in

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia

Memiliki rumah tangga yang harmonis menjadi impian setiap pasangan. Menjaga keharmonisan dalam rumah tangga bisa membuat kehidupan kalian lebih bahagia, nyaman dan menenangkan. Untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga itu bukan hanya dilakukan oleh salah satu pihak saja. Tetapi, Anda dan pasangan harus berkerjasama untuk selalu menjaga dan menciptakan kegiatan yang bisa membuat keharmonisan tetap ada dalam rumah tangga kalian. Berbagai momen bersama pasangan atau anak-anak bisa dilakukan seperti berlibur bersama keluarga, piknik bersama dan sekedar makan bersama keluarga. Hal ini, bisa untuk saling menjaga kerukunan, keharmonisan antara anggota keluarga di rumah. Selain itu, dengan mempertahankan dan menjaga keharmonisan dalam rumah tangga akan membuat rumah tangga kalian langgeng sampai kakek nenek.

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : genpi.co

Meskipun perjalanan mengarungi bahtera rumah tangga sering kali dihadapkan berbagai cobaan dan rintangan. Berbagai masalah dalam rumah tangga bisa kalian selesaikan secara bersama-sama dengan pasangan hidup. Pernikahan langgeng bisa membuat rumah tangga kalian lebih bahagia dan harmonis. Bagaimana cara untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga? Yuk simak beberapa tipsnya berikut:

Prioritaskan Pernikahan

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : komunitas.sikatabis.com

Kunci dalam rumah tangga yang bahagia dengan memprioritaskan pernikahan kalian tak heran jika banyak pasangan yang sudah memiliki anak, mereka lebih utamakan anak sebagai prioritas utama. Padahal seharusnya kalian bisa mengimbangi antara hubungan sama pasangan dengan anak. Sehingga keduanya bisa saling diperhatikan jika Anda lebih berat sebelah artinya lebih mengutamakan anak artinya hubungan Anda dengan pasangan akan berkurang.

Jika anak sudah dewasa nanti pasti mereka akan memiliki kehidupan baru bersama pasangannya dan tidak tinggal bersama dengan Anda. Dan hanya kalian berdua dalam rumah tangga. Jadi usahakan tetap memprioritaskan pernikahan kalian dengan saling terbuka dan jujur satu sama lain dalam masalah apapun yang terjadi.

Saling bertukar cerita

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : viva.co.id

Bercerita dengan pasangan adalah salah satu kunci keluarga bahagia. Saling terbuka, jujur, bertukar cerita mengenai kesibukan hari ini, tentang keadaan anak, saling bertukar pikiran menjadi hal yang bisa meningkatkan suasana keharmonisan dalam rumah tangga. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kebosanan pada masing-masing pasangan yang bisa menyebabkan disgunsi mulai perkara perselingkuhan hingga perkara anak lebih memilih bersama tema dibandingkan keluarga. Bercerita juga dapat membuat hubungan satu sama lain menjadi lebih dekat, dan membuat pernikahan kaliang langgeng dan bahagia.

Makan Bersama Keluarga

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : pidjar.com

Usahakan kalian minimal empat kali dalam seminggu untuk menyempatkan makan malam bersama keluarga, baik hanya berdua dengan pasangan ataupun bersama anak-anak kalian. Hal ini juga bisa membuat hubungan dalam rumah tangga kalian menjadi harmonis dan langgeng.

Prioritaskan Keluarga Sebelum Teman

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : parentingcenter.id

Keluarga bahagia bukan hanya antara Anda dengan pasangan melainkan juga ada anak-anak kalian. Sering kali anak-anak merasa bosan dan mencari kesenangan di luar rumah dengan bermain bersama teman-teman mereka. Anda sebagai orang tua harus memberi tahu anak-anak bahwa keluarga tetap lebih penting daripada teman, bukan berarti melarangnya untuk bermain. Melainkan memberi dia pengertian dan batas-batasan yang diperbolehkan dan tidaknya anak, Hal ini bertujuan agar anak kalian merasa lebih diperhatikan, disayang oleh orang tua sehingga anak tidak mencari perhatian di luar rumah.

Membatasi Kegiatan Anak Setelah Sekolah

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan

Sumber Foto : edukasi.kompas.com

Semakin banyak kegiatan anak-anak mulai dari organisasi, les dan lainnya. Hal ini membuat orang tua sibuk untuk mengantarkan anak-anaknya, di mana membuat anak-anak kalian tidak pernah di rumah pada saat tertentu. Cobalah membuat kegiatan setelah sekolah misalnya, mengajak anak untuk belajar melukis bersama, bermain sepeda bersama di deket rumah. Hal ini bisa membuat hubungan keluarga semakin harmonis.

Menjaga Intonasi Suara

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : haibunda.com

Ketika Anda berbicara dengan pasangan dan anak-anak, tetap jaga intonasi suara karena intonasi suara bisa memberikan arti yang berbeda, jika intonasi tinggi bisa menandakan Anda sedang marah, kesal, kecewa tentu hal ini apabila dilakukan depan keluarga secara berlanjut dapat membuat anggota keluarga merasa tidak nyaman.

Padahal kunci keluarga bahagia yaitu berbicara lembut antara satu dengan yang lain terutama pada anak-anak. Usahakan ada lingkungan tenang di rumah, sehingga Anda dan pasangan bisa menciptakan lingkungan yang nyaman, damai bersama anak-anak.

Bicaralah dengan anggota keluarga secara baik-baik, buatlah kesepakatan bersama tentang aturan dan hukuman jika ada yang melanggar. Upayakan tidak berteriak hal ini bisa menunjukkan Anda di luar kendali dan hanya akan membuat lingkungan dalam rumah tidak nyaman.

Jangan Bertengkar Di Hadapan Anak-Anak

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : nakita.grid.id

Perbedaan pendapat sering kali terjadi yang mengakibatkan pertengkaran tak bisa dihindari, terlebih jika kedua pihak sedang dalam keadaan yang tidak stabil. Untuk menjaga dan mempertahankan rumah tangga yang bahagia dengan mengusahakan agar tidak bertengkar di depan anak-anak. Apabila anak-anak melihat Anda dan pasangan berkelahi, berdebat dengan intonasi tinggi, segera minta maaf padanya dan katakan bahwa semuanya sudah kembali baik-baik saja.

Jika anak-anak sering melihat orang tuanya bertengkar maka kejadian tersebut bisa terekam dalam memori otaknya. Bukan tidak mungkin hal ini bisa berpengaruh pada perilaku anak tersebut hingga dewasa nanti.

Luangkan Waktu Bersama Keluarga

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : intisari.grid.id

Bekerja memang dibutuhkan untuk menghasilkan uang sehingga kebutuhan dalam rumah tangga dan anak-anak bisa terpenuhi. Tak heran jika orang tua bekerja lebih giat dalam mencari uang yang banyak. Akan tetapi bekerja terus menerus dan tidak meluangkan waktu hanya sekedar untuk bermain, belajar bersama anak. Hal ini bisa membuat anak merasa bosan dan terabaikan.

Padahal orang tua berusaha keras untuk membahagiakan anak-anaknya. Sebaiknya jadwalkan waktu luang kalian untuk bermain, belajar bersama, sehingga anak akan merasa dihargai dan diperhatikan oleh orang tuannya.

Menjaga Harmonisasi Antara Saudara

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : bernas.id

Jika Anda telah dikaruniakan anak yang banyak, bersyukurlah. Memiliki anak yang banyak tentu menyenangkan, suasana dalam rumah juga menjadi rame. Akan tetapi kerap kali timbul persaingan antara anak yang satu dengan saudaranya. Tentu hal ini dianggap biasa, namun bila sering terjadi bisa membuat suasana dalam rumah menjadi gaduh. Orang tua menjadi penengah di antara mereka, berikan pengertian dan pemahaman kepada mereka tentang masalah yang diperebutkannya.

Biasanya mereka akan langsung mengerti maksud orang tuanya dan saling minta maaf dengan saudara kandungnya dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Akan tetapi namanya juga anak-anak meskipun mereka sudah saling memaafkan tetap ada saja hal yang diperebutkan. Jangan bosan-bosan untuk selalu mengingatkan mereka ya.

Hiburlah Pasangan Anda

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan

Sumber Foto : bp-guide.id

Hiburlah pasangan Anda atau keluarga dengan membuat suatu lelucon pribadi, hal ini bisa membuat kalian lebih dekat, membangun rumah tangga yang bahagia. Anda dan pasangan juga bisa saling memberikan nama panggilan yang terdengar lucu dan berbeda dari biasanya.

Bersikap Fleksibel

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : idntimes.com

Sikap fleksibel bisa membuat hubungan kalian berjalan lancar dan tidak ada rasa bosan, tegang dalamnya. Dalam membangun sebuah rumah tangga yang bahagia, Anda dan pasangan harus memiliki sikap fleksibel kepada seluruh anggota keluarga supaya lebih mudah membaur dan menyeimbangi sikap satu sama lain.

Menjaga Komunikasi

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan
Sumber Foto : ibupedia.com

Faktanya hubungan yang langgeng dan harmonis tercipta dari komunikasi yang lancar dan intens. Komunikasi menjadi salah satu peran penting dalam membangun keluarga yang harmonis, pastikan semua anggota keluarga dapat berkomunikasi secara terbuka dan jujur satu sama lain.

Mengulang Masa Pacaran

Rahasia Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga Bahagia Percintaan

Sumber Foto : tripzilla.id

Lamanya usia pernikahan Anda tidak masalah untuk bisa mengulang masa pacaran. Anda dan pasangan bisa mengulangi hal-hal semasa kalian pacaran, misalnya saja dengan mengirimkan pesan singkat yang romantis, kencan di tempat favorit kalian dan bergandengan tangan saat berjalan bersama atau bisa mengungkapkan rasa sayang satu sama lain dengan memberikan kado yang tak terduga untuk pasangan walaupun bukan di hari istimewa kalian. Pastinya semua hal ini bisa membuat istri bahagia dan makin mencintai Anda sebagai pasangan hidupnya.

Itulah beberapa tips untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga bahagia dan langgeng. Semoga bisa bermanfaat.

Untuk tips dan informasi seputar hubungan percintaan lainnya, silahkan kunjungi Tulizan Cinta.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Cinta

Content AuthorYears Of Membership
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Foto stok gratis alpokat, alpukat, Amerika Afrika

Tips Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak

Tutor with litthe girl studying at home Free Photo

Kelebihan Dan Kekurangan Sekolah Homeschooling Bagi Anak