in

Pengangguran Jangka Panjang; Definisi dan Dampaknya bagi Kehidupan

Pengangguran mempengaruhi seseorang dan keluarga yang menganggur. Tidak hanya dalam hal pendapatan, namun juga dalam hal kesehatan hingga kematian. Lebih lagi, pengangguran jagka panjang berdampak pada tindak kejahatan yang meningkat secara signifikan. Dengan meningkatnya durasi pengangguran, tantangan untuk mendapatkan pekerjaan pun meningkat. Dikutip dari thebalancecareers.com, jumlah pengangguran jangka panjang atau lebih dari 27 minggu berkisar empat juta pada Januari 2021.

Pengangguran dan Usia

Dilansir dari thebalancecareers.com, tingkat pengangguran pada bulan Desember mengalami penurunan menjadi 5,3% pada pekerja yang berusia di atas 55 tahun. Akan tetapi, pekerja yang lebih tua berkemungkinan besar akan diberhentikan. Beberapa dari mereka mungkin sudah pensiun lebih awal secara tidak sengaja.

Lebih jauh lagi, Lab Ekuitas Pensiun di The New School melaporkan bahwa pekerja berusia 55 tahun ke atas menghadapi tingkat kehilangan pekerjaan yang lebih tinggi dibandingkan pekerja dengan karir menengah. Kelompok pertama juga mengalami durasi pengangguran yang lebih lama. Sebanyak 28% pencari kerja yang lebih tua mendapatkan pekerjaan setiap bulan. Berbeda dengan karyawan karir menengah yang mendapatkan pekerjaan dengan persentase 32%.

Tantangan Pengangguran Jangka Panjang

Salah satu tantangan bagi penganggur jangka panjang adalah ketika seseorang tidak bekerja, akan lebih sulit untuk dipekerjakan. Bagi banyak pencari kerja, mencari pekerjaan saat menganggur membutuhkan lebih banyak upaya dibandingkan ketika mereka bekerja. Ini sesuai dengan studi yang dilakukan oleh Liberty Street Economics dari Fed New York di tahun 2017.

Faktanya, para pekerja yang menganggur menghabiskan lebih dari delapan jam per minggu untuk mencari dan melamar total 10 pekerjaan per bulan. Sementara itu, mereka yang bekerja menghabiskan dua jam per minggu untuk mencari dan melamar 2 pekerjaan per bulan.

Studi tersebut juga melaporkan bahwa pekerja yang bekerja secara aktif mencari pekerjaan, akan menerima jumlah kontak pemberi kerja dan tawaran pekerjaan paling banyak. Meskipun hal tersebut menyita sedikit waktu untuk berburu pekerjaan.

Pengangguran Jangka Panjang; Definisi dan Dampaknya bagi Kehidupan Karir
Source: oneclickloans.co.uk

Apa Konsekuensi Pengangguran Jangka Panjang?

Pengangguran jangka panjang mempengaruhi mereka yang menganggur secara individual, sosial, dan ekonomi.

Konsekuensi Individual

Ekonom Binyamin Applebaum menulis di The New York Times tentang “Konsekuensi Pengangguran yang Abadi”. Ia menjelaskan bahwa konsekuensi bagi individu yang menganggur itu cukup berat. Semakin lama pengangguran berlangsung, maka akan semakin parah konsekuensi kesehatannya. Hal tersebut memicu depresi dan masalah kesehatan lainnya. Ini akan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Selain hilangnya pendapatan secara nyata, para pekerja yang menganggur ternyata telah kehilangan harga diri dan teman-teman mereka.

Tidak hanya itu saja, semakin lama pengangguran berlangsung maka akan semakin sulit bagi pekerja untuk mendapatkan pekerjaan lagi. Baik karena pemberi kerja mewaspadai pengangguran jangka panjang. Seiring waktu, pekerja yang menganggur kehilangan keterampilan kerja. Hilangnya keterampilan itu tidak terbatas pada pekerjaan: Sebuah studi Swedia tahun 2008 menemukan bahwa keterampilan pemahaman membaca untuk pekerja yang menganggur selama satu tahun turun sebesar 5%.

Konsekuensi Sosial

Salah satu konsekuensi pengangguran yang sering dikomentari adalah meningkatnya tindak kejahatan. Akan tetapi, studi skala besar tentang masalah ini sampai pada kesimpulan yang beragam tentang koneksi tersebut. Itu dikutip dari smallbusiness.chron.com, Gary, Jackson, dan Dylan dalam bukunya yang berjudul “Apa Jenis Pengangguran yang Mempengaruhi Kejahatan? Sebuah Studi Kasus-Kontrol Nasional Kejahatan Properti Serius,” Journal of Quantitative Criminology, 2016.

Penelitian tersebut mengkonfirmasi bahwa orang-orang yang menganggur karena “alasan yang tidak dapat diterima secara sosial” dan yang juga tidak mencari pekerjaan “jauh lebih mungkin” untuk melakukan perampokan. Kejahatan tersebut dilakukan terhadap seseorang. Seringkali dilakukan dengan cara kekerasan.

Studi tersebut juga menemukan bahwa pengangguran berkemungkinan meningkatkan perampokan pada mereka yang berusia 18 hingga 29 tahun. Itu empat kali lebih banyak dibandingkan pengangguran berusia 30 tahun ke atas.

Konsekuensi Ekonomi

Pengangguran jangka panjang sangat berdampak pada ekonomi. Bagaimana seseorang mampu membeli makanan? Membayar sewa rumah, apartemen, dan lainnya? Membeli kebutuhan pokok hingga membeli kebutuhan gawai berteknologi tinggi.

Konsekuensi seperti ini begitu nyata bagi pengangguran. Mereka juga memiliki biaya hidup yang sulit diperhitungkan. Ketika jumlah pengangguran semakin meningkat, mereka dipaksa untuk menggeluti pekerjaan apapun. Bahkan lulusan perguruan tinggi juga harus bersiap untuk dibayar minim. Dikutip dari econlowdown.org, para ahli ekonomi mengemukakan bahwa upah dan kemajuan karir lulusan perguruan mengalami kemerosotan. Ini dikarenakan mereka memasuki pasar kerja ketika keadaan ekonomi rendah. Akan berbeda halnya dengan mereka yang bukan lulusan perguruan tinggi memasuki pasar kerja ketika ekonomi sedang naik.

Pengangguran Jangka Panjang; Definisi dan Dampaknya bagi Kehidupan Karir
Source: okuhaber.com

Mungkinkah Adanya Bantuan Bagi Pengangguran?

Semakin lama seseorang menganggur, maka ini akan semakin menyedihkan dan menyakitkan. Namun, terdapat sumber daya yang tersedia untuk membantu masalah pengangguran jangka panjang.

Di Amerika Serikat, mereka yang menganggur akan mendapatkan tunjangan pengangguran regular. Namun, tunjangan dapat diberikan kepada mereka yang layak menerimanya berdasarkan riwayat pekerjaan. Undang-undang federal memberikan tunjangan tambahan selama berminggu-minggu. Selain itu, Extended Benefits (EB) pemerintah federal tersedia bagi pekerja yang telah menghabiskan tunjangan asuransi pengangguran reguler selama periode pengangguran tinggi.

Sumber Daya yang Dapat Membantu Anda untuk Bangkit Kembali

Terdapat sumber daya yang tersedia untuk membantu pekerja yang menganggur agar mendapatkan pekerjaan kembali. Manfaatkan hal-hal yang sesuai dengan keadaan, sehingga Anda dapat kembali ke jalur sesegera mungkin.

1. CareerOneStop

Merupakan portal pemulihan ekonomi yang dapat memberikan bantuan dengan cepat. Ada sumber daya tentang pengangguran, mencari lowongan pekerjaan, perubahan karier, perumahan, makanan, keuangan, perawatan kesehatan, hingga kesehatan mental.

2. Layanan Karir Perguruan Tinggi

Jika Anda merupakan lulusan perguruan tinggi, cobalah untuk menghubungi kantor layanan karir. Ini bertujuan untuk mempelajari tentang sumber daya alumni. Banyak perguruan tinggi menyediakan bantuan surat lamaran dan resume, bantuan pencarian kerja, jaringan karir, dan daftar pekerjaan bagi alumni.

3. Program Pelatihan & Magang

Ada program sertifikasi, magang, dan pelatihan mencari program dengan dana yang tersedia. Hal tersebut dapat membantu Anda melakukan transisi ke karir baru jika berada dalam industri yang sulit. Inilah yang harus dilakukan di mana individu bisa mendapatkan bantuan dan mengetahui cara mendapatkannya kembali jika tunjangan pengangguran sudah habis.

Di mana Anda dapat Menemukan Lowongan Pekerjaan?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat pencarian kerja. Selain itu, Anda dapat mencari pekerjaan atau pertunjukan demi menambah penghasilan dengan cepat.

Situs pekerjaan menyoroti pekerjaan yang tersedia saat ini. lebih lagi, perusahaan dengan cepat melacak proses perekrutan untuk beragam posisi. Berikut adalah beberapa cara dalam menemukan pekerjaan yang tersedia.

  1. Cek perusahaan yang merekrut karyawan dengan segera.
  2. Jika Anda mencari pekerjaan jarak jauh, optimalkan keberadaan online dan fokuskan pencarian pada perusahaan yang bekerja dari rumah yang sedang merekrut.
  3. Pertimbangkan pekerjaan manggung sebagai cara untuk menambah penghasilan ketika mencari posisi permanen.
  4. Tinjau daftar perusahaan Indeed yang sedang melakukan perekrutan.
  5. Periksa daftar Glassdoor perusahaan teratas dengan jumlah perekrutan yang meningkat karena COVID-19.
  6. Aktifkan fitur “Buka untuk Bekerja” di profil LinkedIn yang dimiliki.
  7. Cari papan pekerjaan teratas menggunakan kata kunci untuk jenis pekerjaan yang diminati atau berdasarkan lokasi Anda. Banyak perusahaan telah mempercepat proses perekrutan untuk posisi yang tersebut.
  8. Temukan lowongan pekerjaan di media sosial menggunakan hashtag seperti #hiring atau #hiringnow.

Untuk tips seputar karir lainnya, kamu bisa kunjungi Tulizan Karir.

What do you think?

Contributor

Written by Tulizan Karir

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Space Sweepers Review - Like Firefly Meets Cowboy Bebop, But Korean

Ini Drama dan Film Korea Terbaru Dengan Budget Mahal!

BLACKPINK Rose 'On the Ground' Lyrics Meaning: What Do They Mean? | StyleCaster

Prestasi Lagu Baru Rose Blackpink Yang Berbahasa Inggris