in

Mengenal ENHYPEN, Hasil Kerja Sama Agensi CJ ENM dan HIBE

ENHYPEN merupakan grup idola K-Pop yang berasal dari agensi BELIF+ yang baru saja comeback perdana pada tanggal 26 April 2021. Mereka merilis album yang bertajuk BORDER: CARNIVAL setelah lima bulan dari tanggal debut resmi mereka. Para anggota membagikan cerita tentang bagaimana gugupnya mereka untuk melakukan comeback pertama ini. Kendati begitu, mereka juga mengatakan sangat bersemangat ingin menunjukkan yang telah mereka persiapkan untuk comeback kepada ENGINE. Jay mengucapkan terima kasih kepada para penggemar karena sebenarnya dia tidak pernah membayangkan akan menerima penghargaan pendatang baru secepat itu. Dia juga mengatakan bahwa semua anggota bersumpah pada diri sendiri untuk bekerja lebih keras setelah menerima penghargaan tersebut. Mereka juga berjanji akan melakukan yang terbaik agar musik mereka dapat didengar untuk waktu yang lama. Sunghoon juga memberikan komentar bahwa dia merasa sangat bangga dengan fakta ketujuh member dapat debut bersama. Dia juga mengharapkan agar dapat memenangkan lebih banyak penghargaan lainya.

Fakta menarik pertama dari album BORDER : CARNIVAL yang rilis bulan April lau adalah ENHYPEN masih tetap menggunakan Wonderkid sebagai produser mereka. Wonderkid sebelumnya telah bekerja sama untuk album pertama yang bertajuk BORDER : ONE DAY. Hanya saja, sang produser hanya bekerja sama untuk lima dari enam lagu yang ada di album ini. Lagu tersebut adalah Intro: The Invitation, Drunk-Dazed, Fever, Mixed Up dan Outro: Wormhole. Hanya lagu Not For Sale yang tidak dia produseri. Adapun lagu utama dari album ini adalah lagu Drunk-Dazed. Apabila diperhatikan sebenarnya komposisi lagu dalam album ini mirip dengan album sebelumnya. Lantaran terdapat empat lagu inti dengan satu lagu intro dan satu lagu outro. Selain itu, judul lagu utama juga sama-sama menggunakan tanda hypen, yaitu Given-Taken dan Drunk-Dazed.

Mengenal ENHYPEN, Hasil Kerja Sama Agensi CJ ENM dan HIBE K-Pop

Gambar: Potret ketujuh member ENHYPEN

Bang Si Hyuk yang dikenal juga dengan sebutan Bang PD kembali terlibat dalam comeback pertama ENHYPEN sama seperti album debutnya. Orang nomor satu HIBE Label tersebut tidak hanya ikut menulis lagu tetapi juga menjadi produser untuk beberapa lagu. Ada tiga judul lagu yang Bang PD ikut berpartisipasi di dalamnya yaitu Not For Sale, Fever, dan Drunk Drunk-Dazed. Hal menarik lainnya sekaligus cukup mengejutkan dari album terbaru ENHYPEN adalah konsep yang mereka usung. Lantaran konsep secara keseluruhan pada trailer album ini adalah pesta ulang tahun berdarah atau Bloody Birthday Party. Sementara musik video mereka sama seperti musik video sebelumnya menampilkan adegan-adegan yang cukup dark. Hanya saja level kegelapan dalam album ini meningkat lebih signifikan.

Fakta bahwa album BORDER : CARNIVAL memperoleh angka penjualannya yang fantastis menjadi salah satu hal yang membanggakan bagi ENHYPEN. Album ini tercatat sudah dipesan sebanyak 430 ribu keping per 22 April 2021. Artinya naik hampir dua kali lipat dari pre order album pertama bertajuk BORDER : ONE DAY yang terjual sebanyak 439 ribu keping. Tidak hanya itu, ENHYPEN memecahkan rekor sebagai pendatang baru dengan album debut mereka. Menariknya mereka berhasil menerima empat penghargaan pendatang baru hanya dalam dua bulan sejak masuk industri hiburan K-Pop. Memang debut ENHYPEN meraih kesuksesan yang besar tetapi mereka telah memecahkan rekor mereka sendiri dengan comeback di pertangahn tahun 2021. Bukan hanya pre-order yang telah melampaui 450.000 album tetapi juga mereka sudah mengumpulkan pengikut di media sosial sebanyak 14 juta.

Berikut ini adalah mengenal ENHYPEN yang berasal dari agensi kerja sama CJ ENM dan HIBE dari fakta-fakta debut mereka :

1. Berasal dari ajang survival

BELIF+ merupakan perusahaan kerja sama antara CJ ENM dengan Big Hit Labels yang kini memiliki sebuah grup asuhan. ENHYPEN merupakan grup idola K-Pop dari agensi BELIF+ yang memulai debut pada tanggal 30 November 2020. Grup hasil survival show I-LAND tersebut merilis mini album bertajuk BORDER: DAY ONE dengan lagu utama berjudul Given Taken. Adapun trainee yang lolos di episode final acara M-net tersebut adalah Jungwon, Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, dan Ni-ki. Keenam anggota dipilih oleh penonton global sementara hanya Sunoo merupakan pilihan para produser dalam acara tersebut. Nama ENHYPEN memiliki maksa yang sama seperti hypen atau tanda hubung. Maksudnya grup ini layaknya tanda tersebut yang mampu menghubungkan kata berbeda untuk membuat makna baru. Lalu semua anggota akan terhubung untuk menemukan satu sama lain kemudian tumbuh bersama. Akhirnya, ENHYPEN pun comeback di pertengahan tahun 2021.

Mengenal ENHYPEN, Hasil Kerja Sama Agensi CJ ENM dan HIBE K-Pop

Gambar: Potret kedekatan ketujuh member ENHYPEN

2. Popularitas yang tinggi sejak sebelum debut

ENHYPEN memiliki popularitas yang tinggi bahkan sejak mereka belum debut secara resmi. Lantaran kanal YouTube mereka berhasil menerima Gold Play Button dari YouTube karena telah memiliki 1 juta subscribers. Bukti bahwa popularitas ENHYPEN sudah diakui secara global adalah kenyataan bahwa kanal mereka belum aktif lebih dari 2 bulan. Selain itu, ENHYPEN yang telah comeback di pertengah tahun 2021 ini sebelum resmi debut juga telah memiliki nama fandom dan lightstick. Nama fandom mereka adalah ENGENE yang memiliki dua makna berbeda ini dipilih berdasarkan saran para penggemar. Maknanya adalah para penggemar layaknya sebuah engine alias mesin yang memungkinkan mereka untuk tumbuh. Sedangkan makna lainnya adalah penggemar berbagi DNA dengan semua anggota ENHYPEN untuk sama-sama terhubung untuk tumbuh dan berkembang bersama.

3. Mendapat banyak saran dari BTS dan SEVENTEEN

ENHYPEN mengaku mendapatkan tidak hanya dukungan tetapi juga masukan untuk debut mereka dalam acara showcase pada 30 November 2020. Bang Si Hyuk yang merupakan CEO HIBE Label dan BTS serta SEVENTEEN disebut dalam peresmian ENHYPEN di industri hiburan K-Pop. Mereka menasehati semua anggota ENHYPEN untuk selalu mengapresiasi ENGINE. Mereka juga memberikan masukan tentang seputar ekspresi wajah dan gestur tubuh saat tampil di atas panggung dengan penuh percaya diri. ENHYPEN merilis mini album bertajuk BORDER: DAY ONE yang memiliki dua versi konsep berbeda sesuai arti nama masing-masing versi tersebut.

Pertama, konsep foto teaser yang dirilis pukul 3 pagi waktu Korea Selatan dengan tema DAWN. Sementara, yang kedua adalah konsep foto teaser yang dirilis pukul 6 sore waktu Korea Selatan dengan tema DUSK. Album pertama ini memiliki enam lagu yang terdiri dari Intro: Walk the Line, Given Taken, Let Me In (20 CUBE). 10 Months, Flicker, dan Outro: Cross the Line. Itulah fakta tentang ENHYPEN yang berasal dari agensi kerja sama CJ ENM dan HIBE.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
5 Drama Korea tentang Idola K-Pop, Enak Ditonton Kala Santai

Choi Tae Joon Pacar Park Shin Hye Menikah Dengan Sooyoung SNSD

Liverpool Kalah Telak 0-3, Klopp Akui Watford Tampil Lebih Baik : Okezone Bola

5 Alasan Liverpool Sulit Juara EPL Musim Depan!