in

Mengenal Plot Twist Yang Adalah Elemen Penting Di Sebuah Cerita Film

Pengertian plot twist dalam dunia sastra, film, televisi, hingga video game adalah sebuah peristiwa yang tidak terduga dalam cerita. Kejadian ini nantinya mengubah alur cerita yang telah dibangun sejak awal. Salah satu teknik naratif dalam fiksi ini sangat populer digunakan penulis untuk memelintirkan plot dengan memberi kejutan. Sehingga tidak jarang plot twist menjadi penting dalam sebuah cerita. Pasalnya penonton akan merasa terlibat dalam setiap adegan setelah plot twists muncul di tengah atau akhir film.

Ada beberapa jenis plot twist yang sering kita jumpai dalam film seperti karakter yang awalnya mendukung pemeran protagonis ternyata jahat. Jenis lainnya adalah elemen cerita yang terlihat tidak penting ternyata menentukan bagaimana cerita berakhir. Ada juga plot twist berupa sebuah pergantian peristiwa yang tidak terduga justru menimbulkan konflik tambahan padahal konflik utama telah selesai. Jenis lainnya adalah sepotong informasi baru yang mengubah cerita sebelumnya atau kilas balik yang mengungkapkan sebuah informasi. Selain itu, kehadiran seorang tokoh baru secara tiba-tiba untuk membalikkan narasi juga menjadi sajian menarik untuk ditonton.

Mengenal Plot Twist Yang Adalah Elemen Penting Di Sebuah Cerita Film Film

Gambar: Salah satu contoh film yang plot twist adalah The Dark Knight Rises yang merupakan karya sutradara Christopher Nolan karena awalnya semua orang dibuat berasumsi bahwa karakter antagonis adalah Talia yang berhasil memanjat The Pit padahal musuh Batman adalah anak perempuan yang dirawatnya sejak kecil bernama Bane

Salah satu contoh film yang plot twist adalah The Dark Knight Rises yang merupakan karya sutradara Christopher Nolan. Ada sebuah penjara seperti sumur raksasa yang bernama The Pit dalam film trilogi Batman tersebut. Hanya ada satu narapidana dalam sejarah yang berhasil melarikan diri. Sehingga banyak orang yang mempercayai bahwa orang tersebut akan tumbuh besar menjadi seorang penjahat, termasuk Batman. Namun, sang superhero malah menemukan sesuatu yang sama sekali tidak terduga ketika menghadapi musuhnya menjelang akhir film. Lantaran semua orang dibuat berasumsi bahwa karakter antagonis adalah Talia yang berhasil memanjat The Pit. Padahal musuh Batman adalah Bane sang anak perempuan yang dirawatnya sejak kecil sehingga bukan orang yang dia sangka-sangka.

Film yang memiliki plot twist terbaik seperti Unbreakable dan Memento yang tayang 2000. The Others, Donnie Darko, dan Mulholland Drive yang tayang 2001 serta High Tension dan Oldboy yang tayang 2003. Saw dan The Village yang tayang 2004, The Prestige yang tayang 2006, Atonement yang tayang 2007. The Mist dan Gone Baby Gone yang tayang 2007, Orphan yang tayang 2009, Shutter Island yang tayang 2010. Selain itu, Certified Copy yang tayang 2011, Kill List yang tayang 2012, Gone Girl yang tayang 2014. Arrival yang tayang 2016 dan Get Out yang tayang 2017.

Berikut ini adalah mengenal plot twists yang adalah elemen penting di sebuah cerita :

Mengenal Plot Twist Yang Adalah Elemen Penting Di Sebuah Cerita Film Film

Gambar: Tujuan penggunaan konsep plot twist adalah untuk memukau sekaligus menjaga minat penonton dengan memberikan kesan mendalam lewat happy ending ataupun sad ending

1. Definisi Plot Twist

Definisi dari plot twist adalah perubahan arah secara radikal dari kejadian yang diharapkan dalam alur cerita karya naratif termasuk film. Pengertian secara sederhana adalah akhir yang mengejutkan. Tujuan penggunaan konsep ini untuk memukau sekaligus menjaga minat penonton dengan memberikan kesan mendalam lewat happy ending ataupun sad ending. Plot twist biasanya sering digunakan sebagai bagian akhir dari film dengan genre misteri, horor, ataupun thriller. Namun, semua genre tetap dalam menggunakan konsep ini.

2. Jenis Plot Twist

Ternyata jenis plot twist dapat dikembangkan menjadi double plot twist. Penonton diarahkan untuk melihat alur cerita yang mengejutkan tetapi setelah mereka mempercayainya mereka kembali dikejutkan dengan alur mengejutkan yang sebenarnya. Sehingga diperlukan kedalaman cerita untuk membuat konsep ini. Selain itu, penulis seharusnya juga tidak membuat plot yang bertele-tele demi menunjukkan plot twist karena dapat merusak nilai keseluruhan cerita. Kendati begitu, double plot twist akan semakin menarik untuk ditonton.

3. Teknik Plot Twist Ending

Ada beberapa teknik dari plot twist ending seperti Discovery yang artinya situasi saat protagonis menemukan fakta yang tidak terduga. Teknik ini biasanya menggunakan gaya bahasa persuasif untuk menggiring penonton menyetujui pendapat karakter utama. Selanjutnya adalah Unreliable Narrator yang menunjukkan bahwa narator sejak awal tidak memberikan penjelasan yang jelas dalam film. Namun, ada satu atau dua kalimat yang kemudian membeberkan sebuah fakta mengejutkan di akhir cerita. Teknik lainnya adalah Deus ex Machina yang merupakan kondisi saat sebuah masalah tidak bisa diselesaikan hingga muncul satu karakter. Dia mampu menuntaskan semuanya dengan mudah di akhir cerita. Terakhir adalah Red Herring yang merupakan teknik mengecoh penonton dengan petunjuk yang salah untuk pengalihan perhatian.

Mengenal Plot Twist Yang Adalah Elemen Penting Di Sebuah Cerita Film Film

Gambar: Penulis seharusnya juga tidak membuat alur cerita yang bertele-tele demi menunjukkan plot twist karena dapat merusak nilai keseluruhan cerita dalam film

4. Cara Membuat Plot Twist Sebuah Cerita

Ada beberapa cara untuk membuat plot twist dalam sebuah cerita. Pertama adalah menentukan karakter yang tampaknya memiliki peran yang cukup penting bahkan mungkin karakter tersebut terlihat seperti tokoh utama. Lalu cara membuat plot twist dengan membunuhnya pada 1/5 bagian dari cerita. Kedua adalah membiarkan sebuah karakter menemukan alur ceritanya secara alami bukan mendeskripsikannya menggunakan narasi. Contohnya seperti membuat karakter protagonis mengungkap fakta tentang dirinya yang tidak penonton sangka-sangka. Atau mengungkapkan fakta tentang karakter yang dianggap sudah mati ternyata masih hidup. Ketiga adalah membuat karakter minoritas menjadi seorang tokoh yang sangat penting seperti babysitter yang sebenarnya ibu dari karakter protagonis. Contoh lainnya adalah seorang barista yang tampaknya sepele ternyata seorang mata-mata sepanjang waktu.

Keempat adalah jangan menyelesaikan cerita dengan memasukkan alur cerita yang bagus di bagian akhir tetapi buatlah kejadian besar untuk mengakhirinya. Kejadian tersebut memiliki konsekuensi ke depan yang harus diselesaikan oleh karakter protagonis. Cara mengakhiri dengan cliffhanger sangat disarankan untuk film yang memiliki cerita berkelanjutan. Terakhir adalah memastikan alur cerita benar-benar berhasil karena tidak ada yang lebih buruk dari alur cerita yang tidak berdasar. Sehingga perlu menggunakan bayangan yang hati-hati untuk mengatur dasar alur cerita yang mendalam. Itu adalah mengenal plot twists yang adalah elemen penting di sebuah cerita. Apa kamu pernah menonton film dengan plot twist mencengangkan?

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informasi dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Happiness in the Wind | Beauty in Seconds

8 Drama Korea Yang Memiliki Episode Terpanjang Hingga Ratusan

SM Entertainment: Girl Group dan Boy Group Selanjutnya Kemungkinan dari Indonesia - Jaksel News

Fakta Audisi Kpop Diadakan Secara Global Termasuk Di Indonesia