in

Pentingnya Belajar Sejarah bagi Generasi Muda

Belajar sejarah berarti mengenal dan memahami asal muasal segala sesuatu di sekitar kita. Penghapusan mata pelajaran sejarah dari kurikulum sekolah tentunya mengundang pro dan kontra dari banyak orang. Menurut oknum yang setuju pelajaran sejarah dihapuskan, sejarah hanya pelajaran yang harus dihafal tanpa ada manfaat yang besar. Sedangkan oknum yang tidak setuju berpendapat, generasi muda tidak akan bisa mengenal asal mula dan fenomena pada masa terdahulu dari bangsa dan negaranya jika pelajaran sejarah dihapuskan.

Wacana penghapusan pelajaran sejarah dari kurikulum tidak sejalan dengan semboyan Bung Karno, yaitu Jasmerah (Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah). Selain itu, anak perlu mengenal lebih banyak tentang perjuangan pada masa lampau dan nilai moral yang berharga yang sudah ditorehkan oleh para pahlawan. Solusi yang paling tepat adalah pelajaran sejarah tidak dihapuskan, tetapi cara pembelajarannya diperbaiki. Guru, dosen dan calon guru sejarah harus diberikan pelatihan tentang metode belajar sejarah yang lebih menarik bagi siswa.

Solusi lainnya adalah menyediakan referensi sejarah yang menarik bagi anak-anak berupa buku-buku sejarah dalam bentuk komik dan aplikasi smartphone. Komik sejarah sepertinya jenis buku yang sangat disukai oleh semua kalangan, terutama anak-anak. Dampaknya adalah mereka tidak akan lagi bertanya, mengapa kita harus belajar sejarah? Pasalnya, sejarah itu penting untuk dipelajari oleh generasi milenial. Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Pembentukan Karakter Bangsa

Pada hakikatnya, sejarah adalah cikal bakal, identitas, dan karakter bangsa yang harus dipelajari dan dijaga eksistensinya Kita akan merasa kagum setelah mengenal perjuangan para pahlawan bangsa dengan baik melalui pelajaran sejarah. Bahkan, kita akan terpacu untuk meneruskan perjuangan mereka. Sejarah juga membuat kita paham tentang identitas bangsa sehingga karakter setiap individu yang sesuai dengan karakter bangsa akan terbentuk.

Hal yang penting untuk diketahui adalah belajar sejarah itu tidak boleh hanya mengetahui tanggal, bulan, dan tahun sebuah peristiwa. Namun, ada banyak manfaat berharga yang harus dieksplorasi supaya esensi dan makna dari seluruh peristiwa sejarah bisa diresapi dan diambil hikmahnya. Ingat, masa depan Indonesia ditentukan oleh pemahaman generasi muda tentang sejarah bangsanya supaya bisa belajar dari kesalahan masa lalu dan meniru banyak kebaikan yang sudah terjadi.

2. Menjadi Memori Kolektif yang Berharga

Sejarah akan menjadi memori kolektif yang berharga dan pelajaran yang bermakna dalam berbangsa dan bernegara. Bahkan, sejarah juga memberikan petunjuk yang nyata dan menjadi penghubung masa lalu dan masa depan. Dampak negative yang akan terjadi jika sejarah ditinggalkan adalah hidup kita akan menjadi kering tanpa nuansa dan hikmah. Adapun hal yang harus dibangun oleh generasi milenial adalah berdialog serta mengambil inisiatif untuk berkolaborasi supaya janji dan mimpi kemerdekaan bisa terwujud.

Pentingnya Belajar Sejarah bagi Generasi Muda Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/stonehenge-di-bawah-awan-nimbostratus-161798/

Belajar sejarah harus dipelajari supaya kegagalan pada masa lalu tidak terulang kembali dan kejayaan masa lalu bisa dihadirkan kembali. Faktanya, kedudukan sejarah sebagai ilmu yang penting sudah tertulis jelas dalam Alquran karena ada banyak kisah sejarah di dalamnya. Jadi, sejarah tidak boleh dilupakan supaya hubungan sebuah generasi dengan generasi sebelumnya tidak terputus. Oleh sebab itu, generasi modern yang hidup pada era globalisasi dan kecanggihan teknologi yang futuristik ini tidak boleh melupakan sejarah.

Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah sesuai dengan zamannya, generasi modern harus diperkenalkan melalui media sosial berupa video dan foto-foto menarik yang disertai dengan cerita seru. Selain itu, pengetahuan sejarah melalui media sosial belum cukup sehingga harus ada pemahaman lebih lanjut melalui bacaan di buku-buku sejarah ataupun diskusi bersama guru atau dosen. Diskusi dengan pakar atau orang yang lebih paham tentang sejarah diperlukan supaya tidak terjadi pemahaman yang keliru.

3. Sejarah Mampu Menjelaskan Silsilah dalam Hidup

Sejarah sangat penting bagi perjalanan hidup manusia. Menurut sejarahwan Sartono Kartodirdjo, manusia yang hilang kesadaran akan sejarah berarti sama dengan pasien di rumah sakit jiwa. Sejarah mampu menjelaskan tentang peran manusia dalam keluarga, kerabat, suku bangsa, hingga bangsa. Menurut Herodotus, Historia Vitae Magistra yang artinya sejarah adalah guru kehidupan. Bahkan, presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno berkata secara tegas, “Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah.”

Pentingnya Belajar Sejarah bagi Generasi Muda Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-grayscale-dari-old-pictures-3617536/

Dengan belajar sejarah, kita akan tahu perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Ada banyak tokoh atau pahlawan yang bertaruh nyawa. Kita harus kagum dan bangga akan perjuangan para pahlawan karena pengorbanan mereka sangat besar. Kekaguman dan kebanggaan yang dipupuk dengan baik akan tumbuh menjadi rasa nasionalisme yang mengakar dalam diri generasi milenial. Oleh sebab itu, kesadaran dan kemauan untuk memahami sejarah harus dimiliki supaya kita tidak kehilangan identitas sebagai bangsa Indonesia.

4. Sejarah Sebagai Pengingat Akan Perjalanan Bangsa

Rekam jejak kehidupan manusia pada masa lalu akan menjadi pengingat yang nyata. Pengalaman adalah guru yang terbaik dalam segala hal. Perjuangan ketika mengusir penjajah hingga mendapatkan hak sebagai sebuah negara adalah perjuangan yang sangat berat. Terdapat banyak peristiwa kelam yang sudah terjadi. Sejarah telah mengingatkan kita untuk tidak melupakan modal dasar perjuangan pada masa depan, terutama generasi muda yang baru memulai sebuah perjuangan. Pada zaman dahulu, bangsa Indonesia hanya bermodal bambu runcing, tetapi bisa mengusir penjajah sehingga kita mampu mempertahankan harkat dan martabat sebagai negara dan bangsa. Kegigihan dan ketangguhan sudah menjadi bukti bahwa semua perjuangan akan berbuah manis.

5. Sejarah Sebagai Pemersatu Bangsa

Pentingnya Belajar Sejarah bagi Generasi Muda Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pahatan-dinding-kuno-355188/

Sejarah mampu mempersatukan bangsa karena kita tahu bahwa kemerdekaan bisa diraih dengan adanya persatuan dan kesatuan. Pada hakikatnya, kekuatan yang besar telah berhasil membentuk sebuah negara yang beragam dari segi agama, budaya, dan suku. Berawal dari perbedaan, kita mampu memahami satu sama lain karena kita memiliki nasib yang sama sehingga harus ditanggung bersama. Oleh karena itu, belajar sejarah akan memupuk rasa persatuan dan kesatuan karena perjuangan untuk membangun bangsa yang lebih beradab masih sangat panjang. Generasi muda sebaiknya mengilhami semangat ini sehingga mampu mengharumkan nama negara di kancah internasional. Hindari konflik dengan tidak mempersoalkan budaya, agama, dan lainnya.

6. Sejarah Sebagai Penyemangat

Pada prinsipnya, sejarah memberi pengertian mendalam bagi keberlangsungan manusia. Artinya, sejarah benar-benar menceritakan masa lalu secara mendalam sehingga generasi masa kini bisa mempelajarinya. Bagi orang-orang yang mengilhami sejarah, mereka akan mendapat suntikan seemangat untuk berkarya supaya masa depan menjadi lebih baik. Sejarah sebagai penyemangat sudah selayaknya menjadi alat yang harus digunakan oleh semua orang untuk memperbaiki hidup supaya tidak melakukan kesalahan yang sama. Jika melakukan kesalahan yang sama berarti tidak mau belajar sejarah.

Sudah paham betapa pentingnya belajar sejarah? Buang rasa malas untuk mempelajari dan mengkaji sejarah karena sejarah akan mengubah pola pikirmu. Jadilah pribadi yang cerdas dan tidak malas. Negara dan bangsa menunggu kontribusimu. Semangat!

Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berbagai Destinasi Wisata Afrika Selatan Yang Wajib Kamu Kunjungi

Negara-Negara Dengan Mata Uang Paling Bernilai Di Dunia