluh personel lainnya dengan membentuk grup bernama Wanna One. Sedangkan, keempat personel lainnya membentuk unit bersama dan tetap melanjutkan promosi grup. Unit tersebut diberi nama NU’EST W. Mereka berhasil menyelamatkan karir grup mereka dengan NU’EST W. Mereka juga mengadakan konser beserta fan meeting di berbagai negara. Dan mereka menjalankan promosi tanpa kehadiran Min Hyun yang harus menjalani promosi bersama Wanna One selama dua tahun. Kini grup NU’EST masih melanjutkan karir bermusiknya di bawah naungan Plesdis Entertainment. Mereka semakin melebarkan sayapnya setelah Plesdis diakusisi di bawah naungan Bighit Label. Kini mereka semakin aktif berinteraksi dengan penggemar melalui aplikasi milik Bighit Label, yaitu Weverse. Itulah karier grup K-Pop selain Gfriend yang diselamatkan oleh fancam penggemar yang diunggah di Youtube.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ungkap Bagaimana Karakternya di Drakor Nevertheless, Han So Hee: Karakter yang Realistis - Klik Seleb

Han Soo Hee Membintangi Drama Terbaru Berjudul Nevertheless

Pilih Masuk Angkatan Laut, Aktor Park Bo Gum akan Jalani Wajib Militer - Pikiran Rakyat Tasikmalaya

Jangan Tanya Apa Instagram Park Bo Gum Yang Asli dan 6 Aktor Lainnya!