in

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba

Siapa yang tidak tertarik untuk berlibur ke Sulawesi Selatan? Sulawesi Selatan memiliki wisata yang indah, dan pasti kamu tertarik berlibur kesana. Sulawesi Selatan tidak hanya menyediakan wisatanya saja, tapi juga makanan khasnya. Apa saja makanan khas Sulawsi Selatan yang harus kamu coba? Yuk simak informasi berikut ini.

Coto Makassar

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar : Coto Makassar (https://selerasa.com/resep-coto-makassar-kuliner-nusantara-yang-enak-dan-lezat)

Soto merupakan makanan dari Indonesia, yang sangat terkenal dan juga lezat rasanya. Masyarakat Sulawesi Selatan khususnya daerah Makassar menyukai soto, dan mereka menyebutnya dengan Coto Makassar. Coto Makassar adalah makanan berkuah, dan ditambah dengan daging sapi.

Beberapa hal dilakukan, agar Coto Makassa jadi nikmat. Pertama buat dulu kuah untuk coto, dan tunggu sampai matang. Setelah kuah Coto sudah matang, tambahkan daging sapi ke dalam kuah tersebut.

Berlibur ke Makassar tidak lengkap rasanya, jika tidak mencicipi Coto Makassar. Banyak rumah makan yang menyediakan menu Coto Makassar, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan ini.

Sup Konro

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Sup Konro ( https://sejutarumah.id/82-cara-membuat-sop-konro-termudah)

Makassar tidak hanya identik dengan Coto Makassar saja, tapi Makassar juga identik dengan Sup Konro. Sup Konro adalah Makanan Khas Sulawesi Selatan yang berisi sayur sayuran dan juga kuah, dan Sup Konro juga ditambah dengan iga sapi.

Untuk membuat Sup Konro yang lezat, kuah sup dibuat dahulu dan ditambah dengan kaldu sapi. Setelah kuah dbuat, baru sup ditambah dengan iga sapi. Taburkan bawang goreng dan toping lainnya, agar Sup Konro tambah nikmat.

Kamu wajib mencoba Sup Konro , saat berlibur ke Makassar. Cuaca Makassar yang panas, membuat Sop Konro cocok untuk menyegarkan tenggorokan kamu. Sop Konro akan nikmat, jika disantap saat masih hangat.

Sup Ubi

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Sup Ubi (https://tandaseru.id/resep-sop-ubi-makassar/)

Kalau biasanya Ubi direbus jika ingin dikonsumsi, masyarakat Makassar justru mengolah ubi menjadi sup. Ubi yang berpadu dengan sayuran sup, tentu memiliki cita rasa yang khas pada makanan ini.

Bahan yang digunakan untuk membuat Sup Ubi adalah Ubi Kayu, serta bumbu bumbu dapur. Ubi diolah sedemikian rupa, sehingga nantinya dapat dimasak dengan sayur sayuran. Tidak ketinggalan telur rebus, agar Sup Ubi jadi tambah nikmat.

Jika kamu ingin merasakan olahan Ubi yang berbeda, kamu wajib mencoba Sup Ubi. Memiliki cita rasa yang khas, membuat kamu ingin menambah porsi dari Sup Ubi. Kamu juga bisa tambahkan sambal, jika suka dengan rasa yang pedas.

Coto Kuda

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Coto Kuda ()https://eljohnnews.com/ini-khasiat-jitu-coto-kuda-jeneponto-yang-rasanya-telah-melegenda/ )

Jika sebelumnya Coto Makassar menggunakan daging sapi, kini ada Coto dengan daging kuda. Coto Kuda ini memiliki tesktur daging yang lebih keras dari daging sapi, namun daging kuda dipercaya untuk menambah stamina.

Pembuatan Coto Kuda ini sama seperti Coto lainnya, yakni kuah untuk Coto dibuat terlebih dahulu. Setelah kuah sudah matang, baru daging kuda dicampur dengan kuah Coto. Cita rasa yang khas, ada dalam Coto Kuda ini.

Jeneponto adalah daerah yang bisa kamu kunjungi, jika kamu ingin menyantap Coto Kuda. Coto ini memiliki rasa khas, sehingga kamu tertarik untuk mencicipinya. Kuah Coto Kuda ini tentu menyegarkan tenggorokan kamu, saat udara atau cuaca sedang panas.

Nasu Likku

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Nasu Likku (https://www.rappler.com/world/sedapnya-nasu-manu-likku-untuk-berbuka-lebaran)

Apakah kamu pernah mendengar Nasu Likku? Nasu Likku merupakan makanan khas Suku Bugis, yang bahan dasarnya adalah daging ayam. Daging ayam tersebut diberi bumbu, agar rasa dari Nasu Likku menjadi nikmat.

Cara memasak Nasu Likku adalah, daging ayam dipotong potong terlebih dahulu. Setelah dipotong potong, daging ayam diberi bumbu. Bumbu tersebut adalah lengkuas, dan juga santan. Setelah daging ayam dan bumbu berpadu, tunggu Nasu Likku hingga matang.

Nasu Likku wajib untuk kamu coba, saat berlibur ke Sulawesi Selatan. Tidak hanya ditemui saat ramadhan atau lebaran saja, kini banyak rumah makan yang menyajikan Nasu Likku. Nasi putih bisa yang hangat bisa ditambahkan , supaya kamu bisa kenyang ketika menyantap Nasu Likku.

Mie Titi

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner

Gambar: Mie Titi (https://www.inibaru.id/kulinary/membuat-sendiri-kuliner-khas-makassar-mie-titi)

Mie Titi merupakan makanan yang diperkenalkan oleh Suku Tionghoa, dan kemudian makanan ini menjadi terkenal di Makassar. Mie Titi memiliki tekstur yang tipis, dan kemudian ditambah toping seafood juga daging ayam.

Proses pembuatan Mie Titi ini cukup mudah, yakni mie dimasukan ke dalam penggorengan. Mie Titi ditambah dengan kuash, agar rasanya tambah nikmat. Ragam toping bisa ditambahkan, ke dalam Mie Titi. Toping tersebut adalah daging ayam, udang, dan sayuran.

Penasaran dengan Mie Titi? Kamu bisa menemui makanan ini di restoran , atau di rumah makan. Mie dengan macam macam toping, berpadu sempurna dalam Mie Titi. Harganya pun terjangkau, sehingga kamu wajib menyantapnya bersama teman atau keluarga kamu.

Sokko Atau Songkolo

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Sokko atau Songkolo (https://www.rakyatbugis.com/2020/01/resep-atau-cara-membuat-songkolo.html)

Kalau kamu suka dengan olahan ketan hitam, kamu wajib mencoba Sokko atau Songkolo. Makanan ringan ini sangat terkenal di Sulawesi Selatan, dan juga mudah ditemui diberbagai tempat.

Seperti yang dijelaskan diatas, Sokko atau Songkolo berbahan dasar ketan hitam. Ketam hitam ini ditambah dengan santan , dan juga telur asin. Telur asin ini menimbulkan cita rasa khas, pada Sokko atau Songkolo. Tambahkan serundeng atau parutan kelapa, supaya rasa dari Sokko atau Songkolo tambah nikmat.

Sokko atau Songkolo ini wajib untuk kamu cicipi, saat berlibur ke Sulawesi Selatan. Rasa asin dari telur asin, berpadu sempurna dengan ketan hitam. Sambal juga bisa kamu tambahkan, ke dalam Sokko atau Songkolo.

Jalangkote

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Jalangkote (https://travelingyuk.com/jalangkote-khas-makassar/100937/)

Jalangkote merupakan camilan khas, dari Sulawesi Selatan. Sekilas Jalangkote mirip dengan pastel, namun sebenarnya terdapat perbedaan di kedua makanan ini. Perbedaan tersebut adalah tekstur Pastel lebih padat, sedangkan Jalangkote memiliki tekstur yang tipis. Karena tekstur yang tipis, membuat Jalangkote jadi krispi.

Membuat Jalangkote sangat mudah, dan bahan bahannya juga mudah ditemui. Bahan bahan tersebut seperti tepung terigu, sayur sayuran, tauge, telur, dan juga mentega. Padukan semua bahan yang sudah disediakan, dan kemudian Jalangkote digoreng hingga matang.

Camilan satu ini tidak boleh kamu lewatkan, saat berlibur ke Sulawesi Selatan. Walaupun bentuknya sama dengan pastel, namun Jalangkote memiliki cita rasa yang khas. Untuk harganya sendiri, Jalangkote sangat murah dan terjangkau oleh dompet kamu.

Pisang Epe

Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Untuk Kamu Coba Kuliner
Gambar: Pisang Epe (https://merahputih.com/post/read/manis-dan-hangat-pisang-epe-camilan-nikmat-khas-makassar)

Yang terakhir, ada Pisang Epe yang wajib kamu coba. Pisang Epe berbahan dasar buah pisang, dan kemudian pisang tersebut dibakar. Karena pisang tersebut dibakar, maka Pisang Epe memiliki cita rasa khas dan nikmat.

Banyak pedagang di Sulawesi Selatan yang menjajakan Pisang Epe, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipinya. Minuman yang hangat adalah teman yang pas, saat menyantap Pisang Epe.

Demikianlah informasi mengenai makanan khas Sulawesi Selatan. Jika kamu berlibur ke Sulawesi Selatan, jangan hanya ke tempat wisatanya saja. Kamu wajib untuk mencicipi makanan khas Sulawesi Selatan , yang lezat dan nikmat rasanya.

Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner .

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cute nice little baby woman crying lying with her mom on bed at home. Free Photo

7 Penyakit pada Bayi yang Sering Muncul

https://nishtischoice.com/wp-content/uploads/2018/01/shutterstock_614922665.jpg

6 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kesadaran dalam Karir