in

Mengenal Macam-Macam Karakter Film Yang Tidak Umum

Ada macam-macam karakter dalam film yang dibagi berdasarkan fungsi penampilannya. Pertama adalah tokoh protagonis yang digambarkan sebagai karakater yang berwatak baik dan positif. Tokoh ini mampun menyita empati penonton karena menampilkan sesuatu yang sesuai harapan mereka. Kedua adalah tokoh antagonis yang merupakan lawan dari protagonis. Tokoh ini biasanya menimbulkan konflik dalam cerita yang digambarkan sebagai karakter berwatak buruk dan negatif. Sehingga tokoh antagonis sering kali dibenci oleh penonton meskipun ada juga yang menyita perhatian. Lantaran penulis memberikan porsi yang cukup banyak. Ketiga adalah tokoh tritagonis yang disebut sebagai karakter penengah. Tokoh yang digambarkan berwatak bijak ini memiliki fungsi sebagai jembatan untuk menyelesaikan konflik dalam cerita.

Memang definisi demikian tidak selalu mutlak adanya hanya secara general saja. Apalagi setiap cerita dalam film tentu memiliki unsur tokoh yang tidak hanya sebatas karakter yang diperankan oleh manusia saja. Lantaran tokoh dapat berupa karakter apapun mulai dari manusia, hewan, tanaman, benda, atau lainnya yang mewakili jalan cerita. Kendati begitu, tidak semua karakter sesuai dengan definisinya masing-masing. Pasalnya ada juga macam-macam karakter dalm film yang terlihat tidak seperti biasanya seperti tokoh protagonis menyebalkan atau tokoh antagonis terbaik.

Mengenal Macam-Macam Karakter Film Yang Tidak Umum Film

Gambar: Chucky adalah boneka buddy pembunuh yang menyerang keluarga Barclay dalam film reboot Child’s Play

Berikut ini adalah mengenal macam-macam karakter film yang tidak umum :

1. Tokoh Protagonis Yang Menyebalkan

Protagonis secara umum merupakan tokoh yang menyampaikan alur cerita kepada penonton. Mereka membawa sebuah tujuan yang baik dan tidak mencelakan pihak lain. Tidak jarang protagonis akan berselisih dengan antagonis yang hendak melakukan kejahatan. Kendati begitu, protagonis tidak selalu berada di jalan kebenaran tetapi mereka kerap mendapat simpati banyak penonton dengan segala keadaan mereka. Namun, pada kenyataannya tidak semua protagonis memiliki watak menyenangkan. Pasalnya ada beberapa yang justru digambarkan sebagai sosok menyebalkan yang membuat naik pitam. Contoh tokoh protagonis yang demikian biasanya adalah sosok yang tidak ingin merugikan pihak lain. Sayangnya tingkah laku mereka malah membuat keadaan menjadi semakin runyam. Sehingga penonton malah membenci kehadiran mereka yang dianggap mengganggu.

Tokoh yang pantas mendapatkan predikat sebagai protagonis menyebalkan adalah Bella Swan dalam The Twilight Saga. Dia tidak hanya memiliki ekspresi wajah yang datar di sepanjang film tetapi juga merupakan sosok yang sulit mengambil keputusan. Selain itu, dia juga sosok yang lemah dan tidak jelas apa keinginan dirinya. Pasalnya Bella sangat jarang mengungkapkan perasaannya karena lebih senang memendamnya sendiri. Tidak ada seorang pun yang benar-benar dapat memahami dirinya mulai dari Charlie Swan uang merupakan ayahnya. Edward Cullen yang merupakan pacarnya tercinta hingga Jacob Black yang merupakan sahabat tersayang. Sehingga pada akhirnya pola komunikasi mereka yang kurang baik ini malah menimbulkan konflik-konflik baru yang sebenarnya tidak perlu.

Mengenal Macam-Macam Karakter Film Yang Tidak Umum Film

Gambar: Katniss Everdeen yang merupakan sosok perempuan tangguh dan mandiri rela meninggalkan Gale Hawthorne karena lebih memilih Peeta Mellark yang tidak dapat diandalkan karena dia terlalu lemah, kurang inisiatif, dan sakit-sakitan dalam The Hunger Games

Peeta Mellark memang tidak pernah terlihat selayaknya pria sejati sejak awal kemunculannya dalam The Hunger Games yang tayang 2012. Sehingga dia layak menjadi salah satu contoh tokoh protagonis menyebalkan dalam film. Dia memang sosok yang sangat baik dengan tutur kata yang ramah tetapi tidak ada kepastian dalam pandangannya. Untungnya, pria bertubuh ringkih ini memiliki kemampuan melukis yang membuatnya mampu menyamar layaknya seekor bunglon. Namun, tetap saja Peeta adalah sosok yang tidak dapat diandalkan karena dia terlalu lemah, kurang inisiatif, dan sakit-sakitan. Sehingga banyak penonton yang merasa heran mengapa Katniss Everdeen rela meninggalkan Gale Hawthorne karena lebih memilih Peeta. Padahal pemeran utama perempuan tersebut merupakan sosok yang tangguh dan mandiri.

Austin Power sebagai karakter superhero merupakan sosok yang sangat berbeda ketimbang jagoan lain. Lantaran dia tidak memiliki standar etika yang tinggi saat berperilaku seperti sering menggoda perempuan dan bercanda dengan ungkapan yang jorok. Apalagi dia sering kali melakukan tindakan yang menjijikkan dengan mimik wajah yang sangat memuakkan. Memang pada awalnya dia terlihat lucu dan unik dibandingkan agen rahasia lainnya yang selalu berpenampilan serius. Austin yang selalu bertingkah bodoh ini seolah tidak pernah serius saat berhadapa dengan para penjahat tetapi lama-kelamaan itu malah mengganggu. Apalagi saa dia menari-nari di tempat dan waktu yang tidak sesuai lalu memperlihatkan gusinya dengan sengaja. Austin memang lucu tetapi tingkah kocaknya malah ditampilkan dengan karakterisasi yang terlalu berlebihan. Sehingga penonton bukan tertawa tetapi tersenyum kecut sambil berharap agar Dr. Evil beserta antek-anteknya segera membunuh Austin.

Mengenal Macam-Macam Karakter Film Yang Tidak Umum Film

Gambar: Benson merupakan boneka ventriloquist aneh dalam Toy Story 4

2. Tokoh Antagonis Yang Terbaik

Lima pemeran antagonis terbaik yang mendapatkan apresiasi berdasarkan peringkat kejahatan, efektivitas dan kualitas dalam film. Kejahatan yang dilakukan Thanos dalam film Avengers: Endgame begitu sangat berkesan karena menghidupkan film ini. Pasalnya dia berhasil menemukan cara menjadi penjahat paling buruk di setiap jagat raya sekali lagi. Selanjutnya, Karakter Sue Ann yang diperankan oleh Octavia Spencer awalnya hanya tampak sebagai sosok wanita paruh baya nan kesepian. Padahal dia sebenarnya adalah seorang pembunuh yang meneror anak-anak muda yang secara sengaja terperangkap dalam rumahnya. Kemudian, alasan pertarungan sengit antara Ghidorah dan Godzilla dalam film Godzilla: King of the Monsters benar-benar memuaskan penonton. Lantaran Ghidorah yang merupakan satu-satunya musuh Godzilla ini adalah sosok berkepala degil. Penjahat utama ini sangat sempurna tidak hanya melakukan ancaman tetapi juga kehancuran dan pemusnahan lewat menyambar petir.

Chucky adalah boneka pembunuh dalam film Child’s Play yang merupakan reboot dari film bergenre horor yang rilis pada 1988. Dia digambarkan sebagai boneka robot yang tetap mempertahankan gaya klasik lewat celana jeans biru dan kaus garis yang warna-warni. Chucky yang suaranya diisi oleh Mark Hamill selalu membawa pisau sehingga membuat boneka ini terlihat menyeramkan. Apalagi dia juga menyerang keluarga Barclay. Terakhir, boneka ventriloquist aneh bernama Benson yang merupakan antek dari Gabby dalam Toy Story 4. Dia merupakan sosok yang menyeramkan tetapi tetap fantastis. Pasalnya Benson memimpin pasukan boneka yang mengenakan seragam busur diikat yang berpatroli dengan meresahkan di toko Barang Antik Second Chance. Itu adalah mengenal macam-macam karakter film yang tidak umum. Bagaimana pendapatmu tentang karakter-karakter tersebut?

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
The God of Destruction: BTS Bangtan Boys Rap Monster!

Tiga Leader Grup ini Jadi Idol Kpop Berlesung Pipi Paling Manis

Dispatch Pertanyakan Apakah Suga dan Big Hit Benar-benar Tidak Tahu Tentang Jim Jones

Suga BTS Jadi Idol Kpop Paling Swag Lewat Karya-karyanya