in

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi!

Yogyakarta merupakan kota yang dikenal dengan budayanya. Selain budayanya, Yogyakarta memiliki makanan khas yang terkenal . Apa saja makanan khas Yogyakarta yang wajib untuk kamu cicipi? Berikut ini adalah informasinya.

1. Gudeg

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar : Gudeg ( https://medium.com/kulina/gudeg-makanan-yang-bikin-kamu-kangen-yogyakarta-e192fa6a752e )

Siapa yang tidak kenal dengan Gudeg? Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta, dan makanan ini tidak boleh dilewatkan saat ke Yogyakarta. Makanan khas ini terdiri dari nasi, beserta lauk pauk .

Lauk Pauk yang digunakan untuk Gudeg adalah sayur nangka, tahu, dan juga telur rebus. Jika ingin pedas, kamu bisa menambah sambal atau dengan krecek . Harga Gudeg sangat terjangkau, dan rasanya pun juga lezat.

Ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya, jika tidak mencicipi Gudeg. Nasi berpadu dengan ragam lauk, membuat Gudeg memiliki cita rasa khas. Kamu juga bisa tambahkan lauk lain, agar Gudeg tambah nikmat.

2. Sego Kucing

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar : Sego Kucing (https://dapurkepo.com/resep-nasi-kucing-enak-praktis/)

Sego Kucing atau Nasi Kucing , merupakan makanan khas Yogyakarta yang wajib kamu coba. Nasi ini sering dijajakan di Angkringan , dan ada bermacam macam lauk yang tersedia. Porsi nasi kucing sangat sedikit , membuat kamu ingin menambah lagi makanan ini.

Lauk yang tersedia ada macam macam , seperti telur puyuh dan tahu bacem. Selain telur puyuh dan tahu bacem, ada juga tempe mendoan yang bisa jadi lauk. Sate usus atau atau ati ayam, juga tersedia dalam sego kucing ini.

Untuk kamu yang ingin mencoba sego kucing, kamu dapat berkunjung ke Angkringan yang ada di kaki lima . Harganya terjangkau, membuat kamu ingin menambah porsinya. Teh hangat atau jahe susu , merupakan minuman yang pas saat menyantap Sego Kucing.

3. Sego Abang Jirak

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar: Sego Abang Jirak (https://www.wisatadanhotelmurah.com/gunungkidul/10-tempat-makan-dan-kuliner-di-gunung-kidul-yogyakarta.html)

Jika kamu ingin merasakan makanan khas Yogyakarta lainnya, Sego Abang Jirak wajib kamu cicipi. Sego Abang Jirak ini merupakan makanan dengan nasi merah, dan ditemani dengan lauk lainnya.

Sego Abang Jirak ditemani lauk seperti ayam goreng, usus, dan sayur lombok ijo. Kalau kamu ingin mencicipi lauk yang unik, kamu bisa mencicipi belalang goreng. Nasi Merah berpadu dengan bermacam lauk, membuat Sego Abang Jirak menjadi nikmat.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas ini, kamu dapat berkunjung ke daerah Gunung Kidul. Harga nasi yang terjangkau dan lauknya yang beragam, tentu membuat kamu tertarik mencobanya. Kamu wajib mencicipi Sego Abang Jirak bersama teman, atau keluarga kamu saat berlibur.

4. Brongkos

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar: Brongkos (https://temukonco.com/brongkos-24-jam-yogyakarta/)

Mendengar kata Brongkos, pasti kamu merasa asing dan namanya sangat unik. Walaupun namanya sangat unik, rasa dari Brongkos sangat nikmat. Makanan ini terdiri dari nasi, dan ragam lauk.

Brongkos berisi nasi putih, dan ditambah lauk irisan daging sapi. Selain daging, sapi, ada kacang tolo dan kulit biji melinjo. Jika ingin tambah nikmat, Brongkos bisa ditambah dengan telur rebus.

Kalau kamu ingin mencoba Brongkos, kamu wajib ke rumah makan yang menyediakan makanan ini. Harga Brongkos sangat terjangkau oleh para wisatawan, sehingga cocok untuk kamu yang ingin makan dengan budget murah.

5. Nasi Tiwul

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar: Nasi Tiwul (https://www.krjogja.com/wisata/kuliner/sensasi-sego-tiwul-dan-sambal-gelap-huh-hah/)

Nasi Tiwul merupakan makanan dari Yogyakarta, yang wajib kamu coba selanjutnya. Nasi Tiwul tidak terbuat dari beras, namun terbuat dari singkong. Rasa nasi tiwul manis, dan juga berwarna kecoklatan.

Agar tambah lezzat, nasi tiwul memiliki ragam variasi. Ragam variasi tersebut adalah seperti pandan, strowberi , dan juga coklat. Nasi tiwul yang memiliki ragam variasi bisa menjadi kue, sedangkan rasa asli tiwul bisa ditambah dengan lauk lainnya .

Agar tidak penasaran dengan rasa dari Nasi Tiwul, kamu bisa berkunjung ke rumah makan atau pedagang kaki lima di Yogyakarta. Rasanya yang unik, membuat kamu merasakan olahan singkong yang berbeda

6. Mie Lethek

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar : Mie Lethek (https://njogja.co.id/wisata-kuliner/mie-lethek-mie-kotor-nan-lezat-asli-bantul/)

Jika kamu ingin mencoba olahan Mie, Mie Lethek khas Yogyakarta wajib untuk kamu coba. Mie Lethek terbuat dari tepung tapioka, kemudian diolah dengan cara direbus atau digoreng. Setelah diolah, Mie Lethek di beri ragam toping.

Hal pertama yang dilakukan untuk membuat Mie Lethek yang lezat adalah, Mie diolah terlebih dahulu tanpa menggunakan bahan kimia. Setelah mie diolah, baru mie direbus atau digoreng. Setelah mie sudah matang, baru tambahkan toping seperti telur goreng. Tambahkan sayur, agar Mie Lethek jadi sehat.

Banyak penjual Mie Lethek di Yogyakarta, sehingga kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencobanya. Beragam toping bisa kamu pilih, agar menambah nikmat Mie Lethek khas Yogyakarta ini.

7. Sate Klatak

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar: Sate Klatak (https://www.nativeindonesia.com/sate-klatak-jogja/)

Jika kamu ingin makanan khas Yogyakarta olahan sate, Sate Klatak wajib untuk kamu coba. Sate Klatak ini terbuat dari daging kambing, dan menggunakan tusuk dari jeruji besi. Karena tusuk dari besi inilah, yang menjadi ciri khas dari Sate Klatak.

Untuk membuat Sate Klatak yang nikmat, pertama daging harus diolah terlebih dahulu. Setelah diolah, sate ditusuk dengan menggunakan jeruji besi. Setelah itu, Sate Klatak baru dipanggang diatas bara api .

Sate Klatak ini wajib kamu coba saat berlibur di Yogyakarta, dan harganya pun juga terjangkau oleh dompet kamu. Ditemani nasi putih dan juga tongseng, membuat Sate Klatak menjadi nikmat

8. Gatot

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar: Gatot (https://www.sobatjogja.com/ini-dia-gatot-kuliner-khas-gunung-kidul-yang-unik-dan-mantap/)

Jika kamu berlibur ke Gunung Kidul, Gatot adalah camilan yang wajib kamu coba. Gatot terbuat dari singkong, dan terkadang menjadi makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Setelah diolah, Gatot ditambah dengan gula jawa.

Untuk membuat Gatot, sangatlah mudah. Pertama singkong dikukus kurang lebih 2 jam, hingga matang. Setelah dikukus, baru Gatot ditambah dengan gula jawa agar rasanya manis. Parutan kelapa juga tidak boleh terlewat, agar rasa Gatot menjadi nikmat.

Ke Gunung Kidul, jangan hanya berkunjung ke tempat wisatanya saja. Kamu wajib cicipi makanan Gatot saat berlibut ke Gunung Kidul. Perpaduan gula jawa dan parutan kelapa, membuat Gatot memiliki cita rasa yang khas.

9. Bakpia

Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Cicipi! Kuliner

Gambar: Bakpia (http://asitajogja.org/read/139/bakpia-terenak-buruan-turis-untuk-oleh-oleh-dari-yogyakarta.html)

Ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya, jika tidak mencoba Bakpia. Bakpia merupakan camilan khas Yogyakarta, dan memiliki varian rasa. Tekstur dari bakpia adalah lembut, namun ketika digigit menjadi renyah.

Banyak tempat oleh oleh yang menyediakan Bakpia, dan Bakpia bisa kamu jadikan buah tangan untuk orang terdekat kamu. Ditemani dengan teh manis hangat, membuat Bakpia menjadi nikmat dan lezat.

Demikianlah informasi mengenai makanan khas Yogyakarta. Di Yogyakarta banyak wisata seperti pantai dan lainnya, tapi kamu tidak boleh lewatkan untuk mencoba makanan khasnya. Siapkan budget kamu berlibur ke Yogyakarta, dan nikmati makanan khasnya yang lezat.

Untuk tips dan daftar rekomendasi kuliner nusantara lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kuliner .

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kuliner

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Inspirasi Berbisnis? Yuk Lihat Dulu 7 Drama Korea tentang Bisnis

5 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat yang Paling Direkomendasikan – Pusat Informasi Tempat Wisata

Tempat Wisata Nusa Tenggara Barat Yang Wajib Dikunjungi