in

Perhatikan 7 Tips Penting Belajar Laptop Untuk Pemula

Era digital membuat semua orang terpaksa harus meninggalkan zona nyamannya. Termasuk para generasi baby boomers, X, dan sebagian kecil generasi Y yang mungkin tidak tersentuh oleh teknologi. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih, semua aktivitas mulai diarahkan pada dunia digital. Tiket transportasi seperti kereta, pesawat, bahkan beberapa bus sudah memanfaatkan aplikasi berbasis digital. Administrasi pemerintahan seperti KTP, keanggotaan BPJS, SIM, dan masih banyak lagi sudah melibatkan campur tangan digital baik dalam proses pengajuan, pembuatan, kalim dan lainnya. Jadi, masyarakat sudah tidak bisa menghindar dan harus bisa menyesuaikan. Salah satu kemampuan yang bisa dipelajari untuk masuk ke dunia digital adalah cara menggunakan fasilitas laptop. Baik itu bagi generasi baby boomers, X, maupun sebagian generasi Y yang mungkin tidak tersentuh digital karena alasan pendidikan biaya, dan wilayah tempat tinggal. Untuk mereka atau bahkan kamu yang saat ini sedang mencoba belajar laptop, ini dia 7 tips penting belajar laptop untuk pemula.

Jangan Takut

Kembali ke era dimana komputer pertama kali diperkenalkan di awal tahun 1990-an dan awal 2000. Awal 1990-an masih sedikit sekali komputer yang beredar dan ini hanya di instansi pemerintahan, pendidikan, maupun perkantoran. Komputer pribadi di rumah baru populer di awal tahun 2000-an. Tahap inilah orang – orang mulai tertarik dengan komputer tetapi tidak sedikit juga yang takut mencoba. Makin lama, komputer semakin menjamur bahkan hingga saat ini. Semakin canggih dengan berbagai perangkat berbeda dan bisa mengakses jaringan internet. Kesulitan awal memperkenalkan komputer saat itu adalah karena takut. Para pengguna takut mencoba, takut merusakkan perangkat, sehingga tidak bisa melakukan eksplorasi lebih dalam. Maklum kala itu komputer pribadi sangat jarang dan seringnya dipakai beramai – ramai.

Oleh karena itu, kunci penting mempelajari komputer adalah hilangkan rasa takut dan menumbuhkan keingintahuan. Satu poin tambahan penting adalah jangan gengsi untuk bertanya meskipun kepada orang yang lebih muda. Banyak orang yang lebih tua tidak mau membuka diri untuk bertanya pada yang lebih muda, dan ini berlaku sebaliknya, yang lebih muda juga tidak mampu mengajarkan pada yang lebih tua dengan tetap memperhatikan tata krama.

Perhatikan 7 Tips Penting Belajar Laptop Untuk Pemula Komputer & Laptop

Mulai dari yang paling mendasar

Belajar laptop terkadang jadi hal yang rumit karena pengajar terburu – buru mengajarkan semua hal atau yang mempelajari terlalu ingin mengetahui semua hal secara bersamaan. Belajar laptop bisa lebih efektif dilakukan untuk pemula dengan perlahan – lahan. Mulai dari pengenalan bagian – bagian laptop, fungsi, dan tujuan menggunakan laptop. Bayangkan jika kamu yang belajar laptop untuk urusan akses internet melihat perkembangan berita untuk mengetahui harga jual hasil pertanian, peternakan, dan perkebunan misalnya, tidak perlu disuguhi dahulu pengetahuan tentang excel, word, dan sebagainya. Pengguna pemula sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara menghubungkan koneksi dengan internet dan mempergunakan browser untuk mencari informasi atau berita yang dicari. Setelah itu mungkin baru bisa mempelajari bagaimana cara menyimpan informasi dan bahkan mencetaknya di mesin printer.

Pengguna sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tujuan menggunakan laptop sehingga bisa mulai dari titik itu dulu. Jika langsung mempelajari banyak hal, bukannya mengetahui tapi malah memberikan beban yang terlalu banyak. Ini yang banyak menjadi alasan para generasi baby boomer, X, dan sebagian generasi Y enggan mempelajarinya meskipun tahu akan sangat berguna.

Mempelajari cara merawat atau memelihara laptop

Tips belajar laptop untuk pemula selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara merawat atau memelihara laptop. Bagaimana memperlakukan laptop dengan baik, apa saja hal penting yang harus diperhatikan selama penggunaan, serta dimana tempat penyimpanan yang bagus menjadi topik penting bagi para pemula. Laptop tidak boleh di charge terlalu lama. Cukup isi baterai hingga indikator di tampilan laptop menunjukkan penuh saja. Proses charging yang terlalu lama mengakibatkan laptop lebih cepat panas dan baterai menjadi tidak awet. Proses charging tadi, jika terlalu panas juga bisa menyebabkan charger tidak bisa bertahan lama karena terlalu lama membiarkan listrik mengalir. Selain itu, kabel charger juga harus disimpan rapi dengan cara digulung bukan dipatah – patahkan. Tali charger harus dijaga agar tetap dalam kondisi semua seperti kabel – kabel alat elektronik lainnya.

Pengguna baru juga sebaiknya menggunakan laptop dengan tatakan yang keras seperti meja kayu. Jangan meletakkan laptop diatas kasur, bantal, atau bahan lainnya yang menghambat aliran kipas atau angin laptop dan membuatnya panas. Jika hal itu terus dilakukan, laptop bisa cepat panas dan berbunyi. Begitu juga dengan perangkat tambahan lainnya jika ada. Disimpan baik – baik agar awet dan bisa digunakan lama.

Perhatikan 7 Tips Penting Belajar Laptop Untuk Pemula Komputer & Laptop

Kenali penyebab atau pemicu kerusakan laptop

Selain mengetahui cara memelihara laptop, mengetahui pemicu atau penyebab terjadinya kerusakan laptop juga sangat penting. Belajar laptop akan lebih efektif bagi pemula jika mengetahui hal – hal ini di awal agar menjadi perhatian saat penggunaan. Apalagi untuk generasi baby boomers. Misalnya, suhu ruang yang terlalu panas bisa menyebabkan laptop berpotensi untuk ikut panas. Kemudian cipratan atau tumpahan air apalagi saat sedang mencharger laptop akan sangat membahayakan tidak hanya laptop tetapi juga pengguna.

Teknik dasar menghidupkan dan mematikan laptop yang baik

Tips penting belajar laptop untuk pemula adalah mengetahui cara atau langkah yang benar dalam menghidupkan juga mematikan laptop. Pengguna juga bisa meminta tolong kepada ahli komputer untuk dapat melakukan pengaturan agar proses menyalakan laptop dan mematikan laptop berjalan lebih simpel dan mudah dipahami. Pilihan mode menyalakan laptop kalau bisa dibuat otomatis sehingga pengguna yang baru belajar tidak perlu ribet untuk memilih. Misalnya, hanya dengan klik tombol power kemudian menunggu sekitar 2 – 3 menit, laptop sudah nyala tanpa meminta password. Jika perlu password, usahakan yang mudah seperti face recognition atau mode memilih gambar juga sudah cukup.

Begitu juga saat mematikan laptop. Untuk pembelajar pemula harus tahu caranya, karena mematikan laptop langsung menggunakan power off tidak bisa langsung bekerja selain itu juga bisa menyebabkan laptop cepat rusak. Perhatikan langkah – langkahnya, seperti tutup semua jendela yang aktif, klik menu start dan pilih shut down. Tunggu laptop mati secara sempurna, kemudian baru ditutup dan disimpan di tempat aman.

Cara menggunakan mouse

Satu masalah yang mungkin akan sering ditemukan untuk mereka yang baru belajar laptop adalah bagaimana cara menggunakan mouse. Mouse adalah bagian yang cukup sensitif karena sedikit sensor gerak tangan saja dia sudah bisa bergerak cepat. Belum lagi jika ada tombol tambahan di mouse seperti klik kiri dan klik kanan. Bagaimana menggunakannya dan apa perbedaannya. Jika menggunakan mouse tambahan, pastikan untuk menempatkan di atas alas kursor yang sesuai. Karena terkadang sensor bawah mouse tidak bisa digunakan dengan baik di atas sembarang tempat. Mouse wireless bisa juga menjadi alternatif baik bagi kamu, jika tertarik membeli, bisa kunjungi Shopee untuk membeli mouse wireless dengan kualitas terbaik dan pasti original dengan harga terjangkau sekaligus gratis ongkir!

Perhatikan 7 Tips Penting Belajar Laptop Untuk Pemula Komputer & Laptop

Mempelajari keyboard dan tombol double atau triple

Tips belajar laptop untuk pemula juga bisa berkaitan tentang penggunaan keyboard laptop yang bisa saja membingungkan. Apalagi untuk fungsi – fungsi yang perlu penekanan dua tombol seperti beberapa fungsi karakter spesial atau pengaturan suara cahaya, dan wifi. Tetapi pastikan hanya fungsi penting – penting saja yang diingat, tidak perlu mengingat semuanya. Perlu juga mempelajari dan mengingat tombol yang memang tidak akan berfungsi tanpa adanya bantuan tombol lain, karena biasanya menekan tombol dan tidak bisa melihat responsenya bisa membuat stress penggunanya. Jika kamu membutuhkan keyboard eksternal, silahkan kunjungi Shopee untuk membeli keyboard dengan kualitas terbaik dan pasti original dengan harga terjangkau sekaligus gratis ongkir!

Untuk mengetahui informasi tips & trik seputar Laptop dan Komputer, silahkan kunjung Tulizan Laptop dan Komputer

What do you think?

Participant

Written by Tulizan Desktop

Years Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
High angle baby choosing what to eat alone Free Photo

7 Makanan Bergizi dengan Rasa yang Disukai Anak-Anak

Panduan Wisata Singapore Komplit 2020 - Traveling Aja Dulu!

9 Destinasi Wisata Singapura Yang Wajib Untuk Dikunjungi