in

Manga-Manga Dengan Jumlah Penjualan Terbesar Sepanjang Masa

Manga adalah sebutan untuk komik asal Jepang yang popularitasnya sudah sangat mendunia. Manga tidak hanya beredar di negara asalnya saja, tetapi juga banyak diterbitkan di negara-negara lain dari Amerika Serikat sampai Indonesia. Dan juga, manga merupakan industri yang sangat besar di Jepang. Industri ini sangat besar sampai-sampai kebanyakan kertas habis untuk pencetakan komik dibandingkan untuk tisu toilet. Hal tersebut menggambarkan betapa besarnya industri manga. Di negara asalnya, terdapat lebih dari 10,000 judul manga, otomatis membuat beberapa manga lebih populer dari yang lain. Hal ini bisa terlihat dari popularitasnya atau dari jumlah penjualan manga tersebut. Terdapat beberapa manga yang menempati posisi atas sebagai manga dengan jumlah penjualan terbesar sepanjang masa.

Biasanya sistem penjualan manga di Jepang adalah berbentuk majalah yang berisi chapter-chapter baru dari sebuah serial, kemudian chapter-chapter yang ada dalam majalah tersebut akan dikompilasi menjadi satu volume manga dalam waktu yang sudah ditentukan. Misalnya majalah Shonen Jump biasanya terbit 1 minggu sekali dan membuat volume manga biasanya terbit 3 – 4 kali dalam waktu satu tahun. Penjualan manga biasanya dihitung lewat penjualan volumenya, tidak termasuk majalah yang memuat serial tersebut. Jadi apa saja sih serial manga dengan jumlah penjualan terbesar sepanjang masa? Mari kita simak serial-serial tersebut.

1. One Piece

Menempati posisi nomor satu, terdapat serial manga karya Eiichiro Oda yang sudah berusia lebih dari 20 tahun. Setiap tahunnya manga yang menceritakan kisah tentang bajak laut Monkey D. Luffy dan petualangannya untuk menjadi raja bajak laut ini, sering sekali menduduki posisi nomor satu. Manga legendaris yang sudah mencapai volume ke-97 ini, kurang lebih sudah terjual sebanyak 470 juta copy. Angka yang sangat fantastis tentunya dan mengingat bahwa manga ini masih berlanjut hingga sekarang, tampaknya serial manga ini masih akan terus menduduki posisi nomor satu dalam jangka waktu yang cukup panjang. Pada tahun 2014 sendiri serial manga yang lahir tahun 1997 ini mendapatkan rekor dunia dari Guinness World Record sebagai “Komik dengan jumlah eksemplar cetak terbanyak, yang ditulis oleh satu orang” (the most copies published for the same comic book series by a single author). Pada saat mendapatkan rekor tersebut, manga One Piece sudah terjual lebih dari 320 juta copy dan angka tersebut sudah meningkat di tahun-tahun selanjutnya hingga saat ini.

Manga-Manga Dengan Jumlah Penjualan Terbesar Sepanjang Masa Otaku
Sumber: https://mangaplus.shueisha.co.jp/titles/100020

2. Dragon Ball

Pada posisi kedua diduduki oleh serial manga Dragon Ball karya Akira Toriyama sebagai manga dengan jumlah penjualan terbesar. Manga legendaris yang satu ini merupakan manga terlaris selama bertahun-tahun sebelum serial One Piece mengalahkan rekor tersebut. Serial manga legendaris ini terbit dari tahun 1984 -1985 dan berhasil terjual sebanyak 250 – 300 juta copy. Manga ini sudah tamat, tetapi influence dari manga yang satu ini masih sering terasa di serial manga lainnya. Sebut saja mangaka One Piece dan Naruto Eiichiro Oda dan Masashi Kishimoto yang mengaku sangat menyukai manga Dragon Ball ini. Berlatar mengenai kisah Journey to the West yang merupakan satu dari empat novel legendaris China, manga Dragon Ball menceritakan petualangan Son Goku dalam mengumpulkan 7 bola naga yang dapat mengabulkan permohonan orang yang mengumpulkannya, dalam petualangannya ia dihadang oleh musuh-musuh tangguh yang harus ia hadapi.

3. Golgo 13

Serial manga yang satu ini mungkin kedengaran asing di telinga pembaca asal Indonesia, tetapi judul manga ini merupakan salah satu manga legendaris dan populer asal Jepang yang sampai saat ini masih menduduki posisi nomor tiga manga dengan penjualan terbesar. Serial karya Takao Saito ini memulai serialisasi semenjak tahun 1968 dan masih terus berlanjut hingga saat ini, otomatis menjadikan serial manga ini sebagai serial manga tertua yang masih berlanjut hingga saat ini. Menariknya lagi, Takao Saito hampir tidak pernah terlambat untuk melanjutkan serial manga ini, di usianya yang sudah mencapai 80 tahun, ia hanya pernah mengambil hiatus (istirahat) sekali saja pada bulan Mei 2020 akibat pandemi Covid-19. Total serial manga yang jauh lebih tua dari Dragon Ball dan One Piece ini sudah terjual sebanyak 280 juta copy dan dipastikan masih akan terus bertambah mengingat serial manga ini masih jauh dari kata tamat di volumenya yang sudah mencapai volume ke-197.

4. Naruto

Mengangkat kisah mengenai seorang ninja muda bernama Naruto yang ingin menjadi Hokage (pemimpin desa ninja Konoha), serial yang hadir dari penerbit kenamaan Shueisha berhasil menjadi salah satu manga paling laris sepanjang masa. Selain sukses secara finansial, manga yang satu ini juga merupakan salah satu manga asal Jepang yang paling populer di berbagai belahan dunia. Manga karya Masashi Kishimoto ini sangat populer sampai-sampai memiliki adaptasi anime, layar lebar, live action, dan berbagai merchandise. Manga yang tamat di volume ke-74 ini total berhasil terjual sebanyak 250 juta copy. Walaupun sudah tamat sejak tahun 2014 lalu, manga yang satu ini masih sering menjadi salah satu manga favorit banyak orang.

Manga-Manga Dengan Jumlah Penjualan Terbesar Sepanjang Masa Otaku

5. Detective Conan

Menempati posisi kelima sebagai manga dengan penjualan terbanyak ditempati oleh serial manga populer Detective Conan. Serial manga ini masih terus berlanjut hingga saat ini dan masih tetap populer terbukti dari penjualan manganya yang berhasil terjual sebanyak 230 juta copy. Serial manga yang pertama kali terbit tahun 1994 ini menceritakan kisah seorang detektif remaja bernama Shinichi Kudo yang saat berusaha memecahkan kasus diserang dan diberikan obat yang membuat tubuhnya berubah menjadi tubuh seorang anak kecil. Ia-pun harus mencari tahu cara untuk mengembalikan tubuhnya menjadi normal kembali dan seringkali menghadapi berbagai kasus yang secara tidak langsung berhubungan dengan organisasi misterius yang membuat tubuhnya menjadi kecil.

Serial manga yang satu ini benar-benar sangat populer, hal ini terbukti dari banyaknya adaptasi anime yang masih berlanjut hingga sekarang, adaptasi live action, beberapa film layar lebar, bermacam-macam merchandise, serta yang paling membuat terpukau, terdapat sebuah kota di Jepang yang mengubah namanya menjadi Conan Town (Kota Conan). Dalam kota tersebut, terdapat patung detektif Conan, transportasi umum di kota tersebut dipenuhi dengan gambar dari serial manga tersebut, dan beberapa tempat dinamai dari manga tersebut. Mengingat manga karya Aoyama Gosho ini masih terus berlanjut hingga saat ini, bisa dipastikan bahwa angka tersebut pastinya masih akan terus meningkat.

Manga-Manga Dengan Jumlah Penjualan Terbesar Sepanjang Masa Otaku

Nah Jadi itulah beberapa manga dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Angka-angka tersebut sangatlah fantastis dan total jika digabungkan, penjualan manga-manga tersebut bisa melebihi angka 1 miliar! Hal tersebut benar-benar menggambarkan betapa besarnya industri manga, anime, dan fandom dari Jepang. Namun, perlu diingat bahwa rekor diciptakan untuk dipecahkan, hal ini berarti beberapa manga di atas pada suatu saat nanti mungkin akan digantikan oleh manga-manga baru selanjutnya.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advan G9 Pro, Spesifikasi HP Android RAM 6GB Harga Rp1,5 Jutaan

Spesifikasi Handphone Advan G9 Pro Handphone Buatan Indonesia

Writing Dynamite for BTS: 'It's taken a lot of years and a lot of work to get to this incredible, life-changing moment…' - Music Business Worldwide

Jangan Bingung Lagi Lagu BTS Berjudul Dynamite Ciptaan Siapa!