in

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok

Para pecinta K-Drama atau K-Pop pasti tidak asing dengan Hanbok, pakaian tradisional Korea Selatan. Hanbok dikenakan oleh seluruh lapisan masyarakat Korea sejak zaman dinasti Joseon mulai dari rakyat biasa, bangsawan, hingga anggota keluarga kerajaan. Apabila di masa kerajaan dulu Hanbok menjadi pakaian sehari-hari, berbeda dengan zaman modern seperti saat ini. Selain itu, Hanbok juga biasanya digunakan untuk drama sejarah. K-Drama yang terkenal dengan ceritanya yang epik tidak pernah absen untuk menghadirkan cerita bertemakan sejarah. Salah satunya yang mungkin sudah tak asing lagi adalah Mr. Queen yang sedang tayang di televisi Korea Selatan. Drama yang memiliki latar belakang era Joseon ini menarik perhatian pencinta drakor karena genre komedi yang dibumbui dengan adegan laga dan cerita romansa. Mr. Queen digemari bukan karena jalan ceritanya saja, tetap juga karena deretan busana Hanbok indah yang dikenakan sang pemeran utama.

Drama yang tayang di saluran tv kabel tvN ini diperankan oleh Shin Hye Sun sebagai Ratu So Yong sang tokoh utama cerita. Selain itu, ada juga Kim Jong Hyun yang berperan sebagai Raja Cheoljong. Drama ini selalu menampilkan sang ratu yang mengenakan Hanbok dengan pilihan warna didominasi oleh warna pastel dan warna-warna cerah lainnya. Padahal Shin Hye Sun yang berperan sebagai ratu, ternyata baru pertama kalinya bermain dalam drama era Joseon. Ia juga dituntut untuk harus selalu mengenakan hanbok setiap episodenya. Ini menjadi pengalaman sekaligus tantangan baru bagi dirinya. Di mana salah satu tantangan yang dialaminya adalah mengenakan Hanbok di musim dingin. Perlu diketahui bahwa umumnya Hanbok memiliki bahan yang tipis. Hal ini membuat Hye Sun mengenakan empat lapis pakaian sebelum mengenakan Hanbok.

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok Drama Korea

Gambar: Hanbok yang digunakan Ratu dan Raja dalam upacara pernikahan mereka di drama Mr. Queen milik tvN yang tayang setiap Minggu dan Senin

Sang pemeran Mr. Queen diketahui mengenakan Hanbok dengan jenis yang disebut Dang Ui. Maksudnya, Hanbok yang biasa dikenakan oleh perempuan di kalangan kerajaan dari dinasti Joseon. Hanbok Dang Ui ini bermotif daun-daun berwarna emas pada bagian bawahnya. Inilah yang membuat hanbok jenis ini disebut memiliki corak dan warna yang khas. Adapun salah satu ciri khasnya adalah desain tiga buah lingkaran pada bagian tengah baju dan kedua pundak yang memiliki filosofi unik. Shin Hye Sun tidak hanya mengenakan satu jenis hanbok saja. Ia juga mengenakan Hanbok jenis Jeokui dalam episode awal saat adegan menikah dengan Raja Cheoljong. Hanbok Jeokui merupakan jenis pakaian kebesaran yang dikenakan saat upacara tradisional berskala besar, seperti acara pernikahan.

Adapun ciri khas Jeokui pada umumnya memiliki motif burung dengan warna yang berbeda-beda sesuai dengan status keluarga kerajaan. Putri mahkota akan memilih warna biru, permaisuri akan memilih warna ungu dan merah, dan ratu akan memilih warna merah muda. setiap warna memiliki makna tersendiri.

Di balik kesuksesannya, ada yang menarik dari drakor Mr. Queen yaitu pakaian tradisional dipakai para pemain. Pakaian hanbok dikenakan Ratu Kim So Young, Raja Cheoljong dan para anggota kerajaan telah mencuri perhatian penonton. Lantaran terlihat mewah dan membuat para pemain kelihatan anggun dan berwibawa ketika mengenakannya. Ternyata, seluruh hanbok yang dikenakan sang ratu di drama ini didesain oleh Min Jeong Ran. Dia adalah desainer hanbok yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam membuat baju tradisional Korea ini. Min Jeong Ran menceritakan secara singkat bahwa ia mensponsori seluruh busana hanbok dalam drama ini dalam akun Instagramnya. Menurutnya, Ia mengerjakan sendiri Hanbok untuk drama Mr. Queen, mulai dari pemilihan warna hingga proses pembuatannya. Ia bersama timnya bekerja mulai dari musim panas hingga musim dingin. Dia juga mengungkapkan perasaan senangnya karena melihat karyanya muncul disaksikan jutaan mata.

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok Drama Korea

Gambar: Ratu dan para dayangnya yang menemani dirinya dalam proses upacara pernikahan yang tayang di episode awal drama sejarah Mr. Queen (Sumber: https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2020/12/25/1255610492.jpg)

Drama Mr. Queen mendapatkan banyak perhatian dunia karena kisahnya. Para pemainnya juga sukses memerankan sosok keluarga istana. Selain itu, drama ini juga menarik karena pakaian yang mereka kenakan, makanan dan cara perawatan kecantikan tradisional ala Korea yang dipamerkan dalam serial ini. Memang drama bertema sejarah ini mengusung promosi kebudayaan Korea Selatan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan secara luas pakaian yang dikenakan masyarakat maupun para penghuni istana di era Dinasti Joseon. Salah satunya adalah kebudayaan dalam berpakaian saat pernikahan kerajaan. Ternyata seorang mempelai harus mengenakan 10 lapis pakaian. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pakaian sehari-hari, hanya saja bedanya tidak perlu menggunakan pakaian kebesaran. Hal lainnya adalah apabila ingin bepergian harus mengenakan mantel seperti jubah, tujuannya agar tidak kelihatan di depan khalayak ramai. Tentu saja ini sangat jauh berbeda dengan Korea zaman sekarang. Di mana budayanya telah banyak mengadopsi gaya Barat termasuk gaya rambut.

Apabila diperhatikan di drama Mr. Queen, orang-orang zaman dahulu senang dengan gaya rambut yang disanggul dengan tusuk konde panjang. Sehingga rambut orang-orang Korea zaman dahulu memang cenderung sangat panjang dan hitam. Berbeda dengan sekarang di mana sangat jarang ditemui masyarakt Korea yang menyanggul rambutnya. Selain itu, para selebritas Korea cenderung mengecat rambutnya menjadi warna-warni.

Berikut adalah potrait para pemain Mr. Queen dengan Hanbok yang mereka kenakan:

1. Kim So Yong alias Ratu Cheorin diperankan oleh Shin Hye Sun

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok Drama Korea

Gambar: Hanbok yang dikenakan oleh Ratu Cheorin yang diperankan oleh Shin Hye Sun

2. Lee Won Beom alias Raja Cheoljong diperankan oleh Kim Jung Hyun

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok Drama Korea

Gambar: Hanbok yang dikenakan oleh Raja Cheoljong yang diperankan oleh Kim Jung Hyun

3. Kepala Dayang Choi diperankan oleh Cha Chung Hwa

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok Drama Korea

Gambar: Hanbok yang dikenakan Kepala Dayang Choi yang diperankan oleh Cha Chung Hwa dan Pelayan Khusus Hong yang diperankan oleh Chae Seo Eun. Keduanya adalah orang yang sangat dekat dengan sang ratu

4. Jo Hwa Jin alias selir Raja diperankan oleh Seol In Ah

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok Drama Korea

Gambar: Hanbok yang dikenakan Jo Hwa Jin yang merupakan cinta pertama sekaligus selir Raja Cheoljong diperankan oleh Seol In Ah

5. Ratu Sunwon diperankan oleh Bae Jong Ok

Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok Drama Korea

Gambar: Hanbok yang dikenakan Ratu Sunwon sang ibu suri dalam Mr. Queen yang diperankan oleh Bae Jong Ok

Itulah artikel mengenai “Mr. Queen: Drama Yang Bikin Salah Fokus ke Hanbok”. Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.co/deafolzen

What do you think?

Veteran

Written by Tulizan Korea

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hasil gambar untuk haruto treasure

Haruto Treasure Jadi Artis Jepang YG Pertama, Ini Fakta tentangnya!

https://studyero.com/wp-content/uploads/2019/08/Career-Advice-1568x784.jpg

Seberapa Penting Nasihat Karir bagi Mahasiswa? Ini Hal yang Diperlukan!