in

Negara-Negara Dengan Inflasi Tertinggi Di Dunia

Inflasi menjadi salah satu permasalahan ekonomi klasik yang dapat dihadapi oleh berbagai negara-negara di dunia. Jika tidak terkendali, inflasi dapat memberikan dampak negatif kepada suatu negara. Indonesia sendiri pernah mengalami inflasi yang cukup parah dan hal tersebut sangat mempengaruhi perekonomian saat itu. Mungkin untuk orang-orang generasi 80-an masih ingat bahwa dulu, satu ikan bisa dibeli dengan harga Rp. 10,000 saja. Bukan hanya ikan, melainkan barang-barang lainnya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan sekarang, hal ini yang disebut sebagai inflasi. Saat itu harga barang dan jasa di Indonesia meningkat sangat drastis dan membuat nilai mata uang rupiah turun. Bayangkan saja, saat itu 1 Dolar Amerika Serikat mencapai nilai Rp.10,000 padahal sebelumnya nilai 1 Dolar hanya mencapai Rp.3,000. Tentunya permasalahan ini akan mengacaukan perekonomian suatu negara. Dalam sejarah perekonomian ada beberapa negara dengan tingkat inflasi tertinggi.

Negara-Negara Dengan Inflasi Tertinggi Di Dunia Keuangan

https://www.pexels.com/photo/pen-in-hand-of-female-typing-on-computer-during-work-in-office-4491454/

Inflasi sendiri diartikan sebagai keadaan dimana nilai mata uang menurun dan mengakibatkan harga barang dan jasa meningkat. Inflasi biasanya sifatnya meluas, ketika satu atau dua barang pokok mengalami kenaikan harga, hal tersebut bisa mengakibatkan barang lainnya mengalami kenaikan harga. Contohnya ketika harga telur ayam meningkat, penjual kue juga harus meningkatkan harga kuenya, begitu juga restoran-restoran yang menggunakan telur ayam sebagai bahan makanan yang mereka jual. Hal ini seperti efek domino yang akan memberi dampak ke barang dan jasa lainnya. Kejadian ini biasanya akan terus menerus meningkat dan akan sulit untuk menurunkan harga yang sudah naik. Kebalikan dari inflasi disebut deflasi.

Inflasi bisa menjadi salah satu penyebab perlambatan ekonomi, sampai permasalahan financial negara. Harga barang yang naik membuat nilai mata uang turun. Maka, inflasi juga dapat diartikan sebagai penurunan nilai mata uang. Hal ini dapat menjadi masalah karena kenaikan barang-barang dan jasa tidak diimbangi dengan naiknya pendapatan masyarakat. Hal ini akan membuat ekonomi negara lesu karena semakin tinggi tingkat inflasi yang terjadi, semakin turun minat beli masyarakat. Pada tahun 2019 sendiri menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki tingkat inflasi sebesar 2,72%. Hal tersebut merupakan angka yang cukup baik karena tingkat inflasi ini menjadi yang terendah semenjak 20 tahun. Lalu bagaimana dengan negara-negara lainnya? Terdapat beberapa negara yang memiliki tingkat inflasi yang sangat besar. Banyak dari negara-negara tersebut yang terancam bangkrut, apa saja negara tersebut dan apa yang menyebabkan hal tersebut?

1. Venezuela

Venezuela merupakan negara yang memiliki cadangan minyak terbanyak di dunia. Hal ini berarti negara ini memiliki sumber daya alam yang sangat menguntungkan. Namun, sayangnya pada tahun 2014, harga minyak menurun sangat drastis dan bagi negara yang terletak di Amerika Selatan ini, situasi ini adalah situasi yang sangat merugikan bagi mereka. Bagaimana tidak, negara ini sangat bergantung dengan sektor minyaknya dan akibatnya ketika harga minyak dunia turun, Venezuela kehilangan sumber pendapatan utamanya. Hal ini menjadi salah satu faktor utama jatuhnya Venezuela ke dalam krisis moneter yang membuat membuat tingkat inflasi yang terjadi dalam negara ini berada dalam angka yang sangat fantastis yaitu sebesar 815% (2019) menjadikan Venezuela sebagai negara dengan tingkat inflasi tertinggi di dunia.

Selain itu pemerintahan Venezuela yang kurang baik dan korup dinilai menjadi biang keladi utama jatuhnya perekonomian negara tersebut. Pemerintah dianggap tidak becus dalam membentuk kebijakan perekonomian dan terlalu bergantung pada cadangan minyak yang berada di sana. Terlebih lagi pemerintah dianggap tidak becus dalam membuat kebijakan ekonomi yang dapat membantu perekonomian negara di masa depan. Hal ini membuat negara ini jatuh dan dipastikan akan sulit untuk memulihkan kondisi ekonomi negara ini lagi. Tidak hanya itu, inflasi yang tinggi dalam negara tersebut membuat berbagai permasalahan baru. Pada tahun 2017 sekitar 87% penduduk Venezuela masuk ke dalam kategori warga miskin, akibat hal tersebut sebanyak 61% warga Venezuela mengaku harus tidur kelaparan karena tidak dapat membeli kebutuhan pangan dasar, hal ini membuat permasalahan baru seperti kurangnya nutrisi, kemudian masalah pendidikan, hingga masalah-masalah lainnya.

Negara-Negara Dengan Inflasi Tertinggi Di Dunia Keuangan

2. Sudan Selatan

Negara dengan tingkat inflasi tertinggi di posisi kedua ditempati oleh Sudah Selatan. Negara ini juga merupakan negara paling muda di dunia. Krisis ekonomi yang terjadi pada negara yang terletak di Afrika ini diakibatkan perang saudara dengan Sudan Utara yang membuat sektor bisnis Sudan Selatan yang berasal dari cadangan minyak menjadi terhambat. Sudan Selatan tidak menyepakati pembagian minyak 50-50 antara mereka dan Sudan Utara.

Akibatnya, penjualan minyak harus terhenti di tahun 2012 dan perekonomian negara tersebut turun sangat drastis. Mata uang mulai melemah dan pemerintah terpaksa mencetak banyak uang yang malah membuat nilai mata uang mereka turun. Warga Sudan Selatan banyak kehilangan pekerjaan dan membuat kebutuhan pokok sangat mahal. Memasuki tahun 2020 sendiri, tercatat tingkat inflasi yang terjadi di Sudan Selatan mencapai angka 230%. Angka tersebut memang masih di bawah Venezuela, tetapi angka tersebut masih sangat tinggi dan jika pemerintah di sana tidak mampu mengontrol inflasi tersebut, dapat dipastikan masyarakat sipil yang akan menjadi korban utamanya.

3. Argentina

Argentina memasuki tingkat inflasi yang meningkat tajam memasuki tahun 2019. Tercatat tingkat inflasi yang terjadi di negara yang berlokasi di Amerika Selatan tersebut mencapai angka 53,8%. Angka ini menjadi angka inflasi tertinggi yang terjadi di negara tersebut semenjak 28 tahun. Negara Argentina sendiri merupakan salah satu negara yang cukup berkembang di dunia. Penduduknya memiliki tingkat literasi yang tinggi, memiliki berbagai macam sektor industri, sumber daya alam yang beragam, serta sektor pariwisata dan olahraga yang maju.

Negara-Negara Dengan Inflasi Tertinggi Di Dunia Keuangan

https://www.pexels.com/photo/people-standing-on-road-beside-market-and-high-rise-buildings-1060803/

Namun, dibalik hal tersebut, perekonomian Argentina dinilai tidak merata. Hal ini terlihat dari kondisi masyarakatnya, dimana sangat terlihat perbedaan penghasilan antara orang kaya dan orang yang kurang mampu. Inflasi ini membuat mata uang mereka melemah. Tingkat inflasi yang menukik tajam ini dinilai merupakan hasil dari pemerintah Argentina yang terlalu banyak mencetak uang untuk membiayai defisit negara yang mengakibatkan harga barang-barang di sana naik.

Negara-negara tersebut adalah contoh dari negara-negara yang memiliki tingkat inflasi yang tertinggi di dunia. Pada dasarnya seluruh negara di dunia dapat menghadapi situasi tersebut, pemerintah harus mampu bertindak secara bijak untuk melindungi perekonomian suatu negara. Tingkat inflasi yang tinggi akan mempengaruhi berbagai bidang kehidupan yang nantinya bisa menjadi penyebab rendahnya daya beli, keputusan untuk berinvestasi, dan lainnya. Pengguguran, penimbunan barang, pendapat tidak meningkat, hal-hal tersebut dapat mengacaukan perekonomian suatu negara dan masalah perekonomian bisa merambat ke permasalahan sosial, budaya, dan lainnya.

Tentunya jika pemerintah dapat mengendalikan inflasi, hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang positif. Jika inflasi dapat diatur dengan baik, sektor ekonomi akan semakin subur, peningkatan pendapatan, perluasan lapangan kerja, dan lainnya. Tentunya pemerintah perlu menimbang-nimbang kebijakan keuangan di suatu negara dengan baik untuk menghindari risiko inflasi yang berbahaya.

Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perbedaan Online Learning dengan Distance Learning (PJJ)

Lirik dan Makna Lagu Pra-rilis IU, Celebrity

Penggemar Sebut Gaya Fashion IU di MV Celebrity Semakin Elegan