in

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat

Bali merupakan provinsi di Indonesia, yang sangat terkenal akan wisatanya. Karena wisatanya menarik, tidak mengherankan Bali terkenal sampai mancanegara. Selain dikenal dengan wisatanya, Bali memiliki makanan khas yang lezat. Apa saja makanan khas Bali yang lezat? Berikut adalah informasinya.

1. Nasi Campur Bali

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Nasi Campur Bali (https://www.wisatalah.com/nasi-campur-bali-di-jakarta/)

Jika kamu berlibur ke Bali, Nasi Campur adalah makanan yang wajib kamu coba. Nasi Campur ini terdiri dari nasi, beserta lauk lauk yang lezat. Agar tampilannya menarik, Nasi Campur dialasi dengan daun pisang.

NasI Campur terdiri dari nasi, dan ditambah masakan khas Bali. Masakan khas Bali teresbut adalah Sayur Plecing, dan juga Sate Lilit. Sambal juga bisa ditambahkan, jika kamu menyukai sensasi pedas.

Untuk kamu yang ingin mencoba Nasi Campur Bali, kamu bisa mencicipinya di Rumah Makan Bali. Dengan harganya yang sangat terjangkau, kamu bisa menyantap Nasi Campur dengan beragam lauk.

2. Nasi Jinggo

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Nasi Jinggo (https://balikami.com/nasi-jinggo-makanan-khas-bali)

Nasi Jinggo merupakan makanan yang wajib dicoba selanjutnya. Nasi Jinggo mirip nasi kucing dari Jogja, dimana nasi dan lauknya memiliki porsi yang sangat sedikit. Ciri khas dari Nasi Jinggo adalah nasi dan lauk khas Bali, dan nasi ini dialasi dengan daun pisang.

Hal yang membuat Nasi Jinggo diminati adalah, nasi putih beserta lauk khas Bali. Lauk yang digunakan untuk Nasi Jinggo adalah ayan suwir bumbu Bali, plecing, dan juga kacang. Perpaduan Nasi Jinggo dengan lauk lauknya, akan terasa sempurna saat sampai dimulut.

Tidak lengkap rasanya jika ke Bali, tidak mencicipi Nasi Jinggo. Banyak yang menjual Nasi Jinggo, sehingga kamu tidak boleh lewatkan untuk mencicipinya. Porsinya sedikit namun lezat, membuat kamu ingin menambah porsinya.

3. Bubur Mengguh

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Bubur Mengguh (https://goodminds.id/makanan-khas-bali/)

Apakah kamu suka dengan bubur? Jika kamu suka dengan bubur, kamu wajib mencoba Bubur Mengguh. Bubur Menggah dahulu hanya digunakan saat upacara adat, tapi sekarang banyak yang menjual Bubur Mengguh.

Bubur Mengguh sama seperti bubur ayam lainnya, yakni bubur yang ditambah dengan ayam suwir dan kaldu. Agar membuat Bubur Mengguh menjadi lezat, Urap bisa ditambah dalam makanan ini.

Olahan bubur ayam berbeda, bisa kamu temukan dalam Bubur Mengguh. Perpaduan antara urap dan juga bubur ayam, tentu membuat cita rasa yang khas pada bubur ini. Kamu bisa menyantap bubur ini, saat ingin makan pagi atau sarapan.

4. Bebek Bengil

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Bebek Bengil (https://www.pergidulu.com/restoran-wajib-kunjung-bali/)

Bebek Bengil merupakan makanan Bali, yang terkenal di Indonesia. Makanan ini berbahan dasar daging bebek, dan diolah sedemikian rupa agar jadi krispi. Lalapan tidak boleh ketinggalan ,agar rasa Bebek Bengil menjadi nikmat.

Agar Bebek Bengil menjadi lezat, pertama daging bebek dimasukan bumbu terlebih dahulu. Setelah dimasukan bumbu, baru daging bebek dimasak. Daging bebek dimasak dengan waktu yang lama, agar rasanya menjadi krispi.

Makanan khas satu ini , wajib kamu coba saat berlibur ke Bali. Nasi putih bisa kamu tambahkan, saat menyantap Bebek Bengil. Sambal khas Bali tidak boleh ketinggalan, jika kamu akan menyantap Bebek Bengil.

5. Nasi Timbungan

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Nasi Timbungan (http://www.masakandapurku.com/2015/10/resep-membuat-timbungan-khas-bali.html)

Apakah kamu tahu Nasi Timbungan? Nasi Timbungan merupakan makanan khas , yang sering ditemukan saat Hari Raya Galungan. Makanan ini terdiri dari nasi, beserta lauk khas Bali. Tidak hanya disajikan saat Galungan, Nasi Timbungan kini dapat ditemui di banyak rumah makan .

Nasi Timbungan terdiri dari nasi, dan lauk daging. Dagingnya bisa daging babi, atau daging ayam. Agar bisa tahan lama, daging tersebut ditaruh dalam sebuah bambu. Karena ditaruh dalam bambu, maka disebut dengan Nasi Timbungan.

Makanan Bali banyak yang unik, salah satunya adalah Nasi Timbungan. Untuk mencicipinya, kamu bisa berkunjung ke rumah makan Bali. Nasi dicampur dengan daging ayam atau babi, berpadu sempurna dalam Nasi Timbungan.

6. Ayam Betutu

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Ayam Betutu (https://www.jendelakuliner.com/ayam-betutu-kuliner-khas-bali-yang-kian-di-minati-wisatawan/)

Berlibur ke Bali tidak lengkap, jika tidak mencicipi Ayam Betutu. Ayam Betutu merupakan daging ayam yang diberi bumbu khas, sehingga rasanya menjadi lezat. Ciri khas dari Ayam Betutu adalah , daging ayamnya yang utuh.

Supaya Ayam Betutu menjadi lezat, ayam Betutu diberi bumbu khas. Setelah diberi bumbu khas, baru Ayam Betutu dipanggang. Karena dipanggang inilah, yang membuat Ayam Betutu memiliki aroma yang khas.

Banyak rumah makan Bali yang menyediakan Ayam Betutu, sehingga kamu wajib mencobanya. Aroma yang khas, membuat kamu ketagihan. Agar menjadi kenyang, kamu bisa tambahkan nasi putih.

7. Lawar Bali

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Lawar Bali (https://www.masakcepat.net/2017/11/lawar-ayam-masakan-khas-bali-yang.html)

Lawar Bali merupakan makanan Bali, yang terdiri dari sayur sayuran dan juga daging cincang. Karena terdiri dari sayur sayuran dan daging cincnag inilah, yang menjadi ciri khas dari Lawar Bali.

Daging yang digunakan dalam Lawar Bali biasanya daging babi , atau daging ayam. Kedua daging tersebut dicampur dengan sayur, serta bahan bahan lainnya. Konon Lawar Bali akan nikmat, jika ditambah dengan darah hewan tersebut.

Untuk kamu yang ingin mencicipi makanan unik Bali ini, kamu bisa temui di Rumah Makan Bali. Kaya akan rasa, tentu membuat kamu ketagihan mencobanya. Lauk yang bervariasi bisa kamu tambahkan, ke dalam Lawar Bali .

8.Serombotan

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner
Gambar: Serombotan (https://www.resepkuerenyah.com/resep-membuat-serombotan-klungkung/)

Pecel merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal. Di Bali ada makanan yang serupa dengan pecel, dan namanya adalah Serombotan. Serombotan berisi sayur sayuran dan tahu, kemudian ditambahkan saus kacang yang lezat.

Cara membuat Serombotan agar lezat adalah, pertama masukan sayur sayuran dan juga tahu. Setelah semua tercampur , baru campurkan saus kacangnya. Tahu dan sayuran yang berpadu dengan saus kacang, membuat Serombotan menjadi sempurna rasanya.

Serombotan bisa kamu temui, di pedangang kaki lima. Makanan ini sangat terjangkau harganya, sehingga kamu wajib mencicipinya. Kamu juga bisa tentukan sendiri tingkat kepedasan, sesuai dengan yang kamu inginkan.

9. Sate Lilit

Makanan Khas Bali Yang Rasanya Lezat Kuliner

Gambar: Sate Lilit (https://selerasa.com/resep-membuat-sate-lilit-daging-giling-khas-bali-yang-enak-dan-nikmat)

Apakah kamu pernah mendengar Sate Lilit? Sate Lilit merupakan olahan Sate, yang diberi bumbu khas Bali. Karena diberi bumbu khas Bali inilah, yang membuat Sate Lilit menjadi nikmat dan memiliki ciri khas tersendiri.

Ada beberapa cara, agar Sate Lilit menjadi lezat. Pertama , daging ayam diolah dengan bumbu Bali terlebih dahulu. Setelah diolah dengan bumbu, baru daging ayam dililit pada tusuk sate. Sate Lilit kemudian dipanggang, agar rasanya menjadi nikmat. Sambal Matah adalah teman yang pas, untuk mencicipi Sate Lilit.

Demikianlah informasi mengenai makanan khas Bali , yang wajib untuk kamu coba. Berlibur ke Bali tidak hanya mengunjungi tempat wisatanya saja, tapi kamu juga wajib cicipi makanan khasnya yang lezat.

Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner .

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Foto Perdana CNBLUE Tanpa Lee Jong Hyun, Tampak Bahagia

CNBLUE Akhirnya Comeback Tahun 2020 Setelah Hiatus Hampir 4 Tahun

446 Tempat Wisata di Kalimantan Barat Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi - Tempat.me

Ini Dia Tempat Wisata Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi