in

Mengenal Perbedaan TOEIC dan TOFEL dari Idol Kpop Yang Pintar Ini

Kemampuan berbahasa Inggris dari para idol Kpop yang pintar membuat banyak netizen Korea Selatan merasa sangat kaget. Lantaran mereka mengakui untuk mendapatkan skor setinggi itu dalam TOEIC (Test of English for International Communication) sangat sulit. Mereka juga mengatakan bahwa tidak mudah bagi orang Korea untuk mendapatkan skor sempurna untuk kasus tes bahasa Korea Selatan. Kendati begitu, kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris berhasil membuat netizen terbelalak yang menjadi daya tarik mereka.

Pemilik nama lengkap Ok Taec Yeon merupakan salah satu personel 2PM yang berperan sebagai Rapper utama dalam grup. Idola yang lahir pada tanggal 27 Desember 1988 ini debut di industri musik K-Pop pada tahun 2008. Dia lalu melebarkan sayapnya ke industri seni peran pada tahun 2010 dengan membintangi drama Cinderella’s Sister. Taecyeon sempat mengunggah di Twitter mengenai skor sempurna miliknya pada tes TOEIC. Dia mendapatkan total skor 990 baik dalam listening maupun reading yang artinya semuanya benar.

Pemilik nama lengkap Kang Young Hyun ini merupakan salah satu personel Day6 yang berperan sebagai pemain basis dalam grup. Idola yang lahir pada tanggal 19 Desember 1993 ini debut di industri hiburan Korea Selatan pada tahun 2015. YoungK memberitahu tentang skor TOEIC dan TOEFL miliknya kepada penggemarnya yang disapa My Day pada siaran VLive 14 Juli 2020. Dia memiliki skor 970 poin pada TOEIC dan 116 poin pada TOEFL. Idola Kpop yang memiliki nilai TOEIC dengan skor tertinggi selanjutnya adalah Kim In Seong. Vokalis utama SF9 ini memiliki nilai total keseluruhan sebesar 935 poin dengan listening 465 poin dan reading 470 poin. Hal tersebut diketahui melalui sertifikat miliknya yang beredar.

Mengenal Perbedaan TOEIC dan TOFEL dari Idol Kpop Yang Pintar Ini K-Pop

Gambar: In Seong yang merupakan vokalis utama dalam grup KPop bernama SF9 memiliki TOEIC yang nilai total keseluruhan sebesar 935 poin dengan listening 465 poin dan reading 470 poin

Pemilik nama lengkap Kim Nam Joon ini merupakan salah satu personel BTS yang berperan sebagai leader dalam grup. Idola yang lahir pada tanggal 12 September 1994 ini debut di industri hiburan Korea Selatan pada tahun 2013. RM membeberkan bahwa dia kembali lakukan tes TOEIC kepada penggemarnya yang disapa ARMY. Dia diketahui telah berhasil meraih skor 915 poin melalui siaran Vlive tersebut. RM BTS sebelumnya mendapatkan skor 850 poin pada tes ini kala masih di bangku SMP. Orang yang membeberkan fakta menarik tersebut adalah Yoo Jae Suk saat sang rapper hadir sebagai bintang tamu dalam acara Running Man.

Hani EXID yang memiliki nama lengkap Ahn Hee Yeon ini menjadi satu-satunya perempuan dalam daftar idol Kpop yang pintar. Dia pernah membuat sebuah pengakuan saat dirinya tampil di acara mili tvN yang bertajuk ProblematicMen. Hani memiliki nilai TOEIC sebesar 900 poin. Nama terakhir dari daftar ini adalah Im Siwan yang merupakan salah satu personel ZE:A dan aktor Korea Selatan. Dia pernah mengatakan bahwa dirinya memiliki skor TOEIC sebesar 820 poin dalam program Life Bar yang tayang di tvN.

Berikut ini adalah mengenal perbedaan TOEIC dan TOFEL dari idol Kpop yang pintar ini :

1. Sama tapi berbeda

Siapapun membutuhkan tes seperti TOEFL dan TOEIC untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris jika bahasa Inggris bukan bahasa pertama. Kedua tes ini biasanya digunakan untuk beberapa keperluan seperti mendaftar kuliah di luar negeri, mendapatkan beasiswa, hingga melamar pekerjaan. Faktanya, terdapat perbedaan di beberapa sisi antara TOEIC dan TOEFL meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan.

2. Tujuan dan kepentingan

Perbedaan pertama antara TOEIC dan TOEFL adalah pada tujuan dan kepentingan. TOEIC ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris pada lingkungan kerja, sedangkan TOEFL digunakan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Sehingga lebih disarankan mengambil tes TOEFL bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan ataupun mencari beasiswa. TOEIC menjadi pilihan yang tepat untuk keperluan bekerja.

Mengenal Perbedaan TOEIC dan TOFEL dari Idol Kpop Yang Pintar Ini K-Pop

Gambar: Im Siwan yang merupakan salah satu personel ZE:A dan aktor Korea Selatan ini pernah mengatakan bahwa dirinya memiliki skor TOEIC sebesar 820 poin dalam program Life Bar yang tayang di tvN

3. Format

Perbedaan selanjutnya terletak pada format tes dimana tes TOIEC dinilai lebih mudah dibandingkan dengan tes TOEFL. Pasalnya TOIEC hanya mengukur dua keterampilan saja karena hanya terdapat dua sesi yaitu reading dan listening. Selain itu, waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes pun cukup singkat kurang lebih hanya sekitar dua jam saja. Sementara, tes TOEFL yang terdiri dari reading, listening, speaking dan writing memiliki empat sesi dengan durasi waktu sekitar empat jam. Pembagian sesi tersebut bertujuan untuk mengukur penguasaan berbagai keterampilan bahasa Inggris.

4. Topik

Topik yang akan keluar pada tes TOEFL adalah topik seputaran bidang akademik biasanya membahas tentang sejarah, ekonomi, dan lainnya. Tidak jarang topiknya lebih spesifik pada kehidupan perkuliahan sesuai dengan tujuan dari tes ini sendiri. Selain itu, TOEFL juga membahas tentang aktivitas mahasiswa bersama dosen dan organisasi di kehidupan perkuliahan sehari-hari. Pengukuran kemampuan berbahasa Inggris juga dites mengenai kosakata yang biasanya berhubungan dengan akademik. Hal tersebut berbeda dengan tes TOEIC yang hanya mengambil topik seputaran dunia kerja seperti presentasi di hadapan klien saat rapat. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih tes karena isi dari keduanya benar-benar disesuaikan dengan tujuan tes masing-masing.

5. Nilai

Perbedaan antara TOEIC dan TOEFL adalah pada nilai atau skor yang diperoleh. Apabila tes TOEFL pada setiap sesi akan mendapatkan poin dari 0 sampai 120. Menariknya, tidak ada standar nilai kelulusan dalam tes ini karena setiap universitas memiliki kriteria tersendiri. Kendati begitu, rata-rata nilai tes TOEFL yang menjadi standar bagi universitas agar berhasil lolos biasanya di atas skor 500. Hal tersebut berbeda dengan TOEIC yang poin nilainya berada pada rentang skor antara 5 sampai 990. Namun, ada persamaan di antara keduanya di mana tidak ada kata tidak lulus dalam tes yang dilakukan. Kendati begitu, agar sertifikat tes TOEIC dapat digunakan di dunia pekerjaan skor yang harus didapatkan adalah nilai minimal 700. Itu adalah mengenal perbedaan TOEIC dan TOFEL dari idol Kpop yang pintar ini.

Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

38 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa Yang Akan Merubah Hidupmu

Yang Perlu Diketahui Soal Film Sci-Fi Terbaru, 'Space Sweepers'

Dua Rekomendasi Film Korea 2021 Yang Harusnya Tayang Tahun Lalu