in

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi

Sadar atau tidak ternyata kebiasaan yang Anda sering lakukan bisa memicu gejala depresi. Jangan sampai Anda terlambat untuk menyadari bahwa kebiasaan sehari- hari ini yang memicu timbulnya depresi. Jika tidak segera terdeteksi dan dilakukan pengobatan sedini mungkin akan menjadi lebih serius dan berpengaruh pada kondisi kesehatan mental Anda. Umumnya penderita depresi memiliki perasaan lebih sensitif secara emosional, fisik bahkan kehilangan minat pada banyak hal. Sehingga akan mempengaruhi pada aktivitasnya sehari-hari, jika sudah kondisinya parah penderita depresi bisa membahayakan bagi orang lain.

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : health.harvard.edu

Tahukah Anda, musuh terbesar kita ada pada diri sendiri bukan orang lain. Pikiran dan kebiasaan selalu bercabang bahkan kadang melewati batasan kemampuan diri, sehingga mudah merasa kecewa. Akibatnya suasana hati dan kesehatan mentalnya terganggu, meskipun sepele namun bila kebiasaan dilakukan secara kontinu dapat memicu gejala depresi serius. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik sangat berdampak pada keberlangsungan kehidupan seseorang. Untuk itu, cari tahu apa kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu gejala depresi sebagai berikut:

Tidur Terlalu Larut Malam

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : isleepprogram.com

Faktor yang mendorong seseorang bisa tidur sampai larut malam atau tidak tidur sekalipun tentu setiap orang berbeda-beda. Mungkin terlalu banyak aktivitas yang harus diselesaikan atau hal lainnya. Sehingga kebutuhan akan kualitas tidur menjadi berkurang, kekurangan tidur juga bisa memicu timbulnya gejala depresi. Kebiasaan sepele ini bisa mengubah kondisi suasana hati yang cenderung ke arah negatif mulai dari mudah mengeluh, emosional dan lainnya. Namun, Berbeda dengan orang yang mempunyai kualitas jam tidur baik, dimana pikiran mereka akan senantiasa merasa lebih positif. Menurut bang haji “begadang” boleh saja asalkan ada artinya. Memang benar tetapi juga memperhatikan kebutuhan, jika tubuh mulai terasa lelah, letih dan mengantuk sebaiknya jangan dipaksakan untuk begadang. Sebaiknya Anda mencoba untuk tidur satu jam lebih awal, supaya bisa mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

Keasyikan Media Sosial

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : govtech.com

Tak dipungkiri media sosial sekarang memang berpengaruh besar pada dunia global segala informasi mudah didapatkan. Tak salahnya bermain media sosial akan tetapi Anda harus memiliki batasan waktu, jangan sampai melupakan hal lain yang penting untuk dikerjakan juga. Kebiasaan bermain media sosial yang kadang lupa waktu dan dilakukan setiap harinya bisa memicu gejala depresi, gangguan kecemasan. Tersedia banyaknya platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Tiktok membuat Anda terus terkoneksi di dunia maya. Postingan media sosial dari teman- teman atau orang di follow berkemungkinan munculnya perasaan cemburu, iri hati, insecure dan kecemasan berlebihan. Efek negatif media sosial menjadi pribadi sering membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain yang dianggap selalu bahagia padahal kenyataan tak demikian. Mulailah Berbijaklah dalam menggunakan media sosial, jika dirasa tak perlu-perlu banget sebaiknya jangan buka media sosial.

Sering Konsumsi Makanan Instan

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : pinterest.com

Memang terlihat praktis dan ekonomis, tetapi perlu diperhatikan bahwa makanan instan jika dikonsumsi rutin dalam jangka panjang memiliki efek berbahaya. Untuk masalah kesehatan karena tingginya kandungan garam dan MSG. Kebiasaan sering mengkonsumsi makanan instan dapat memicu timbulnya gejala depresi yang mudah menyerang. Kandungan garam, MSG yang tinggi bisa mengakibatkan penyakit kronis seperti hipertensi, jantung. Berilah jedah waktu mungkin sebulan sekali, yang pasti usahakan untuk menghindari dan menggantinya dengan olahan masakan sendiri dari bahan-bahan segar.

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : nutshellschool.com

Makanan instan banyak jenisnya seperti cemilan, makanan kalengan, makanan siap saji. Beberapa jenis makanan instan diolah dengan suhu yang tinggi dan cenderung menggunakan penguat rasa yang ekstrim. Apabila dikonsumsi memang efeknya tak langsung terlihat akan tetapi 10 tahun kemudian mulai terasa keluhan-keluhan sakit. Bila tak dikontrol maka berakibat buruk pada kesehatan Anda. Mendapatkan dan menjaga kesehatan keduanya sangat penting untuk kehidupan yang lebih manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Berada di Lingkungan Negatif

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : tracybuckner.com

Lingkungan sangat berpengaruh pada pola pikir, kebiasaan seseorang. Apabila Anda berada di pertemanan, orang-orang selalu mengkritik, mengeluh, bahkan ke arah negatif hanya akan membuat Anda merasa tertekan. Energi negatifnya yang mereka selalu tularkan padamu bisa mempengaruhi seluruh kehidupan Anda selama berada di lingkungan tersebut. Kebiasaannya bisa dikatakan jauh dari kata “sehat” sangat berpengaruh kesehatan fisik dan mental serta bisa memicu gejala depresi. Alangkah baiknya melepaskan diri dari lingkungan negatif dan membentuk hubungan positif dengan orang lain. Kemudian cari tahu hubungan persahabatan yang beracun, toxic untuk menghindari terjebaknya dalam pergaulan tersebut.

Keseringan Menghabiskan Waktu Sendirian

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : nbcnews.com

Kebiasaan memicu depresi berikutnya adalah terlalu seringnya anda menghabiskan waktu sendirian. Menyendiri bisa memberikan suasana ketenangan, kedamaian, dan fokus terhadap satu tujuan. Tak heran banyak orang yang melakukan meditasi sebab bisa memberi suasana tersebut ketika merasa lelah dengan segala rutinitas. Meskipun manfaatnya baik, tetapi perlu diingat keseringan menghabiskan waktu sendirian berkemungkinan memicu depresi. Kebiasaan ini dapat memunculkan perasaan kesepian membuatmu merasa sedih sampai depresi atau stres. Disebabkan Anda merasa tak mempunyai seseorang yang bisa diajak bertukar pikiran, berbagi cerita atau sekedar menemani bepergian.

Mengerjakan Banyak Hal Dalam Satu Waktu

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : theconversation.com

Faktanya berbagai jenis media seperti: ponsel, laptop dan televisi semuanya dapat menyita perhatian Anda, bahkan untuk beberapa orang bisa menggunakannya dalam satu kesempatan. Sebenarnya penggunaan media yang berlebihan dapat memberikan efek buruk serius pada otak, hal ini juga termasuk pada kebiasaan mengerjakan banyak hal. Atau multitasking akan membuat seseorang merasa tertekan, kecemasan sosial dan memicu timbulnya gejala depresi. Sebelum terlambat cobalah dengan menggunakan satu media dalam satu kesempatan, dan singkirkan benda lainnya. Bila perlu istirahat sejenak untuk tak menggunakan semua nya, hal ini bisa membantu Anda secara perlahan agar tak tergantung pada berbagai jenis media tersebut.

Kurang Melihat Keindahan Alam Hijau

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : mic.com

Kebiasaan memicu depresi berikutnya karena kurangnya anda melihat keindahan alam nan hijau. Meskipun Anda tinggal di area perkotaan yang didukung oleh banyak fasilitas serta kemudahan bertransportasi publik yang lengkap. Kondisi area perkotaan yang selalu ramai, padat, dan berpolusi dapat membuat seseorang jenuh, lelah cukup memberi dampak ke suasana hati. Bukan hanya itu, ternyata tinggal di kota besar juga kerap dikaitkan dengan stres karena semuanya dituntut untuk serba cepat, teliti. Dan lebih parahnya bisa mengakibatkan penyakit mental tingkat tinggi atau memicu timbulnya depresi. Nah, bila Anda mulai merasakan jenuh, lelah yang membuat suasana hati berbeda, cobalah sesekali menikmati alam seperti jalan di taman. Atau berkunjung ke kampung halaman yang masih memiliki pemandangan alam hijau asri, selain bisa melepaskan penat juga bersilaturahmi dengan kedua orang tua, saudara.

Kebiasaan Yang Dianggap Enteng Ini Bisa Memicu Gejala Depresi Kesehatan

Sumber Foto : nbcnews.com

Namun, kondisi sekarang yang tak memungkinkan untuk berpergian jauh, Anda bisa mencoba dengan berkebun pada area terbuka di rumahmu. Mulailah menanam jenis tanaman hijau kesukaanmu di pot, untuk mendapatkan suasana hijau di sekitar rumahmu. Karena hal ini akan berpengaruh dan memberikan efek kesehatan mental dan fisik Anda untuk tetap positif dan menambah kesegaran alam di rumah.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang kadang kita menyepelekan dan anggap enteng, padahal memicu gejala depresi. Jika diabaikan akan berakibat fatal untuk kesehatan mental dan fisik seseorang, solusinya dengan menerapkan saran-saran yang dibahas pada artikel ini. Sayangi dirimu seperti Anda menyayangi orang-orang tercinta.

Untuk tips dan informasi seputar pola hidup dan tips kesehatan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kesehatan.

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hasil gambar untuk love alarm

Love Alarm Season 2 Akan Segera Tayang, Ini Alur Cerita Season 1!

Beberapa Rekomendasi Anime Olahraga Yang Harus Kamu Tonton