in

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba!

Nusa Tenggara Barat memiliki banyak tempat wisata, yang pemandangannya sangat indah hingga terkenal sampai mancanegara. Nusa Tenggara Barat tidak hanya menyediakan wisatanya yang indah, tapi juga makanan khasnya yang sangat lezat. Untuk kamu yang ingin mengenal makanan khas dari Nusa Tenggara Barat, berikut ini adalah informasinya:

1. Ayam Taliwang

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Ayam Taliwang (https://marketeers.com/4-kedai-santap-ayam-taliwang-lezat-di-lombok/)

Ayam Taliwang merupakan makanan khas Nusa Tenggara Barat, yang terkenal di Indonesia. Makanan ini berbahan dasar ayam, dan ditambah bumbu dengan bumbu yang khas. Bumbu khas inilah, yang membuat Ayam Taliwang menjadi lezat.

Untuk membuat Ayam Taliwang menjadi lezat, ada beberapa bumbu yang digunakan. Bumbu tersebut adalah cabai merah kering, gula merah, kencur,dan juga bawang. Setelah bumbu bumbu menjadi satu, baru Ayam Taliwang dipanggang datas panggangan.

Kalau kamu berlibur ke Nusa Tenggara Barat, makanan satu ini wajib untuk kamu cicipi dan coba. Bumbu bumbu yang digunakan pada Ayam Taliwang sangat khas, sehingga menghasilkan rasa yang khas juga.

2. Ayam Rarang

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner
Gambar: Ayam Rarang (https://www.marijelajahindonesiaku.com/2017/04/5-makanan-khas-lombok-yang-wajib-kamu.html)

Selain ada Ayam Taliwang, kini ada olahan ayam lainnya bernama Ayam Rarang. Ayam Rarang ini adalah ayam yang dibakar, dan kemudian diberi sambal agar pedas. Jika kamu suka rasa pedas, makanan satu ini menawarkan sensasi yang berbeda.

Ayam Rarang menggunakan daging ayam kampung, sehingga tekstur dagingnya menjadi lunak. Sambal pada Ayam menggunakan cabai merah hitam dan sabiye gero, sehingga menghasilkan rasa masam , dan juga aroma yang khas.

Bila kamu ingin mencoba Ayam Rarang , tersedia Rumah Makan yang menyediakan makanan ini. Jika kamu ingin mengenyangkan perut kamu, kamu bisa menambah nasi pada Ayam Rarang.

3. Nasi Balap

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Nasi Balap (https://medium.com/kulina/nasi-balap-khas-lombok-83a544cf251)

Jika di Bali terkenal dengan Nasi Jinggonya, maka di Nusa Tenggara Barat ada Nasi Balap. Nasi Balap ini terdiri nasi dan beberapa lauk, dan kemudian diberi alas pisang pada piringnya. Biasanya banyak pedagang kaki lima, yang menjajakan Nasi Balap ini.

Nasi Balap berisi nasi putih satu porsi, dan kemudian ditambahkan lauk. Lauk tersebut adalah ayam suwir yang diberi bumbu khas, kering kentang, dan juga kacang goreng. Nasi berpadu dengan lauk yang nikmat, membuat Nasi Balap rasanya menjadi sempurna.

Karena rasanya lezat dan juga sempurna, membuat kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan satu ini. Untuk harganya sendiri, Nasi Balap sangat terjangkau oleh dompet kamu.

4. Nasi Kotaraja

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Nasi Kotaraja (https://foodnesia.net/makanan-khas-lombok/)

Nasi Kotaraja merupakan makanan yang wajib kamu coba, saat berlibur ke Nusa Tenggara Barat. Nasi Kotaraja menggunakan daging sapi, kemudian ditambah kuah rawon agar rasanya menjadi nikmat.

Untuk membuat Nasi Kotaraja menjadi nikmat, daging sapi diolah terlebih dahuliu sampai menjadi empuk. Setelah daging sapi menjadi empuk, baru Nasi Kotaraja ditambah kuah rawon dan nasi putih. Sambal bisa kamu tambahkan, jika kamu suka sensasi pedas.

Rumah Makan di Lombok banyak yang menyajikan menu Nasi Kotaraja, dan kamu wajib untuk mencicipinya. Karena rasanya sangat lezat dan nikmat, kamu bisa mencicipi makanan ini bersama teman atau dengan keluarga kamu.

5. Sate Pusut

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Sate Pusut (http://www.duniaindra.com/2018/12/sensasi-rasa-10-kuliner-lombok.html)

Kalau kamu ingin mencicipi olahan sate yang berbeda, Sate Pusut khas Nusa Tenggara Barat wajib untuk kamu coba. Sate ini terbuat dari daging ayam , yang kemudian diberi bumbu dan dipanggang.

Daging ayam yang digunakan Sate Pusut harus empuk,dan nantinya daging ayam tersebut diberi bumbu khas. Setelah diberi bumbu yang khas, baru Sate Pusut dipanggang agar matang. Yang unik dari Sate Pusut adalah, ukuran dagingnya yang sangat besar.

Sate Pusut bisa kamu temui di Rumah Makan Makan , dan harganya sangat terjangkau oleh kamu. Makanan ini sangat pas ditemani dengan lalapan, atau dengan tomat segar. Perpaduan antara Sate Pusut dengan lalapan, menjadi sempurna saat disantap.

6. Sate Tanjung

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Sate Tanjung (https://ayojalanjalan.com/sate-ikan-tanjung/)

Apakah kamu suka dengan olahan daging ikan? Jika kamu suka dengan olahan daging ikan, kamu wajib mencoba Sate Tanjung. Sate Tanjung merupakan menggunakan daging ikan pilihan, dan kemudian dipanggang.

Sebelum membuat Sate Tanjung ,daging ikan diolah terlebih dahulu . Setelah diolah , ikan diberi bumbu dan ditusuk. Supaya sate menjadi nikmat dan matang, Sate Tna jung dipanggang disebuah panggangan.

Sate Tanjung mudah kamu temui, di pedangang kaki lima atau restauran. Rasanya yang sangat lezat, membuat kamu merasakan olahan ikan yang berbeda. Sambil menikmati indahnya pemandangan di Nusa Tenggara Barat, kamu bisa mencicipi makanan ini.

7. Ares

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Ares (https://kooliner.com/blog/mau-kuliner-kaya-nutrisi-cicipi-ares-lombok/)

Sayuran adalah makanan yang kaya nutrisi, dan juga menyehatkan badan . Jika kamu suka dengan sayuran , Ares khas Lombok wajib kamu coba. Sayur Ares ini terbuat dari pohon pisang, dan kemudian diolah menjadi sayuran.

Pohon Pisang untuk Ares diolah sedemikian rupa, agar nantinya bisa menjadi sayuran. Setelah semua bahan dimasukan, baru daging bisa ditambahkan. Daging tersebut bisa daging ayam, atau daging bebek.

Ares dahulu hanya digunakan saat acara tertentu, namun kini banyak ditemui di Rumah Makan. Saat berlibur ke Nusa Tenggara Timur, makanan ini wajib untuk kamu coba. Berbahan dasr sayuran yang sehat, membiuat kamu ketagihan mencobanya.

8. Dodol Rumput Laut

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Dodol Rumput Laut (https://perpek.com/2018/12/20/cara-pembuatan-dodol-rumput-laut/)

Dodol merupakan makanan yang terkenal, dan makanan ini berasal dari Garut. Kalau dodol Garut menggunakan santan kelapa dan gula, Dodol Rumput Laut Nusa Tenggara Barat menggunakan rumput laut.

Rumput Laut ini diolah sedemikian rupa, agar nantinya menjadi dodol. Dodol kemudian diberi pewarna makanan, agar bentuknya menjadi unik. Tidak hanya bentuknya yang unik, tapi rasa dari dodol ini juga unik.

Setelah berlibur dari Nusa Tenggara Barat, kamu wajib ke toko oleh oleh membeli Dodol Rumput Laut. Kamu bisa belikan Dodol Rumput Laut ini kepada teman, atau kepada saudara kamu.

9 . Peyek Kangkung Rumput Laut

Makanan Khas Dari Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Kamu Coba! Kuliner

Gambar: Peyek Kangkung Rumput Laut (https://budaya-indonesia.org/Peyek-Kangkung-Rumput-Laut-Lombok)

Peyek merupakan camilan atau makanan , yang terkenal di Indonesia. Biasanya peyek menggunakan kacang, tetapi masyarakat Lombok menambah kangkung dan rumput laut pada peyek.

Jika kamu ingin mencicipi Peyek Rumput Laut, kamu bisa menjumpaidi toko oleh oleh. Rasanya unik, membuat kamu ketagihan . Jangan lupa bawakan Peyek Rumput laut ini, kepada orang terdekat kamu.

Demikianlah informasi mengenai makanan khas, dari Nusa Tenggara Barat. Jika kamu berlibur ke Nusa Tenggara Barat, jangan mengunjungi tempat wisatanya saja. Kamu wajib mencicipi kuliner khasnya, agar kamu mengenal makanan khas dari Indonesia

Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner ..

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beverage, Tea, Breakfast, Caffeine, Cup, Dark, Drink

8 Makanan untuk kesehatan kulit

Pantai Derawan, Pulau Indah Bak Syurga di Kaltim yang Wajib Dikunjungi

Wisata Menarik Kalimantan Timur Yang Wajib Untuk Dikunjungi