in

Kendala Yang Dapat Dihadapi Saat Mulai Menabung

Jalan menuju kebebasan finansial memang tidak gampang untuk dicapai. Saat kamu ingin mulai menabung, ada saja kendala yang muncul dan mengurungkan niatmu. Semua orang ingin terbebas dari permasalahan finansial, semua orang ingin hidup tanpa perlu mengkhawatirkan permasalahan finansial yang bisa saja terjadi kepada mereka. Oleh karena itu, menabung adalah keputusan yang tepat untuk dilakukan. Sayangnya, ada saja masalah yang mungkin dapat terjadi saat kamu mulai menabung. Tantangan yang datang bisa berliku-liku dan membuat usaha kamu menabung menjadi sia-sia.

Menabung sudah menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh seseorang. Dengan memiliki tabungan, kamu dapat merasa lebih tenang untuk permasalahan finansial yang mungkin dapat terjadi karena tabungan tersebut akan menjadi back-up untuk kamu. Namun, harus disadari bahwa ada banyak godaan yang dapat terjadi saat menabung dan hal tersebut bisa menjadi kendala tersendiri. Nah, untuk mengetahui cara terbaik untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mempersiapkan diri. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan memberitahukan beberapa kendala yang mungkin akan dialami saat kamu mulai menabung.

Merasa Lelah

Kendala Yang Dapat Dihadapi Saat Mulai Menabung Keuangan

Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-holding-banknote-928184/

Menabung berarti ada beberapa hal yang harus dikorbankan. Bisa saja untuk mulai menabung kamu tidak bisa sering-sering pergi makan di luar atau kamu harus mengurangi kebiasaan nonton di bioskop. Kamu mungkin akan merasa capek untuk hidup seperti itu, harus mengorbankan kebebasan kamu dan harus hidup hemat. Hidup hemat itu juga melelahkan, setiap kali harus bisa menahan diri untuk mengeluarkan uang, menghitung uang recehan, mencatat pengeluaran sekecil apapun, dan membuat rencana keuangan. Hal tersebut bisa sangat melelahkan. Kamu mungkin juga akan merasa lelah berkorban kesenangan kamu demi uang, lelah melihat orang lain membeli barang dan kamu harus menyimpan uang tersebut. Lelah merupakan kendala mulai menabung lainnya.

Memang hal-hal tersebut bisa membuat anda merasa capek sekali. Mungkin seringkali kamu juga merasa ingin menyerah. Namun, hal ini tidak harus menjadi siksaan untuk kamu. Temukan cara menabung yang terbaik untuk kamu. Mulai menabung bukan berarti harus mengorbankan kesenangan kamu, tetapi kamu harus mengetahui sampai dimana kemampuanmu. Berikan diri kamu ruang gerak yang dibutuhkan untuk berhasil. Salah satu dalam perjalanan Anda menuju kebebasan keuangan bisa dengan beristirahat. Biarkan diri kamu berkesempatan untuk santai. Tetapkan tujuan keuangan yang mengamankan masa depan tetapi juga buat Anda bahagia. Kuncinya adalah memacu diri sendiri mengelola keuangan dengan suatu perjalanan. Perjalanan itu seperti lomba lari.

Merasa Bosan

Kendala Yang Dapat Dihadapi Saat Mulai Menabung Keuangan

Salah satu hal yang bisa menjadi kendala saat kamu memutuskan untuk menabung adalah kebosanan. Bosan menghemat, bosan untuk hemat membeli makanan itu-itu saja, bosan karena harus menghemat kamu tidak dapat berpergian kemanapun, dan sebagainya. Namun, sama seperti saat anda merasa lelah, menabung itu bukan sebuah perlombaan. Anda tidak perlu terburu-buru mengumpulkan uang. Kumpulkanlah uang sesuai kemampuan kamu. Jika kamu mulai merasa bosan, cobalah beristirahat sejenak, lakukan sesuatu hal yang kamu sukai. Setelah itu, kamu akan merasa lebih siap untuk melanjutkan usaha kamu untuk menabung.

Pendapat Orang Lain

Hal ini bisa sangat mempengaruhi semangat kamu dan menjadi kendala saat kamu mulai menabung. Perlu dipahami bahwa tidak semua pendapat orang itu negatif, tetapi jika kamu selalu berusaha untuk memuaskan orang lain, kamu akan kesulitan untuk mencapai tujuan kamu. Orang-orang tidak selalu bertujuan buruk mengenai situasi kamu, tetapi hal tersebut bisa membuat kamu kehilangan semangat. Mungkin orang tua berpikir kalau kamu tidak perlu menabung, toh kamu masih muda masih bisa bekerja. Pendapat-pendapat seperti itu bisa membuat kamu lupa dengan tujuan awal kamu dan akhirnya malah membuat kamu menyerah di tengah jalan.

Untuk menghadapi kendala ini, kamu perlu mengingat lagi tujuan awal kamu menabung dan buka lagi rencana keuangan yang telah kamu buat. Perlu kamu sadari bahwa uang yang kamu tabung hanyalah untuk kebutuhanmu dan keluargamu. Jadi kamu tidak perlu menghiraukan omongan orang lain karena uang tersebut untuk kebutuhan kamu. Jika pendapat orang lain kamu rasa positif dan dapat mendukung kamu untuk menabung lebih baik lagi, lakukanlah. Namun, jika pendapat-pendapat tersebut malah membuat kamu lupa dengan tujuan kamu menabung, jangan sungkan-sungkan untuk mempedulikan pendapat-pendapat tersebut. Kuncinya adalah mengingat goals yang telah kamu buat.

Terlalu Terburu-Buru

Kamu semua pasti ingin mencapai goals yang kamu buat secepat mungkin, karena itu kamu menjadi terburu-buru untuk mulai menabung dan menjadi terlalu tergesa-gesa sehingga menjadi kendala sendiri. Hal ini mungkin bisa menjadi kendala yang tersulit untuk kamu, menjaga kesabaran. Untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan, kamu tidak boleh terburu-buru, kunci dari menabung yang sukses adalah konsistensi. Jika kamu terlalu terburu-buru mengumpulkan uang, bisa saja kamu malah membuat perencanaan keuangan yang kurang baik. Misalnya supaya goals kamu lebih cepat tercapai, kamu memutuskan 50% gaji kamu itu untuk di tabung. Padahal, kebutuhan hidup kamu memerlukan uang yang lebih banyak, alhasil usaha kamu untuk menabung jadi berantakan.

Anda harus mengerjakan hal secara perlahan dan kamu harus membuat pilihan yang sulit. Triknya adalah melakukan apa yang bisa selagi kamu bisa dan semuanya akan berhasil pada akhirnya. Ikuti saja dan percayakan prosesnya. Kebebasan keuangan membutuhkan kesabaran dan ketabahan. Tetap bertahan. Anda dapat melakukan ini. Mungkin akan kelihatan bergerak sedikit saja kemajuannya, tetapi jika dilakukan secara terus menerus, kamu pasti bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Mengalami Kemunduran

Kendala Yang Dapat Dihadapi Saat Mulai Menabung Keuangan

Hal ini sangat mungkin untuk kamu alami. Di saat kamu sedang menabung uang kamu, tiba-tiba terjadi sesuatu situasi yang darurat dan kamu membutuhkan uang yang kamu tabung tersebut. Hasilnya uang tabungan kamu berkurang atau mungkin habis tidak tersisa. Kendala ini mungkin akan membuat kamu frustasi dan membuat kamu takut untuk mulai menabung lagi. Jika hal ini terjadi, mungkin kamu akan merasa sedih juga melihat uang yang kamu kumpulkan dengan susah payah hilang begitu saja. Namun, jangan bersedih dulu karena kebebasan finansial anda masih dapat anda capai. Cobalah untuk membuat strategi-strategi baru untuk memulai tabungan kamu kembali, bahkan jika bisa buatlah rencana jika situasi darurat ini terjadi lagi. Sehingga, ketika di masa depan akan terpaksa kehilangan tabungan anda kembali, anda akan mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk memulai kembali. Seperti kata pepatah, jatuh tujuh kali, bangun delapan kali.

Penutup

Jadi itulah beberapa kendala yang mungkin akan dihadapi saat kamu mulai menabung. Kendala-kendala tersebut dapat dihadapi jika kamu mengetahui hal-hal tersebut. Jadi jangan putus asa dan patah semangat! Kebebasan finansial yang kamu impikan pasti dapat terwujud.

Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

11 Tips Dasar dan Penting Merawat Kulit, Khusus Buat Cowok!

Penampilan Terbaru Lee Jong Suk Saat Jalani Wamil Kejutkan Publik

Yuk Nostalgia Drama Lee Jong Suk Yang Sebentar Lagi Selesai Wamil!