in

Pencapaian Membanggakan Yang Diraih BTS Pada Awal Dynamite Era

BTS langsung mendapatkan sebuah pencapaian yang membanggakan pada awal perilisan lagu Dynamite sebagai era baru prestasi mereka. Lagu tersebut mendapatkan lebih dari 3 juta penonton pada penayangan premiere musik video Dynamite pada tanggal 21 Agustus 2020. BTS berhasil menggeser prestasi musik video How You Like That milik BLACKPINK. Selain itu, jumlah penonton lagu Dynamite pun semakin bertambah dengan cepat hingga sudah ditonton lebih dari 100 juta kali hanya dalam 24 jam. Tidak lama kemudian, Musik video lagu yang memiliki genre musik disko ini berhasil menyentuh angka 300 juta penonton di Youtube. Tentu saja jumlah tersebut mencetak prestasi lainnya sebagai musik video tercepat yang menyentuh 300 juta tayangan. Dynamite hanya memerlukan waktu selama 15 hari 3 jam lebih 50 menit saja untuk memperoleh angka tersebut. Sekali lagi BTS kembali menggeser rekor BLACKPINK yang awalnya meraih angka tersebut lewat video musik How You Like That.

Lagu Dynamite tidak hanya berhasil masuk ke tangga lagu dunia saja. Mereka juga berhasil menduduki peringkat pertama dalam Billboard Hot 100. BTS kembali berhasil memecahkan sejarah sebagai grup K-Pop pertama yang berhasil menjadi nomor 1 di Billboard. RM, Jin, Suga, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada ARMY atas pencapaian yang mereka peroleh. Jungkook menyampaikan ucapan terima kasih tersebut dalam konferensi pers di Seoul pada 2 September 2020. Menurut maknae grup tersebut, semua prestasi luar biasa tersebut dapat terwujud berkat para penggemar mereka atau ARMY. Prestasi boy group asuhan Big Hit Entertainment sungguh tidak main-main. BTS lewat lagu Dynamite berhasil mencetak 3 rekor dalam buku catatan Guiness World Record sebagai era baru prestasi mereka: Video YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam. Video musik YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam. Video musik YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam oleh grup K-Pop.

Pencapaian Membanggakan Yang Diraih BTS Pada Awal Dynamite Era K-Pop
Gambar: Salah satu koregrafi lagu Dynamite milik BTS

Tentu saja prestasi BTS lewat karya Dynamite era ini langsung mengundang perhatian Presiden Korea Selatan. Presiden Moon Jae In mengucapkan terima kasih kepada BTS berkat kepopuleran mereka di kancah dunia. Sang presiden merasa bangga boy group yang debut pada tahun 2013 tersebut bisa memberikan hiburan kepada masyarakat di tengah pandemi. Dia mengatakan bahwa hal ini benar-benar luar biasa. Menurutnya, prestasi luar biasa ini semakin membuat bangga pada dunia K-Pop. Lagu Dynamite yang berhasil menguasai tangga lagu ini memberikan pesan untuk orang-orang yang berjuang dalam pandemi Covid-19. Pesan yang memberikan rasa nyaman dan aman ini menjadi hiburan besar bagi warga Korea Selatan. Presiden Moon Jae menulis dalam akun Twitter-nya bahwa dia benar-benar mengucapkan selamat yang sangat tulus kepada BTS.

Berikut ini adalah pencapaian membanggakan yang diraih BTS selama Dynamite awal era :

1. Memperjelas Dominasi BTS

Lagu Dynamite semakin memperjelas dominasi BTS sebagai grup idola Korea Selatan yang telah mendunia. Lagu tersebut juga semakin memperkuat posisi ketujuh pemuda tersebut dalam mempertahankan popularitas mereka bukan saja di negara asal tetapi seluruh dunia. Tidak mengherankan bahwa grup besutan Big Hit Entertainment ini menempati peringkat teratas dari 10 lagu paling dicintai tahun 2020 di Korea Selatan. Hal ini juga bisa dilihat dari banyaknya idola yang juga membuat cover lagu Dynamite milik BTS tersebut.

2. Peringkat pertama Lagu Paling Dicintai Tahun 2020

Untuk data peringkat 10 lagu paling dicintai tahun 2020 disusun oleh Gallup Korea. Di mana mereka membuat survei pada Juli, September, Oktober dan November. Survei dilakukan dengan kepada 5100 orang yang berusia 13 tahun hingga 39 tahun di Korea Selatan. Para peserta diminta untuk memvoting pernyataan survei yang telah disediakan. Salah satu pertanyaannya adalah menyebutkan tiga lagu favorit di tahun 2020. Adapun lagu favorit tersebut tidak harus lagu yang dirilis tahun ini.

Hasil survei yang dilakukan Gallup Korea tersebut menyatakan bahwa BTS dengan Dynamite berada di posisi pertama sebagai lagu yang paling dicintai tahun 2020 di Korea Selatan yang bisa dibilang sebagai pertanda awal era baru BTS. Adapun raihan poin yang diraih adalah sebesar 19,6 persen. Pada posisi kedua ditempati oleh solois IU dengan lagu Eight yang mendapatkan poin sebesar 7,6 persen. Posisi ketiga ditempati oleh Hwasa MAMAMOO dengan lagu solonya berjudul Maria yang mendapatkan poin sebesar 5,8 persen. Untuk posisi keempat ditempati oleh rapper Zico dengan lagu solonya berjudul Any Song yang mendapatkan poin sebesar 5,0 persen. Sementara, posisi kelima ditempati oleh girl group BLACKPINK dengan lagu Lovesick Girl yang mendapatkan poin sebesar 3,9 persen.

Pencapaian Membanggakan Yang Diraih BTS Pada Awal Dynamite Era K-Pop
Gambar: Poster BTS dalam lagu Dynamite yang populer tahun 2020 (Sumber: https://www.instagram.com/bts.bighitofficial)

Selanjutnya posisi keenam ditempati oleh Im Young Woong dengan lagu Trust in Me yang mendapatkan poin sebesar 3,7 persen. Lagu NUNU NANA milik Jessi menempati posisi ketujuh dengan raihan poin sebesar 3,4 persen. Posisi kesembilan ada lagu Boy With Luv yang juga milik BTS dengan raihan poin sebesar 3,4 persen. Sementara lagu How You Like That milik BLACKPINK menempati posisi kesembilan dengan 3,2 persen. Terakhir, ada lagu Jin Jin Jin milik Young Tak yang mendapatkan poin sebesar 3,1 persen.

3. Dua Lagu Yang Dicintai

Menariknya adalah ternyata BTS memiliki dua lagu dalam peringkat 10 lagu paling dicintai tahun 2020 di Korea Selatan. Lebih menarik lagi adalah fakta bahwa lagu Boy With Luv yang dirilis BTS pada tahun 2019 bahkan masih masuk peringkat ini. Tidak sendirian, BLACKPINK juga memiliki dua lagu dalam peringkat ini. BLACKPINK memang sedang meraih popularitas tinggi seperti BTS di level internasional. Dua lagu BLACKPINK dari The Album yang rilis 2 Oktober 2020 berhasil masuk 10 lagu paling dicintai tahun 2020 di Korea Selatan. Popularitas K-Pop tidak hanya didominasi oleh idola grup saja. Sebab, dari sisi lain IU kembali menunjukkan popularitasnya sebagai penyanyi solo di Korea Selatan. Tidak sendirian, lagu milik Zico juga mendapatkan popularitasnya di tahun ini. Bahkan peringkat 10 lagu paling dicintai tahun 2020 juga tidak bisa lepas dari lagu Any Song yang dinyanyikan Zico.  Lagu ini juga populer di kalangan pedengar musik di luar genre K-Pop.

Lagu Dynamite milik BTS masih mempunyai popularitas yang tinggi di publik. Meskipun sudah dirilis bulan Agustus 2020, tetapi lagu bahasa Inggris pertama BTS tersebut masih mendominasi tangga lagu. Bahkan saking terkenalnya lagu tersebut tidak hanya terkenal di antara ARMY, lagu ini juga terkenal di kalangan para idol. Beberapa dari idol ini juga telah melakukan cover lagu Dynamite milik BTS sesuai dengan ciri khas mereka. Mulai dari versi akustik, rock, live, hingga yang mempunyai video musik sendiri.

Itulah artikel mengenai “Pencapaian Membanggakan Yang Diraih BTS Pada Awal Dynamite Era”. Untuk informasi lainnya tentang dunia K-Pop lainnya, kunjungi Tulizan K-Pop.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fakta Menarik Dari Anime Naruto yang Legendaris

Drama Korea Sisyphus: The Myth yang Penuh Tanda Tanya

Sisyphus The Myth Angkat Alur Cerita Fiksi Tentang Masa Depan