in

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan

Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah provinsi di Indonesia, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu tempat di NTT yang punya pemandangan indah adalah, Pulau Komodo Flores. Lantas , apa saja yang bisa dieksplor di Pulau Komodo Flores? Berikut adalah informasinya.

Mengenal Pulau Komodo dan Sejarahnya

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan Liburan & Wisata

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau, yang terletak di daerah Flores Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo ini terkenal dengan alamnya yang indah, dan juga hewan komodo yang berkeliaran disini.

Sebelum Pulau Komodo terkenal seperti saat ini, Pulau Komodo ditemukan oleh Letnan Steyn van Hens Broek pada tahun 1910. Pulau di NTT ini memiliki hewan unik, yang menyerupai naga. Setelah melihat hewat tersebut, Letnan Steyn melakukan penelitian terhadap hewan tersebut.

Karena banyak hewan Komodo itulah, maka pulau di NTT ini disebut dengan Pulau Komodo. Di tahun 2009, Pulau Komodo mendapat penghargaan dari UNESCO. UNESCO memberi penghargaan Situs Warisan Dunia pada Pulau Komodo, karena alamnya yang indah dan adanya hewan komodo yang unik.

Tidak hanya mendapat Situs Warisan Dunia dari Unesco, tetapi Pulau Komodo juga dapat sebuah penghargaan 7 Keajaiban Dunia pada tahun 2011. Pulau Komodo jadi salah satu 7 Keajaiban Dunia, bersama Hutan Amazon dan Pulau Jeju Korea.

Pulau Pulau Sekitar Pulau Komodo

Ada berbagai pulau pulau indah, yang ada disekitar Pulau Komodo. Pulau pulau tersebut sangatlah indah pemandangannya, dan banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau tersebut. Inilah pulau pulau yang ada, disekitar pulau Komodo.

1.Pulau Padar

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan Liburan & Wisata

Jika kamu berlibur ke Pulau Komodo, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pulau Padar. Pulau Padar ini cukup dekat dari Pulau Komodo, dan di pulau ini tidak ada hewan komodo yang menghuni. Pulau Padar juga menjadi situs warisan dunia, bersama Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Daya tarik yang ditawarkan Pulau Padar adalah, adanya bukit yang tinggi dengan pemandangan laut biru. Jika kamu suka dengan hiking atau trekking, Pulau Padar adalah tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan tersebut.

Tidak jauh dari Pulau Padar, ada Pink Beach yang pasir pantainya berwarna pink (merah muda). Karena Pink Beach belum banyak pengunjung dan tempatnya sepi, maka kamu bisa merelax pikiran kamu di pantai ini.

Jangan lupa berkunjung ke Pulau Padar bersama teman kamu, dan kamu bisa berfoto foto disini. Waktu yang terbaik untuk berkunjung adalah pagi atau sore hari, karena langitnya berwarna orange cerah.

2.Pulau Rinca

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan Liburan & Wisata

Selain ada Pulau Padar, ada juga Pulau Rinca disekitar Pulau Komodo. Pulau Rinca sama seperti Pulau Komodo, karena pulau ini jadi habitat hewan komodo. Ada sekitar 1500 hewan komodo, dan kamu akan mudah menemui mereka di pulau ini.

Jika kamu ingin ke Pulau Rinca, Labuan Bajo sangat dekat dengan Pulau Rinca. Pulau Rinca bisa kamu akses, dengan menggunakan kapal . Setelah kamu sudah sampai di Pulau Rinca, kamu akan berjalan hingga ketinggian 670 mdpl ke Gunung Ora.

Harga tiket masuk ke Pulau Rinca adalah Rp 25.000, dan kamu bisa menikmati pemandangan yang ada di Pulau Rinca. Jika kamu kehausan atau lapar saat berada di Pulau Rinca, ada kedai dan warung yang menjajakan makanan atau minuman.

3.Pulau Gili Motang

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan Liburan & Wisata

Pulau Gili Motang juga ada, disekitar Pulau Komodo. Pulau ini memiliki luas 30 km2, dan pulau ini terdapat 100 ekor hewan komodo. Karena disini banyak hewan komodo, kamu bisa menyaksikan kebiasaan hewan tersebut.

Disekitar Pulau Gili Motang juga ada Gili Dasami, yang juga merupakan habitat atau tempat untuk hewan komodo. Bersama dengan Pulau Gili Motang, Gili Dasami juga merupakan salah satu pulau yang masuk situs warisan dunia UNESCO.

Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan, di Pulau Gili Motang dan Gili Dasami. Yang bisa kamu lakukan disini adalah, berjemur dibawah terik matahari. Kamu juga bisa berenang, di sekitar pantai Pulau Gili Motang.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Pulau Komodo Flores

Jika tadi kita sudah mengenal Pulau Komodo dan Pulau disekitarnya, kini ada berbagai hal yang bisa dilakukan di Pulau Komodo. Kegiatan di Pulau Komodo sangat menyenangkan, apalagi dengan teman dan juga keluarga.

1.Melakukan Trekking

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan Liburan & Wisata

Pulau Komodo dan Pulau pulau lain disekitarnya, adalah tempat yang cocok untuk melakukan trekking. Medannya yang berliku liku , membuat kegiatan trekking jadi menegangkan tapi menyenangkan.

Di Pulau Komodo sendiri ada 4 jalur trekking, mulai dari short hingga long adventure. Panjang jalur trekking Pulau Komodo adalah 1-8 km, dan panjang tersebut tergantung dengan jalur yang kamu pilih. Untuk yang long adventure, nantinya kamu akan melewati hutan dan bukit indah.

Ketika kamu melakukan trekking, kamu akan ditemani seorang pemandu sekaligus pawang komodo. Pemandu tersebut akan melindungi kamu selama trekking, sehingga kamu tidak akan diserang oleh komodo.

2.Melakukan Snorkelling dan Menyelam

Mengenal Pulau Komodo Flores Tempat Favorit Untuk Liburan Liburan & Wisata

Gambar: Snorkelling (https://www.sandals.com/blog/snorkeling-tips-for-beginners/)

Selain bisa melakukan kegiatan trekking, Pulau Komodo juga tempat cocok untuk snorkeling. Pemandangan bawah laut di Pulau Komodo sangat indah, dan kamu akan nyaman saat menyelam di bawah laut.

Ada tiga titik di Pulau Komodo , yang jadi tempat untuk snorkeling. Titik snorkelling yang ada di Pulau Komodo adalah Batu Samsia, Toko Toko, dan Crystal Rock. Titik snorkelling tersebut ada biota laut seperti kura kura, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan.

Waktu yang terbaik untuk snorkelling adalah, bulan Maret dan Desember. Pada bulan bulan tersebut, arus air dan suhu air cocok untuk menyelam. Di bulan Maret dan Desember laut memiliki jarak pandang bagus, sehingga kamu tetap jelas melihat saat berada dalam laut.

Aturan Saat Berkunjung Ke Pulau Komodo Flores

Agar kamu aman dan nyaman saat berkunjung ke Pulau Komodo, ada aturan aturan yang harus ditaati. Aturan aturan harus ditaati, agar kita aman dari serangan Komodo. Berikut adalah aturan yang ada di Pulau Komodo.

1.Jangan Berisik Saat Trekking

Jika kamu melakukan trekking di Pulau Komodo, ada baiknya kamu tidak berisik saat trekking. Komodo memiliki pendengaran yang sangat peka, sehingga mereka akan menyerang jika kamu berisik saat trekking bersama teman atau keluarga.

2.Wanita Haid Jangan Trekking di Pulai Komodo

Selain peka terhadap suara, ternyata komodo juga peka pada indera penciumannya. Komodo peka dengan bau darah, dan mereka suka dengan bau darah. Oleh karenya, wanita haid jangan trekking di Pulau Komodo.

Itulah sedikit informasi, mengenai Pulau Komodo Flores. Jika kamu ingin berlibur dengan suasana yang berbeda, Pulau Komodo ini wajib untuk kamu kunjungi. Berbagai pengalaman seru akan kamu dapatkan, saat kamu berlibur ke Pulau Komodo. Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Wisata.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Wisata

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terus Alami Kenaikan Rating, Ini Para Pemeran Utama The Penthouse!

10 Universitas Swasta Terbaik dan Ternama di Indonesia