in

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba

Siapa yang tidak kenal dengan Maluku? Maluku merupakan provinsi di Indonesia, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Karena keindahan alamnya tersebut, banyak wisatawan yang berkunjung ke Maluku. Tidak hanya dikenal dengan wisata saja, Maluku juga dengan makanan khasnya. Apa saja makanan khas Maluku yang wajib kamu coba? Berikut adalah informasinya.

Papeda

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Papeda (https://merahputih.com/post/read/papeda-dan-kuah-kuning-menu-legendaris-masyarakat-papua)

Papeda merupakan makanan khas Maluku, yang sangat terkenal di Indonesia. Papeda ini berbahan dasar tepung sagu, dan ditambah dengan ikan kuah kuning. Makanan ini dapat menyegarkan tenggorokan, saat cuaca sedang panas.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, saat membuat makanana Papeda. Siapkan tepung sagu terlebih dahilu, dan kemudian tepung sagu diolah sampai lengket. Papeda akan sangat nikmat, jika ditambah dengan ikan kuah kuning.

Saat berlibur ke Maluku, kamu jangan lewatkan untuk mencicipi Papeda. Rasanya nikmat, membuat kamu ingin terus mencicipinya. Sayur sayuran bisa ditambahkan, ke dalam Papeda yang nikmat ini.

Bubur Sagu Ubi

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Bubur Sagu Ubi (https://makananoleholeh.com/makanan-khas-maluku/)

Masyarakat Maluku tidak hanya menggunakan sagu untuk Papaeda saja, tapi juga untuk Bubur Sagu Ubi. Bubur Sagu Ubi ini biasa disantap saat ingin berbuka puasa, dan rasa dari bubur ini pun manis.

Bahan dasar dari Sagu Ubi adalah Sagu Lempengan, Ubi Merah, dan juga Kenari. Bahan bahan tesebut dicampur dengan gula merah, gula pasir , dan daun pandan. Perpaduan antara Sagu dan juga Ubi, terasa sempurna dalam Bubur Sagu Ubi.

Bubur Sagu Ubi bisa kamu santap, saat kamu berlibur ke Maluku. Makanan ini mudah ditemui di rumah makan, dan harganya juga terjangkau. Tambahkan kelapa yang sudah di parut, agar rasa Bubur Sagu Ubi jadi nikmat.

Bubur Ne

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Bubur Ne (https://www.sumber.com/sumber-nesia/maluku-utara/kuliner/bubur-ne-1583994490)

Setelah kamu mencicipi Bubur Sagu Ubi, kamu wajib untuk mencicipi Bubur Ne. Bubur Ne ini sekilas mirip dengan bubur sumsusm, namun yang membedakan keduanya adalah bahan bakunya. Bahan baku dari bubur sumsum adalah tepung beras, sedangkan bubur Ne menggunakan tepung sagu.

Untuk membuat Bubur Ne , pertama tepung sagu diolah menjadi sebuah bulatan kecil. Bulatan kecil tersebut ditambah santan, dan juga gula merah. Es bisa ditambah ke dalam Bubur Ne, agar tenggorokan menjadi segar.

Harga dari Bubur Ne sangat terjangkau, dan kamu bisa menemui makanan ini di pedagang kaki lima . Rasa manis gula merah ditambah dengan tepung sagu, berpadu sempurna dalam Bubur Ne.

Nasi Lapola

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Nasi Lapola (https://www.makanajib.com/resep-cara-membuat-nasi-lapola-nikmat/)

Selanjutnya, ada Nasi Lapola yang merupakan makanan khas maluku dan wajib kamu coba. Nasi Lapola merupkan makanan berbahan dasar nasi, dan kemudian nasi ini diolah sampai pulen. Kacang Tolo juga ditambahkan, agar Nasi Lapola jadi nikmat.

Agar Nasi Lapola menjadi nikmat, Kacang Tolo direbus terlebih dahulu sampai kering. Setelah itu, rebus kembali kacang tolo bersama beras yang sudah dibersihkan. Tunggu Nasi Lapola hingga matang, dan kemudian Nasi Lapola bisa disantap.

Kamu tidak boleh melewatkan makanan Nasi Lapola, saat kamu berlibur ke Maluku. Nasi ditambah dengan Kacang Tolo, membuat cita rasa yang khas pada makanan ini. Kamu akan ketagihan, saat mencicipi Nasi Lapola.

Kohu Kohu

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Kohu Kohu (https://www.genpi.co/travel/6981/kohu-kohu-urap-nya-orang-maluku)

Kalau di Jawa ada makanan Urap, di Maluku ada Kohu Kohu. Kohu Kohu berbahan dasar sayur sayuran, dan ditambah dengan parutan kelapa. Lauk lain juga ditambah, agar Kohu Kohu menjadi nikmat.

Macam macam sayuran direbus terlebih dahulu, saat ingin membuat Kohu Kohu . Setelah direbus, sayuran ditambah dengan parutan kelapa. Ikan tongkol bisa ditambahkan, agar Kohu Kohu menjadi tambah nikmat.

Olahan sayuran satu ini tidak boleh kamu lewatkan, saat kamu berlibur ke Maluku. Rasanya sangat nikmat , tentu kamu akan terus menambah porsinya. Berbagai kandungan seperti protein dan fosfor, ada dalam makanan ini.

Gatang Kenari

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Gatang Kenari (https://budaya-indonesia.org/Gatan-Kenari)

Apakah kamu suka dengan kepiting? Kalau kamu suka dengan kepiting, kamu wajib untuk mencoba Gatang Kenari. Kepiting Kenari merupkan kepiting darat, yang memiliki cita rasa gurih.

Masyarakat Maluku mengolah Gatang Kenari dengan santan, sehingga Gatang Kenari terdapat kuah didalamnya. Taburkan daun bawang yang telah diiris, ke dalam makanan Gatang Kenari. Jangan lupa juga nasi putih, agar kamu kenyang saat menyantap Gatang Kenari.

Gatang Kenari hanya ditemui di rumah makan yang sudah mendapat izin, karena sebenarnya jenis kepiting Kenari termasuk hewan yang dilindungi. Walaupun rumah makan Gatang Kenari jarang ditemui , tapi kamu tetap bisa merasakan nikmatnya makanan ini di rumah makan yang tersedia.

Gohu Ikan

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Gohu Ikan (https://www.bernas.id/23603-bingung-membedakan-sashimi-dan-gohu-ikan-cari-tahu-jawabannya-di-sini.html)

Gohu Ikan merupakan makanan khas, yang wajib kamu coba selanjutnya. Gohu Ikan terbuat dari ikan cakalang, dan ikan tersebut dibuang kulitnya. Karena dibuang kulitnya, membuat cita rasa yang khas pada makanan ini.

Cara membuat Gohu Ikan agar nikmat adalah, ikan cakalang dibuang kulitnya terlebih dahulu. Setelah kulit pada ikan dibuang, tambahkan lemon dan kemangi. Lemon dan kemangi ini diperlukan, agar aroma amis pada ikan jadi hilang.

Sambal rujak bisa ditambahkan, agar rasa Gohu Ikan menjadi nikmat. Kamu bisa menemui makanan ini di daerah Ternate, dan harganya pun juga sangat terjangkau. Jangan lupa juga cicipi makanan khas ini , bersama teman atau keluarga kamu

Lapis Palaro

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Lapis Palaro (https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-maluku/)

Lapis Palaro merupakan makanan yang berbahan dasar daging sapi, dan daging tersebut diiris tipis layaknya steak daging. Bumbu bumbu yang khas juga ditambahkan, ke dalam Lapis Palero ini.

Sebelum dapat disantap, daging sapi dipotong tipis terlebih dahulu. Setelah dipotong tipis, baru daging ditambah rempah rempah. Daging kemudian digoreng , hingga matang sempurna. Tambahkan tepung maizena yang sudah dicairkan, agar Lapis Palaro menjadi tambah nikmat.

Berlibur ke Maluku tidak lengkap rasanya, jika tidak menyantap Lapis Palaro. Olahan daging dengan cita rasa yang khas, ada dalam makanan Lapis Palaro. Makanan ini terasa nikmat , jika keadaannya masih hangat.

Roti Kering Kenari

Makanan Khas Maluku Yang Patut Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Roti Kering Kenari (https://keluyuran.com/jajanan-khas-maluku/)

Roti Kering Kenari merupakan camilan khas Maluku, yang wajib untuk kamu coba. Roti Kering Kenari merupakan roti yang diolah sedemikian, sampai akhirnya menjadi kering. Gula pasir dan juga kacang kenari ditambah dalam roti ini, supaya rasanya menjadi nikmat.

Jika kamu ingin mencicipi Roti Kering Kenari, kamu dapat menemuinya di toko oleh oleh. Karena rasanya nikmat, kamu bisa mencicipinya dengan teh hangat. Kamu juga bisa menjadikan Roti Kering Kenari sebagai oleh oleh, untuk orang terdekat kamu.

Demikianlah informasi mengenai makanan khas Maluku, yang wajib untuk kamu coba. Makanan khas Maluku memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat, dan kamu tidak akan rugi untuk mencobanya.

Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner .

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Beauty and care, portrait of a girl with a brown towel on the head, Premium Photo

6 Kesalahan Perawatan Kecantikan yang Dilakukan Wanita

https://images.ctfassets.net/90p5z8n8rnuv/6uSepH8uazmROj5yJao5Ra/30825649fa9138dd753e15abb7fd1d74/shutterstock_125935052.jpg

8 Cara Ampuh Atasi Stres Kehilangan Pekerjaan