in

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil

Setiap orang tua pasti berusaha untuk mencari cara agar bisa mendidik buah hati mereka dengan baik. Bukan hanya secara akademik, namun secara etika, agama dan salah satunya menerapkan kebiasaan baik yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah kebiasaan anak tidur sendiri, yang mungkin masih asing dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Anak Tidur Sendiri, Apakah Mungkin?

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil Parenting

Anak yang tidur di kamar sendiri masih menjadi pro dan kontra yang terjadi pada orang tua di Indonesia. Menerapkannya pun, masuk kedalam hal yang cukup menyulitkan. Karena masih banyak yang tidak merasa tega, ataupun membiarkan si kecil untuk beristirahat di kamar sendiri. Lantas apa saja sih sebenarnya kelebihan membiasakan anak untuk tidur di kamar sendiri? Dalam artikel ini akan kita bahas secara lengkap.

Mengajarkan untuk Menghormati Privasi Lain

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil Parenting

Manfaat pertama ketika sang anak membiasakan diri untuk tidur di kamar milik sendiri yaitu membangun adanya privasi yang dimiliki oleh si kecil. Jangan bilang para orangtua seringkali menentukan berbagai keputusan, bahkan hal-hal kecil yang dimiliki oleh sang anak loh. Orang tua bertugas untuk membimbing, bukan mengatur kehidupan si kecil. Karena bagaimanapun juga membiasakan diri untuk bisa memisahkan antara privasi yang dimiliki oleh si kecil, akan mengajarkan sikap toleransi.

Biarkan mereka untuk tumbuh dan juga berkembang serta bertanggung jawab dengan apa yang mereka miliki. Dengan memiliki kamar serta tempat tidur sendiri, mereka akan mencoba untuk tanggung jawab dalam mengatur dan menjaganya. Tanpa harus diperintah ataupun disuruh, siapa yang sangka kebiasaan tidur sendiri bisa membangun karakter seperti ini.

Melatih Kepercayaan Diri

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil Parenting

Selanjutnya manfaat kedua dari si kecil yang memiliki kesempatan untuk tidur sendiri yaitu adanya percaya diri yang timbul, sehingga ia tidak perlu mengalami kondisi ketakutan ataupun khawatir berlebih. Biasanya hal ini masuk ke dalam salah satu kategori pembelajaran yang dimiliki, sembari melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

Tetapi tahukah kamu bahwa mempelajari kepercayaan diri bagi anak-anak merupakan hal yang sangat sulit, ada berapa banyak pembelajaran yang diberikan orang tua dan guru, yang mencoba untuk menanamkan karakter percaya diri pada si kecil sehingga mereka berani tampil, dan juga menyuarakan pendapat. Nyatanya masih banyak bukan? Bahkan di indonesia sendiri banyak anak pintar namun tidak percaya diri. Siapa yang menyangka kebiasaan tidur sendiri berdampak besar pada karakter anak.

Kualitas Tidur Orang Tua Meningkat

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil Parenting

Tanpa disadari membiasakan anak untuk bisa tidur terpisah, dapat membantu memaksimalkan kualitas tidur yang dimiliki orang tua. Kita seringkali merasa kelelahan ataupun sulit sekali untuk beristirahat dengan tenang karena terganggu oleh si kecil. Belum lagi misalnya si kecil terbiasa untuk tidur dengan dipeluk ataupun memegang salah satu anggota tubuh dari ayah atau ibunya.

Jika melatih kebiasaan untuk tidur sendiri, maka tidak ada lagi kebiasaan tersebut. Sehingga orangtua bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik, terutama sang ayah yang mungkin pagi hingga sore hari bekerja. Untuk itu coba pastikan untuk melatih anak agar bisa nyaman dengan kamar sendiri, sampai akhirnya terpisah tidur dengan orang tua. Walaupun sangat sulit pada awalnya.

Lakukan Secara Bertahap Agar Anak Tidur Sendiri

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil Parenting

Agar anak bisa tidur sendiri bukanlah sesuatu yang mudah. Pasti ada banyak kendala mulai dari si kecil menangis, hingga rasa khawatir yang dimiliki oleh sang ibu ataupun ayah. Jika seperti ini maka sampai kapan pun sulit untuk membiarkan anak tidur sendiri. Ada tips mudah yang bisa dilakukan.

Biasakan untuk tidur terpisah secara bertahap. Pertama, mulai lakukan pada satu ruangan yang sama atau kamar yang sama, namun berbeda tempat tidur. Apabila dirasa si kecil sudah merasa nyaman, maka pisahkan antara kamar orang tua dengan anak, dengan syarat setiap malam kamu harus menemaninya terlebih dahulu. Ada juga yang menggunakan metode buka pintu, sehingga saling berhadapan namun dalam kamar yang berbeda. Nantinya lama kelamaan ia akan berproses dan beradaptasi dengan kamarnya.

Anak Tidur Sendiri, Tidak Mudah Takut

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil Parenting

sumber: https://www.freepik.com/free-photo/cute-little-girl-sleeps-sweetly-bed_9046283.htm

Kelebihan anak tidur sendiri yang bisa didapatkan, tentu saja rasa takut yang mulai menurun sejak kecil. Anak-anak perlu dilatih untuk bisa menenangkan diri pada malam hari. Misalnya saja tiba-tiba mati lampu ataupun kesulitan untuk pergi ke toilet sendiri. Sangat wajar jika anak-anak masih merasa takut, namun dengan tidur sendiri ini akan melatih bagaimana mereka untuk terbiasa menghadapi kegelapan ataupun tidur sendiri.

Menurut penelitian, sikap ketakutan anak terbilang normal, sehingga sebagai orang tua kamu memiliki tugas untuk tidak membuat si kecil merasa panic. Justru membantu mereka merasa percaya diri agar bisa menghadapi bahwa ketakutan yang mereka bayangkan. Misalnya saja takut akan hantu ataupun penculik. Jelaskan pada mereka, bahwa berbeda kamar bukan berarti tidak menjaganya. Semua orang tua berharap memiliki anak yang berani bukan?

Temani Si Kecil Sebelum Tidur

Kelebihan Membiasakan Anak Tidur Sendiri Sejak Kecil Parenting

Selanjutnya membiasakan diri untuk meninggalkan si kecil dan juga beristirahat di kamarnya sendiri memang bukanlah hal mudah. Tetapi kamu bisa melakukan atau mengantisipasinya dengan memanfaatkan waktu 30 hingga 60 menit sebelum tidur. Usahakan mereka untuk tetap bisa nyaman dan juga tinggal di kamarnya.

Sebagai orang tua kamu bisa membiasakan untuk menemaninya terlebih dahulu. Misalnya saja bercerita mengobrol kemudian membicarakan mengenai bagaimana kesehariannya, setiap 30 hingga 60 menit sebelum tidur. Setelah itu temani mereka untuk bisa tidur di kamarnya dengan baik. Jika sudah terlelap, kamu bisa kembali ke kamar ataupun melanjutkan aktivitas. Dengan cara ini anak-anak akan merasa bahwa mereka tetap diperhatikan walaupun memiliki kamar yang berbeda. Jangan sampai karena si kecil tidur di kamar sendiri, maka ibu atau ayahnya membiarkan mereka untuk menghabiskan waktu sendiri dan pada akhirnya orang tua sibuk dengan ponsel dan tidak memperhatikan mereka.

Self Concept yang Meningkat

Terakhir kelebihan anak tidur sendiri yakni adanya self concept. Konsep diri merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan, bahkan diajarkan oleh orang tua. Hal ini sangat penting, karena biasanya beberapa anak yang tidur bersama dengan orang tua terbiasa untuk tidak memperhatikan hal kecil. Misalnya saja, anak yang tidur dengan orang tua, tidak harus berpikir untuk membersihkan tempat tidur ataupun harus merapikan berbagai barang yang tergeletak di kamar.

Sehingga mereka kurang mawas diri untuk bisa menjaga berbagai barang yang mereka miliki. Kebiasaan ini akan terbawa saat si kecil di sekolah atau diluar rumah. Tetapi tidak dengan mereka yang tinggal ataupun tidur di kamar sendiri. Mereka akan berusaha untuk berpikir bagaimana caranya mengatur diri sendiri, agar tetap nyaman dan juga menyukai kamar yang sudah disediakan oleh orang tuanya.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
6 Cameo di Drama Record of Youth yang Curi Perhatian, Ada Park Seo Joon - kumparan.com

Siapa Saja 10 Cameo Yang Hadir Dalam Drama Record of The Youth?

7 Aplikasi Movie Maker untuk OS Windows 10