in

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak

Kegiatan membacakan buku cerita pada anak merupakan salah satu kegiatan yang mungkin masih asing dilakukan di indonesia. Terutama banyak orangtua yang merasa bahwa membaca merupakan hal yang harus dilakukan oleh seorang anak, ketika sudah memasuki usia 3 hingga 5 tahun ke atas.

Namun sebenarnya membacakan buku cerita bukan hanya memaksa atau mengajak anak untuk bisa membaca. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, terutama jika kegiatan ini dilakukan sebelum tidur. Apa saja manfaat yang dimaksud? Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap.

Kebiasaan Membacakan Buku Cerita pada Anak

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Kebiasaan baik yang dilakukan sejak dini biasanya ditanamkan oleh banyak orang tua. Dengan harapan anak tersebut akan melakukannya secara terus-menerus hingga mereka dewasa. Termasuk salah satunya membacakan buku cerita yang biasa dilakukan sebelum tidur.

Cukup jarang orang tua jaman dahulu melakukan kegiatan yang satu ini. Padahal ada banyak sekali manfaat dalam membacakan buku cerita. Walaupun si kecil belum bisa memahami makna dari cerita tersebut ataupun membaca bukunya.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika memutuskan untuk membacakan cerita khususnya buku pada anak yaitu dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa. Menurut penelitian, dongeng merupakan salah satu cara untuk merangsang kemampuan berbahasa anak menjadi lebih baik. Terutama jika dilakukan sebelum tidur. Ketika ibu membacakan buku cerita, nantinya si kecil akan mengamati dan belajar berbagai macam kosakata baru, yang tentu saja belum pernah anak dengar.

Selain itu kemampuan berbahasa si kecil akan meningkat seiring dengan penggunaan bahasa ataupun cerita yang seringkali diingat. Semakin sering ia mendengarkan dongeng yang sama, maka semakin tinggi pemahaman dan juga pengetahuan kosakata akan di sebuah cerita. Biasanya yang lebih sering atau lebih cepat untuk merasakan manfaat ini adalah anak perempuan. Karena memiliki fokus yang lebih tinggi dalam mendengarkan cerita dibandingkan dengan anak laki-laki.

Memahami Pesan Moral

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Manfaat kedua yang bisa didapatkan dari membacakan buku cerita yaitu menyampaikan pesan moral yang ada di dalam dongeng tersebut. Tentu saja bukan hanya mendengarkan ibu untuk menceritakan mengenai yang ada di dalam buku. Namun melatih anak untuk bisa mengambil pesan moral yang ada di dalamnya, terutama bagi mereka yang terbiasa untuk mendengarkan cerita ataupun menonton sebuah film.

Pastikan mereka memahami apa maksud dari cerita tersebut. Sehingga nantinya anak-anak akan terbiasa untuk mendengarkan atau memperhatikan dengan detail apa yang diceritakan oleh orang lain. Rasanya senang bukan, jika anak kita masih balita ataupun batita telah memahami maksud dan juga cerita dari dongeng yang dibacakan.

Melatih Daya Ingat Anak

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Selanjutnya manfaat yang bisa dirasakan ketika memutuskan untuk menerapkan kebiasaan ini yaitu membantu melatih daya ingat. Apabila si kecil terus-menerus dibacakan cerita yang sama mereka akan mencoba mengingat dan juga mengetahui dongeng yang dimaksud. Selain itu anda juga bisa melakukan uji pada si kecil ketika mendengarkan dongeng.

Setelah membacakan mengenai keseluruhan dongeng, tanyakan kembali siapa tokoh utama, ataupun hewan dan tumbuhan apa yang menjadi karakter utama dalam cerita tersebut. Hal ini bukan hanya membantu untuk mengetahui apakah si kecil telah fokus pada cerita tersebut. Namun melatih daya ingat yang mereka miliki. Bahkan beberapa orang tua seringkali membiasakan untuk meminta si kecil menceritakan kembali dongeng tersebut keesokan harinya, ataupun kepada keluarga besar. Caranya mungkin sederhana, namun kebiasaan ini ternyata memiliki efek yang luar biasa besar.

Meningkatkan Minat Baca

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Selanjutnya manfaat yang bisa didapatkan yaitu membantu membangkitkan minat baca kepada anak. Membangkitkan minat untuk bisa hobi ataupun senang membaca buku bukanlah sesuatu yang mudah. Kita sering tahu bahwa banyak sekali anak yang merasa bosan ataupun sulit, untuk memahami isi dari dalam buku.

Namun dengan adanya kebiasaan membacakan dongeng setiap malam, dapat membantu si kecil untuk tetap ketagihan mendengarkan cerita menarik dan juga memahami berbagai isi buku. Kebiasaan ini bisa diterapkan dan bisa menjadi salah satu hobi atau kebiasaan baik, yang dilakukan oleh sang anak hingga mereka dewasa. Membangkitkan minat pembaca pola sesuatu yang buruk, mengingat buku adalah jendela informasi dunia.

Membacakan Buku Cerita Mengenalkan Hal Baru

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Mencoba mengenalkan berbagai hal baru kepada anak-anak membutuhkan waktu. Tetapi cara yang paling mudah dilakukan yaitu dengan membacakan cerita. Biasanya dalam isi buku cerita terdapat berbagai kosakata baru, dan juga jalan cerita atau suasana yang mungkin berbeda dengan kehidupan sehari-hari.

Sehingga mereka bisa mengenal berbagai hal baru tanpa perlu repot untuk belajar ke sekolah, terutama bagi anak yang masih berusia dibawah 5 tahun. Dalam buku tersebut, mereka bisa mengenal gambar bentuk, warna, huruf, angka, dan juga karakter, serta emosi. Biasanya para orangtua merasa bingung bagaimana cara mengenalkan berbagai hal tanpa harus mendidik ataupun menggurui. Mengingat anak-anak pasti belum memahaminya. Dengan cara mendongeng bisa jadi alternatifnya.

Meningkatkan Daya Imajinasi Anak

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Membacakan buku cerita meningkatkan imajinasi yang dimiliki oleh anak-anak. Dunia yang dimiliki oleh anak adalah dunia bermain, yang dipenuhi dengan imajinasi kreativitas dan juga diwarnai oleh hal-hal yang menyenangkan. Tetapi setiap anak tidak memiliki tingkat perkembangan imajinasi yang sama sehingga orangtua, memiliki pekerjaan utama yaitu membantu mengasah daya imajinasi mereka. Sehingga nantinya akan berkembang menjadi kreativitas ketika dewasa. Imajinasi bisa menjadi sesuatu yang sangat baik jika diarahkan dengan tepat.

Misalnya saja anda orang tua membacakan cerita dengan menggunakan intonasi yang tidak monoton, ataupun gerakan tangan, untuk membantu menggambarkan bagaimana karakter yang sedang diceritakan kepada si kecil. Mereka juga nantinya akan lebih mudah untuk menceritakan kembali dongeng yang telah mereka serap, dengan imajinasi yang mereka miliki. Imajinasi tidak boleh disepelekan, karena banyak sekali anak-anak yang berhasil berkembang menjadi orang sukses di masa depannya. Akibat kreativitas dan imajinasi tersebut, anak bisa menjadi pemain piano, pemain biola, ataupun pelukis.

Membacakan Buku Cerita untuk Bonding Time

Kelebihan Membacakan Buku Cerita pada Anak Parenting

Sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/father-reads-daughters-book-while-lying-bed_7768235.htm

Terakhir manfaat membacakan buku cerita untuk anak yaitu menjadi salah satu momen ataupun bonding time. Ketika membacakan buku anak-anak, umumnya berada di pangkuan ataupun menghabiskan waktu 30 hingga 60 menit sebelum tertidur. Hal ini ternyata dapat membantu meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. Selain itu si kecil akan merasa nyaman dan banyak belajar dari orang tuanya.

Nyatanya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan kebiasaan yang baik ini bukan hanya dongeng ataupun legenda. Sebagai orangtua anda bisa menceritakan berbagai hal yang menarik, yang dapat membantu serta mempengaruhi perkembangan otak, meningkatkan imajinasi, dan membiasakan anak untuk mendengarkan ataupun menyimak orang lain. Sebagai apresiasi, anda bisa menanyakan atau membiarkan si kecil menceritakan kembali dongeng dan kegiatan sehari-hari mereka lho.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
200212 Suzy (Skuukzky) started following Nam Joo Hyuk (Skawngur) on Instagram. Our Seo Dal Mi and Nam Do San Couple 🥰 - Kpop Profiles | Makestar

Makna @skawngur Nama IG Nam Jo Hyuk Yang Tidak Bisa Dibaca

Buat Kamu Para Pemula, Ini Cara Bermain PUBG Mobile