in

Penulis Naskah Kim Eun Sook Beberkan Alasan Drama Korea Disukai

Drama Korea sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi tontonan yang sangat menarik. Penontonnya tidak hanya berasal dari kaula muda tetapi juga banyak orang tua yang ikut serta menantikan akting para selebritis Korea. Penggemar drakor biasanya akan merasa sebal ketika drama favorit mereka sudah memasuki episode terakhir. Lantaran mereka sudah terlalu jatuh hati dengan alur cerita yang telah ditonton selama berminggu-minggu. Apalagi ketika akhirnya dua tokoh yang diharapkan bisa bersatu sejak awal cerita benar-benar bersama menjadi pasangan. Tentu saja penggemar drakor akan semakin sulit untuk beralih setelah menyaksikan tokoh favoritnya tersebut melewati berbagai macam tantangan. Kendati begitu, sebenarnya ada alasan kenapa drama Korea sangat disukai hingga mampu menggaet penonton internasional.

Kim Eun Sook membeberkan alasan drakor selalu ditunggu-tunggu oleh pecintanya di sebuah wawancara. Mungkin tidak sedikit penggemar drakor yang mengenal perempuan kelahiran tahun 1973 tersebut. Dia adalah salah satu penulis naskah perempuan yang paling terkenal karena banyak karyanya yang populer. Beberapa karyanya yang sukses adalah Secret Garden tayang 2010, The Heirs tayang 2013, Descendants of the Sun tayang 2016. Goblin tayang 2016 dan Mr Sunshine tayang 2018. Kemudian, The King: Eternal Monarch yang tayang 2020 tidak mendapatkan rating baik di Korea Selatan tetapi sangat populer di mancanegara.

Sebenarnya ada banyak penulis drama Korea yang sama populernya seperti Kim Eun Sook. Seperti Hong Mi Ran dan Hong Jong Eun merupakan dua bersaudara yang sering disebut Hong Sisters. Mereka debut sebagai penulis drama populer berjudul Sassy Girl Chun Hyang yang tayang 2005. Beberapa karya mereka lainnya My Girlfriend is Gumiho, Master’s Sun, Hwayugi, You’re Beautiful, dan Hotel del Luna. Karya Hong Sisters yang identik bergenre fantasi dengan banyak hantu banyak disukai karena dinilai ringan tetapi tetap menarik.

Penulis Naskah Kim Eun Sook Beberkan Alasan Drama Korea Disukai Drama Korea

Gambar: Kisah bromance antara Goblin dan Malaikat Maut yang sama-sama tampan dalam drama Goblin yang tayang pada 2016

Park Jieun juga merupakan penulis naskah yang memiliki banyak drama populer seperti drama Crash Landing on You yang tayang 2019. Drama tersebut sukses meraih rating tertinggi sebesar 21.7% yang tercatat sebagai rating terbaik di televisi kabel. Crash Landing on You tidak hanya populer di Korea Selatan tetapi juga di banyak negara lainnya. Karyanya yang juga populer adalah My Love From The Stars, The Producers, dan Legend of The Blue Sea.

Lee Woo Jung merupakan salah satu penulis drama Korea terbaik. Reply Series (Reply 1994, Reply 1997, dan Reply 1998), Prison Playbook, dan Hospital Playlist merupakan karya dari tangan dinginnya. Banyak penggemar yang menyukai karyanya karena memiliki genre slice of life yang mengedepankan kisah persahabatan dan kekeluargaan. Selain itu, penonton juga senang dengan rasa penasaran akan ceritanya yang sulit sekali ditebak.

Kim Young Hyun juga memiliki ciri khas tersendiri sama setiap penulis naskah drakor pada umumnya. Dia lebih sering menulis drama bergenre kerajaan disebut dengan istilah saeguk. Beberapa karyanya yaitu seperti A Jewel in the Palace, The Great Queen Seondeok, dan Arthandal Chronicles. Tentu banyak penggemar drakor mengenal ketiga drama populer itu.

Nama Park Hye Ryun mulai melejit lewat kesuksesan Dream High 1 yang tayang pada 2011. Kendati begitu, dia sebenarnya debut sejak 2005 sebagai penulis naskah drama Not Alone. Beberapa karyanya yang juga populer adalah Pinocchio, I Can Hear Your Voice, While You Were Sleeping, dan Start Up.

Berikut ini adalah 4 alasan mengapa drama Korea disukai berdasarkan keterangan Penulis Naskah Kim Eun Sook :

1. Dialog perdebatan yang jenaka

Drama Korea jika diperhatikan sebenarnya memiliki adegan yang menunjukan perdebatan antar para karakter. Tidak jarang penonton tidak dapat menahan tawa mereka saat menyaksikan cara pemain berdebat dengan intonasi suara meninggi. Selain itu, ketika mereka sedang bertengkar malah menimbulkan tingkah laku lucu seperti dalam drama Descendants of the Sun. Kim Eun Sook sengaja memasukkan unsur ini saat Seo Dae Young menolak permintaan Yoo Si Jin dengan mendadak mengeluarkan sisi femininnya. Selain itu, penulis juga membangun karakter yang kuat untuk karakter Lee Gon dalam The King: Eternal Monarch. Raja yang berkuasa di Kerajaan Korea tersebut berhak memberikan hukuman penggal kepada orang yang telah mengkhianati kerajaan. Namun, perkataan dipenggal yang disampaikan Lee Gon pada kenyataannya hanya digunakan untuk menjahili orang-orang terdekatnya saja.

Penulis Naskah Kim Eun Sook Beberkan Alasan Drama Korea Disukai Drama Korea

Gambar: Dialog perdebatan yang jenakan antara Seo Dae Young menolak permintaan Kapten Yoo Si Jin dalam Descendants of the Sun

2. Kisah bromance yang menarik

Kisah bromance tidak kalah menarik dari kisah cinta dalam drama Korea karena keduanya sama-sama berhasil melelehkan hati para penonton. Kim Eun Sook juga tidak pernah melewatkannya seperti bromance antara Goblin dan Malaikat Maut yang sama-sama tampan dalam drama Goblin. Kedua karakter memang sering kali bertengkar tetapi mereka tidak pernah ragu sedikitpun untuk saling tolong menolong. Kisah bromance lainnya yang tidak kalah legendaris adalah Seo Dae Young dan Yoo Si jin dalam Descendants of the Sun. Selain itu, ada hubungan antara Lee Gon dan Jo Yeong dalam The King: Eternal Monarch.

3. Keindahan dialog yang puitis

Alasan selanjutnya mengapa drama Korea disukai berdasarkan keterangan Penulis Naskah Kim Eun Sook adalah adalah keindahan dialog yang begitu puitis. Seperti ketika Choi Yoo Jin berbicara mengenai perbedaan di dunia yang membuat dirinya dan Go Ae Shin sulit untuk bersatu. Dialog tentang perbedaan kekuasaan, opini, dan status sosial dalam Mr Sunshine. Selain itu, dialog dalam drama Korea juga selalu menggunakan kalimat-kalimat yang menghanyutkan jiwa. Apalagi karya dari Kim Eun Sook yang terkenal selalu membuat penoton terngiang-ngiang karena dapat digunakan untuk merayu pasangan.

4. Kisah cinta yang tidak diragukan

Kemampuan Kim Eun Sook dalam meramu sebuah kisah cinta yang epik tidak perlu diragukan lagi hingga dijuluki sebagai pakar romansa. Semua format ceritanya selalu sukses membuat emosi penonton menjadi naik turun mulai dari adegan romantis sampai mengharukan. Contohnya sebut saja kisah cinta di antara dua orang yang dipisahkan dunia paralel dalam The King: Eternal Monarch. Lalu kisah cinta klasik yang melibatkan pewaris kekayaan keluarga konglomerat dengan gadis miskin yang hanya anak pembantu dalam The Heirs. Itu adalah 4 alasan mengapa drama Korea disukai berdasarkan keterangan Penulis Naskah Kim Eun Sook.

Untuk informasi seputar drama korea lainnya, silahkan kunjungi Tulizan DraKor.

Original Writer: https://www.instagram.com/deafolzen

What do you think?

Expert

Written by Tulizan Korea

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Etika Berkendara di Jalan Raya, Para Pemotor Perhatikan Ini - News+ on RCTI+

Tips Meminimalisir Kecelakaan Dengan Etika Berkendara Yang Baik

Protagonis adalah Tokoh dalam Sebuah Karya, Ketahui Perbedaannya dengan Karakter Lain Halaman 4 | merdeka.com

Empat Contoh Tokoh Protagonis Dalam Film Yang Menyebalkan