in

Mengetahui Usia Wajib Militer di Korea Selatan dan Fakta Lainnya

Tugas wajib militer alias wamil memang tidak pandang bulu karena para selebritis Korea Selatan pun mendapatkan kewajiban yang sama. Sebenarnya tugas ini bagi sebagian masyarakat merupakan beban. Sehingga tidak sedikit yang memilih untuk menundanya sampai batas usia wajib militer di Korea Selatan, yakni umur 28 tahun. Namun, ada beberapa aktor telah menjalani wamil di usia muda bahkan ada yang langsung menjalaninya saat lulus SMA. Seperti Lee Kwang Soo memutuskan untuk melakukan wamil setelah lulus SMA. Dia kemudian memantapkan diri untuk mulai berkarir di dunia hiburan Korea Selatan setelah menyelesaikan kewajiban terhadap negara pada tahun 2007. Selanjutnya, Ryu Jun Yeol juga menjalani wamil pada 2007 sebelum debut menjadi seorang aktor. Sementara, dia pun debut dengan membintangi sebuah film berjudul Socialphobia yang rilis pada 2015. Namun, Ryu Jun Yeol semakin mendapat sorotan publik setelah membintangi drama Reply 1988 pada 2016.

Park Seo Joon telah menjalani tugas wamil pada 2008-2010. Dia masih berusia 19 tahun saat itu dan belum terkenal seperti sekarang. Kemudian, Park Seo Joon menjadi bintang video klip untuk lagu I Remember milik Bang Yong Guk pada 2011. Dia mulai debut menjadi seorang aktor setahun setelahnya dengan membintangi drama Dream High pada 2012. Kemudian, Jung Hae In telah menjalani tugas wamil saat masih duduk di bangku kuliah. Sebenarnya saat usia 21 tahun tersebut, dia baru memulai menjalani karirnya sebagai aktor. Namun, Jung Hae In baru bergabung di sebuah agensi setelah lulus kuliah. Kemudian, dia mulai menjajali banyak berbagai peran sebagai aktor.

Mengetahui Usia Wajib Militer di Korea Selatan dan Fakta Lainnya Drama Korea

Gambar: Laki-laki Korea Selatan biasanya akan mendapatkan surat untuk melaksanakan wamil pada usia 19-20 tahun yang kemudian melakukan pengecekan secara medis untuk menentukan lolos atau tidaknya mendapatkan jadwal masuk wamil

Aktor yang menjalani wamil pada usia muda di bawah 21 tahun selanjutnya adalah Kim Jung Hyun. Dia juga telah menjalani wamil saat masih berkuliah di Universitas Seni Nasional Korea dengan mengambil jurusan akting. Dia berani mengambil cuti saat dia masih berusia 21 tahun untuk wamil. Hingga akhirnya, Kim Jung Hyun mulai debut sebagai aktor dengan membintangi film berjudul Overman yang rilis pada 2016. Selanjutnya, Jang Dong Yoon masuk wamil pada 2012-2014 saat dia baru lulus sekolah SMA.

Kemudian, dia mulai berkuliah di Universitas Hanyang setahun setelah menyelesaikan tugasnya. Jang Dong Yoon pun mulai debut menjadi aktor dengan membintangi drama Solomon’s Perjury yang dilis pada 2016. Terakhir, Yoo Seung Ho sejak berusia 6 tahun telah menjadi seorang aktor. Dia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan dunia hiburan karena merasa lelah dengan pekerjaanya tersebut. Yoo Seung Ho yang masih berusia 21 tahun tersebut menjalani wamil pada 2013. Itu adalah tujuh aktor yang menjalani wamil pada usia muda di bawah 21 tahun.

Berikut ini adalah mengetahui usia wajib militer di Korea Selatan dan fakta lainnya :

1. Sejarah Wajib Militer di Korea Selatan

Sejarah wajib militer di Korea Selatan ternyata sudah diberlakukan sejak zaman kuno hingga Periode Tiga Kerajaan. Kemudian, masyarakat pun kembali melanjutkan hidup sebagai seorang petani pada masa kehidupan berjalan damai karena tidak ada perang. Negara akan memanggil mereka kembali ketika kondisi darurat. Salah satunya saat sejumlah musuh datang dari luar untuk menginvasi wilayah kerajaan pada masa Dinasti Goryeo. Negara pun memberlakukan sistem ganda dengan adanya tentara profesional reguler dan tentara cadangan untuk mengatasi situasi tersebut. Kebijakan ini juga diberlakukan pada setiap provinsi berdasarkan kutipan dari MMA laman administrasi anggota militer Korea Selatan.

Mengetahui Usia Wajib Militer di Korea Selatan dan Fakta Lainnya Drama Korea

Gambar: Wajib militer dan tentara militer adalah dua hal yang berbeda

2. Syarat Pendaftaran Wajib Militer di Korea Selatan

Syarat pendaftaran pada program wamil yang pertama adalah semua pria berumur 20 tahunan yang berkewarganegaraan Korea Selatan. Mereka biasanya akan mendapatkan surat untuk melaksanakan wamil pada usia 19-20 tahun. Syarat kedua adalah melakukan pengecekan secara medis yang apabila lolos maka akan mendapat jadwal masuk wamil. Jadwal masuk tersebut boleh ditunda dari usia 20-28 tahun, tetapi apabila menghindar agar tidak melaksanakan wamil maka akan menjadi buronan. Seandainya menyerahkan diri maka hukumannya adalah didenda bebas syarat dan tetap harus melaksanakan wamil. Namun, apabila tidak menyerahkan diri tetapi tertangkap pihak yang berwajib maka hukumannya adalah dipenjara kurang lebih selama tiga tahun.

3. Fakta Menarik Tentang Wajib Militer di Korea Selatan

Fakta menarik tentang program wamil di Korea Selatan adalah proses pendaftaran baru dapat dilakukan setelah mendapat surat panggilan. Selanjutnya, ada enam level dari hasil cek medis di mana level pertama sampai tiga berarti diperbolehkan melaksanakan wamil. Makna level-level tersebut adalah level pertama termasuk orang yang sehat, level kedua memiliki minus, dan level 3 dinilai sedikit obesitas. Sementara, level keempat mendapatkan tugas sebagai pelayanan di pemerintahan, sedangkan level kelima dan keenam dibebaskan dari wamil karena alasan tertentu. Mereka yang menjalani wamil mendapat kartu rekening untuk menerima gaji dari pelaksanaan program tersebut. Gaji yang diterima adalah sebesar 300-400 ribu won.

Mengetahui Usia Wajib Militer di Korea Selatan dan Fakta Lainnya Drama Korea

Gambar: Kewajiban menjalani wamil ini dilaksanakan selama kurang lebih dua tahun tergantung tempat tugasnya masing-masing

4. Wajib Militer Tidak Sama Dengan Tentara Militer

Wajib militer dan tentara militer adalah dua hal yang berbeda. Pasalnya wajib militer dilakukan oleh semua pria Korea Selatan yang mencukupi persyaratan, sedangkan tentara militer sama seperti militer negara lain. Tentara mililer di Korea Selatan juga diperoleh setelah menjalani pendaftaran secara ketat.

5. Usia Wajib Militer di Korea Selatan

Korea Selatan memiliki sebuah peraturan yang mewajibkan pria dewasa untuk melaksanakan wajib militer alias wamil. Program wamil ini diterapkan bagi setiap warga laki-laki dengan rentang usia antara 18 hingga 28 tahun yang memiliki tubuh sehat. Itulah usia wajib militer di Korea Selatan.

6. Durasi Wajib Militer di Korea Selatan

Kewajiban menjalani wamil ini dilaksanakan selama kurang lebih dua tahun tergantung tempat tugasnya masing-masing. Beberapa tempat tugas wamil beserta durasi pelaksanaanya adalah Angkatan Darat selama 21 bulan, Angkatan Udara selama 24 bulan. Selanjutnya, Angkatan Laut selama 23 bulan, Kepolisian selama 21 bulan, atau Pemadam Kebakaran selama 23 bulan. Itu adalah infomasi mengenai usia wamil alias wajib militer di Korea Selatan yang sangat perlu dilaksanakan warga negaranya.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Mentor

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Cara Jadi Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Adalah Ini!

Gowes Jakarta-Denpasar, Bali : 15 Hari untuk Selamanya!

Tips Aman Berkendaraan Berbagai Jenis Pada Situasi Apapun