in

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi

Menjaga kesehatan di masa pandemi seperti ini sangat penting, ada beberapa cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tetap sehat. Salah satunya dengan berolahraga, kondisi sekarang yang mengharuskan semua orang untuk menerapkan social distancing, pakai masker dan rajin cuci tangan. Kegiatan ini menjadi kebiasaan baru pada masa pandemi, jika semua orang melakukan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Maka pandemi ini segera berakhir, meski di rumah saja tetap harus menjaga imunitas tubuh agar tak mudah terkena penyakit. Olahraga ini bisa dilakukan hanya di rumah lho, penasaran? cek ulasan berikut ini.

Peran Sistem Imunitas

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : tirto.id

Sistem imunitas dirancang secara khusus untuk melindungi tubuh dari bahaya virus atau bakteri yang menyebabkan tubuh mudah sakit. Pada umumnya sistem ini akan membuat tubuh beristirahat dengan mengalami peradangan seperti demam dan linu selanjutnya akan melepaskan sel-sel. Nah, sel-sel ini yang berfungsi untuk melawan patogen jahat tersebut. Meningkatkan imunitas tubuh sangat dibutuhkan sebagai bentuk pertahanan khusus, seperti protein yang membentuk antibodi untuk deteksi jenis virus, bakteri. Proses pendeteksian sangat berguna agar tubuh menjadi kebal terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri sama.

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : guarantymedia.com

Peran imunitas bagi tubuh sangat diperlukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan meningkatkan imunitas, bermanfaat dalam pembentukan sistem antibodi tubuh. Untuk melawan penyakit yang berasal dari virus, bakteri, sehingga tubuh ini akan menjadi lebih baik dalam jangka panjang. Sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik akan memberikan pribadi yang sehat, dengan kondisi badan sehat kita bisa melakukan segala aktivitas yang bermanfaat. Kesehatan adalah nikmat yang paling berharga dan usahakan untuk selalu menjaga tubuh agar tetap fit, salah satunya meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Hal Yang Mempengaruhi Sistem Imunitas Tubuh

Ada beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh, hal ini mungkin sering terjadi di aktivitas keseharian. Di antaranya yaitu:

1. Terlalu Stres

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : isemag.com

Memang penyebab seseorang mengalami stres berbeda-beda, Namun untuk alasan apapun stres jelas tak baik untuk kesehatan tubuh. Jika kondisi stres berlebihan dan tak terkontrol bisa mengubah cara sistem kekebalan tubuh dalam bereaksi terhadap serangan virus dan bakteri. Mengurangi stres menjadi pilihan yang baik selain bisa meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh juga membuat produktivitas meningkat dalam aktivitas keseharian.

2. Kualitas Tidur Buruk

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : spinealign.com

Memang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dibutuhkan sebuah kebiasaan yang baik. Misalnya: tak begadang, mengurangi stres dan mengurangi asupan di jam tengah malam. Kondisi perut yang penuh pada saat jam malam mengakibatkan sulit tidur dan gejala kesehatan. Dengan menjaga kualitas tidur yang cukup sangat membantu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, kesehatan otak dan lainnya. Tidur juga menjadi bagian penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh yang sehat, sebaiknya durasi tidur yang baik 7-9 jam per hari. Namun, jika tidur kurang dari itu bisa membuat seseorang tiga kali lebih berpotensi terserang penyakit. Seharusnya kita memperhatikan kualitas tidur yang cukup agar daya tahan tubuh menjadi sehat dan bersemangat menjalani aktivitas.

3. Menjalani Diet Tak Seimbang

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : health.clevelandclinic.org

Berbagai tujuan yang dilakukan oleh beberapa orang dalam menjalani diet, seperti untuk menguruskan badan, masalah kesehatan dan lainnya. Apapun tujuan seorang menjalani diet harus memperhatikan pola diet yang sehat, jangan sampai menjalani diet yang sembarang. Karena bisa berpengaruh negatif terhadap daya tahan tubuh, mulai dari kekurangan vitamin dan mineral disebabkan rutinitas diet yang kurang bervariasi.

Meskipun sedang menjalani diet, kamu bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan mengkonsumsi suplemen dan menambahkan variasi menu makanan diet. Seperti: buah, sayuran hijau dan protein yang cukup agar asupan gizi bisa terpenuhi untuk tubuh yang sehat. Alangkah baiknya kamu menjalani diet yang lebih seimbang agar mendapatkan manfaat diet secara maksimal.

4. Jarang Berolahraga

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : bauerfeind.com.au

Faktor eksternal yang terakhir bisa mempengaruhi daya tahan tubuh yaitu jarang berolahraga. Padahal telah teruji bahwa dengan beraktivitas fisik seperti berolahraga mampu membuat tubuh lebih fresh dan bugar. Dikarenakan dengan menggerakkan tubuh dapat mengalirkan darah lebih lancar, detak jantung akan lebih teratur dan lainnya. Pastinya harus dilakukan secara konsisten agar manfaat yang diperoleh bisa maksimal untuk meningkatkan imunitas tubuh yang lebih sehat. Berolahraga itu tak perlu lama-lama, cukup dengan meluangkan waktu 15-30 menit dalam sehari, sudah mampu mengeluarkan keringat. Olahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan terhadap serangan penyakit ringan seperti pusing, flu, demam.

Olahraga Sederhana Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pandemi membuat sebagian besar tempat kebugaran tutup sementara waktu. Meski begitu kamu dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan melakukan aktivitas olahraga sederhana yang bisa dilakukan selama di rumah saja. Berikut rekomendasi yang bisa kamu coba, adalah:

1. Plank Kombinasi Push-up

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : indianexpress.com

Jenis olahraga ini tak perlu membutuhkan banyak peralatan olahraga, sehingga jadi pilihan yang tepat untuk dilakukan selama di rumah saja. Perpaduan gerakan plank dengan push-up dapat melatih bagian atas tubuh sambil meningkatkan kekuatan, serta fleksibilitas. Gerakan olahraga ini, pertama-tama posisikan tubuh dalam kondisi push-up, lalu meregangkan kedua tangan sejajar dengan bahu. Kemudian perlahan turunkan posisi tangan sambil menopang bobot tubuh, tahan pada posisi serendah mungkin selama 3 detik, Setelah itu angkat tubuh menggunakan kedua tangan. lebih bagus lagi lakukan gerakan olahraga ini 10 kali dalam tiga hingga lima set.

2. Squat dan Forward Bend

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : journal.sociolla.com

Gerakan olahraga ini bermanfaat untuk melenturkan sekaligus mengencangkan paha dan otot hamstring. Squat dan Forward Bend membutuhkan alat bantu seperti kursi mulai dengan posisi olahraga squat hingga kamu tak merasakan sakit. Bagi sebagian orang pergelangan kaki yang kaku dapat membuatnya kesulitan untuk mencapai posisi squat maksimal bisa menggunakan alat bantu kursi. Kemudian bangkit dan gerakan tekuk tubuh ke depan sampai punggung lurus dan gerakan dorong pinggul ke belakang hingga merasakan perengangan. Lalu tahan posisi ini selama beberapa detik. Ulangi gerakan tadi selama tiga hingga lima set, dengan lakukan gerakan ini 10 kali repetisi.

3. Standing Thoracic Expansion

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan
Sumber Foto : mikereinold.com

Olahraga ini adalah sebuah peregangan pada bagian dada, bahu dan bermanfaat untuk memperbaiki efek negatif dari posisi duduk merosot kerap kali terjadi saat bekerja atau mengemudi. Lakukan gerakan dengan satukan kedua telapak tangan, lalu angkat ke atas, kemudian dorong ke belakang sampai dada terasa ke angkat. Pastikan pandangan kamu ke atas mengikuti gerakan kedua tangan. Ketika sudah mencapai gerakan maksimal ke belakang, kemudian turunkan secara perlahan kedua tangan dengan melakukan gerakan melingkar ke samping. Hingga kedua tangan ada di posisi tengah, lakukan 10 kali repetisi selama tiga sampai lima set.

4. Side-bend Lunge

Olahraga Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Pandemi Kesehatan

Sumber Foto : caragilman.com

Jenis Olahraga Side Bend Lunge mampu meregangkan seluruh tubuh dan terutama pada bagian bawah tubuh. Gerakan dimulai dari meletakan sebuah bangku di depan kaki yang akan diregangkan, lakukan gerakan lunge dengan membusungkan dada ke depan. kemudian letakkan kedua tangan sejajar ke bangku depan untuk menjaga keseimbangan dan jaga posisi dada agar tetap tegak lurus. Sampai kamu merasakan peregangan pada bagian samping tahan posisi selama tiga hingga lima detik. Ulangi gerakan ini selama lima kali repetisi pada setiap sisi dalam tiga sampai lima set.

5. Olahraga Aerobik Bersepeda

Gerakan aerobik yang membuat tubuh seolah-olah sedang bersepeda, bisa melatih keluwesan otot-otot abdominal kamu. Dimulai dengan membaringkan tubuh dan letakkan penyangga pada bagian kepala, setelah itu angkat lutut kanan dan siku kiri sampai keduanya bertemu. Lakukan gerakan serupa untuk bagian lutut, siku lainnya kemudian secara perlahan dan naikkan kecepatan agar peregangan bisa maksimal. Lakukan gerakan ini 15-30 repetisi dalam tiga atau lima set.

Olahraga di dalam ruangan tak mengurangi rasa bahagia sama dengan ketika kamu melakukan olahraga di luar ruangan. Tak perlu pergi ke gym hanya untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana di atas, kamu bisa melakukannya di rumah. Meskipun sederhana tapi mampu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tetap sehat dan bugar untuk mengurangi serangan penyakit virus, bakteri.

Untuk tips dan informasi seputar pola hidup dan tips kesehatan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Kesehatan.

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hasil gambar untuk webtoon drama extraordinary you

10 Rekomendasi Drama Yang Merupakan Adaptasi Webtoon Terbaik

Fakta Menarik Dari Serial Kimetsu No Yaiba