in

Negara-Negara Dengan Mata Uang Paling Bernilai Di Dunia

Mata uang bernilai.

Setiap negara di dunia memiliki mata uang bernilai tersendiri. Uang menjadi suatu barang yang berharga terutama sebagai alat tukar dan alat ukur untuk menilai harga suatu barang. Hal tersebut menjadi suatu bentuk pembayaran sah yang terdapat di setiap negara. Seperti di Indonesia misalnya, mata uang Rupiah menjadi mata uang sah yang digunakan dalam keperluan transaksi di seluruh Indonesia. Sama seperti Indonesia, negara-negara lain di seluruh dunia memiliki mata uang tersendiri. Misalnya Dolar Singapura, Lira Turki, Ringgit Malaysia, Yen Jepang, dan Dolar Amerika. Dari sekian banyak mata uang yang terdapat di dunia, ada beberapa mata uang yang bernilai lebih tinggi dibandingkan lainnya. Mata uang bernilai sangat beragam dan hal ini ditentukan melalui berbagai faktor.

Negara-Negara Dengan Mata Uang Paling Bernilai Di Dunia Keuangan
https://www.pexels.com/photo/euro-is-one-of-higher-value-3671148/

Dalam perdagangan mata uang internasional, kurs mata uang diseluruh dunia mengalami perubahan setiap waktu. Artinya, setiap saat nilai mata uang dapat berubah tergantung dari kondisi negara, kekuatan perekonomiannya, dan hal-hal lain seperti bencana alam atau terjadi krisis dalam negara. Bahkan setiap harinya, nilai mata uang tersebut dapat berubah-ubah. Mata uang dengan nilai yang tinggi tentunya sangat menguntungkan bagi negara tersebut. Bukan hanya harga barang-barang internasional menjadi lebih murah, tetapi hal ini juga akan sangat menguntungkan perekonomian negara tersebut. Misalnya ketika, warganya bepergian ke luar negeri, mereka dapat menukarkan uang mereka dan mendapatkan kurs uang yang cukup besar di negara lain.

Dalam ranah internasional, mata uang Dolar Amerika Serikat menjadi standar utama mata uang internasional. Hal ini berarti kebanyakan perdagangan internasional atau antar negara yang terjadi dilakukan dengan mata uang Dolar. Perhitungan kurs mata uang negara dunia juga biasanya dihitung dan dibandingkan dengan Dolar Amerika. Hal ini terjadi karena mata uang negara paman Sam dinilai sebagai mata uang yang cukup stabil dan populer di dunia. Karena beberapa fakta tersebut, banyak orang mengira bahwa mata uang Dolar merupakan mata uang dengan nilai tertinggi di dunia, terlebih pada tahun 2020 ini nilai Dolar Amerika terhadap Rupiah menjadi kurang lebih 15.000. Harga tersebut tentunya terlihat sangat tinggi. Namun, nyatanya terdapat beberapa negara yang memiliki mata uang dengan nilai yang jauh lebih tinggi. Mari kita lihat mata uang apa saja yang memiliki nilai dan harga yang tinggi. Mata uang ini dilihat berdasarkan perhitungan kurs 2015 – 2020.

1. Dinar KuwaitNegara-Negara Dengan Mata Uang Paling Bernilai Di Dunia Keuangan

https://www.pexels.com/photo/heap-of-banknotes-of-various-counties-4252703/

Banyak orang yang mengira bahwa mata uang Poundsterling dari UK atau mata uang Uni Eropa Euro merupakan mata uang yang paling bernilai. Kenyataannya negara Kuwait menjadi negara dengan peringkat pertama dengan mata uang yang paling tinggi harganya. Mata uang negara yang terletak di Timur Tengah ini menjadi mata uang dengan nilai tertinggi di dunia berkat kekayaan minyak, ekspor minyak, dan perdagangan dunia yang signifikan. Sektor minyak bumi menjadi salah satu sektor yang paling stabil perkembangannya di dunia. Hal ini membuat mata uang KWD menjadi stabil dan tidak jarang setiap tahunnya bertengger di urutan nomor satu. Bayangkan saja 1 KWD (Kuwait Dinar) memiliki nilai sebesar 3,23 USD (US Dolar) atau jika dibandingkan dengan Rupiah sebesar Rp. 48.000 rupiah! Hal tersebut merupakan angka yang sangat fantastis. Kuwait juga dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia dengan tingkat pengangguran terendah serta menjadi salah satu negara yang tidak memungut pajak.

2. Dinar Bahrain

Negara dengan mata uang paling bernilai kedua di dunia ditempati oleh negara yang terletak di Timur Tengah pula. Meskipun memiliki luas wilayah yang tidak lebih besar dari Indonesia bahkan pulau jawa, negara ini memiliki nilai mata uang yang tidak kalah fantastis dengan KWD. Sama seperti Kuwait, negara ini mengandalkan sektor minyak bumi sebagai salah satu sumber kekayaan terbesar mereka. Berkat hal tersebut, BHD (Bahrain Dinar) menjadi salah satu mata uang yang paling stabil di dunia sejak 2005. 1 BHD memiliki nilai sebesar 2,65 USD atau setara dengan Rp. 39,000.

3. Riyal Omar

Masih dengan negara yang berlokasi di Timur Tengah, mata uang dari negara yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi dan United Arab Emirates (UAE) ini memiliki nilai mata uang tertinggi ketiga di dunia. Tidak jauh berbeda dengan Bahrain dan Kuwait, sektor yang menjadi kekayaan utama dari negara ini adalah minyak bumi. Lokasinya yang strategis juga menjadi salah satu faktor pendukung kekayaan negara ini. Banyak turis juga suka mengunjungi negara ini. 1 OMR (Omar Riyal) memiliki harga 2,60 USD atau jika disetarakan dengan Rupiah memiliki nilai sebesar Rp. 38.000.

4. Dinar Jordan

Negara-Negara Dengan Mata Uang Paling Bernilai Di Dunia Keuangan

Satu lagi negara yang berlokasi di Timur Tengah yang memiliki nilai mata uang yang paling bernilai di dunia. Negara yang berbatasan langsung dengan Suriah ini memiliki mata uang dengan nilai tertinggi keempat di dunia. Masih sama dengan negara-negara sebelumnya, Jordan memiliki cadangan minyak bumi yang cukup besar membuat negara ini juga menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Tidak hanya itu, karena memiliki sumber minyak bumi yang banyak, perekonomian Jordan cenderung sangat stabil. 1 JOD memiliki nilai 1,41 USD atau jika dibandingkan dengan mata uang Indonesia memiliki nilai sekitar Rp. 20,000.

5. Pound Sterling Britania Raya

Negara yang menduduki posisi kelima sebagai negara dengan mata uang yang paling bernilai di dunia adalah mata uang Pound Sterling dari Britania Raya. Mata uang ini dipakai di berbagai lokasi dalam Britania Raya seperti di Skotlandia, Wales, Gibraltar, pulau Falkland, dan Guernsey. Mata uang yang juga sering disebut Pounds ini memiliki nilai yang cukup fantastis, yakni 1 GBP (Great Britain Pounds) memiliki nilai sebesar 1,23 USD atau jika disandingkan dengan mata uang Rupiah sebesar Rp. 18,000. Mata uang ini juga merupakan salah satu mata uang tertua di dunia yang telah dipakai sejak 600 tahun yang lalu.

Kata Pound merujuk pada berat suatu logam mata uang yang dipakai dahulu, tetapi seiring berjalannya waktu, negara yang berada di benua Eropa ini mulai menggunakan uang kertas, tetapi tetap mempertahankan nama mata uang mereka. Nilai mata uang mereka yang jauh lebih bernilai dibandingkan dengan mata uang Uni Eropa Euro ini menjadi salah satu alasan mengapa Britania Raya memutuskan untuk keluar dari persemakmuran negara-negara Eropa tersebut.

6. Dolar Kepulauan Cayman

Negara-Negara Dengan Mata Uang Paling Bernilai Di Dunia Keuangan

Mungkin kebanyakan orang Indonesia masih asing saat mendengar nama negara ini. Kepulauan Cayman adalah salah satu negara perserikatan Britania Raya. Negara yang terdiri dari tiga pulau utama ini merupakan salah satu destinasi favorit turis-turis mancanegara. Negara ini juga terkenal sebagai suaka pajak dunia yang membuat nilai mata uang dari negara ini sangat bernilai dan stabil setiap tahunnya. 1 KYD (Cayman Dolar) memiliki nilai setara dengan 1,20 USD atau setara dengan Rp.17,000.

7. Euro Uni Eropa

Di posisi ketujuh negara dengan mata uang paling bernilai di dunia diduduki oleh persemakmuran negara-negara Eropa atau lebih dikenal sebagai Uni Eropa. Uni Eropa atau perserikatan yang berisikan negara-negara yang terletak di benua Eropa. Perserikatan ini memungkinkan warga Eropa untuk bepergian, mencari pekerjaan, dan membuka bisnis di negara-negara sekitar Eropa. Uni Eropa sendiri memiliki satu mata uang yang dapat dipakai di sekitar Eropa yaitu Euro yang memiliki nilai 1 EUR sebesar 1,06 USD dan jika dibandingkan dengan Rupiah menjadi sebesar Rp. 16,000.

Untuk artikel lainnya tentang tips keuangan, silahkan kunjungi Tulizan Keuangan.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Keuangan

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pentingnya Belajar Sejarah bagi Generasi Muda

Alasan Yuri SNSD Sempat Menentang Anggota Keluarga Jadi Idola