in

Lima Persyaratan Penting Dalam Pembuatan SIM Internasional

Alasan mengapa pentingnya mengetahui persyaratan dalam pembuatan SIM Internasional yang terbaru dan terupdate adalah agar lebih memudahkan untuk mendapatkannya. Sehingga tidak ada proses yang terhambat sekaligus menghindari masalah yang mungkin terjadi karena menyepelekan informasi yang sudah ditentukan. Memang SIM Internasional menjadi dokumen legal yang wajib dimiliki oleh wisatawan asing khususnya yang hendak mengemudi kendaraan di luar negeri. Menariknya adalah SIM Internasional dari Indonesia dapat digunakan di 188 negara termasuk seluruh negara ASEAN serta negara-negara di Asia dan Eropa. Kendati begitu, dokumen ini tetap dianggap sah digunakan di beberapa negara yang tidak bekerja sama dengan Indonesia. Selain itu, SIM Internasional berlaku sejak tanggal penerbitan sampai tiga tahun sehingga sebaiknya memperpanjang 14 hari sebelum masa berlaku habis.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia masih ada yang menggunakan jasa orang lain untuk mengurus dokumen-dokumen penting seperti SIM Internasional. Sebenarnya semua pembuatan SIM sangat disarankan untuk mengurusnya sendiri. Pasalnya itu semua adalah dokumen yang sangat penting apalagi SIM Internasional yang wajib dimiliki untuk pengemudi kendaraan di luar negeri. Itu adalah beberapa hal yang perlu dipahami dari fungsi SIM Internasional untuk berkendaraan di luar negeri.

Pemilik SIM Iinternasional juga harus memahami peraturan lalu lintas di luar negara terutama negara yang akan didatangi. Sebab beberapa negara menerapkan peraturan berbeda seperti kecepatan mengemudi, tempat parkir, dan lain-lain. Selain itu, cara dan syarat pembuatan SIM Internasional tentu berbeda di setiap negara. Namun, semua yang lolos seleksi dapat berkendara di luar negeri sama seperti orang asing yang diperbolehkan mengemudi kendaraan di Indonesia. Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana prosedur pembuatan SIM Internasional di Indonesia? Simak bacaan di bawah ini!

Berikut ini adalah lima persyaratan penting dalam pembuatan SIM Internasional :

Lima Persyaratan Penting Dalam Pembuatan SIM Internasional Otomotif

Gambar: Pemilik SIM Iinternasional juga harus memahami peraturan lalu lintas di luar negara terutama negara yang akan didatangi karena beberapa negara menerapkan peraturan berbeda seperti kecepatan mengemudi, tempat parkir, dan lain-lain

1. Empat dokumen persyaratan

Ada empat dokumen persyaratan untuk mengurus pembuatan SIM Internasional yang perlu disiapkan dengan baik. Pertama adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 1 lembar. Sedangkan dokumen serupa untuk Warga Negara Asing (WNA) adalah fotokopi Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) sebanyak 1 lembar. Kedua adalah fotokopi SIM nasional sebanyak 1 lembar dan ketiga adalah fotokopi paspor juga sebanyak 1 lembar. Kedua dokumen tersebut khusus yang masih berlaku saja. Terakhir adalah Materai Rp 6.000 sebanyak 1 lembar.

2. Registrasi secara online

Melakukan registrasi secara online melalui http://SIM.korlantas.polri.go.id/SIM-internasional/ dengan mengisi nama lengkap yang sesuai paspor, golongan dan nomor SIM nasional. Selain itu, memilih gerai SIM Internasional untuk pilihan jadwal kedatangan dan memilih tanggal kedatangan yang diinginkan. Kemudian, menekan panel “Lanjut” untuk mengi formulir pendaftaran dengan lengkap sampai akhirnya meng-klik “Daftar” sebagai tanda menyelesaikan semua prosedur pendaftaran. Satu hal lagi yang paling penting adalah mencetak bukti pendaftaran online atau boleh juga dengan screenshot saja.

3. Pembayaran dengan berbagai metode

Persyaratan penting dalam pembuatan SIM Internasional selanjutnya adalah melakukan pembayaran dengan berbagai pilihan metode seperti transfer bank, mobile banking, atau ATM. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran dengan mencetaknya atau screenshot.

Biaya pembuatan SIM internasional sebesar Rp 250.000 berlaku untuk motor ataupun mobil sedangkan biaya memperpanjang masa berlakunya sebesar Rp 225.000. Kendati begitu, biaya SIM Internasional Indonesia bisa saja berubah secara tiba-tiba sehingga perlu memastikannya dengan selalu mengecek secara berkala tentang biaya terbaru.

Lima Persyaratan Penting Dalam Pembuatan SIM Internasional Otomotif

Gambar: Mekanisme Pembuatan SIM Internasional adalah mendaftar melalui website resmi Korlantas Polri secara online, menyelesaikan pembayaran, wajib datang ke Korlantas Polri sesuai dengan tanggal yang telah dipilih dengana membawa dokumen persyaratan, bukti registrasi online, dan bukti pembayaran pembuatan SIM Internasional

4. Datang ke Korlantas Polri

Tempat Pembuatan SIM Internasional hanya ada di Korlantas Polri yang beralamatkan di Jalan MT Hariyono Kav 37-38 Jakarta. Namun, sebelum kamu mendatangi tempat tersebut maka kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui website resmi Korlantas Polri. Mekanisme Pembuatan SIM Internasional sebelum mendatangi Korlantas Polri adalah mendaftar melalui http://sim.korlantas.polri.go.id/SIM-internasional dengan menggunakan smartphone, laptop, dan komputer. Selanjutnya adalah menyelesaikan pembayaran. Prosedur ketiga adalah wajib datang untuk mengambil nomor antrian ke Korlantas Polri sesuai dengan tanggal yang telah dipilih. Jangan lupa membawa dokumen persyaratan, bukti registrasi online, dan bukti pembayaran pembuatan SIM Internasional.

Jadwal pelayanan di Gerai SIM Internasional adalah dari Senin sampai Kamis pada pukul 08.00-15.00 WIB dengan jam istirahat pada pukul 12.00-13.00 WIB. Sedangkan, di Jumat buka di jam yang sama hanya saja waktu istirahat lebih panjang pada pukul 11.30-13.00 WIB. Layanan SIM Internasional berlaku untuk yang melakukan registrasi online pada tanggal yang sama dengan tanggal kedatangan sampai pukul 14.00 WIB. Sehingga siapapun yang mendaftar lebih dari waktu tersebut akan dilayani pada esok hari.

5. Proses verifikasi berkas dan identifikasi data diri

Proses selanjutnya adalah petugas akan melakukan verifikasi berkas dan identifikasi. Adapun dokumen yang diverifikasi adalah KTP asli untuk WNI atau KITAP asli khusus WNA, SIM nasional asli, dan paspor asli. Sedangkan, dokumen yang diidentifikasi melaui foto, sidik jari, dan tanda tangan secara elektronik. Hingga akhirnya hanya dalam waktu 3 menit saja proses pun selesai. Itu adalah lima persyaratan penting dalam pembuatan SIM Internasional.

Surat Izin Mengemudi (SIM) sangat dibutuhkan untuk mewujudkan perjalanan aman dan nyaman ke luar negeri. Sayangnya pandemi Covid-19 ini membuat banyak orang harus menunda rencana liburan mereka untuk sementara waktu. Padahal membayangkan dapat berpergian di dalam negeri saja sangat menyenangkan apalagi kalau bisa liburan keliling dunia. Keadaan yang tidak jelas ini membuat banyak orang senang mengkhayalkan sesuatu seperti memikirkan betapa lebih serunya mengendarai motor atau mobil sendiri di negara lain. Lantaran kita tidak hanya mencoba akan pengalaman baru tetapi juga menambah pengetahuan tentang sistem lalu lintas negara tersebut. Seandainya setelah pademi berakhir kamu berencana mengendarai mobil atau motor di luar negeri maka jangan lupa untuk membuat SIM Internasional yaa. Apakah kamu berencana membuat SIM Internasional dalam waktu dekat? Atau kamu sudah memilikinya? Sudah ke negara mana saja kamu menggunakan dokumen penting itu? Atau akan ke mana saja kamu menggunakannya?

Untuk artikel lainnya mengenai dunia otomotif, silahkan kunjungi Tulizan Otomotif.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otomotif

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Malaikat Pelindung Akui Malu Jika Meniru Drama Korea Goblin - ShowBiz Liputan6.com

Mengenal Panggilan Kakak dalam Bahasa Korea Yang Ada di Drakor

Mengenal Seollal, Imlek-nya Masyarakat Korea Selatan - GuideKu.com

Fakta Tentang Perhitungan Usia di Korea Selatan Yang Unik