in

List Opening Anime Terpopuler, Tidak Boleh Dilewatkan!

Opening untuk sebuah anime hampir sama pentingnya dengan serial anime itu sendiri. Opening mengatur nada, memberi nuansa, dan memperkenalkan pemirsa ke dalam apa yang mereka hadapi. Pada awalnya opening dan ending anime hanya sebuah cara yang dibuat oleh studio untuk memenuhi waktu tayang. Namua, saat ini sebuah opening anime menjadi sesuatu yang seakan wajib ada di dalam anime. Tentunya bagi penggemar anime, lagu pembuka menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Dari banyaknya opening anime, terdapat beberapa list opening anime terpopuler yang tidak boleh kamu lewatkan. Berikut kami akan memberikan beberapa lagu pembuka anime yang ikonik dan terbaik.

Silhouette – Naruto Shippuden

Penyanyi: KANA-BOON

Jika berbicara tentang lagu opening terpopuler, atau bahkan OST secara keseluruhan, maka sulit rasanya jika tidak berbicara tentang anime legendaris yaitu Naruto. Selain cerita dari anime Naruto itu sendiri, musik sangat berperan penting dalam mempermainkan emosi penonton setia Naruto. Maka jika ingin membuat list musik OST termasuk opening sangat tidak afdol rasanya jika tidak memasukkan salah satu musik dari Naruto. Dan jika boleh jujur, musik dari Naruto bisa membuat satu hingga tiga halaman panjang untuk membuat daftarnya, karena semuanya sangat berkesan. Namun jika harus memilih, opening Naruto Shippuden yang ke-16 yaitu Sillhouette dari KANA-BOON dapat menjadi perwakilan yang baik diantara opening Naruto lainnya jika mempertimbangkan aspek popularitasnya.

Moonlight Densetsu – Sailor Moon Season 1

Penyanyi: DALI

Entah bagaimana jadinya serial anime Sailor Moon tanpa lagu tema legendarisnya, Moonlight Densetsu. Pada dua musim awal serialnya, lagu tema tersebut dibawakan oleh duo J-Pop DALI, kemudian versi terbarunya dibawakan oleh pengisi suara Sailor Moon dalam sebuah grup bernama Moon Lips. Bahkan meski sudah lebih dari 27 tahun sejak serial anime ini tayang, banyak penggemar di seluruh dunia masih bisa mengenali Sailor Moon jika mendengar lagu temanya dimainkan. Opening Sailor Moon yang satu ini juga menjadi salah satu lagu opening anime yang paling dikenali oleh orang-orang. Bahkan generasi 2000-an juga mengenali opening legendaris dari anime yang tidak kalah legendarisnya.

A Cruel Angel’s Thesis – Neon Genesis Evangelion

Sutradara dari serial Evangelion, Hideaki Anno awalnya tidak berniat menggunakan lagu opening yang satu ini untuk mahakarya tahun 90-an tersebut. Pilihan pertamanya adalah Polovtsian Dances karya Alexander Borodin dari opera Prince Igor. Namun, saluran yang menyiarkan acara tersebut, TV Tokyo, merasa pilihan seperti itu dapat berisiko membingungkan pemirsa, dan memintanya untuk kembali dengan sesuatu yang sedikit lebih menarik. Sisanya adalah sejarah. Argumen yang masuk akal tersebut melahirkan salah satu lagu opening anime terbesar sepanjang masa. Lagu yang memiliki melodi yang kompleks tersebut dapat menggambarkan tema yang diangkat dari Neon Genesis Evangelion ini. Dengan tema yang cukup gelap, tetapi masih memberikan secercah harapan dapat terasa di lagu pembukanya.

Tank! – Cowboy Bebop

Penyanyi: The Seatbelt

List Opening Anime Terpopuler, Tidak Boleh Dilewatkan! Otaku

Tangk! adalah lagu yang dikomposisi oleh Yoko Kanno, dibawakan oleh band The Seatbelt, dan lagu tema pembuka utama untuk Cowboy Bebop. Lagu ini adalah musik jazz big band yang berjalan dengan gaya hard bop yang diresapi Latin dengan bagian ritme yang memadukan double bass dan drum bongo. Meskipun sebagian besar lagu adalah instrumental, bagian pengantar lagu menampilkan bagian vokal pria yang disediakan oleh Tim Jensen, yang memberikan gaya jazz dan memimpin ke bagian instrumen utama. Sebuah solo alto saxophone yang ekstensif dimainkan oleh Masato Honda, yang juga mengisi ending dari serial Cowboy Bebop. Banyak penggemar anime tahun 90-an yang menilai bahwa opening serial yang satu ini merupakan salah satu lagu yang paling familiar dan dikenal banyak fans, tidak hanya di Jepang, tetapi di negara-negara lain seperti Amerika Serikat dan Eropa.

We Are! – One Piece Opening 1

Penyanyi: Hiroshi Kitadani

Satu lagi list opening anime terpopuler yang berasal dari anime tahun 90-an. Serial yang satu ini pun masih berlanjut hingga saat ini dan lagu opening One Piece yang pertama alhasil menjadi salah satu lagu yang tidak bisa dilewatkan. “We Are!” adalah lagu oleh Hiroshi Kitadani, disusun oleh Kohei Tanaka dengan lirik dibuat oleh Shōko Fujibayashi. Lagu ini digunakan sebagai lagu pembuka pertama untuk anime televisi One Piece, menyertai sebagian besar episode yang terdiri dari East Blue Saga. Akibatnya, “We Are!” menjadi semacam singkatan untuk petualangan awal Bajak Laut Topi Jerami.

Setelah penayangan awalnya, “We Are!” muncul kembali sebagai lagu sisipan dalam beberapa episode individu, biasanya untuk menandai perkembangan cerita yang signifikan. Selain itu, popularitas lagu yang satu ini juga membuatnya kembali menjadi lagu pembuka serial One Piece di beberapa kesempatan. Seperti opening ke-7 yang dinyanyikan oleh crew bajak laut Topi Jerami dan opening ke-10 yang dinyanyikan boyband asal Korean Selatan TVXQ.

Unravel – Tokyo Ghoul

Penyanyi: TK

Tampilan vokal yang indah, “Unravel” milik Tokyo Ghoul menjadi salah satu dari list opening anime terpopuler yang tidak boleh dilewatkan. Lagu pembuka dibawakan oleh TK, vokalis dan gitaris band Ling Tosite Sigure. Band ini dikenal karena karya mereka di Psycho Pass tetapi TK telah banyak menyanyikan lagu solo yang menjadi opening anime. Liriknya berbicara tentang Ken Kaneki saat dia berjuang untuk menemukan siapa dirinya. Lagu itu bertindak sebagai titik puncak bagi Kaneki saat dia akhirnya berdamai dengan dirinya sendiri. Lagu ini dibuat di setiap episode, sebagai lagu pembuka di episode dua hingga 11 dan lagu penutup di episode satu dan 12. “Unravel” adalah satu-satunya lagu pembuka di musim pertama Tokyo Ghoul.

Again – Fullmetal Alchemist Brotherhood Opening 1

Penyanyi: Yui

“Again” adalah pembukaan pertama untuk Fullmetal Alchemist Brotherhood. Tema pembuka mengambil perspektif Edward Elric dan pelajaran yang harus dipelajarinya selama pemulihan saudara dan tubuhnya. Lagu ini menghadirkan tema-tema tentang kehidupan yang lebih dari apa yang terlihat oleh mata. Video menunjukkan Edward menjadi lebih kuat dan lebih kuat sepanjang perjalanannya. Ini juga menunjukkan orang-orang yang dia temui di sepanjang jalan, teman atau musuh. “Again” adalah pembukaan untuk 14 episode pertama dari Fullmetal Alchemist Brotherhood. Lagu ini menjadi salah satu lagu pembuka paling ikonik hingga saat ini.

The Day – My Hero Academia Season 1

Penyanyi: Porno Graffiti

List opening anime terpopuler selanjutnya adalah “The Day”, opening pertama untuk My Hero Academia musim pertama. My Hero Academia memiliki tema pembuka yang sangat bagus sepanjang musimnya yang disukai penggemar. Tema pembuka dengan sempurna menentukan jenis karakter Deku nantinya. Dalam perjalanannya untuk menjadi pahlawan nomor satu, lagu tersebut memberikan kesan bahwa Deku harus memberikan semua yang dia miliki. Bahwa dia berharap suatu hari akan benar-benar menjadi hari itu. Paket video tersebut menampilkan kompilasi latihan Deku sebagai bocah berjiwa kuat yang memberikan segalanya untuk menjadi seperti All Might. “The Day” adalah satu-satunya pembukaan untuk musim pertama My Hero Academia. Selain itu, nada musik yang diberikan seakan memberikan semangat pada Deku dan kawan-kawannya untuk berjuang menjadi pahlawan nomor satu.

The WORLD – Death Note Opening 1

Penyanyi: Nightmare

Dua tema pembuka Death Note memicu argumen tentang mana yang lebih baik untuk menggambarkan tema gelap yang ada dalam serial ini. Dua gaya berbeda dan dua suara berbeda, tetapi “The WORLD” menjadi lagu opening yang benar-benar ikonik di kalangan para fans. “The WORLD” berbicara tentang dunia kejahatan dan kegelapan. Ini mengacu pada dunia baru yang Light ingin ciptakan meskipun dia berpikir apa yang dia lakukan itu baik. Lagu tersebut kemudian beralih ke proses pemikiran Light, tidak mengerti mengapa orang berpikir dia buruk. “The WORLD” adalah pembukaan pertama di Death Note dan berjalan untuk 19 episode pertama.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Otaku

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kronologi Prahara HyunA - E'Dawn dan Cube Entertainment - ShowBiz Liputan6.com

3 Skandal Percintaan dalam Kpop Yang Sebabkan Disband Sebuah Grup

Grup K-Pop Gugudan Resmi Bubar Besok | Republika Online

6 Grup KPop Yang Buat Penggemar Kaget Karena Tiba-tiba Disband