in

Leader Grup K-Pop SM Entertainment Dari Generasi Kedua

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan grup K-Pop untuk memiliki seorang leader yang akan memimpin grup mereka. Leader memiliki peran yang sangat vital di mana salah satunya adalah harus mampu menjaga kekompakkan para personel. Sehingga memilih seorang leader tidak sembarang dilakukan. Mereka biasanya dipilih dengan beberapa alasan seperti karena dia yang paling tua, paling berpengaruh, atau paling lama menjalani training. Namun memang pada umumnya anggota paling tua sering kali dipilih sebagai leader. Lantaran Ia dinilai lebih bijak terutama dalam memecahkan masalah dalam grup. Adapun agensi yang terkenal memilih leader dalam grup K-Pop mereka dari segi usia adalah SM Entertainment.

Alasan seorang leader memiliki peran penting adalah karena dia harus mengarahkan grupnya agar meraih kesuksesan yang besar. Sehingga tidak jarang posisi mereka sering kali menjadi tameng ketika sebuah grup mengalami kesulitan. Kendati begitu, sebenarnya adanya seorang leader dalam grup tidak diwajibkan. Ada juga grup K-Pop yang memutuskan untuk berjalan tanpa memiliki sosok leader. Grup-grup tersebut memiliki alasan yang cukup beragam. Ada yang merasa bahwa setiap anggota tim mempunyai jiwa kepemimpinannya masing-masing yang kuat. Ada juga yang dengan ditinggal oleh leadernya sendiri dan tidak berniatan menggantikan posisinya. Namun, para leader grup K-Pop yang berasal dari SM Entertainment sering mendapat pujian dari publik berkat kepemimpinan yang mereka miliki.

Leader Grup K-Pop SM Entertainment Dari Generasi Kedua K-Pop
Gambar: Leeteuk yang memiliki nama lengkap Park Jung Soo ini adalah leader dari grup Super Junior yang debut pada tahun 2005 silam (Sumber: https://www.wowkeren.com/images/news/00190952.jpg)

Adapun para leader grup K-Pop dari SM Entertainment yang mendapatkan banyak sorotan adalah mereka dari generasi kedua. Sebenarnya ada banyak pendapat tentang periode generasi kedua, seperti 2000-2009, 2000-2012, 2003-2012. Generasi kedua dianggap menjadi generasi pelopor yang telah menyebarkan halyu wave ke luar Korea Selatan. Tidak bisa disangkal bahwa pada era inilah K-pop mulai digandrungi masyarakat internasional termasuk Indonesia. Sebenarnya generasi kedua didominasi dengan idola dari tiga agensi besar di Korea Selatan, yaitu SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Adapun grup yang mengawali generasi kedua adalah TVXQ dari SM Entertainment yang dilanjutkan SNSD, Super Junior, SHINee, dan F(x). Sementara dari YG Entertainment ada Big Bang dan 2ne1 dan dari JYP Entertainment ada Wonder Girls dan 2PM. Selain itu, ada juga grup dari agensi kecil lainnya seperti T-ara, Infinite dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun beberapa alasan mengapa grup K-Pop generasi kedua mendapat lebih banyak sorotan karena K-pop menjadi lebih populer. Mereka memperkenalkan koreografi yang unik dan khas, melodi yang menawan, dan lirik yang memikat hati. Selain itu, kenyataan bahwa menjadi seorang idola K-pop harus melewati masa training yang bertahun-tahun membuatnya semakin diapresiasi. Belum lagi produksi musik yang sangat luar biasa membuat para penggemar semakin jatuh cinta. Sebenarnya K-pop mulai merambah ke luar negeri lewat negara Jepang, lalu ke negara di Asia Timur, barulah meluas ke negara-negara di Asia. Meskipun penyebarannya sudah sangat luas, tetapi pencapaian generasi kedua ini belum meluas ke seluruh dunia. Namun, generasi kedua telah membuka pintu K-pop dikenal semakin banyak orang. Hal inilah yang membuat para leader grup K-Pop generasi kedua mendapatkan sorotan dari masyarkat apalagi dari SM Entertainment. Memang agensi yang dipimpin Lee So Man ini dianggap memiliki jasa dalam mengembangkan budaya K-Pop ke luar Korea Selatan.

Berikut ini adalah leader grup K-Pop yang berasal dari SM Entertainment yang dipuji karena kemampuan mereka dalam memimpin:

Leader Grup K-Pop SM Entertainment Dari Generasi Kedua K-Pop
Gambar: Yunho berposisi sebagai leader, dancer utama, rapper utama, vocalist, dan visual dalam grup TVXQ yang debut pada tahun 2003 (Sumber: https://jabarekspres.com/wp-content/uploads/2021/03/yunho.jpg)

1. Yunho TVXQ

Yunho telah menjabat sebagai pemimpin dari grup TVXQ selama 18 tahun lamanya terhitung sejak debut pada tahun 2003. Ia bukan hanya berposisi sebagai leader, tetapi juga sebagai dancer utama, rapper utama, vocalist, dan visual dalam grup. Hal ini tidak mengherankan jika dirinya selalu sukses membuat para penggemar kagum. Yunho bukan hanya memiliki kemampuan dalam memimpin grup saja, tetapi juga memiliki banyak bakat.

2. Leeteuk Super Junior

Leeteuk yang memiliki nama lengkap Park Jung Soo ini memulai debutnya dengan Super Junior pada tahun 2005 silam. Idola yang lahir pada 1 Juli 1983 ini telah diakui kemampuannya dalam memimpin grup hingga sukses di kancah Internasional. Ia selalu memperhatikan para personel dengan baik. Bisa dibilang hal ini juga menjadi salah satu kunci kerjasama Super Junior hingga sukses seperti saat ini. Jiwa pemimpin yang dimiliki Leeteuk ini membuat para ELF sebutan penggemar Super Junior sangat takjub dengan dirinya.

3. Taeyeon SNSD

Leader Grup K-Pop SM Entertainment Dari Generasi Kedua K-Pop
Gambar: Taeyeon adalah leader yang memiliki tubuh mungil diantara member SNSD lainnya (Sumber: https://cdn06.pramborsfm.com/storage/app/media/Prambors/Editorial/TAEYEON%20SNSD-20201221133543.jpg)

Taeyeon memiliki tubuh yang mungil diantara member SNSD lainnya. Namun, kenyataan tersebut tidak menghalangi jiwa pemimpinnya yang kuat. Lantaran Ia berhasil membawa SNSD mencapai panggung Go International. Ia juga sering mengambil keputusan dengan tepat saat mereka berada di tengah kesulitan. Selain itu, Taeyeon juga sering mengalami berbagai cobaan saat menjadi leader yang salah satunya ketika Jessica harus meninggalkan grup. Namun, Ia tetap bertahan dan selalu tampil dengan energik untuk para penggemar.

4. Onew SHINee

Onew merupakan leader dan vokalis utama grup SHINee yang debut pada tahun 2008. Ia juga pernah melewati masa-masa sulit menjadi leader sama seperti Taeyeon SNSD. Jika seniornya tersebut harus ditinggal personel karena ada permasalahan internal grup. Sementara, Onew dan personel SHINee harus rela ditinggal Jonghyun yang mengakhiri hidupnya beberapa tahun lalu. Kenati demikian, Ia harus tetap bertahan untuk menguatkan ketiga personel lainnya. Onew juga selalu menjaga serta memperhatikan Minho, Key, dan Taemin dengan sangat baik.

5. Victoria F(x)

Victoria merupakan leader dari grup K-Pop bernama F(x) yang juga berada di bawah naungan SM Entertainment. Idola yang lahir di Qingdao Tiongkok ini mendapat julukan sebagai Ibu oleh para personel grup F (x) lainnya. Lantaran Ia sangat gemar sekaligus pandai dalam memasak. Victoria juga sering membuatkan makanan untuk para membernya yang membuatnya sangat sayangi karena sangat memperhatikan mereka. Namun, Victoria mengalami hal yang sama di alami oleh Taeyeon. Di mana salah satu personel grupnya harus pergi meninggalkan F (x) dan bersolo karier. Dia adalah Sully yang telah pergi dengan mengakhiri hidupnya beberapa tahun lalu.

Itulah artikel mengenai “Leader Grup K-Pop SM Entertainment Dari Generasi Kedua”. Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Veteran

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jeon Yeo Bin Is A Competitive And Cutthroat Lawyer In Upcoming tvN Drama “Vincenzo” | Soompi

Ini Daftar Peran Jeon Yeo Bin Selain Hong Cha Yeong di Drama Vincenzo

Kim Tae Ri Fans 🐥🍐 on Twitter: "Crowdfunding for 'Space Sweepers', which is scheduled to start in early August, can be invested from minimum of 500K won up to 5M won per

Perjalanan Karier Kim Tae Ri Lewat Film Yang Dibintanginya