in

Lima Alasan Web Drama Korea Tidak Kalah Seru Untuk Ditonton

Web drama tidak kalah seru dengan drama Korea biasa karena sama-sama mampu memperoleh popularitas yang tinggi. Rata-rata faktor penyebab suatu drama dapat begitu populer adalah jalan ceritanya dan pemain utamanya. Kendati begitu, ada perbedaan yang sangat mencolok antara drama biasa dan web drama mulai dari durasi hingga biaya produksi. Namun, sepertinya masih banyak yang mengira kalau kedua jenis drama tersebut sama. Mungkin saja penonton drakor merasa web drama yang memiliki durasi sangat pendek tersebut tidak kalah menarik dibandingkan dengan drama biasa. Akan tetapi tidak ada salahnya mengetahui perbedaan tersebut meskipun tidak akan mengurangi nilai dari drama yang sedang ditonton.

Perbedaan pertama yang paling terlihat secara eksplisit antara drama biasa dan web drama adalah durasi video. Drama Korea biasanya memiliki durasi video setidaknya sekitar 45 menit atau lebih setiap episodenya sedangkan web drama cenderung lebih pendek. Durasi sebuah web drama biasanya sekitar 10 menit sampai 25 menit setiap episode bahakn bisa kurang atau lebih dari angka tersebut. Contohnya drama Hotel Del Luna berdurasi sekitar 70 menit sedangkan web drama A-TEEN berdurasi kurang dari 15 menit setiap episodenya.

Ada fakta menarik terkait durasi sebuah drama dalam peraturan televisi nasional di Korea Selatan seperti SBS, MBC, dan KBS. Pasalnya ketiga stasiun penyiaran tersebut membagi penayangan drama menjadi dua episode dengan durasi masing-masing sekitar 35 menit di setiap harinya. Lantaran SBS, MBC, dan KBS menggunakan durasi sekitar satu menit untuk pergantian acara tersebut untuk menayangkan jeda iklan. Kebijakan ini ditetapkan karena penayangan jeda iklan oleh televisi nasional di tengah berlangsungnya program dianggap ilegal karena melanggar undang-undang penyiaran.

Lima Alasan Web Drama Korea Tidak Kalah Seru Untuk Ditonton Drama Korea

Gambar: Drama Korea pada umumnya pertama kali disiarkan melalui televisi baik tv nasional maupun tv kabel baru kemudian tersedia secara online sementara seluruh episode web drama langsung ditayangkan lewat platform online lainnya

Perbedaan selanjutnya adalah saluran tayang. Drama Korea pada umumnya pertama kali disiarkan melalui televisi baik tv nasional maupun tv kabel baru kemudian tersedia secara online. Saluran televisi nasional seperti MBC, SBS, dan KBS; sedangkan saluran tv kabel yang digunakan adalah JTBC, tvN, MBN, OCN, TV Chosun. Sementara seluruh episode web drama langsung ditayangkan lewat YouTube, Naver, V Live atau platform online lainnya.

Penanyangan yang hanya secara online tersebut menjadi alasan mengapa biaya produksi web drama cenderung lebih rendah dibandingkan drama biasa. Hal ini juga yang menyebabkan tampilan dalam web drama seolah cenderung menjadi kurang dipoles. Sementara, alasan drama biasa memakan banyak biaya produksi adalah harus melalui beberapa tahap produksi seperti pemilihan lokasi dan proses pengeditan. Sebut saja drama yang dibintangi Suzy dan Lee Seung Gi dengan judul Vegabond menghabiskan biaya produksi sekitar 25 miliar won.

Perbedaan terakhir antara drama biasa dan web drama adalah pemilihan tema. Pasalnya pemilihan tema pada drama biasa harus menyesuaikan dengan aturan tayang berdasarkan masing-masing televisi. Sementara, web drama bisa lebih bebas memilih tema drama tanpa perlu khawatir pada regulasi dari stasiun televisi. Semua perbedaan tersebut sama sekali tidak mengurangi popularitas kedua jenis drama Korea karena memiliki kelebihan masing-masing.

Berikut ini adalah lima alasan web drama Korea tidak kalah seru untuk ditonton :

Lima Alasan Web Drama Korea Tidak Kalah Seru Untuk Ditonton Drama Korea

Gambar: Saat ini idola Kpop mulai debut menjadi seorang aktor dengan membintangi banyak web drama di mana mereka tidak hanya berperan sebagai pemeran pendukung saja tetapi juga sebagai pemeran utama

1. Pemerannya kebanyakan idola KPop

Saat ini idola Kpop mulai debut menjadi seorang aktor dengan membintangi banyak web drama. Mereka tidak hanya berperan sebagai pemeran pendukung tetapi juga pemeran utama. Menariknya tidak sedikit idola Kpop yang berhasil memerankan karakter utama sehingga semakin menghibur para penggemarnya karena sukses menunjukkan bakat aktingnya.

2. Ceritanya adaptasi webtoon

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ada banyak judul webtoon dengan cerita yang menarik. Hal ini semakin membuat antusiasme penggemar agar cerita yang mereka baca dari webtoon menjadi sebuah drama yang dapat ditonton. Sehingga ada banyak webtoon yang diadaptasi menjadi drama Korea biasa. Begitu pula dengan web drama dengan durasi yang lebih pendek.

3. Alurnya lebih ringan

Alasan selanjutnya yang membuat web drama tidak kalah seru untuk ditonton adalah konflik cerita yang harus diselesaikan. Sebenarnya ini merupakan hal umum pada sebuah drama tetapi jalan cerita dalam web drama sedikit lebih ringan dari drama biasa. Penonton web drama akan mendapatkan kesan yang berbeda dari konflik yang ada.

Lima Alasan Web Drama Korea Tidak Kalah Seru Untuk Ditonton Drama Korea

Gambar: Web drama hanya memiliki durasi setengah dari drama pada umumnya bahkan bisa lebih pendek di mana secara umum sekitar 10 menit sampai 25 menit setiap episode yang tayang pada platform online

4. Hanya tayang secara online

Penonton tidak dapat menemukan web drama dalam televisi nasional karena hanya ditayangkan melalui media online saja. Seluruh episode web drama biasanya tayang di V Live, YouTube, Never, atau platform online lainnya.

5. Durasi pendek

Web drama hanya memiliki durasi setengah dari drama pada umumnya bahkan bisa lebih pendek. Durasi setiap episodenya secara umum adalah sekitar 10 menit sampai 25 menit. Tentu saja ini menolong penonton drakor yang mudah bosan karena durasi yang terlalu panjang. Namun, mungkin juga ada yang mengalami kekurangan durasi saat menonton karena terbiasa dengan durasi yang lebih panjang. Itu adalah lima alasan web drama Korea tidak kalah seru untuk ditonton. Kalau kamu lebih suka nonton drama Korea biasa atau web drama?

Ada rekomendasi buat kamu yang lebih suka drama biasa tetapi bosan dengan durasi yang terlalu panjang. Beberapa drama ada yang hanya memiliki dua atau tiga episode saja dengan cerita tidak kalah terbaik. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara drama dengan episode yang panjang maupun yang pendek. Hanya saja jumlah episode yang lebih sedikit ini memiliki kelebihan karena tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk menyaksikan drama tersebut. Namun, ada juga yang kurang menyukainya karena dinilai terlalu cepat berakhir. Kendati begitu, kita masih dapat merasakan keseruan dari jalan cerita meskipun hanya beberapa kali penayangan saja. Semoga bisa menjadi pilihan untuk menikmati keseruan menonton drama Korea yang memiliki variasi format ini.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tips Bijak Mengemudi mobil saat Hujan

Lima Cara Aman Dalam Mengemudi Mobil Saat Cuaca Hujan

Kursus Mekanik Mobil, Simak Tips Memilih hingga Keuntungannya | Daihatsu Indonesia

Cara Mudah Belajar Otomotif Mobil Secara Otodidak Mandiri