in

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka!

Ajang piala Eropa atau yang lebih dikenal dengan Piala Euro seharusnya dijadwalkan dimulai pada 12 Juni hingga 17 Juli 2020. Namun terkait pandemi yang terjadi diseluruh negara terkhususnya negara – negara yang berada di benua Eropa, akhirnya UEFA memutuskan untuk menunda pelaksaan ajang yang berlangsung setiap 4 tahun sekali tersebut. UEFA pun resmi menaptakan Euro 2020 akan dihelat pada tanggal 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Meskipun dilaksanakan tahun depan, Piala Euro di edisi kali ini tetap menggunakan nama Piala Euro 2020. Ajang ini akan diikuti oleh 24 negara yang berada di benua Eropa. Hungaria, Makedonia Utara, Slovakia dan Skotlandia menjadi negara terakhir yang memastikan tempatnya di Euro 2020. Setelah mereka melakoni babak play off dan akan berbagi tempat di grup Euro 2020 dengan 20 tim lainnya yang sudah terlebih dulu lolos.

Video: Final Draw Euro 2020

Tak seperti turnamen 4 tahunan lainnya, Piala Euro kali ini memiliki 12 kota dari negara yang berbeda sebagai tuan rumah. Diantaranya ialah Wembley (London, Inggris), Allianz Arena (Munich, Jerman), Stadion Olimpico (Roma, Italia), Stadion Olympic (Baku, Azerbaijan), Puskas Arena (Budapest, Hungaria), Stadion Krestovsky (Petersburg, Rusia), Arena Nationala (Bucharest, Rumania), Johan Cryuff Arena (Amsterdam, Belanda), San Mames (Bilbao, Spanyol), Hampden Park (Glasgow, Skotlandia), Stadion Aviva (Dublin, Irlandia), dan Stadion Parken (Kopenhagen, Denmark). Masing – masing stadion ini akan menjadi venue dari pertandingan yang berbeda sesuai dengan pembagian grup Euro 2020 yang telah dilakukan.

Namun mengutip dari Daily Mail, konsep 12 Tuan rumah ini sedang ditinjau kembali oleh UEFA mengingat kondisi pandemi yang belum benar-benar membaik. UEFA sedang mempertimbangkan untuk menjadikan Inggris sebagai tuan rumah ajang Euro 2020 pada bulan juni 2021 mendatang. Akan tetapi hingga saat ini belum ada pernyataan resmi baik dari FA sebagai federasi sepakbola Inggris dengan UEFA terkait perubahan tuan rumah Euro 2020 ini. Inggris sendiri akan menjadi negara terakhir yang menjadi tuan rumah di ajang Euro 2020. Dimana Wembley Stadion didapuk sebagai venue laga Final Euro 2020 mendatang.

Setelah menyusulnya 4 negara melengkapi 24 kuota negara yang akan berlaga di Euro 2020 mendatang, pembagian grup euro 2020 pun telah selesai dilaksanakan. Dimana akan terdapat enam grup yang terdiri dari grup A,B,C,D,E dan F. pembagiannya adalah sebagai berikut:

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka! Olahraga
Gambar: Hasil Draw Euro 2020

Diantara keenam grup tersebut terdapat sebuah grup yang diisi oleh tim – tim yang difavoritkan untuk keluar sebagai juara. Grup tersebut adalah grup F. Untuk diketahui, akan ada 2 tim yang lolos otomatis ke babak selanjutnya dalam satu grup. Dan hanya 4 tim terbaik diperingkat 3 yang akan lolos menyusul dua tim tersebut.

Grup F berisikan Hungaria, Portugal, Prancis dan Jerman. Sebagaimana yang kita ketahui, Portugal adalah Juara Piala Euro 2016 lalu, Perancis merupakan kampiun Piala dunia 2018 dan Jerman adalah peraih piala dunia 2014. Tentunya persaingan ketiga tim yang begitu diunggulkan ini sangat dinantikan oleh banyak penikmat sepakbola. Namun siapa yang tahu jika Hungaria bisa menjadi kuda hitam di grup ini? dalam artikel ini penulis telah merangkum kekuatan tim – tim di grup F yang dilabeli sebagai grup ‘neraka’ tersebut.

1. Portugal

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka! Olahraga
Foto : dok. Bola.kompas.com

Sang Juara bertahan kali ini berada di grup neraka, jalan portugal untuk mempertahankan trofi Euro 2020 kali tentu saja tidak akan mudah. Pasalnya sudah ada Perancis dan Jerman yang siap menghadang tim besutan Fernando Santos tersebut. Meskipun tidak berjaya di Piala dunia 2018 lalu, kekuataan tim Portugal patut diperhitungkan. Walaupun banyak yang menganggap kekuataan Portugal hanya ada pada mega bintangnya, Cristiano Ronaldo nyatanya Portugal juga memiliki skuad yang harus diperhitungkan. Ada nama-nama keren lainnya disanas seperti Bruno Fernandes, Bernado Silva, Diogo Jota dan tentu saja ada Jaoa Felix yang mulai menunjukan penampilan impresifnya bersama timnas Portugal. Tampaknya yang beranggapan bahwa Portugal = CR7 harus siap – siap untuk kecewa. Portugal kini menjadi salah satu tim yang ‘menakutkan’ bukan karena hanya seorang CR7 melainkan starting eleven nya yang siap bikin lawan ketar ketir.

2. Perancis

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka! Olahraga
Foto : dok. Liputan6.com

Skuad Perancis saat ini disebut-sebut sebagai sebuah dream team ! sebagai penyandang juara piala dunia 2018, tak heran Perancis dianggap salah satu tim yang akan berjaya di piala Euro 2020. Tapi kalo sudah berada di grup ‘neraka’ seperti ini mungkin nggak ya jalan Perancis semudah yang dibayangkan sebelumnya? Perancis sendiri memiliki kedalaman skuad yang baik. Tim utama dipenuhi deretan pemain bintang yang bermain di klub – klub papan atas dunia. Dimulai dari sisi penjaga gawang, Perancis memiliki Hugo lloris yang selalu menjadi andalan di klubnya, Tottenham Hotspurs.

Deretan pemain belakang Perancis juga sangat diperhitungkan, ada nama – nama besar seperti Raphael Varane, Lucas Digne, Clement Lenglet dan Benjamin Parvard. Di lini tengah, tentu saja ada Paul Pogba dan N’golo Kante dan lini depan tim asuhan Didier Deschamps tersebut memiliki Antoine Griezzman dan Anthony Martial yang siap bikin penjaga gawang lawan ketar – ketir menghadapi serangan yang akan di persiapkan oleh Pogba cs. Meskipun dibeberapa laga terakhir penampilan Perancis terlihat menurun namun skuad Perancis masih patut ditakuti lawan-lawannya nanti meskipun berada di grup ‘neraka’.

3. Jerman

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka! Olahraga
Foto : dok. Indosport.com

Jerman jadi tim besar terakhir yang berada di grup F Euro 2020 yang menyandang status sebagai juara. Ya tim besutan Joachim Löw tersebut merupakan juara piala dunia 2014 lalu. Meskipun gagal mempertahankan gelar juara di piala dunia 2018 lalu nyatanya Jerman tetap menjadi tim yang difavoritkan banyak orang untuk meraih gelar juara Euro 2020 mendatang. Di beberapa pertandingan terakhir, Timnas Jerman memang memperoleh hasil kurang memuaskan. Setelah hanya mampu bermain seri menghadapi Swiss dan menang dengan susah payah,1-0 melawan Republik Ceko, Neuer dkk masih diharapkan akan bersinar di Piala Euro 2020.

Mengulik kekuatan tim Panzer, Jerman sebenarnya merupakan salah satu tim yang bertabur bintang. Ada nama – nama top yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi seperti Toni Kross, Manuel Neuer, Kai Havertz, Joshua Kimmich, Leroy Sane dan sederet pemain bintang di klub – klub besar lainnya. Bergabung bersama Portugal sang juara bertahan dan Perancis juara dunia 2018 lalu tentunya bukan suatu hal mudah yang akan di lewati oleh Jerman. Namun patut dinantikan bagaimana Neuer Dkk mampu menjawab kekhawatiran para pendukung setia tim Panzer setelah Jerman bergabung dalam grup ‘Neraka’ untuk Euro 2020.

4. Hungaria

Pembagian Grup Euro 2020, Deretan Tim Yang Berada Di Grup Neraka! Olahraga
Foto : dok. Bola.tempo.co

Hungaria secara mengejutkan mampu mengalahkan Islandia dengan skor 2-1 dan memastikan satu tiket ke putaran final grup EURO 2020. Meskipun bukan tim bertabur bintang, Hungaria siap memberikan perlawanan terbaiknya. Mereka mendapatkan tempat di grup ‘Neraka’ bersama dengan Portugal, Jerman dan Perancis. Hungaria memang tidak menjadi unggulan untuk lolos di babak selanjutnya. Namun siapa yang bisa menebak jika timnas Hungaria yang pernah berjaya pada tahun 1950-an tersebut akan kembali mencetak sejarah di daratan Eropa.

Tim besutan Cosimo Inguscio memiliki sederet pemain yang cukup diperhitungkan. Mereka bisa menjadi ancaman serius bagi lini belakang penghuni grup F lainnya. Sebut saja ada Dominik Szoboszlai, sang pencetak gol kemenangan bagi timnas Hungaria kala menjamu Islandia di babak playoff lalu. Dominik Szoboszlai sendiri merupakan pemain andalan dari RB Salzburg. Pemain yang baru berusia 20 tahun ini kabarnya saat ini juga diminati oleh beberapa klub besar eropa. Walaupun tidak di jagokan untuk bisa lolos dari grup F, patut dinantikan gebrakan apalagi yang bisa saja terjadi dari timnas Hungaria. Apakah mereka dapat menjadi lawan yang menyulitkan bagi penghuni grup F lainnya?.

Untuk informasi seputar bola dan olahraga lainnya bisa mengunjungi Tulizan Olahraga disini.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Olahraga

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Mother scolding her daughter in living room Free Photo

7 Tanda Ibu Kelelahan karena Mengurus Si Kecil

13 Film Box Office yang Diadaptasi dari Novel