in

Penjelasan Dari Quirk, Kekuatan Super My Hero Academia

Penggemar dari Serial My Hero Academia pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah quirk. Penjelasan dari quirk sendiri adalah sebuah kekuatan yang dimiliki 80% orang di dunia My Hero Academia. Kekuatan tersebut berbeda-beda tergantung masing-masing individu. Nah, dalam ceritanya dikatakan bahwa Deku, si karakter utama adalah seorang quirkless atau tidak memiliki quirk. Hal tersebut cukup mengherankan karena mayoritas orang-orang di dunia tersebut memiliki quirk. Bagi penonton yang tidak terlalu mengikuti serial ini mungkin masih kebingungan dengan konsep dari quirk. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan segala macam tentang quirk. Bagi fans atau hanya sekadar ingin tahu saja silahkan simak penjelasan tentang quirk ini.

Penjelasan Dari Quirk, Kekuatan Super My Hero Academia Otaku

Apa Itu Quirk?

Dalam bahasa Jepang quirk disebut “kosei” secara langsung diartikan sebagai individuality. Namun, kata ini digunakan untuk menjelaskan kekuatan atau kemampuan yang dimiliki orang-orang dan biasanya bermanifestasi ketika berusia 5 tahun. Quirk biasanya memiliki kekuatan berbeda-beda tergantung dari individu masing-masing, sehingga tidak ada orang yang memiliki quirk yang sama persis. Walaupun beberapa quirk terlihat sama, tetapi terdapat level kekuatan dan kelemahan yang berbeda tergantung individu masing-masing. Asal muasal dari kekuatan ini belum dijelaskan secara jelas dalam serial ini, tetapi quirk biasanya diturunkan secara genetik. Seorang anak bisa memanifestasi campuran dari quirk ayah dan ibunya atau hanya mewarisi salah satu saja. Ada beberapa rare case dimana seorang anak memiliki quirk yang tidak berhubungan sama sekali dengan ayah atau ibunya. Misalnya seperti kasus quirk rewind milik Eri dan decay milik Shigaraki yang memiliki quirk yang tidak sama dengan orang tuanya. Kasus seperti ini sering disebut mutasi genetik dan sangat jarang terjadi.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa biasanya seorang anak bisa mewarisi perpaduan quirk orang tuanya. Namun, campuran quirk yang pas cukup jarang ditemukan. Beberapa karakter yang memiliki quirk yang merupakan perpaduan orang tuanya misalnya, Todoroki dan Bakugou. Terkadang dalam beberapa kasus, seorang anak dari orang tua yang memiliki quirk juga bisa terlahir sebagai quirkless atau tidak memiliki kemampuan bawaan apapun. Hal ini yang terjadi pada Deku. Beberapa quirk juga menyebabkan perubahan secara fisik dan hal tersebut akan dijelaskan lebih mendalam di bawah dalam penjelasan dari quirk.

Penjelasan Dari Quirk, Kekuatan Super My Hero Academia Otaku

Sumber: My Hero Academia Fandom

Sejarah Dari Quirk

Quirk sendiri menjadi sebuah fenomena yang tiba-tiba saja muncul di dunia dan belum ada kejelasan mengenai bagaimana munculnya quirk. Namun, quirk bukan sebuah fenomena yang ada ribuan tahun yang lalu. Orang pertama yang memiliki quirk adalah seorang bayi yang berada di China. Dia memiliki quirk yang membuat tubuhnya bercahaya. Sejak saat itu, banyak anak-anak yang terlahir dengan kekuatan atau kemampuan super. Walaupun tidak diketahui mengapa bisa terjadi, beberapa orang memiliki teori bahwa fenomena ini bisa muncul karena dibawa oleh tikus yang kemudian menginfeksi orang lainnya.

Awalnya quirk merupakan sebuah fenomena langka yang hanya terjadi pada segelintir orang saja. Masa-masa awal kemunculan quirk membuat banyak kekacauan di dunia karena banyak orang yang memanfaatkan kekuatan yang mereka miliki semena-mena. Hal ini juga memunculkan banyak kriminal yang menggunakan quirk yang mereka miliki untuk melakukan kejahatan. Kejahatan tersebut memunculkan kalangan orang-orang yang berusaha untuk melawan penjahat. Sejak itu era vigilante dimulai. Setelah itu, pemerintah nasional dan internasional masing-masing berusaha membuat regulasi untuk membatasi penggunaan quirk. Lewat itu lahirlah hero society, dimana beberapa orang diperbolehkan untuk menggunakan quirk yang mereka punya untuk melawan kriminal. Secara tidak langsung quirk melahirkan pahlawan-pahlawan super di serial My Hero Academia seperti All Might dan lain-lainnya. Selanjutnya dalam penjelasan dari quirk akan dibahas tipe-tipe dari quirk.

Penjelasan Dari Quirk, Kekuatan Super My Hero Academia Otaku

Kategori Quirk

Secara mudah, quirk dibagi menjadi 3 kategori. Tipe Emitter, transformasi, dan mutant. Nah, di bawah ini kami akan memberikan penjelasan dari quirk-quirk tersebut. Nah, setiap karakter memiliki quirk yang termasuk kedalam tiga kategori tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

  • Emitter Quirk

Emitter Quirk adalah quirk yang mempunyai kemampuan untuk melepaskan sesuatu atau merubah suatu material di sekitar kedalam bentuk lain. Biasanya, untuk mengeluarkan tipe Quirk ini penggunanya harus dalam kondisi sadar, bahkan membutuhkan konsentrasi tinggi. Quirk tipe ini biasanya memungkinkan penggunanya untuk mengeluarkan sesuatu dari tubuhnya. Contoh dari Emitter Quirk adalah Explosion milik Katsuki Bakugou yang membuatnya mengeluarkan ledakan serta Half-cold Half-hot milik Shouto Todoroki yang membuat dia bisa mengeluarkan es dan api dari tubuhnya. Quirk One For All milik Deku dan All Might juga termasuk kedalam kategori ini. Biasanya tipe quirk ini mengharuskan penggunanya untuk mengaktifkan secara langsung dan bisa memakan stamina penggunanya jika dipakai terus menerus.

  • Mutant Quirk

Mutant Quirk memiliki jenis-jenis dan kekuatan yang berbeda tergantung dengan pemiliknya karena biasanya quirk jenis ini menyatu langsung dengan tubuh sang pemilik. Karenanya, kekuatan ini bisa diaktifkan kapan saja tanpa efek samping tertentu. Akibatnya quirk tipe ini mengubah penampilan penggunanya secara permanen. Biasanya quirk tipe ini juga bisa termanifestasi sejak lahir. Contoh dari Mutant quirk adalah Invisibility milik Tooru Hagakure, Earphone Jack milik Kyouka Jirou, dan Engine milik Tenya Iida. Perlu diketahui bahwa karakter yang memiliki penampilan unik seperti Mina dan Tokoyami tidak memiliki quirk tipe mutant. Namun, kenapa penampilan mereka berubah? Hal ini karena tidak hanya quirk yang menurun secara genetic. Penampilan fisik yang berubah karena hasil quirk juga dapat menurun ke generasi selanjutnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa salah satu leluhur Tokoyami memiliki quirk yang berhubungan dengan burung.

Penjelasan Dari Quirk, Kekuatan Super My Hero Academia Otaku

  • Transformation Quirk

Transformation Quirk adalah Quirk yang dapat merubah penggunanya untuk menjadi bentuk tertentu untuk sementara waktu. Perubahan-perubahan ini bisa berbentuk merubah bentuk salah satu anggota tubuh, memperkuatnya, atau memberi anggota tubuh tambahan. Quirk ini perlu diaktifkan oleh penggunanya secara sadar dan biasanya hanya bisa digunakan dalam beberapa waktu saja. Contoh dari Transformation adalah Metamorphosis milik Himiko Toga, dan Hardening milik Eijiro Kirishima. Contoh dari tipe quirk ini yang bisa mentransformasi beberapa bagian tubuhnya misalnya quirk large hand milik anggota kelas 1-B Itsuka Kendo.

Penutup

Jadi itulah beberapa penjelasan dari quirk. Sampai saat ini masih ada beberapa misteri yang masih belum diungkapkan oleh Kohei Horikoshi selaku kreator dari serial My Hero Academia. Namun, quirk telah menjadi bagian dari serial My Hero Academia yang sangat populer di kalangan fans. Ada banyak fans yang mengimajinasikan quirk seperti apa yang mereka miliki dan dengan status manga dan anime yang masih berlanjut, bisa dipastikan suatu saat nanti penjelasan dari quirk ini akan diungkapkan seluruhnya.

Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontroversi Perilaku Kasar Kim Jung Hyun Pada Seohyun SNSD, Netizen Ramai Menghujat - WinNetNews.com

Sikap Kim Jung Hyun Dalam Drama Time 2018 Kembali Diperbincangkan

7 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya