in

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Untuk sebagian orang mendapatkan kualitas tidur yang cukup dan nyenyak adalah sesuatu yang berharga. Semakin bertambahnya usia dan produktifitas membuat jam tidur seseorang berubah-ubah, alhasil mereka mengalami gangguan tidur di malam hari. Atau dengan sebutan lain yaitu insomnia. Tak sedikit dari mereka juga sudah berusaha mencari cara untuk mengatasi kondisi insomnia tersebut, namun hasilnya masih belum terlihat. Jangan sedih, karena artikel ini akan membahas penyebab, gejala, dan cara mengatasi insomnia hanya untuk Anda. Sebelum mengenai solusi alangkah baik kita mengetahui penyebab dan gejala yang muncul ketika mengalami insomnia pada seseorang.

Penyebab Insomnia Sering Terjadi

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : valleysleepcenter.com

Sebenarnya apa itu insomnia? Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari. Sehingga menyebabkan kualitas tidur buruk, hal ini menghambat produktivitas sehari-hari. Biasanya kondisi ini disertai gangguan fungsional saat bangun tidur seperti pusing dan sakit kepala. Hal tersebut membuat tubuh Anda terasa lemas dan mengantuk sepanjang hari. Penting untuk mengetahui penyebab muncul insomnia, berikut ulasannya:

Terlalu Stres

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : entrepreneur.com

Faktor utama dari insomnia yaitu terlalu stres, bisa menyebabkan seseorang mudah terkena insomnia. Adapun penyebab stres bermacam-macam. Ketika pikiran dalam kondisi tak karuan menyebabkan seseorang kesulitan tidur meskipun kondisi fisiknya sudah merasa kelelahan. Oleh sebab itu, usahakan agar pikiran tenang, relax ketika hendak tidur. Misalnya mendengarkan instrumen musik, meditasi sebelum tidur juga bisa menenangkan pikiran. Itu semua agar tidur Anda terjaga sepanjang malam. Timbulnya stres karena banyak faktor mulai dari pekerjaan atau rencana pernikahan, dan untuk pengobatan bisa dilakukan sendiri dengan beristirahat, bermeditasi.

Depresi

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : medium.com

Depresi adalah sebuah penyakit mental pemicu dari faktor internal seperti biologis, genetik dan terbiasa memendam emosi. Pengobatan depresi memerlukan bantuan dari orang lain seperti psikolog atau psikiater. Gejala umum yaitu hilang semangat, merasa sedih, putus asa dan menarik diri dari lingkungan. Bagi penderita depresi akan mudah terkena insomnia. Karena kondisi pikiran seseorang yang tak stabil, berakibat sulit untuk tertidur pada malam hari. Segera lakukan cara untuk mengatasi insomnia dengan berkonsultasi kepada ahlinya karena pengobatan untuk depresi berbeda dengan stres.

Kondisi Medis

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : keckmedicine.org

Setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Ketika dalam kondisi kurang sehat misalnya sleep apnea, asma, diare, kanker dapat menyebabkan mudah terserang insomnia. Keadaan tubuh yang melemah menjadi faktor seseorang sulit untuk tidur pada malam hari. Sebaiknya cara mengatasi insomnia berdasarkan faktor ini dengan berkonsultasi pada dokter supaya mendapatkan penanganan efektif.

Gejala atau Ciri-Ciri Insomnia

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : alaskasleep.com

Secara umum gejala insomnia yaitu kesulitan untuk mulai tidur meski badan terasa lelah, sering terbangun dan sulit untuk kembali tidur. Terlalu banyak mengkonsumsi obat tidur, merasa lelah serta kantuk sepanjang hari, sulit untuk berkonsentrasi. Jika terjadi pada penderita insomnia gejala tersebut dapat berlangsung lama. Sebaiknya segera lakukan tindakan untuk mengatasi insomnia agar tak menghambat aktivitas harian Anda kedepannya.

Cara Mengatasi Insomnia

Ada berbagai cara untuk mengatasi insomnia yang bisa Anda tiru di rumah. Berikut beberapa usaha dalam mengembalikan kualitas tidur yang nyenyak pada malam hari antara lain:

Suasana Kamar Nyaman

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : mattressadvisor.com

Faktanya kondisi kamar yang berantakan bisa menyebabkan seseorang merasa tak nyaman, sehingga memicu insomnia. Pastikan bahwa suasana, keadaan kamar tidur tertata rapi dan nyaman sebelum Anda tertidur. Rekomendasikan tidur dalam ruang gelap dengan suhu yang sejuk dapat memberikan ketenangan. Sehingga Anda bisa terjaga hingga esok hari. Sebaiknya kamar tidur hanya untuk beristirahat, bukan menjadi ruang tempat kerja, menonton ataupun bermain game. Karena berpengaruh pada suasana yang bukan semestinya. Jadi ketika masuk kamar tidur hawanya tak ingin tidur melainkan untuk aktivitas lain seperti menonton, bermain game.

Mulailah menata dan menciptakan suasana yang nyaman pada kamar tidur Anda agar terhindar dari insomnia. Kondisi ruangan bersih dan rapi membuat Anda lebih nyaman, dengan begitu Anda akan lebih cepat tertidur nyenyak hingga esok pagi. Untuk membuat diri merasa nyaman saat hendak tidur yaitu keadaan tidak berisik dan kondisi tempat tidur bersih. Cara ini efektif untuk mengatasi gangguan insomnia pada malam hari.

Pengharum Ruangan

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : canyonranchinstitute.org

Anda juga bisa menambahkan pengharum ruangan atau wewangian lavender pada ruang kamar tidur Anda. Tujuan sebagai aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur lebih baik. Letakan aromaterapi di samping bantal hingga esok hari. Menghirup aromaterapi memiliki manfaat bagi kesehatan seperti memperlambat aktivitas pada sistem saraf, meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi. Dan meningkatkan mood bagi penderita insomnia.

Kondisi Kamar Gelap

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : verywellmind.com

Ada sebagian orang lebih cepat tidur dan nyenyak ketika tidur dengan kondisi kamar yang gelap. Hal ini menjadi solusi untuk penderita insomnia, mulailah menerapkan saat hendak tidur. Pastikan semua lampu kamar dalam kondisi off, bisa membantu mata Anda lebih cepat terlelap. Selain itu, membantu pikiran lebih tenang dan untuk mengurangi kewaspadaan yang membuat lebih cepat tidur. Namun, jika Anda takut gelap, sebaiknya menggunakan lampu kecil. Hal ini cukup membuat kamarmu lebih damai dan tentram.

Membaca Buku Favorite

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : dreams.co.uk

Penderita insomnia kan lebih sering mengalami terbangun dari tidur malam dan sulit untuk kembali tertidur. Cara mengatasinya dengan melakukan kegiatan tak terkait dengan pekerjaan seperti membaca buku favorit atau mendengarkan musik. Namun jika belum juga merasa mengantuk setelah 20-30 menit, bangkitlah dari tempat tidur Anda kemudian beralih ke tempat lain. Untuk melakukan aktivitas santai dan jauhi gadget karena cahaya biru pada layar tersebut dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Hal itu justru membuat Anda sulit tidur malam.

Olahraga Menenangkan Pikiran

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : aarp.org

Menerapkan meditasi sebelum hendak tidur mampu membantu mengurangi tingkat stres. Manfaat lainnya yaitu dapat menghilangkan kekhawatiran, kecemasan mampu menenangkan pikiran. Ada beberapa cara untuk mengatasi insomnia dengan teknik berikut dapat membantu dalam menenangkan sistem saraf. Dengan rutin olahraga yoga, meditasi dan relaksasi. Jenis olahraga tersebut agar tubuh Anda menjadi rileks dan membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga Anda lebih cepat tidur.

Hindari Makan Banyak Sebelum Tidur

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : lakanto.com

Alangkah baiknya makan malam lebih awal sekitar jam 7 malam lebih dari itu sudah tak makan berat. Untuk mencegah rasa lapar dengan mengkonsumsi cemilan sehat misalnya buah-buahan, lalu batasi asupan cairan menjelang tidur. Sehingga tidur Anda tak terganggu atau terbangun untuk BAK. Jika Anda menginginkan lebih cepat tertidur kurangi konsumsi kafein dan alkohol yang dapat membuat sulit tidur. Dan nikotin pada rokok ternyata bisa memberikan efek buruk terhadap kualitas tidur di malam hari. Parahnya efek nikotin dapat bertahan hingga beberapa jam lamanya.

Pengobatan Herbal

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : kulkulfarmbali.com

Salah satu cara untuk mengatasi insomnia dengan pengobatan herbal. Anda dapat mengkonsumsi beberapa minuman herbal seperti teh herbal tanpa kafein, suplemen herbal yang mengandung valerian dan teh kamomil. Pengobatan herbal tanpa ada kandungan kimia berbahaya, meskipun Anda harus memilah produk yang aman dan terpercaya. Pengobatan herbal dapat membantu mengatasi insomnia secara alami.

Atur Jadwal Tidur

Mengenal Insomnia: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kesehatan

Sumber Foto : bustle.com

Hal terpenting untuk mengatasi insomnia yaitu membuat jadwal tidur secara teratur dan konsisten. Jadwal tidur yang teratur cukup memudahkan Anda atau remember supaya tidur pada jam yang sama. Sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur lebih baik, membantu untuk membiasakan diri hidup sehat. Berbeda ketika tak memiliki jadwal rutin, waktu tidur berubah-ubah menjadi pemicu insomnia. Hal tersebut juga berpengaruh pada ritme sirkadian berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh dan mengganggu siklus tidur.

Untuk tips dan informasi seputar pola hidup dan tips kesehatan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kesehatan.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Kesehatan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hasil gambar untuk drama sejarh korea

Ini 5 Latar Belakang Drama Yang Bertemakan Sejarah Korea!

Karakter-Karakter Anime Terpopuler Menurut Myanimelist