in

Memahami Pengertian Cameo dalam Film Lewat Fakta-Fakta Menarik

Aktor merupakan elemen penting dalam sebuah film bahkan sebagian besar film meraih kesuksesan karena dibintangikan oleh pemain yang tepat. Sehingga film tersebut melekat di benak para penonton. Memang pemeran utama menjadi pusat dari cerita tetapi kehadiran cameo membuat film semakin menarik. Pasalnya cameo menjadi salah satu cara untuk mengejutkan para penonton. Cameo memang memiliki durasi yang cukup singkat tetapi kemunculannya tersebut tidak hanya membuat penonton bahagia tetapi juga menjadi perbincangan media. Kendati begitu, tidak sedikit orang yang belum memahami pengertian cameo dalam sebuah film.

Fakta menariknya adalah ada banyak sekali aktor papan atas yang bersedia tampil menjadi seorang cameo dalam film. Padahal biasanya mereka muncul sebagai tokoh utama. Alasan mereka rela hanya tampil beberapa detik cukup beragam, seperti sekadar ingin membantu atau memberi kode tentang film mereka selanjutnya. Setidaknya ada enam cameo yang paling mengejutkan dalam perfilman Hollywood. Pertama adalah Tom Cruise dalam film Tropic Thunder yang memiliki genre komedi aksi tersebut. Pemeran utama dalam film ini adalah Ben Stiller, Jack Black, dan Robert Downey Jr yang merupakan aktor film perang. Mereka pun terjebak dalam sebuah konflik perang yang sebenarnya. Tom Cruise hadir sebagai cameo bernama Les Grossman yang merupakan seorang eksekutif studio pemarah.

Kedua adalah Johnny Deep dalam film 21 Jump Steet yang memiliki genre komedi aksi. Pemeran utama dalam film ini adalah Channing Tatum dan Jonah Hill. Sebenarnya 21 Jump Steet diangkat dari serial televisi yang rilis pada 1987 dengan judul yang sama. Fakta menariknya adalah Johnny Deep ternyata pemeran utama dalam serial televisi klasik tersebut. Dia pun hadir sebagai cameo dalam film ini dengan tetap memerankan karakter yang sama bernama Tom Hanson. Dia hadir sebagai polisi yang menyamar untuk menolong Tatum dan Hill yang sedang terpojok oleh sekelompok penjahat. Deep yang hanya tampil sebentar ini meminta agar adegannya berakhir dengan mati di tempat karena ditembak.

Memahami Pengertian Cameo dalam Film Lewat Fakta-Fakta Menarik Film

Gambar: Hal yang masih menjadi salah kaprah adalah ada yang menyamakan peran cameo dengan bintang tamu padahal keduanya berbeda karena seorang cameo memiliki ciri khas seperti namanya tidak akan muncul dalam credit title film.

Michael Jackson yang merupakan legenda musik pop dunia juga pernah menjadi seorang cameo dalam film Men in Black II. Dia berperan sebagai sekutu dari Zed yang mungkin juga merupakan seorang alien. Kehadirannya dalam film ditunjukkan saat dia berbicara melalui videophone. Jackson mengatakan kepada Zed bahwa dia ingin menjadi agen MIB yang resmi pada percakapan singkat itu. Namun, permintaan tersebut tidak disetujui yang membuatnya merasa sedih karena tidak pernah menjadi seorang agen. Fakta menariknya adalah ternyata King of Pop ini sempat menolak tawaran menjadi cameo pada season pertama. Namun, dia akhirnya menerima tawaran tersebut pada sekuel film ini karena sangat menyukai film Men In Black I. Dia meminta agar mengenakan jas hitam yang merupakan ciri khas film ini.

Cameo terbaik dalam film selanjutnya adalah Hugh Jackman dalam Night at the Museum: Secret of the Tomb. Memang karakter mutan bernama Wolverine dalam film X-Men sangat melekat dengan aktor yang lahir di Australia ini. Sehingga tidak heran dia memilih berpura-pura menjadi Wolverine dalam film ini. Dia bertemu dengan Lancelot yang secara tiba-tiba masuk ke dalam teater musical Camelot padahal dia sedang memerankan karakter King Arthur. Jackman pun mulai menakuti Lancelot yang membuat kerusuhan di atas panggung dengan melakukan teriakan ala Wolverine. Namun, penonton justru dibuat tertawa karena cakar adamantium yang menjadi andalannya malah tidak akan keluar. Mungkin masih banyak yang belum memahami pengertian cameo dalam film meskpun sudah banyak contohnya.

Memahami Pengertian Cameo dalam Film Lewat Fakta-Fakta Menarik Film

Gambar: Kehadiran seorang cameo selalu sukses menjadi sebuah kejutan yang efektif untuk para penonton karena diperankan oleh orang yang terkenal

Terakhir adalah Brad Pitt dalam film Deadpool 2 yang merupakan penampilan tersingkat karena muncul tidak lebih dari 5 detik saja. Dia berperan sebagai The Vanisher yang merupakan anggota dari X-Force dengan kekuatan menghilang. Sosok The Vanisher baru diketahui setelah dia tersetrum di antara kabel-kabel listrik padahal sejak awal dia tidak diperlihatkan. Fakta menariknya adalah orang yang memiliki ide untuk mengajak Pitt menjadi cameo ternyata Ryan Reynolds yang memerankan Deadpool. Pasalnya Reynolds mengetahui bahwa anak-anak sang aktor sangat menyukai season pertama dari film ini. Rumor yang beredar mengatakan bahwa Pitt hanya dibayar dengan secangkir kopi merek Starbucks.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik untuk memahami pengertian cameo dalam film :

1. Pemerannya orang terkenal

Fakta menarik pertama tentang cameo adalah karakter yang biasanya diperankan oleh selebriti papan atas. Sebenarnya kemunculan cameo juga dapat melalui gambar tokoh terkenal, karakter fiksi ternama, karya seni yang populer, atau sekadar sebuah tulisan nama dari orang terkenal. Kendati begitu, kehadiran cameo tidak terlalu mempengaruhi alurnya sebuah cerita.

2. Durasinya cukup singkat

Sebenarnya durasi kehadiran seorang cameo cukup singkat tetapi hal ini yang membuat sosoknya mencuri perhatian. Pasalnya penonton justru ketagihan untuk melihat cameo lebih lama sehingga mereka tidak akan melewatkan sosok yang sangat mereka nantikan tersebut.

Memahami Pengertian Cameo dalam Film Lewat Fakta-Fakta Menarik Film

Gambar: Ada cameo yang memiliki dialog ada juga yang tidak memiliki dialog karena durasi mereka hanya sedikit dalam film sehingga terkadang mereka hanya tampil dalam sebuah ingatan dari masa lalu saja

3. Tidak semuanya memiliki dialog

Tidak semua cameo hadir dengan memiliki dialog karena durasi mereka yang sedikit. Mereka yang memiliki dialog akan beradu akting dengan pemain lainnya, sedangkan yang tidak memiliki dialog hanya akan menampilkan berupa gerak. Terkadang mereka hanya tampil dalam sebuah ingatan dari masa lalu saja.

4. Cameo tidak sama dengan bintang tamu

Hal yang masih menjadi salah kaprah adalah ada yang menyamakan peran cameo dengan bintang tamu padahal keduanya berbeda. Lantaran seorang cameo memiliki ciri khas seperti namanya tidak akan muncul dalam credit title film. Sedangkan, nama bintang tamu justru akan muncul dalam credit title film. Selain itu, bintang tamu dapat dibintangi siapa saja baik yang sudah terkenal ataupun belum serta memiliki dialog yang sudah ditulis sesuai dengan skenario.

5. Sebagai pengejut yang efektif

Kehadiran seorang cameo selalu sukses menjadi sebuah kejutan yang efektif untuk para penonton karena diperankan oleh orang yang terkenal. Memang tujuan adanya cameo selain menjadi daya tarik bagi siapapun yang belum menonton. Itu adalah fakta-fakta menarik untuk memahami pengertian cameo dalam film.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Boyband 14U Bubar, Member asal Indonesia Loudi Tulis Surat untuk Fans

Fakta Soal Loudi Idol Kpop Pertama Indonesia Yang Akan Solo Karir

BTS Kenalkan Edisi Khusus Light Stick

Susahnya Menjadi Seorang Idol Kpop Padahal Semakin Digandrungi