in

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak

Kecerdasan nyatanya dibagi menjadi beberapa kategori termasuk untuk anak-anak. Sehingga sebagai orang tua kamu tidak bisa memaksakan anak-anak, untuk bisa menguasai berbagai hal. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa anak-anak memiliki perkembangan otak yang masih baik dan juga segar. Orang tua dapat diberikan berbagai informasi dan juga pengetahuan, namun faktanya tetap saja masing-masing anak memiliki kecerdasannya sendiri. Artikel ini akan membahas mengenai tipe kecerdasan anak yang mungkin masih asing ditelinga beberapa orang tua.

Tipe Kecerdasan Anak

Sudah tidak zaman loh, menganggap bahwa anak-anak yang memiliki kecerdasan menghitung, dan juga membaca merupakan anak yang pintar. Nyatanya setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing tergantung dari bidang dan juga bakat yang mereka miliki. Tidak masalah mengenalkan berbagai ilmu dan juga pengetahuan kepada si kecil, namun jangan paksakan mereka untuk bisa menguasai semua bidang.

Kecerdasan Musikal

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

Kecerdasan musikal merupakan tipe kecerdasan pertama yang wajib diketahui oleh orang tua. Tandanya si kecil tentu saja dapat bernyanyi atau bahkan mendengarkan musik. Anak juga bisa bermain alat musik dengan handal. Kemungkinan ini bisa terjadi apabila si kecil sudah tertarik dengan suara dan juga nada sejak kecil. Mereka memanfaatkan berbagai barang disekitar mereka untuk menciptakan suara, misalnya saja panci, galon air atau gelas

Selain itu anda juga senang mendengarkan musik dan selalu bersemangat ketika mendengarkan musik atau bernyanyi. Cobalah untuk mengasah bakat dan minat yang mereka miliki. Berikan alat musik yang mungkin bisa menjadi salah satu alat yang mereka kuasai di waktu kedepannya. Tidak ada yang tahu bukan, bahwa ternyata si kecil dapat menjadi seorang pianis ataupun pemain biola yang handal.

Kecerdasan Interpersonal

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

Tipe kecerdasan anak kedua yang wajib diketahui orangtua apabila si kecil memiliki kemampuan bahasa yang sangat baik terutama melafalkan kata dengan fasih dan juga jelas. Biasanya hal ini didapatkan dari beberapa anak yang dapat berbicara dengan baik, dan berhasil memilih kosakata yang bagus di usianya yang masih kecil. Misalnya saja 2 hingga 5 tahun.

Selain itu ciri khas dari anak dengan kecerdasan interpersonal, sangat menawan, pembicara yang baik ramah dan juga terbuka. Mereka mudah melakukan komunikasi dengan berbagai usia, baik temannya atau keluarga yang lebih tua. Mereka menjadi seseorang yang mudah untuk melakukan diskusi dan tentu saja dapat menguasai kata-kata bermakna. Orang tua dapat meningkatkan keterampilannya dengan mengajarkan bahasa lainnya, selain bahasa utama.

Kecerdasan Naturalis

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

Anak yang senang bermain di luar rumah dan juga sayang dengan hewan merupakan tipe kecerdasan naturalis. Nyatanya kecerdasan ini memang seringkali dianggap sebagai salah satu anak yang memiliki sifat trouble maker. Karena mereka lebih menyukai sesuatu yang bersifat bebas dan juga bersinggungan dengan alam dan juga hewan. Mereka selalu bersemangat ketika bermain di luar dan juga menaklukkan berbagai petualangan, anak juga tidak tidak mudah takut.

Apabila anak memiliki sifat tersebut, ada baiknya sebagai orang tua mengarahkan pada minat dan juga bakat yang yang mengarah mengenai kecerdasan naturalis. Ciri khas lainnya yang mudah didapatkan anak sangat mudah untuk penasaran, dan tidak takut kotor ataupun jijik. Cukup jarang lho di antara anak-anak.

Kecerdasan Matematis/Logis

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

Tipe kecerdasan anak yang sudah pasti diharapkan oleh banyak orang tua yaitu kecerdasan logis atau matematika. Beberapa anak dengan kecerdasan ini, nyatanya bisa menghitung atau bahkan berpikir logis tanpa perlu repot untuk mengajarkan mereka.

Anak ini akan tumbuh menjadi orang-orang yang paham akan matematika dan juga ilmu pasti, seperti sains. Jenis kecerdasan ini dapat membantu anak untuk berpikir kritis dan juga membantu memecahkan permasalahan secara umum. Selain itu, kecerdasan logis membawa mereka pada penguraian masalah yang baik sehingga cocok dijadikan sebagai pemimpin.

Kecerdasan Kinestetik

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

Si kecil memiliki bakat untuk bisa bermain bola dengan baik atau bahkan melakukan senam lantai dan mendapatkan kemenangan? Maka kecerdasan yang dimiliki oleh si kecil adalah kecerdasan tubuh dan gerakan atau biasa disebut sebagai kinestetik. Nyatanya masih banyak orang tua yang memaksakan bahwa seorang anak harus pintar matematika. Padahal mereka adalah anak yang aktif dan pintar dalam bidang olahraga.

Jika sudah seperti itu, maka jangan paksakan mereka untuk menghabiskan energi pada tempat yang sia-sia. Anak ini akan memiliki energi yang sangat baik dan lebih atletis dibandingkan teman-temannya. Bahkan tubuhnya memiliki keseimbangan, kekuatan, dan juga aktif bergerak. Walaupun beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak dengan kecerdasan tubuh serta gerakan, memiliki perkembangan mental yang lebih lambat dibandingkan dengan beberapa kecerdasan lainnya.

Tipe Kecerdasan Anak Intrapersonal

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

Tipe kecerdasan anak intrapersonal. Bagi kamu yang belum memahami apa sih kecerdasan intrapersonal? Tipe yang satu ini merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak yang mampu memahami emosi dan juga perasaan yang yang ia miliki. Misalnya saja rasa sedih, senang, ataupun frustasi. Hal tersebut bisa dikelola dengan baik oleh anak.

Sehingga terkadang tipe dari kecerdasan interpersonal membuat para orangtua bingung, untuk mengetahui apa sih yang dirasakan oleh anak. Sebenarnya beberapa anak yang memiliki kecerdasan ini memiliki toleransi yang sangat tinggi dan juga berjiwa pahlawan. Namun di sisi lain ada beberapa anak yang cenderung memikirkan emosi sendiri dan lebih kepada egois. Sehingga bagi orang tua yang memiliki kecerdasan dengan tipe intrapersonal, mendidik anak menjadi ke arah yang baik adalah pekerjaan tersendiri.

Kecerdasan Spasial

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

Selanjutnya tipe kecerdasan anak yang cukup jarang didapatkan yaitu kecerdasan spasial. Dimana mereka dapat melihat berbagai hal dengan menggunakan gambar dan juga visualisasi yang sangat baik. Mereka juga memiliki memori yang sangat tajam dan juga mengetahui berbagai lokasi dengan mudah. Selain itu kecerdasan ini biasanya lebih mudah untuk menghafal nama tempat, buku, nomor, dan lain sebagainya. Sehingga jangan paksakan mereka untuk menghitung. Karena anak yang memiliki kecerdasan spasial tentu saja memiliki keahlian dibidang menggambar.

Kecerdasan Linguistik Anak

Orang Tua! Pahami Ragam dan Tipe Kecerdasan Anak Parenting

sumber: https://www.freepik.com/free-photo/two-little-girls-colored-wall-with-speech-icons_10896576.htm#page=1&query=kids%20speech&position=6

Terakhir kecerdasan yang dimiliki oleh anak yaitu linguistik dan verbal. Mereka yang mahir dengan kata-kata, lebih sering mengoceh dan juga mencoba untuk mengucapkan kata-kata yang sulit untuk di eja. Namun semakin lama kemampuan komunikasi ataupun membaca dan berbicara semakin meningkat.

Anak-anak yang memiliki kecerdasan linguistik dan verbal lebih mudah untuk menguasai bahasa, cara membaca ataupun cara berbicara di awal. Selain itu mereka juga tertarik untuk mencoba kosakata baru. Hampir sama dengan kecerdasan interpersonal, ibu atau ayah bisa menyisipkan pembelajaran bahasa asing untuk meningkatkan kualitas komunikasi yang dimiliki.

Itulah deretan tipe kecerdasan anak yang wajib kamu temui. Jangan paksakan kecerdasan anak jika tidak sesuai dengan bakat yang mereka miliki. Namun bantu anak untuk bisa bersinar sesuai dengan kemampuan mereka.

Untuk tips mengenai parenting lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Parenting.

What do you think?

Enthusiast

Written by Tulizan Parenting

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mengenal Karakter dan Pemain Drama Start-Up

Dream High & Star Up: 2 Drama Suzy Ini Dinilai Miliki Kesamaan

7 Game Offline Android Yang Bisa Dimainkan Saat Menunggu Antrian