in

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho!

Slamet Rahardjo adalah salah satu aktor kawakan Indonesia yang sudah malang melintang di dunia akting sejak tahun 1971. Karya-karyanya sebagai aktor sudah tidak diragukan lagi. Ternyata bukan sebagai aktor saja lho kiprahnya di dunia film, tapi Slamet Rahardjo juga piawai sebagai penulis skenario.

Lahir di Banten dan tumbuh besar di Yogyakarta membuatnya sejak muda aktif di dunia seni peran. Bersama sutradara Teguh Karya mendirikan Teater Populer di tahun 1968, kemudian pada tahun 1979 Slamet Rahardjo memulai debutnya sebagai penulis skenario.

Berikut daftar film yang merupakan buah karya karirnya sebagai penulis skenario dan berhasil masuk menjadi nominasi di Festival Film Indonesia:

1.Rembulan dan Matahari (1979)

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho! Film
Gambar: Salah satu adegan di film Rembulan dan Matahari

Film ini merupakan debut perdana Slamet Rahardjo sebagai penulis skenario. Selain sebagai penulis skenario, Slamet Rahardjo juga duduk di kursi sutradara dengan bintang utama Djago Sasongko dan Nungki Kusumastuti.

Film berdurasi 100 menit ini berkisah tentang Bagus, seorang pemuda yang terpaksa meninggalkan desanya karena terusir oleh gurunya. Selama tujuh tahun melanglang buana, akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke desanya. Di desa ternyata ia melanggar pantangan dengan menghamili seorang gadis bernama Ayu. Sejak itulah Bagus harus menghadapi beraneka ragam masalah di desa, yang salah satunya karena ulahnya di masa lalu.

Meski tidak memenangkan Piala Citra dalam kategori Skenario Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 1980, namun Slamet Rahardjo sukses mendapat nominasi sebagai penulis skenario. Selain itu film ini juga memenangkan kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, dan Tata Artistik Terbaik.

2.Di Balik Kelambu (1982)

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho! Film
Gambar: Poster film Di Balik Kelambu

Sang sutradara Teguh Karya membuat film melodrama yang plotnya tentang permasalahan keluarga. Film berdurasi hanya 94 menit ini berkisah tentang sepasang suami istri, Hasan dan Nurlela, yang diperankan oleh Slamet Rahardjo dan Christine Hakim. Keduanya hidup masih menumpang pada orang tua Nurlela. Mertuanya ini kerap kali membandingkan Hasan dengan menantunya yang lain, yang lebih sukses dan kaya. Disinilah konflik dalam film yaitu antara menantu yang saling bersaing.

Film ini memenangkan 6 Piala Citra di Festival Film Indonesia tahun 1983, atas kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Penyuntingan Terbaik. Selain sebagai pemeran utama, Slamet Rahardjo juga duduk di bangku penulis skenario dan mendapatkan nominasi atas karyanya ini.

3.Ponirah Terpidana (1984)

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho! Film
Gambar: Salah satu adegan Ponirah Terpidana

Film Ponirah Terpidana berkisah tentang Ponirah, seorang gadis yang dianggap membawa sial, dan nyaris meninggal karena ditikam oleh ayahnya. Alasan kenapa ayahnya sangat membencinya adalah karena sang ibunda meninggal saat melahirkannya, bahkan kakaknya juga tewas dalam kecelakaan saat membonceng Ponirah. Iba dengan Ponirah, Trindil pengasuhnya membawanya lari dari rumah dan pergi ke ibukota.

Disinilah awal petualangan Ponirah hingga berambisi menjadi wanita penghibur di ibukota. Dalam perjalanannya banyak aral melintang hingga akhirnya dia terjebak dan terpidana menjadi seorang pembunuh.

Ponirah Terpidana adalah salah satu fllm dimana Slamet Rahardjo menjadi sutradaranya sekaligus penulis skenario. Dalam durasi 107 menit, Slamet Rahardjo menulis kisah tentang Ponirah dan berhasil mendapat nominasi sebagai penulis skenario. Meski tidak menang, namun film yang dirilis tahun 1984 ini memenangkan 3 kategori lainnya yaitu Pemeran Pembantu Pria Terbaik, Penyunting Terbaik, dan Tata Artistik Terbaik do Festival Film Indonesia tahun 1984.

4.Kodrat (1986)

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho! Film

Gambar: Poster film Kodrat

Slamet Rahadjo lagi-lagi menjadi sutradara sekaligus penulis skenario film ini. Menggandeng bintang besar seperti Piet Pagau dan Frans Tumbuan, film ini berkisah tentang kisah hidup seorang pemuda bernama Kodrat. Dengan latar belakang dunia kepolisian, diceritakan bahwa Kodrat ingin membalas dendam atas kematian sahabatnya. Masalah inilah yang menjadi plot film ini, yang kemudian diwarnai dnegan drama percintaan dan perebutan kekuasan serta persaingan.

Atas film ini, Slamet Rahadjo sukses menjadi Sutradara Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 1987. Berdurasi hanya 91 menit, Slamet Rahadjo sebagai penulis skenario juga mendapatkan nominasi namun tidak memenangkan piala. Selain kategori Sutradara Terbaik, film Kodrat juga sukses memenangkan kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik dan Tata Sinematografi Terbaik.

5.Kasmaran (1987)

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho! Film

Gambar: Poster film Kasmaran

Slamet Rahadjo menyutradarai film berjudul Kasmaran dan juga berperan sebagai penulis skenarionya. Film ini banyak menggandeng bintang-bintang besar, yaitu Dwi Yan, Ida Iasha, August Melasz, dan Ira Wibowo. Selain itu, Nike Ardilla, penyanyi legendaris yang saat itu masih berumur belasan tahun, juga turut meramaikan film yang kala itu sangat menghebohkan.

Film ini bergenre drama kriminal, yang berkisah tentang seorang suami, Sutra, yang kerap curiga dengan istrinya. Kecurigaan ini memang beralasan di awal, namun semakin lama Sutra menjadi paranoid dan tidak bahagia.

Dari sini konflik mulai muncul, hingga ada kasus pembunuhan. Ritme film semakin cepat dan menegangkan. Tidak heran, film ini mendapat nominasi dalam kategori Skenario Terbaik, dengan Slamet Rahadjo sebagai penulis skenario. Selain itu ada 5 nominasi lainnya dari Festival Film Indonesia tahun 1988, yaitu Sutradara Terbaik, Penata Suara Terbaik, Editing Terbaik, dan Pemeran Pembantu Wanita Terbaik.

6.Langitku, Rumahku (1990)

Mengenal Slamet Rahardjo sebagai Penulis Skenario, Dapat Nominasi lho! Film
Gambar: Salah satu adegan Langitku, Rumahku, Sumber: https://www.google.co.id/

Film Langitku Rumahku merupakan film anak yang dibesut oleh Slamet Rahardjo. Film ini bercerita tentang petualangan Andri dan Gempol, dua anak dari latar belakang yang berbeda, yang akhirnya menjadi sahabat meski awalnya ada kesalahpahaman di antara mereka.

Petualangan demi petualangan mereka alami bersama, karena di satu sisi Andri adalah anak orang berada yang merasa kesepian dan kurang kasih sayang, bertemu dengan Gempol yang selalu susah dan hidupnya terpinggirkan. Andri merasa ingin menolong Gempol dan keluarganya saat tergusur di ibukota. Disinilah konflik dan drama muncul yang bakal bikin kamu terharu akan kisah anak-anak ini.

Slamet Rahardjo juga berperan sebagai penulis skenario, dan mendapat nominasi untuk kategori ini di Festival Film Indonesia tahun 1990. Selain itu ada 6 nominasi lainnya, yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Tata Sinematografi Terbaik, Penyuntingan Terbaik, Tata Artistik Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Pemeran Pembantu Pria Terbaik.

Meski tidak menang di kategori Skenario Terbaik, namun film ini berhasil menyabet 2 piala Citra untuk kategori Tata Sinematografi Terbaik dan Tata Artistik Terbaik. Yang tidak kalah hebat lagi, film ini dikirim untuk menjadi perwakilan Indonesia di Oscar ke-63 di tahun 1990.

Selamat menonton! Kamu juga bisa melihat informas dan rekomendasi seputar film lainnya di Tulizan Film.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Film

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bahayakah Pernafasan Bradikardia? Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Awal Mula Penyebab Kasus Bullying Merebak Di Tengah Idola K-Pop