in

Lima Budaya Makan Sehat Orang Korea Selatan Yang Patut Ditiru

Korea Selatan memiliki banyak hal yang menarik untuk diketahui. Salah satunya adalah budaya makan orang Korea yang membuat banyak orang penasaran. Lantaran para pemeran drakor rata-rata memiliki tubuh langsing yang menjadi impian hampir semua orang. Padahal ada banyak adegan dalam drama yang memperlihatkan betapa seringnya mereka makan, terkadang juga dalam porsi yang banyak. Ternyata kebiasaan makan mereka memberikan pengaruh baik pada bentuk tubuh, tetapi tetap diimbangi dengan berolahraga. Apalagi ternyata Korea Selatan masuk dalam daftar negara yang memiliki makanan sehat. Sehingga budaya ini sangat patut untuk ditiru untuk kesehatan.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari menonton drakor seperti mempelajari bahasanya atau mengetahui kulinernya. Memang tidak sedikit penonton drakor yang ingin menjajal kuliner negara gingseng ini karena sering melihat adegan makan yang cukup sering muncul di drama. Seperti Bibimbap yang terdiri dari nasi yang dicampur dengan beragam sayur tumis dan saus gochujang. Ciri khasnya adalah semua isi dijadikan satu terlebih dulu untuk kemudian dimakan. Ada juga yang ditambah topping telur mentah yang disajikan dalam mangkuk batu khas Korea yang disebut Dolsot Bibimbap. Selanjutnya, Bulgogi atau daging sapi yang dibakar yang disajikan dengan tiga rasa, seperti original, marinasi kecap asing, dan marinasi gochujang. Makanan ini juga disajikan dengan tiga macam saus tambahan, seperti minyak wijen ditambah garam, gochujang ditambah cuka, dan ssamjang.

Haejang-guk adalah sup daging dengan rasa yang kuat karena menggunakan bumbu utama ganjang alias kecap asin. Namun, makanan ini juga dapat dinikmati dalam versi pedas dengan isian bawang bombai, daun bawang, dan sawi putih. Fakta menariknya adalah Haejang-guk biasanya dimakan setelah minum alkohol dalam jumlah yang banyak untuk menghilangkan rasa mabuk. Selanjutnya, Hotteok merupakan pancake manis yang dibuat dari adonan roti. Biasanya isian dari gorengan khas Korea adalah madu atau sirup gula merah, tetapi ada juga menggunakan makanan asin untuk isiannya seperti kimchi, japchae, sampai sayuran seperti wortel dan kubis.

Lima Budaya Makan Sehat Orang Korea Selatan Yang Patut Ditiru Drama Korea

Gambar: Budaya makan sehat orang Korea Selatan yang patut ditiru adalah makan makanan pedas yang ternyata memiliki segudang manfaat

Salah satu makanan yang hampir selalu muncul dalam adegan drakor adalah Huraideu chikin alias ayam goreng Korea. Makanan ini memiliki dua varian rasa seperti original dan pedas. Selanjutnya. Jajangmyeon adalah mie yang berukuran tebal dengan saus kacang kedelai hitam dengan warna yang pekat. Ada tambahan daging dan bawang bombai sebagai isian makanan. Sementara, Japchae adalah bihun khas Korea yang ditumis dengan kubis, wortel, dan ganjang serta diberi minyak dan biji wijen sebagai hiasan. Kemudian, Kimchi yang merupakan fermentasi dari sawi putih yang diberi bumbu gochujang, gochugaru, jeotgal, dan wortel. Sebenarnya kimchi dapat langsung dimakan meskipun baru dibuat yang dinamakan fresh kimchi. Apabila dibiarkan setidaknya seminggu untuk fermentasi, maka muncul rasa asam. Sementar, Kimchi Jjigae merupakan sayur kimchi dengan saus gochujang yang direbus. Biasanya ada tambahan seperti daging sapi, bawang bombai, bawang putih, dan tahu.

Maeun Dakbal adalah ceker pedas yang dilumuri saus gochujang dan bumbu lain lalu dibakar. Biasanya kuliner ini dimakan untuk mendampingi minum soju di malam hari. Penonton drakor pasti sering melihat orang Korea ngemil makanan ini dengan memakai sarung tangan plastik. Selanjutnya, Mandu adalah pangsit isi daging, tetapi terkadang juga ada isian lain, seperti kimchi dan sayuran. Kemudian, Odeng yang merupakan bakso ikan ini biasanya menjadi makanan pendamping untuk Tteokbokki. Sementara, Tteokbokki adalah campuran dari kue beras dengan odeng yang dimasak dengan bumbu gochujang lalu ditaburi daun bawang. Selai itu, ada juga makanan di Kdrama yang bernama Pajeon yang merupakan pancake daun bawang. Makanan ini lebih dominan daun bawang karena tepung adonan hanya sedikit. Terakhir, Ramyun adalah makanan instan yang sangat identik sebagai kuliner khas Korea. Mie ini memiliki cita rasa yang pedas dan kuat. Biasanya orang Korea menambahkan Kimchi, daging babi, sayuran, atau seafood lainnya agar memperkuat rasa Ramyun.

Berikut ini adalah lima budaya makan sehat orang Korea Selatan yang patut ditiru :

Lima Budaya Makan Sehat Orang Korea Selatan Yang Patut Ditiru Drama Korea

Gambar: Orang Korea jarang makan gorengan karena mereka sering mengolah makanannya dengan cara direbus, dikukus, dibakar, dan ditumis

1. Suka Makan Makanan Fermentasi

Kimchi menjadi akanan tradisional yang sangat identik dengan Korea Selatan. Makanan ini biasanya menjadi makanan pendamping atau makanan tambahan saat memasak sup maupun nasi goreng. Menariknya, Kimchi merupakan sayuran dengan bumbu pedas yang difermentasi. Proses fermentasinya dapat menghasilkan bakteri asam laktat bernama Lactobacillus kimchii sehingga makanan ini bisa menjadi makanan probiotik. Kandungan pada Kimchi seperti vitamin C dan antioksidan membantu mengurangi radikal bebas. Selain itu, kandungan tersebut merangsang produksi kolagen yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan elastis. Sehingga dapat memperlambat proses penuaan yang terjadi pada kulit.

2. Terbiasa Makan Sayur-sayuran

Memang makan sayur-sayuran sudah menjadi kebiasaan Orang Korea. Mungkin dapat dilihat dalam drakor yang banyak menampilkan adegan membungkus daging dengan sayuran saat makan. Mereka tidak lupa menyajikan sayuran sebagai pelengkap, meskipun akan menikmati daging sebagai makanan utama. Pasalnya makan sayuran memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti pencernaan, kesehatan kulit, hingga mampu meredakan stres.

3. Suka Makan Makanan Pedas

Budaya makan sehat orang Korea Selatan yang patut ditiru adalah makan makanan pedas yang ternyata memiliki segudang manfaat. Beberapa makanan Korea Selatan yang terkenal memiliki rasa pedas adalah Tteokbokki, Buldak, dan Dakbal. Biasanya selera makan orang Korea semakin meningkat saat melihat warna merah pada makanan-makanan tersebut. Ternyata kekebalan tubuh akan meningkat dengan makan makanan pedas karena adanya kandungan vitamin A dan C yang tinggi pada cabai. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menurunkan berat badan karena kandungan senyawa capsaicin pada cabai dapat membuat kalori mudah terbakar. Kendati begitu, makan makanan pedas juga berisiko menyebabkan sakit perut.

Lima Budaya Makan Sehat Orang Korea Selatan Yang Patut Ditiru Drama Korea

Gambar: Orang Korea suka makan makanan fermentasi, salah satunya adalah Kimchi sebagai makanan tradisional yang sangat identik dengan Korea Selatan

4. Makan Pakai Sumpit

Orang Korea juga memiliki kebiasaan yang sama dengan orang Jepang dan Cina, yaitu makan dengan menggunakan sumpit. Sebenarnya kebiasaan ini memiliki berbagai manfaat yang mungkin saja belum banyak diketahui sebelumnya. Ternyata makan menggunakan sumpit dapat membantu untuk mengendalikan berat badan karena seseorang harus berkonsentrasi untuk makan lantaran sumpit cenderung sulit digunakan. Sehingga secara tidak langsung akan mengendalikan porsi makan menjadi lebih baik. Selain itu, manfaat makan menggunakan sumpit adalah mencegah perut kembung dan meningkatkan koordinasi otak dengan tubuh.

5. Jarang Makan Gorengan

Orang Korea sering mengolah makanannya dengan cara direbus, dikukus, dibakar, dan ditumis yang membuat makanan mereka kurang menggunakan minyak. Sehingga, tidak mengherankan apabila mereka mengonsumsi ubi rebus sebagai camilan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga beberapa jajanan pasar yang cara pengolahannya digoreng. Itu adalah lima budaya makan sehat orang Korea Selatan yang patut ditiru.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Mentor

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Pelaksanaan UKK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) - SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru

Universitas Dengan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Terbaik

Yamaha Terkesan dengan F15 dan H15 yang Berjaya di Jepang dan Korea | Fakultas Teknik

Fakta Tentang Prospek Kerja Untuk Lulusan Teknik Otomotif