in

Lima Pertimbangan Mengapa Drakor Memiliki Episode Yang Singkat

Drama Korea alias drakor lazimnya memang dikemas dalam jumlah episode yang singkat. Secara umum sebuah drama ditayangkan belasan kali seperti What’s Wrong with Secretary Kim yang tayang 2018 memiliki 16 episode. Sebenarnya jumlah tersebut dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan. Namun tidak ada jumlah baku karena ada drama Korea yang memiliki jumlah episode mulai dari terpendek hingga terpanjang. Pasalnya memangg tidak ada perbedaan yang signifikan dengan perbedaan jumlah tayang tersebut.

Daftar drakor yang memiliki episode terpanjang adalah Bing Goo dan Hello Dracula yang sama-sama tayang 2 episode saja. Bing Goo tayang di stasiun televisi MBC pada tahun 2017. Drama bergenre fantasi ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja karena menceritakan tentang seorang pria yang hidup kembali secara ajaib. Padahal dirinya telah membeku selama 37 tahun. Dia adalah Go Man Soo yang diperankan oleh Kim Jung Hyun. Ia mencari kekasihnya di masa lalu sembari berjuang untuk hidup kembali.

Hello Dracula yang tayang tahun 2020 memiliki jalan cerita yang menarik dengan pemeran yang bagus. Lantaran drama ini menceritakan tentang tiga orang perempuan yang merupakan tetangga menghadapi masalah mereka masing-masing. Ketiganya harus berurusan dengan suatu masalah hidup yang sangat ingin mereka hindari. Penonton akan disuguhkan jalan cerita yang menarik mulai dari pengenalan karakter, timbulnya konflik, hingga penyelesaian cerita. Karakter An Na yang diperankan Seohyun selalu menuruti semua keinginan ibunya. Lalu , Yoo Ra yang diperankan Go Na Hee terpaksa harus mengikuti keluarganya untuk pindah dari tempat tinggalnya. Terakhir masalah Seo Yeon yang diperankan Lee Joo Bin terlalu terobsesi dengan mantan kekasihnya. Waktumu tidak akan sia-sia untuk menonton drama baru ini.

Lima Pertimbangan Mengapa Drakor Memiliki Episode Yang Singkat Drama Korea

Gambar: Tidak ada jumlah baku karena memang tidak ada perbedaan yang signifikan antara drama Korea yang memiliki jumlah episode terpendek ataupun terpanjang

Drakor yang memiliki episode terpanjang adalah Happiness in the Wind dengan 173 episode dan Likeable or Not dengan 172 episode. Happiness in the Wind yang tayang pada 2010 ini bercerita tentang Kwon Oh Bok yang diperankan Kim So Eun. Dia adalah gadis muda dengan segala cobaan yang harus dilaluinya untuk mencapai impian menjadi seorang ilustrator komputer terbaik. Beruntungnya Kwon Oh Bok menemukan suatu hal yang mampu mengubah hidupnya. Sehingga dia mulai mencari kebahagiaan lewat hal tersebut.

Likeable or Not yang tayang pada tahun 2007 menceritakan tentang Kang Baek Ho yang diperankan oleh Kim Ji Suk. Dia mengalami kesulitan dalam beradaptasi sebagai bagian dari keluarga ayah tirinya. Kendati begitu, kehadiran Kang Baek Ho seolah menjawab harapan sang ayah yang sebenarnya sangat menginginkan seorang putra. Namun, dia harus mengalami berbagai macam emosi dalam proses memperoleh pengakuan sebagai anggota keluarga. Dia juga bertemu sosok perempuan yang selalu mendukungnya bernama Na Dan Poong yang diperankan oleh Han Ji Hye.

Berikut ini adalah lima pertimbangan mengapa drakor memiliki episode yang singkat :

Lima Pertimbangan Mengapa Drakor Memiliki Episode Yang Singkat Drama Korea

Gambar: Kim Eun Sook adalah salah satu penulis skenario yang piawai meramu cerita drama hingga secara masif berhasil meraup popularitas seperti Goblin yang tayang 2016 berjumlah 16 episode

1. Memberikan kesempatan penulis skenario mengeksplorasi cerita

Jumlah episode yang relatif minim memberikan kesempatan kepada penulis skenario secara lebih intensif mengeksplorasi unsur-unsur intrinsik dalam cerita. Tujuannya agar semakin menguatkan alur cerita sehingga tidak melenceng dari tema yang diusung. Apalagi pengemasan cerita merupakan unsur paling sakral demi mendapatkan semakin banyak atensi publik. Salah satu penulis skenario yang piawai meramu cerita drama hingga secara masif berhasil meraup popularitas adalah Kim Eun Sook. Salah satu drama yang ditulisnya adalah Goblin yang tayang 2016 berjumlah 16 episode.

2. Menjaga minat penonton untuk menyelesaikan drama

Pertimbangan selanjutnya mengapa drakor memiliki episode yang singkat agar menjaga minat penonton untuk menyelesaikan serial tersebut. Pasalnya pola penayangan yang konsisten membuat mereka tidak akan merasa bosan dengan tema drama. Memang tidak ada jaminan secara pasti kalau semua drama dengan jumlah episode minim selalu digemari penonton. Namun drakor dengan durasi 16-20 episode lebih sering menyita perhatian mereka.

3. Terkadang menyasar target penonton tertentu

Faktanya adalah hampir sebagian besar drama ditargetkan untuk kalangan yang lebih banyak menghabiskan waktu mereka di rumah. Namun, beberapa drama menyasar target penonton tertentu seperti pelajar atau mahasiswa yang memiliki waktu senggang terbatas. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan agar drama tersebut tayang relatif singkat. Seandainya mereka tidak sempat menonton saat waktu penayangannya maka mereka dapat menonton secara maraton semua episode di akhir pekan.

Lima Pertimbangan Mengapa Drakor Memiliki Episode Yang Singkat Drama Korea

Gambar: Produksi satu judul drama memerlukan biaya yang sangat mahal terutama drama yang menggunakan latar tempat di luar negeri atau teknologi tertentu dalam pembuatannya

4. Biaya produksi drama yang sangat mahal

Produksi satu judul drama memerlukan biaya yang sangat mahal terutama drama yang menggunakan latar tempat luar negeri atau teknologi tertentu. Sehingga produser lebih memilih pengemasan cerita yang cenderung ringkas sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas drama dengan lebih efektif dan efisien. Pasalnya jumlah episode yang panjang tentu membutuhkan penambahan biaya produksi. Lagi pula produser juga perlu mempertimbangkan estimasi keuntungan yang diperoleh secara serius terutama jika drama tidak terlalu meraih rating bagus.

5. Variasi drama dalam slot penayangan

Pihak lain yang juga memegang andil krusial terkait jumlah episode adalah rumah produksi dan stasiun televisi. Variasi beberapa judul drama akan lebih baik dalam slot penayangan dibandingkan satu judul untuk sekian slot. Tentu penonton akan merasa lebih antusias dengan dengan tema cerita yang beragam. Sehingga mereka akan menunggu penayangan episode selanjutnya dengan suka ria. Terlebih lagi beberapa judul dalam sehari tentu membuat penonton tidak bosan dan suasana tidak monoton. Itu adalah lima pertimbangan mengapa drakor memiliki episode yang singkat. Menurutmu ada pertimbangan apa lagi?

Ada fakta menarik terkait durasi sebuah drama dalam peraturan televisi nasional di Korea Selatan seperti SBS, MBC, dan KBS. Pasalnya ketiga stasiun penyiaran tersebut membagi penayangan drama menjadi dua episode dengan durasi masing-masing sekitar 35 menit di setiap harinya. Lantaran SBS, MBC, dan KBS menggunakan durasi sekitar satu menit untuk pergantian acara tersebut untuk menayangkan jeda iklan. Kebijakan ini ditetapkan karena penayangan jeda iklan oleh televisi nasional di tengah berlangsungnya program dianggap ilegal karena melanggar undang-undang penyiaran.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kursus Mekanik Mobil, Simak Tips Memilih hingga Keuntungannya | Daihatsu Indonesia

Cara Mudah Belajar Otomotif Mobil Secara Otodidak Mandiri

Mencoba Aplikasi Belajar Online dengan Ponsel Rp1 Jutaan Galaxy A01 Core

6 Aplikasi Terbaik Yang Bahas Informasi Soal Teknologi Otomotif