in

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba

Kalimantan Selatan merupakan provinsi di Indonesia, yang terkenal dengan wisata alamnya. Tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya saja, tapi Kalimantan Selatan juga memiliki makanan khas yang nikmat. Apa saja makanan khas Kalimantan Selatan? Berikut adalah informasinya.

1. Soto Banjar

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Soto Banjar (https://www.masakapahariini.com/resep/resep-soto-banjar/)

Soto merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia, dan terkenal hingga mancanegara. Masyarakat Banjar yang tinggal di Kalimantan Selatan juga menyukai Soto, yang kemudian diberi nama Soto Banjar.

Makanan ini terdiri dari mie bihun, tauge, dan macam macam sayuran. Telur rebus dan jeruk nipis tidak boleh terlewat, agar Soto Banjar menjadi lezat. Tuangkan kuah kuning, supaya rasa dari Soto Banjar menjadi tambah nikmat.

Untuk kamu yang ingin mencicipi Soto Banjar yang nikmat ini, kamu bisa menemui makanan ini di rumah makan . Tambahkan nasi putih kedalam sotonya, supaya kamu tambah kenyang saat menyantap makanan ini.

2. Cacapan Asam

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Cacapan Asam (https://makananoleholeh.com/makanan-khas-kalimantan-selatan/)

Cacapan asam merupakan makanan khas Suku Banjar, yang sekilas mirip dengan sambal matah Bali. Cacapan asam ini merupakan makanan yang diolah dengan cara diresapkan, sehingga makanan ini menjadi nikmat saat disantap.

Beberapa hal harus dilakukan, agar Cacapan Asam menjadi nikmat. Pertama buah asam diolah, dengan cara dicacah. Buah asam tersebut kemudian disajikan dengan cara dicacap (diresapkan) , kedalam sebuah cairan. Cairan yang biasa digunakan adalah mangga muda, belimbing wuluh, dan binjau.

Ke Kalimantan Selatan tidak lengkap rasanya, jika tidak mencicipi Cacapan Asam. Banyak rumah makan yang menyediakan makanan ini, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipinya. Ikan goreng adalah lauk yang tepat, sebagai teman untuk menyantap Cacapan Asam,

3. Nasi Itik Gambut

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Nasi Itik Gambut (http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-nasi-itik-gambut-dan-analisa-usahanya.htm)

Apakah kamu suka dengan olahan daging itik atau bebek? Jika kamu suka dengan olahan daging itik, kamu wajib mencoba Nasi Itik Gambut. Nasi Ituk Gambut merupakan daging itik yang digoreng, dan ditambah bumbu yang membuat makanan ini jadi lezat.

Agar membuat Nasi Ituk Gambut menjadi lezat, daging itik digoreng sampai menjadi kering. Setelah digoreng sampai kering, Nasi Itik Gambut ditambah dengan bumbu merah khas Banjar, supaya rasanya tambah nikmat.

Jika kamu berlibur ke Kalimantan Selatan, kamu wajib untuk mencicipi makanan satu ini. Mudah ditemui di rumah rumah makan, makanan ini sangat terjangkau harganya oleh dompet kamu.

4. Nasi Kuning Banjarmasin

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Nasi Kuning Banjarmasin (https://www.garnesia.com/directory/read/5306/kalimantan-selatan_banjarmasin_warung-rahmat-nasi-kuning-lontong.html)

Nasi Kuning merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan. Masyarakat Banjarmasin memiliki makanan khas, yang dinamakan Nasi Kuning Banjarmasin . Makanan ini berisi nasi yang dibuat menjadi kuning, dan kemudian diberi ragam lauk.

Untuk membuat nasi kuning yang nikmat, Nasi Kuning diberi bumbu kunyit agar nasinya jadi berwarna kuning. Ragam lauk bisa ditambahkan seperti telur balado, daging ikan, atau daging ayam.

Harga Nasi Kuning Banjarmasin sangat terjangkau, dan bisa ditemui di rumah makan Banjarmasin. Beragam lauk bisa ditambahkan dalam nasi kuning , untuk membuat rasanya menjadi nikmat.

5. Ikan Patin Baubar

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Ikan Patin Baubar (https://www.minapoli.com/info/resep-ikan-patin-baubar-khas-kalimantan-selatan)

Bagi kamu yang suka dengan olahan ikan Patin, kamu wajib mencoba Ikan Patin Baubar dari Kalimantan Selatan. Ikan Patin merupakan ikan yang dilumuri bumbu, yang kemudian dipanggang.

Sebelum diolah , Ikan Patin Baubar dimasukan bumbu bumbu dapur. Bumbu dapur tersebut adalah bumbu halus, lengkuas, dan serai. Setelah bumbu bumbu tersebut diolah, baru ikan patin dibakar hingga matang.

Ikan Patin Baubar ini bisa kamu jumpai, di banyak rumah makan. Harganya yang sangat terjangkau, membuat kamu merasakan olahan ikan patin yang berbeda. Nasi hangat bisa kamu tambahkan di Ikan Patin Baubar, agar kamu bisa menjadi kenyang.

6. Lontong Orari

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Lontong Orari (https://travelingyuk.com/lontong-orari/127323/)

Lontong merupakan makanan pengganti nasi, dan lontong memiliki macam variasi. Salah satu olahan lontong yang wajib untuk kamu coba adalah Lontong Orari. Lontong Orari merupakan makanan dari Kalimantan Selatan, daln lontong ini ditambah dengan lauk yang beragam.

Karena merupakan makanan kesukaan masyarakat Kalimantan Selatan, Lontong Orari ditambah kuah sayur nangka. Setelah ditambah dengan kuah sayur nangka, lauk pauk juga bisa ditambahkan. Lauk pauk tersebut adalah potongan daging ayam , atau daging sapi.

Olahan lontong yang berbeda, akan kamu temui di Lontong Orari. Tekstur lontongnya pun lembut, membuat kamu mudah untuk menyantapinya. Kamu bisa menyantap lontong ini, saat masih keadaan yang hangat.

7. Sate Tulang

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Sate Tulang (https://borneo24.com/kuliner/nikmati-sate-tulang-kuliner-khas-banjar-si-manis-yang-bikin-nagih)

Masyarakat Indonesia menyukai makanan sate, dan banyak varian dari sate . Masyarakat Kalimantan Selatan menyukai sate, dan sate tersebut dinamai Sate Tulang. Sate ini menggunakan tulang leher ayam , sebagai bahan utamanya.

Tulang Leher Ayam diolah dengan bumbu kecap, dan kemudian dipanggang sampai kecoklatan matang. Setelah matang, Sate Tulang ini dapat disajikan. Lontong bisa menjadi teman, untuk menyantap Sate Tulang.

Sate Tulang ini mudah ditemui diberbagai restoran, dan kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipinya. Sate ini berbeda dengan olahan sate biasanya, sehingga kamu akan menemui cita rasa yang khas pada Sate Tulang.

8. Bubur Ba Ayak

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Bubur Ba Ayak (https://correcto.id/beranda/read/29147/Bubur+Ba+Ayak+Kuliner+Tradisional+Kalsel%2C+Bubur+Lezat+Wajib+Kamu+Coba%2C+ini+Resep+dan+Cara+Membuat)

Jika di Jawa ada Bubur Sumsum, di Kalimantan Selatan ada Bubur Ba Ayak. Bubur ini terbuat dari tepung beras, dan ditambah dengan gula jawa juga santan. Bubur Ba Ayak tidak kalah nikmat, dengan bubur sumsum yang ada di Jawa.

Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat Bubur Ba Ayak adalah tepung beras, garam, dan juga air. Bahan bahan tersbut dicampur, hingga menjadi bubur. Tambahan untuk Bubur Ba Ayak adalah gula merah, agar membuat bubur Ba Ayak jadi nikmat.

Bubur Ba Ayak adalah makanan yang wajib kamu coba, saat berlibur ke Kalimantan Selatan. Rasanya pun tidak kalah enak, dari bubr sumsum. Teh adalah teman yang cocok, saat kamu mencicipi Bubur Ba Ayak.

9. Dodol Kandangan

Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Dodol Kandangan (https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/manis-dan-lembutnya-dodol-kandangan)

Dodol merupakan camilan khas, yang terkenal di Indonesia. Karena rasanya manis dan lembut, membuat camilan ini menjadi terkenal. Dodol tidak hanya berasal dari Garut , tapi ada dodol yang berasal dari Kalimantan Selatan bernama Dodol Kandangan.

Beras ketan dan gula aren , merupakan bahan utama dari Dodol Kandangan. Untuk kamu yang ingin mencoba Dodol Kandangan, kamu bisa berkunjung ke daerah Kandangan. Teksturnya lembut, membuat camilan ini membuat kamu ketagihan.

Itulah dia, informasi mengenai makanan khas Kalimantan Selatan. Jika kamu berlibur ke Kalimantan Selatan, jangan hanya mengunjungi tempat wisatanya saja. Kamu wajib mencicipi makanan khas lezat, dari Kalimantan Selatan.

Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner .

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Daftar Drama Korea Adaptasi Webtoon Yang Wajib Di Tonton!

Close-up of Tomatoes on Wooden Table

7 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan