in

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi

Rambut merupakan bagian penting yang ada di dalam tubuh manusia. Bukan hanya bagi wanita para pria juga menganggap bahwa rambut merupakan mahkota dari kepala. Sehingga banyak orang yang berusaha untuk menjaga, agar rambut mereka tetap memiliki penampilan yang bagus disertai dengan potongan yang disukai. Namun ternyata masih banyak para wanita yang percaya mengenai mitos seputar rambut yang sebenarnya tidak terjadi atau tidak benar adanya. Lantas apa saja sih mitos kecantikan mengenai rambut yang telah beredar di tengah masyarakat, terutama di Indonesia? kita akan bahas secara lengkap informasinya berikut ini.

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Benar

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi Kecantikan
source: https://www.popbela.com/beauty/hair/anisya-fitrianti/mitos-tentang-rambut/7

Mitos seputar rambut memang salah satu hal yang seringkali tersebar di antara para wanita bukan hanya di Indonesia saja, Melainkan di berbagai negara termasuk beberapa negara yang sudah modern. Adanya mitos ini menjadikan para wanita seringkali takut untuk melakukan perawatan rambut ataupun melakukan kegiatan hal-hal yang dianggap terlarang dan berbahaya untuk kesehatan rambut.

Belum lagi, beberapa orang yang seringkali menyebarkan informasi palsu dan tidak terjamin keaslian ataupun pembuktiannya. Hal ini, menjadikan perawatan kecantikan dari rambut sendiri terkadang sulit untuk dilakukan akibat adanya informasi yang salah tersebut.

Keramas Setiap Hari

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi Kecantikan
source: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-orang-orang-perempuan-gaya-3993290/

Mitos pertama yang seringkali muncul ketika melakukan perawatan kecantikan khususnya bagian rambut yaitu melakukan keramas setiap hari, untuk bisa mendapatkan hasil terbaik. Terutama bagi kamu yang memiliki masalah kepala seperti ketombe ataupun adanya kotoran dan juga kutu. Padahal sebenarnya hal ini masuk ke dalam mitos yang harus dihindari loh.

Kenapa? kita tahu bahwa bahan yang ada di dalam shampo sangat berbahaya dan juga mengandung bahan kimia. Apabila digunakan secara terus-menerus setiap hari secara rutin. Walaupun sebenarnya perusahaan dari sampo sendiri sudah menggunakan formula yang tepat. Namun bukan berarti kamu bisa menggunakannya setiap hari, karena rambut memiliki tingkat toleransinya tersendiri terhadap bahan kimia. Justru yang ada kamu hanya akan mendapati rambut semakin kering pecah-pecah rusak dan lain sebagainya.

Apabila kamu memiliki kendala pada bagian rambut dan ingin melakukan perawatan dengan baik. Cara yang paling bisa kamu lakukan yaitu melakukan keramas setiap 2 hari sekali, dibarengi dengan vitamin dan juga nutrisi rambut yang dapat digunakan setiap hari. Lebih baik apabila kamu menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya saja seperti lidah buaya, urang aring, putih telur dan lain sebagainya.

Memotong Rambut Agar Cepat Panjang

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi Kecantikan
source: https://www.pexels.com/id-id/foto/mode-orang-orang-wanita-gadis-3331488/

Mitos kedua yang seringkali kita dengar mengenai rambut yaitu seringkali memotong rambut, akan membantu itu rambut yang kita miliki agar cepat panjang. Kenyataannya salah! karena bagaimanapun juga rambut bisa cepat panjang akibat adanya nutrisi yang didapatkan dari akar rambut dan juga tubuh. Apabila kamu mengkonsumsi protein dengan takaran yang cukup disertai dengan adanya vitamin dan juga nutrisi tambahan pada kepala, sehingga akar rambut bisa cukup kuat yang juga lebih cepat tumbuh.

Tetapi jika memotongnya kamu tidak akan mendapatkan efek samping seperti rambut yang cepat panjang. Karena hal tersebut hanya mitos belaka. Cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut juga umumnya dipengaruhi oleh genetik, dan juga kondisi keturunan terkadang. Ada beberapa orang yang memang memiliki keberuntungan untuk bisa mendapatkan rambut yang cepat panjang hanya dalam waktu satu hingga dua bulan saja. Ada juga loh beberapa orang yang merasa kesulitan untuk bisa memanjangkan rambut. Karena adanya keturunan genetik dan sulit memanjangkan rambut lebih cepat.

Rambut Berminyak Dilarang Gunakan Kondisioner

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi Kecantikan
source : https://www.pexels.com/id-id/foto/barber-bersiap-siap-dandan-gaya-rambut-4614/

Mitos seputar rambut ketiga, yang harus kamu hindari yaitu adanya rambut berminyak maka tidak akan membutuhkan kondisioner. Tentu saja hal ini adalah salah, karena bagaimanapun juga conditioner bukan untuk membantu rambut agar lebih berminyak. Tetapi conditioner membantu untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada rambut dan membantu menutrisi rambut, sehingga lebih berkilau bukan berminyak.

Rambut berminyak biasanya disebabkan oleh kelebihan sebum yang ada di kulit kepala. Sedangkan rambut tipis ataupun kerusakan dan juga rontok bisa disebabkan oleh berbagai macam mulai dari stres genetik dan sebagainya. Kondisioner nantinya akan membantu menjaga rambut kamu untuk bisa lebih kuat dan menghadapi beberapa kerusakan yang terjadi. Apabila kamu memiliki rambut berminyak bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya. Justru sebaliknya kamu bisa tetap menggunakan kondisioner, yang dimulai dari bagian tengah rambut hingga ujung rambut.

Mitos Seputar Rambut, Cabut Uban akan Bertambah

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi Kecantikan
source : https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-tangan-berambut-pirang-putih-973401/

Selanjutnya mitos keempat yang harus dipercaya oleh para wanita yaitu mencabut uban nantinya akan menyebabkan rambut putih atau uban tersebut tumbuh, semakin banyak terutama di Indonesia. Mitos seperti ini sangat populer dan banyak dipercaya oleh masyarakat faktanya para ahli membantah. Adanya mitos seputar uban ini mereka mengatakan dengan mencabut uban, sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut yang nantinya akan menyebabkan rambut menjadi lebih terhambat untuk bisa tumbuh.

Pada akhirnya kamu mungkin lebih dekat dengan ke pitakan atau kebotakan uban ataupun rambut putih, yang muncul di kepala bisa disebabkan oleh pigmen di dalam folikel mati. Sebagian kasus orang yang masih muda, mengalami kondisi tersebut akibat adanya faktor genetik. Mencabut uban bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan. Terutama usia kamu masih muda, hanya akan menyebabkan kebotakan. Kamu bisa memotongnya agar folikel rambut tidak rusak dan menyiasati munculnya uban tersebut, dengan merubah warna rambut untuk bisa menyamarkannya.

Keramas dengan Air Es

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi Kecantikan
source: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-basah-bersantai-gaya-3993451/

Ada yang mengatakan bahwa dengan keramas menggunakan air es, maka rambut kamu akan menjadi lebih tebal dan juga berkilau. Kenyataannya hal ini tidak dibenarkan oleh para peneliti ya tidak ada bukti kuat air dingin atau air hangat dapat membantu menambah kilau rambut ataupun menutrisi rambut.

Para ahli justru menyarankan adanya penggunaan kondisioner yang sudah pasti dapat membantu menambah kilau rambut. Perawatan di salon juga melakukan hal yang sama. Sehingga cukup aneh bukan apabila kamu tetap menggunakan mitos ini untuk panduan kecantikan dan juga perawatan rambut yang kamu lakukan. Karena pada dasarnya tidak akan berpengaruh apapun.

Dry Shampo Berbeda dengan Shampo

Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi Kecantikan
source: https://www.pexels.com/id-id/foto/atraktif-badan-bagus-bergaya-206509/

Saat kamu menggunakan dry shampoo. Apakah sebenarnya kegunaan atau fungsi dari dry shampoo sama dengan keramas biasa? banyak yang menganggap bahwa dry shampoo ini sebenarnya sama dengan kita keramas ataupun membersihkan rambut secara umumnya. Padahal jawabannya salah. Mitos seputar rambut ini hanya akan membantu menghilangkan minyak ataupun kelebihan sabun di rambut serta membantu mengembalikan volume rambut, akibat adanya minyak ataupun kotoran yang menempel.

Tetapi dry shampoo ini tidak bisa membersihkan ataupun menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut. Kotoran tersebut hanya bisa hilang apabila larut pada air atau pun hilang dengan menggunakan sabun yang terkandung pada sampo yang digunakan.Jika kamu rutin untuk menggunakan dry shampoo setiap harinya, hanya dengan tujuan untuk membersihkan rambut. Maka jawaban yang salah tetapi kamu bisa menggunakan dry shampoo dalam keadaan darurat, untuk membantu mengembalikan penampilan dan juga kondisi rambut hanya dalam waktu-waktu tertentu.

Jadi dengan adanya deretan mitos seputar rambut di atas kamu tidak salah lagi bukan sekarang?

Itulah artikel mengenai “Mitos Seputar Rambut yang Tidak Boleh Kamu Percayai Lagi:. Untuk tips kecantikan lainnya silahkan kunjungi Tulizan Beauty.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Beauty

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Women Entrepreneur; Apa yang Membuat Mereka Bangkit dan Berhasil?

Lirik Lagu SHINee - Don't Call Me Terjemahan Indonesia - KEPOPER

Fakta Menarik Tentang Lagu Comeback Terbaru Milik SHINee