in

Perbedaan Online Learning dengan Distance Learning (PJJ)

Pada masa pandemi, semua pembelajaran harus dilakukan dari jarak jauh atau tidak bertatap muka. Dengan demikian, pembelajaran jarak jauh harus dilakukan secara online. Namun, Online Learning dengan Distance Learning itu berbeda. Online learning adalah cara belajar dengan menggunakan koneksi internet, sedangkan distance learning adalah cara mengikuti kelas tanpa tatap muka. Jadi, kamu tidak boleh salah kaprah setelah membaca artikel ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Online Learning dengan Distance Learning (PJJ) Pendidikan

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/ibu-membantu-putrinya-menggunakan-la

Online Learning (Belajar Daring)

Online Learning dengan Distance Learning berbeda. Oleh sebab itu, kita harus membahas satu per satu supaya tidak terjadi salah paham. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

a. Pengertian Online Learning

Online learning (belajar daring) adalah salah satu cara belajar tanpa tatap muka yang membutuhkan koneksi internet. Menurut Darin E. Hartley, Online Learning adalah pembelajaran yang memakai media internet, intranet, atau media jaringan komputer lain yang bisa diakses asalkan memahami cara mengoperasikan komputer. Sedangkan menurut Kamarga, online learning adalah kegiatan belajar menggunakan perangkat komputer yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Ada tiga komponen dari Online Learning yang harus terpenuhi, yaitu teknologi, konten, dan rancangan pembelajaran. Jika ada salah satu dari komponen tidak terpenuhi maka tidak bisa disebut Online Learning.

b. Konsep Belajar Daring

Pembelajaran daring (online learning) membutuhkan teknologi informasi terbaru (up to date) sehingga para peserta didik menjadi tertarik terhadap materi pelajaran yang disajikan. Setiap pembelajaran mempunyai pola tersendiri dan memakai media elektronik yang terhubung dengan internet untuk menyampaikan materi pembelajaran. Ada tiga komponen yang harus terpenuhi sebagai berikut.

  • Device (alat) antara lain android smartphone, tablet, windows 10 notebook, chrome notebook
  • Network (jaringan) internet yang membutuhkan biaya antara lain operator seluler seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan lainnya atau mode WIFI seperti Indihome.
  • Aplikasi yang terpasang pada gawai (gadget) seperti Zoom, Whatsapp, Google Classroom, Microsoft Office, dan lainnya.
Perbedaan Online Learning dengan Distance Learning (PJJ) Pendidikan
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-wanita-meja-tulis-4145190/

c. Kelebihan Belajar Daring

Online learning memiliki kelebihan sebagai berikut.

  •  Biaya

Online learning bisa mengurangi biaya pelatihan sehingga pengeluaran bisa diminimalisasi. Adapun biaya-biaya yang hilang antara lain biaya sewa ruangan, transportasi narasumber dan peserta pelatihan, konsumsi, dan peralatan/perlengkapan pendukung.

  • Fleksibilitas Waktu

Online learning memudahkan para pelajar atau karyawan untuk menyesuaikan waktu belajar sesuai dengan ketersediaan waktu yang dimiliki atau berlaku kapan saja.

  • Fleksibilitas Tempat

Online learning bisa dilakukan di mana saja seperti sekolah, rumah, taman, perpustakaan, dan lainnya asalkan ada koneksi internet.

  • Kecepatan Pembelajaran

Setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Ada orang yang cepat mengerti materi, tetapi ada juga yang lambat sehingga harus mengulang pelajaran beberapa kali. Online learning dapat disesuaikan dengan kecepatan belajar masing-masing siswa. Siswa mengatur sendiri kecepatan pelajaran yang diikuti. Selain itu, materi pelajaran bisa diterima langsung tanpa menunggu lama.

  • Efektivitas Pengajaran

Online Learning bisa membuat pembelajaran menjadi efektif karena beberapa kekurangan bisa diatasi. Misalnya, guru atau pengajar yang kurang sehat bisa terlihat normal karena tidak bertemu langsung dengan murid. Selain itu, kualitas video selalu sama ketika diakses oleh siapapun. Ada banyak metode pembelajaran yang dilengkapi dengan teknologi animasi canggih.

  • Proses Administrasi secara Otomatis

Online Learning memudahkan proses penyelesaian tugas administrasi sehingga bisa selesai dalam waktu lebih singkat. Laporan hasil belajar bisa dicetak secara otomatis tanpa melalui administrator jika sudah memiliki akses ke LMS (Learning Management System).

d. Kekurangan Online Learning

Adapun kekurangan online learning sebagai berikut.

  • Butuh Teknologi yang Memadai

Teknologi yang digunakan harus memadai dan kompatibel supaya bisa diakses oleh semua orang di mana saja dan kapan saja. Faktanya, tidak semua orang memiliki fasilitas dan kemampuan komputer atau gawai yang sama. Bahkan, internet belom menjangkau semua daerah di Indonesia, terutama daerah pelosok. Jadi, masih banyak orang yang belum bisa merasakan Online Learning dengan Distance Learning.

  • Butuh Investasi Besar

Investasi besar dibutuhkan untuk membiayai banyak hal seperti desain dan pembuatan program online learning, pembayaranan untuk ahli IT, dan masih banyak lagi. Bahkan, infrastruktur yang belum memadai bisa menyebabkan organisasi harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli komputer, jaringan, server, dan lain-lain.

Perbedaan Online Learning dengan Distance Learning (PJJ) Pendidikan
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-cangkir-laptop-buku-catatan-4050415/

Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh)

a. Pengertian Distance Learning

Apa itu Distance Learning?

Online Learning dengan Distance Learning ternyata memiliki banyak perbedaan. Distance Learning atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah model pembelajaran modern yang menjadi solusi bagi orang-orang yang mempunyai kendala waktu, tempat, dan sumber daya manusia.

Ada beberapa model pembelajaran jarak jauh sebagai berikut.

  • Pembelajaran Jarak Jauh Berupa E-Learning untuk Siswa atau Mahasiswa

Menurut Chandrawati, E-learning adalah sistem atau konsep belajar mengajar yang memakai teknologi informasi dari jarak jauh dengan memadukan prinsip-prinsip pembelajaran dengan teknologi (2010). Sedangkan menurut Ardiansyah, E-learning adalah sistem pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung antara guru dengan para muridnya. Perangkat pendukung E-Learning antara lain e-book, modul ajar dalam bentuk pdf, latihan soal, dan forum diskusi.

  • Pelatihan Jarak Jauh

Sistem ini terdiri dari e-book atau modul ajar, latihan soal, dan online test. Namun, sistem ini umumnya tetap ada proses tatap muka sehingga kompetensi dan keterampilan yang didapatkan dari para peserta lebih berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan. Pelatihan ini biasanya memberikan sertifikat sebagai tanda kelulusannya.

b. Kelebihan Pembelajaran Jarak Jauh

Distance Learning memiliki kelebihan sebagai berikut

  • Pembelajaran bersifat fleksibel karena tidak terikat waktu dan tempat.
  • Interaksi antara murid yang berada di daerah terpencil dengan pengajar/instruktur terbantu dengan adanya pertemuan berkala.
  • Mendukung pemerataan pendidikan karena bisa menjangkau semua orang, termasuk murid-murid yang jauh dari lokasi pembelajaran.
  • Pembelajaran bisa dilakukan tanpa batasan jarak, waktu, dan usia.
  • Menjadi solusi bagi kekurangan tenaga pendidikan.

c. Kekurangan Pembelajaran Jarak Jauh

Distance learning juga mempunyai kekurangan sebagai berikut.

  • Mahalnya biaya infrastruktur menyebabkan biaya pendaftaran calon peserta didik tentunya menjadi mahal.
  • Interaksi antara peserta didik dengan guru atau pengajar terbatas atau hanya beberapa kali pertemuan.
  • Kualitas bahan ajar tidak bisa dipastikan telah diterima secara utuh, terutama untuk daerah yang lokasinya terpencil sehingga jaringan internet atau media pembelajaran lainnya tidak bisa digunakan oleh para murid.
  • Penerapan metode pembelajaran jarak jauh berbasis TIK tidak bisa dilakukan di daerah yang belum terjangkau oleh listrik atau belum diperkenalkan dengan teknologi komputer sama sekali.

Pembahasan tentang Online Learning dengan Distance Learning ini diharapkan bisa membuka wawasan para pembaca sehingga tidak lagi menganggap keduanya sama. Pasalnya, ada banyak perbedaan yang sudah dijelaskan sehingga diharapkan bisa mengubah cara pikir karena sudah paham dengan masing-masing konsepnya. Selamat menikmati teknologi dalam pembelajaran!

Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Berlibur saat Pandemi, Ini 4 Tips Aman Menikmati Liburan - Galamedia News

Inilah Tips Berlibur Saat Pandemi Agar Kita Bisa Aman dan Nyaman

Negara-Negara Dengan Inflasi Tertinggi Di Dunia