in

Perbedaan Universitas dan Akademi atau Sekolah Tinggi

Orang awam sering menganggap universitas dan akademi itu sama dan tidak ada perbedaan. Universitas (university) adalah sekolah lanjutan tingkat tinggi, sedangkan college lebih cenderung berupa sekolah tinggi yang setara dengan universitas atau ditempuh sebelum masuk universitas. Namun, keduanya adalah jenjang pendidikan tinggi yang boleh ditempuh setelah lulus dari sekolah menengah umum (SMU) atau high school.

Hal yang penting untuk diketahui adalah alasan calon mahasiswa memilih college atau.university. Pertama adalah biaya. Biaya kuliah di akademi atau sekolah tinggi (college) biasanya lebih murah. Kedua adalah lokasi. Calon mahasiswa mungkin memilih college karena lokasinya tidak jauh dari rumah. Ketiga adalah pilihan gelar. Ada orang yang tidak memerlukan gelar sarjana atau malah ingin gelar ganda (dual degree). Faktanya, ada banyak universitas di luar negeri yang bekerja sama dengan college di Indonesia untuk memberikan gelar sarjana. Contohnya, universitas asal Inggris bekerja sama dengan college di Indonesia untuk memberikan gelar sarjana plus gelar magister yang disebut dual degree.

Tidak ada salahnya untuk memahami perbedaan antara universitas (university) dan akademi atau sekolah tinggi (college), terutama bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Simak pembahasan tentang perbedaan antara university dan college berikut ini.

Perbedaan Pengertian atau Makna

Universitas (university) berbeda dengan akademi atau sekolah tinggi (college) dari segi pengertian atau makna. Ulasan tentang perbedaan antara university dan college secara lengkap sebagai berikut.

Pengertian Universitas (University)

Perbedaan Universitas dan Akademi atau Sekolah Tinggi Pendidikan

Universitas (university) adalah lembaga/institusi pendidikan tinggi yang menyediakan banyak jurusan dan program studi dengan adanya unsur legalitas dan keuangan yang terdaftar secara resmi dan mendapatkan izin dari kementerian pendidikan. Universitas di Indonesia terdiri dari beberapa fakultas yang menawarkan kekhususan program studi (setiap fakultas menaungi beberapa program studi. Misalnya, Fakultas Ekonomi terdiri dari beberapa jurusan, yaitu Ilmu Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.

Selain itu, universitas biasanya menyediakan 3 jenjang, yaitu program sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3). Universitas tergolong lebih tinggi tingkatannya karena tersedia lebih banyak program studi yang bisa dipilih oleh para mahasiswa. Universitas di Amerika adalah institusi yang menawarkan program S1 dan S2 dengan durasi belajar penuh waktu (full time). Namun, ada juga universitas-universitas beken dan keren yang menyebut institusinya adalah college karena tradisi atau kebiasaan sejak lama. Misalnya, Dartmouth University yang sering disebut Darthmouth College atau Central Michigan University yang mempunyai School of Accounting dengan salah satu bagiannya, yaitu college of Business Administration.

Akademi atau Sekolah Tinggi (College)

Perbedaan Universitas dan Akademi atau Sekolah Tinggi Pendidikan

Akademi atau sekolah tinggi (college) adalah insititusi pendidikan tinggi yang menawarkan program studi khusus yang berdiri sendiri saja dan pelatihan jangka pendek seperti keterampilan komputer yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Selain itu, institusi pendidikan ini bisa digunakan untuk pendidikan dengan kekhususan tertentu seperti fakultas sebagai bagian dari universitas (undergraduate). Ada college yang menjadi bagian dari university, tetapi ada juga college yang berdiri sendiri dengan jurusan atau program studi khusus.

Perbedaan Durasi atau Masa Pendidikan pada Universitas dan Akademi

Perbedaan antara universitas dan akademi yang selanjutnya adalah durasi atau jangka waktu untuk mengenyam pendidikan yang sering menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sekolah tinggi. Ada yang tidak suka belajar terlalu lama sehingga memilih college karena masa pendidikan di college adalah 2 hingga 3 tahun saja. sedangkan kuliah di universitas setidaknya membutuhkan waktu minimal 3,5 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana.

Perbedaan Sistem Pendidikan pada Universitas dan Akademi

Akademi atau Sekolah Tinggi (College)

Perbedaan Universitas dan Akademi atau Sekolah Tinggi Pendidikan

Sistem pendidikan di college dan university itu berbeda. College menawarkan studi diploma saja, yaitu D1 hingga D-4 (undergraduate) sehingga college tidak menawarkan program S2. Selain itu, jurusan yang ditawarkan biasanya sedikit dan spesifik atau khusus di satu bidang saja. sebagai informasi tambahan, College terdiri dari beberapa jenis. Penjelasannya sebagai berikut.

  • Sekolah Tinggi Kejuruan (Career College)

Sekolah Kejuruan (Career College) adalah sekolah tinggi yang mengajarkan berbagai pelatihan keterampilan untuk mempersiapkan dunia kerja. Para lulusan akademi ini akan memperoleh sertifikat, ijazah, dan gelar tertentu sesuai keahliannya. Durasi perkuliahan untuk program sarjana (undergraduate) adalah dua hingga tiga tahun dan untuk program magister adalah tiga sampai empat tahun. 

  • Akademi Komunitas (Community College)

Akademi ini sangat cocok untuk calon mahasiswa yang ingin tempat pendidikan tidak jauh dari tempat kerja atau tempat tinggal mereka. Orang-orang yang sudah bekerja dan ingin mendapatkan gelar yang lebih tinggi biasanya memilih akademi seperti ini. Alasannya adalah biaya pendidikan lebih murah daripada jenis sekolah tinggi lainnya dan ada banyak jurusan yang ditawarkan.

Para lulusannya akan memperoleh sertifikat, diploma, dan gelar sejawat (associate). Jika ingin melanjutkan pendidikan ke universitas, akademi ini menyediakan fitur untuk transfer kredit (mata kuliah yang sudah pernah diambil) dari community college sehingga masa studi di universitas bisa kurang dari 4 tahun.

  • Akademi Seni Liberal (Liberal Arts College)

Para mahasiswa akan diajari mata kuliah sastra, bahasa, matematika, sains, dan sejarah di sekolah tinggi ini. Akademi ini berfokus pada pendidikan seni sehingga tidak ada perkuliahan tentan tgeknik dan medis di sekolah ini.

Universitas (University)

Perbedaan Universitas dan Akademi atau Sekolah Tinggi Pendidikan

Universitas adalah institusi pendidikan tinggi dengan cakupan yang lebih besar dan luas yang terdiri dari tiga jenjang pendidikan, yaitu program diploma dan sarjana (undergraduate), program magister (graduate), dan program doktoral (postgraduate). Para mahasiswanya akan mendapatkan gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doctor (S3) yang dibuktikan dengan ijazah dan transkrip nilai. Ada banyak fakultas yang terdiri dari beragam jurusan dan program studi di universitas.

Secara umum, ada dua jenis universitas, yaitu universitas negeri (public university) dan Universitas Swasta (Private University). Universitas negeri dimiliki dan dikelola oleh pegawai yang berstatus pegawai negeri dan biaya kuliahnya cenderung lebih murah karena mendapat subsidi dari pemerintah pusat dan bisa juga dari negara lain. Universitas Swasta berdiri atas gagasan orang-orang nonpemerintahan dan tidak mendapat dana dari pemerintah. Namun, universitas swasta ternama biasanya menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dengan biaya kuliah yang mahal karena mengandalkan dana korporat atau individu pemilik dan terkadang mendapat donasi dari pihak ketiga. 

Perbedaan Komunitas sosial di Universitas dan Akademi

Perbedaan Universitas dan Akademi atau Sekolah Tinggi Pendidikan
Sumber: https://www.oxy.edu/student-life/involvement

Perbedaan antara universitas dan akademi lainnya terletak pada komunitas sosial. Akademi (college) mempunyai populasi mahasiswa yang lebih sedikit dengan umur yang lebih beragam karena ada juga para mahasiswa yang sudah bekerja sehingga mereka biasanya kuliah sambil bekerja. Selain itu, college memiliki klub atau perkumpulan mahasiswa yang lebih sedikit karena sebagian besar mahasiswanya tidak berfokus di kampus saja.

Pada dasarnya, akademi hanya menawarkan program diploma (D1-D4). Akademi (college) yang menawarkan gelar sarjana biasanya bekerja sama dengan universitas, tetapi ada beberapa college yang diberikan kuasa untuk menyediakan program Strata 1 (S1) dengan gelar sarjana sesuai jurusan masing-masing kepada para mahasiswanya. Dengan demikian, pihak universitas tetap memantau kualitas gelar sarjana yang diberikan oleh college partner tentang kurikulum, teknik pengajaran yang diberikan kepada para mahasiswa, dan sistem perkuliahan lainnya. Bahkan, para mahasiswa dari college tersebut juga bisa menikmati fasilitas dari universitas yang memberi kuasa tersebut. Mereka dianggap sebagai bagian dari universitas juga.

Universitas dengan cakupan yang luas pasti menyediakan beragam perkumpulan mahasiswa dan klub dengan banyak aktivitas menarik. Ada banyak tempat untuk melatih kepemimpinan dan keterampilan karena ada banyak organisasi mahasiswa di berbagai bidang. Universitas berdiri sendiri dengan manajemen yang kuat dan baik sehingga bisa memantau seluruh bagian, termasuk semua kegiatan college partners.

Itulah perbedaan antara universitas dan akademi yang menambah pengetahuan sehingga kamu bisa menentukan pendidikan lanjutan dengan mudah. Ada baiknya, kamu berkonsultasi juga dengan guru bimbingan konseling untuk menentukan karier yang akan ditempuh pada masa yang akan datang. Selamat berjibaku dengan dunia perkuliahan!. Untuk mengetahui informasi seputar dunia pendidikan lainnya, silahkan kunjung Tulizan Pendidikan

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Rekomendasi 6 Minyak Alami untuk Kecantikan

Daftar Harga iPhone Akhir Bulan November 2020 Lengkap iPhone 7 Plus sampai iPhone 12 Pro Max - Portal Jombang

Mengenal Handphone iPhone 12 Pro Yang Unggul Dibidang Fotografi