in

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Menghindari Pertengkaran Rumah Tangga mungkin sesuatu yang seluruh keluarga di dunia ini ingin lakukan. Pertengkaran kecil dalam rumah tangga adalah hal biasa dan sering terjadi. Kerap kali menjadi bahan perdebatan yang menambah suasana gaduh. Meskipun begitu mereka tetap bersama dan beraktivitas seperti biasanya. Beberapa pertengkaran sepeleh bisa mempererat hubungan. Namun, ada juga pertengkaran bisa berakibat fatal yang menyebabkan pasangan untuk bercerai. Setiap pasangan yang berumah tangga pasti memiliki problem yang berbeda-beda dan solusinya juga tak sama. Dan apapun jenis persoalan yang terjadi, sebaiknya menghindari pertengkaran dalam rumah tangga dengan basic.

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : herlandmag.net

Masing-masing pasangan, seharusnya memiliki basic pencegahan ini apabila sewaktu waktu terjadi pertengkaran dalam rumah tangga. Menghindari pertengkaran bukan lari dari tanggung jawab, melainkan untuk meminimalisir suatu hal yang tak boleh terjadi dalam rumah tangga. Apalagi kalau bukan perceraian, tak ada seorang pun yang mau pernikahan sakral berakhir di meja hijau. Setiap pasangan suami istri ingin hidup bersama, bahagia dan damai hingga akhir hayatnya. Rahasia kecilnya dengan memahami satu sama lain, termasuk apabila terjadi pertengkaran diantara mereka. Simak ya, rahasia hubungan awet mesti sering tertimpa badai dalam rumah tangga:

Komunikasi Terjaga

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : freepik.com

Berawal dari percakapan yang intens akan tercipta sebuah ikatan batin dan menjadi lebih dekat. Meluangkan waktu bersama pasangan hanya sekedar nge-teh di sore hari sambil membicarakan sesuatu bisa meningkatkan komunikasi kalian. Meskipun sederhana tapi manfaatnya besar untuk mejaga keharmonisan dalam rumah tangga, berbagi cerita dan saling melibatkan pasangan dalam segala urusan. Bisa mencegah pertengkaran antara pasangan. Meski badai rumah tangga tak kunjung usai dengan komunikasi yang terjaga dapat menghindari pertengkaran dalam kehidupan rumah tangga kalian.

Jujurlah Mengenai Keinginan Anda

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : stocksy.com

Menginginkan sesuatu untuk kepentingan pribadi sangat lumrah dan diperbolehkan. Tak ada salahnya ketika Anda ingin memanjakan diri dengan keinginanmu tentang hal ini itu. Sebagai seorang istri seharusnya bersikap terbuka dan jujur pada suami mengenai berbagai hal. Jika Anda menginginkan suatu berterus terang ke pasangan siapa tahu pasangan akan membelikan dan membayarkan untukmu. Jangan sampai Anda memendamnya dan berharap pasangan peka terhadap keinginanmu. Hey, dia bukan peramal shay, mengungkapkan saja dengan jujur lagian Anda sudah menjadi istrinya dia juga.

Menerima Kekurangan Pasangan

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : shutterstock.com

Pernikahan menyatukan dua kepala yang memiliki sikap dan kebiasaan berbeda. Tak masalah jika keduanya saling menerima perbedaan tersebut. Malahan bagus apabila sepasang suami istri bisa memahami kekurangan yang ada dalam diri pasangan. Bila terus terjaga dapat menghindari berbagai pertengkaran dalam rumah tangga kalian, jangan jadikan perbedaan pasangan menjadi suatu alasan untuk berpisah. Lambat laun dengan hidup bersama diharapkan bisa beradaptasi dan menerima segala suatu perbedaan pasangan. Perbedaan bukan menjadi penghalang, justru sebagai penyatu agar kehidupan dalam rumah tangga lebih berwarna dan bahagia.

Hargai Pasangan Saat Berbicara

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : ivanmartins.blogosfera.uol.com.br

Ketika suami anda sedang membicarakan sesuatu bersama Anda, dengarkan dengan seksama. Usahakan tidak memotong pembicaraan, ada kalahnya ia hanya butuh untuk di dengarkan. Hargai pasangan Anda saat ia sedang berbicara, mendengarkan dengan sepenuh hati tentu akan membuatnya terbantu. Jika pasangan Anda sudah selesai berbicara, cobalah untuk merespon dari setiap percakapannya. Posisikan diri Anda seolah-olah menjadi dirinya. Dengan begitu ketika Anda meresponnya sesuai dengan harapan pasanganmu. Sebagian pertengkaran bisa terjadi karena pasangan tidak mengerti, memahami kondisi pasangan tersebut. Jadilah istri yang terbaik bagi suami mu.

Ajukan Pertanyaan Terbuka

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : brilio.net

Jangan malu untuk mengajukan sebuah pertanyaan ke pasangan tentang hal yang mengganjal di hati mu. Untuk menghindari pertengkaran dalam rumah tangga bisa saling ajukan pertanyaan terbuka. Misalnya kamu marah? bisa menggantinya jadi Apa yang membuat kamu keberatan kalau aku harus lembur di akhir pekan? terlihat berbedakan dua percakapan tersebut. Jika anda menggunakan kalimat terbuka bila sedang mengajukan suatu pertanyaan, akan mengundang diskusi lebih open mind.

Hilangkan Ego Diri

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : lifestyle.kompas.com

Kebanyakan kasus pertengkaran terjadi dikarenakan ego dalam diri mereka yang di tinggikan tanpa peduli masukan dari orang terdekat. Ketika sepasang suami istri tak bisa menahan sifat ego sendiri dan selalu merasa menjadi yang paling besar. Dapat dipastikan kehidupan rumah tangga ini, diliputi cek-cok setiap harinya. Suasana yang buruk, ribut dan tak ada rasa ketenangan, kebahagian dalam rumah tangga menjadi pemicu perpisahan. Kesalahan pasangan yang terus diungkit meski pasangan sudah meminta maaf, tapi karena sikap ego yang tinggi tak bisa menerima kesalahannya. Siapa yang tak merasa risih dengan kelakuan pasangan yang merasa menang sendiri dan tanpa peduli dengan keberadaan pasangan.

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : jadiberita.com

Ego yang tinggi dapat merusak sebuah hubungan kasih. Untuk menghindari sebuah pertengkaran terutama dalam rumah tangga, sebaiknya hilangkan ego Anda maupun pasangan. Jadikan prioritas pernikahan di atas keinginan kalian berdua dan tak ada salahnya untuk Anda mengalah demi pasangan dan sebaliknya. Bila Anda melakukan kesalahan, berikan pengertian ke pasangan secara baik-baik, meminta maaf secara tulus atas perbuatan Anda yang membuatnya sampai marah. Jadikan kesalahan ini sebagai introspeksi diri untuk lebih baik lagi kedepannya.

Tenangkan dengan Berpikir Jernih

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : riliv.co

Pertengkaran dalam kehidupan manusia ada saja, meski telah berusaha semaksimal mungkin berbuat benar. Menghadapi persoalan tak bisa dengan kepala yang panas, terlalu emosi dan kecewa yang berlebihan. Keputusan yang dihasilkan akan tak bijak dan tak tepat, alangkah baiknya tenangkan dengan berpikir jernih. Hal ini membantu Anda melihat permasalahan dari segala arah akan bisa menemukan jalan keluar yang terbaik bagi pertengkaran yang dialami.

Bersikap Lembut Ke Pasangan

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : suara.com

Tapi jangan berpura-pura bersikap lembut demi mendapatkan keinginan Anda dan setelah semua keinginan Anda terpenuhi, sikap lembut ke pasangan hilang. Sikap kasar tak memberikan solusi untuk pertengkaran yang sedang terjadi. Malahan akan membuat pasangan Anda akan terluka hatinya dan semakin emosi dengan sikap mu. Karakter seorang tak bisa dirubah seutuhnya, butuh waktu yang lama dan support lingkungan perlahan-lahan akan sedikit ada perubahan. Menghindari pertengkaran yang tak kunjung selesai dalam rumah tangga, sedikit terbantu dengan cara selalu berusaha lembut baik perbuatan dan perkataan. Apabila kelembutan diantara kalian selalu terjaga akan menciptakan ketenangan di segala situasi. Dengan bersikap baik, lemah lembut ke pasangan bisa membuatnya makin sayang dan mampu meredakan amarahnya.

Beri Dia Waktu Untuk Sendiri

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : limone.id

Pertengkaran yang terus memanas, dan tak kunjung ketemu solusinya. Ada baiknya untuk memberi waktu untuk pribadi masing-masing. Bukan memutuskan komunikasi dengan pasangan tapi memberi space untuk dirimu dan pasangan untuk berpikir dan merenungkan diri. Agar mendapatkan solusi yang terbaik atas permasalahan dalam rumah tangga kalian.

Fokus Pada Solusi Permasalahan

Rahasia! Cara Menghindari Pertengkaran dalam Rumah Tangga Percintaan

Sumber Foto : brilio.net

Pertengkaran yang tak kunjung usai dikarenakan sibuk menyalahkan satu sama lain tanpa melihat penyebab masalahnya. Seharusnya sepasang suami istri mencari tahu hal yang membuat perdebatan terjadi bila sudah menemukan akar penyebab timbul pertengkaran. Akan lebih mudah mendapatkan solusi dari masalah yang ada dalam rumah tangga. Jadikan kesalahan atau pertengkaran untuk melakukan introspeksi Anda dan pasangan untuk menjadi pribadi yang dewasa dalam memutuskan segala suatu yang dialami. Membahas dengan open mind ke pasangan tentang berbagai hal demi menyatukan kembali kedekatan, keharmonisan dalam rumah tangga.

Demikian pembahasan mengenai cara untuk menghindari pertengkaran yang terjadi dalam rumah tangga. Yang terpenting Anda dan pasangan harus saling kompak dan menerima semua yang ada dalam diri pasangan.

Untuk tips dan informasi seputar hubungan percintaan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Cinta.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Cinta

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
11 Tempat Wisata Di Malaysia Yang Seru Untuk Liburan

Ini Dia Destinasi Wisata Malaysia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kim Da Mi Raih Baeksang Arts Awards 2020 Nominasi Aktor Pendatang Baru | Indozone.id

Kim Da Mi Aktris Pendatang Baru Dengan Segudang Penghargaan