in

Rekomendasi 4 Buku Terbaik Yang Cocok Dibaca Ketika Dirumah Saja!

Pandemi covid-19 tampaknya belum menemui kata akhir terutama di Indonesia. Pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun lamanya ini menyebabkan pola kehidupan manusia berubah. Banyak aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah kini terpaksa dilakukan dari rumah saja. Tentu saja terbiasa beraktivitas diluar dan kini harus dirumah saja bisa menyebabkan stress. Banyak orang yang jadi mencari rekomendasi buku terbaik yang dapat mereka baca sembari menghabiskan waktu dirumah saja.

Tetapi dibalik itu semua ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan dirumah. Diantaranya ialah membaca buku. Menurut penelitian yang dilansir dari Her, membaca selama 6 menit dapat menurunkan stress hingga 68%. Ada begitu banyak rekomendasi buku terbaik yang dapat dijadikan acuan untuk mengisi waktu ditengah pandemi ini.

Selain meredakan stress, membaca buku juga membantu kita untuk mengembangkan potensi yang ada didiri kita,lho! Dalam artikel dibawah ini, penulis telah merangkum 3 rekomendasi buku terbaik yang cocok dibaca untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik selama masa pandemi saat ini. Yuk simak artikel dibawah ini!

1. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Rekomendasi 4 Buku Terbaik Yang Cocok Dibaca Ketika Dirumah Saja! Buku

Foto : dok. Gramedia.com

Buku ini merupakan buku best seller yang ditulis oleh seorang blogger terkenal, Mark Manson. Diterbitkan tahun 2016, buku ini menuai kesuksesan luar biasa. Buku dengan judul asli the subtle art of not giving a f*ck! ini telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa diantaranya bahasa Indonesia. Dicetak ulang dengan bahasa Indonesia pada tahun 2018, buku ini juga laris manis di berbagai toko buku di Indonesia dan menjadi rekomendasi dari banyak orang. Secara keseluruhan, sebuah seni untuk bersikap bodo amat membahas mengenai 3 seni untuk membantu kita lebih cuek dengan hal-hal yang tidak penting. Buku yang berjenis pengembangan diri ini pertama membahas mengenai seni masa bodo dengan halangan. Mark mengungkapkan kadang kala kita harus masa bodo dengan halangan yang akan kita hampiri. Rintangan merupakan hal biasa yang akan kita temui dalam mencapai sesuatu yang kita inginkan, jadi sudah saatnya kita masa bodo dan menikmati setiap moment dalam hidup.

Kedua, seni bodo amat dengan hal sepele dan mulailah menentukan prioritas. Terkadang hal-hal sepele yang terlalu dipikirkan akan merusak segala rencana yang telah disusun sebelumnya. Dan yang terakhir adalah seni untuk memilah sesuatu hal saat kita beranjak dewasa. Mark mengungkapkan dibagian tentang pentingnya kesederhanaan. Kesederhanaan bukanlah hal yang buruk melainkan kita dapat menemukan kebahagian kita sendiri dalam kesederhanaan tersebut. Overall, buku ini cocok banget masuk dalam rekomendasi buku terbaik yang wajib dimiliki terutama buat kamu-kamu yang masih suka overthinking terhadap banyak hal yang terjadi dihidup mu. Apalagi ditengah pandemi saat ini pasti makin overthinking nggak sih? Why not to try this one?

2. Master Your Time, Master Your Life

Rekomendasi 4 Buku Terbaik Yang Cocok Dibaca Ketika Dirumah Saja! Buku

Foto : dok. Amazon.com

Buku karangan Brian Tracy ini juga cocok untuk dibaca ditengah pandemi saat ini. Selain dapat mengurangi stress, membaca buku ini membantu kita untuk lebih menghargai waktu dan menatanya sebaik mungkin. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2016 dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia ditahun 2018. Di dalam buku ini Brian Tracy mengungkapkan kualitas hidup seseorang ditentukan dari bagaimana manajemen waktu yang disusunnya. Setiap orang di dunia ini sama-sama memiliki waktu 24 jam dalam satu hari. hal yang membedakan orang sukses dengan orang yang tidak sukses hanyalah bagaimana ia mengelola 24 jam yang dimilikinya tersebut. Brian menjelaskan terdapat 10 pembagian waktu yang ia rekomendasi untuk para pembacanya dalam merubah manajemen waktunya yang masih buruk.

Pembagian waktu tersebut ialah waktu perencanaan strategis dan penetapan tujuan. Kemudian waktu produktif dengan menyelesaikan lebih banyak, waktu meningkatkan pendapatan dan waktu luang. Selain itu terdapat juga waktu kerja, waktu kreatif dan waktu pemecahan masalah. Terakhir, ada waktu bersama keluarga dan orang sekitar, waktu istirahat dan waktu tenang. Membagi waktu-waktu tersebut membantu meningkatkan produktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari. selain itu dalam buku ini, Brian juga memberikan latihan-latihan singkat yang membantu kita untuk mengelola waktu. Dimulai dengan hal – hal kecil seperti kapan waktu untuk memeriksa email maupun sosial media. Membaca tulisan Brian Tracy ini membantu kita untuk mempersiapkan diri yang lebih baik menghadapi tantangan hidup setelah pandemi berakhir.

3. Kekuatan Memaafkan

Rekomendasi 4 Buku Terbaik Yang Cocok Dibaca Ketika Dirumah Saja! Buku

Foto : dok. Gramedia.com

Rekomendasi buku terbaik selanjutnya yaitu Kekuatan Memaafkan yang ditulis oleh Amy Newmark dan Anthony Anderson. buku ini pertama kali terbit pada tahun 2014 dan menjadi salah satu buku dari series Chicken Soup for the Soul yang sudah terkenal diberbagai penjuru dunia. Kekuataan memaafkan akhirnya diterbitkan dalam bahasa Indonesia pada tahun 2018 oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku ini berisikan 101 kisah tentang kekuatan memaafkan dan mengikhlaskan untuk kehidupan yang lebih baik. Kisah yang diceritakan dalam buku ini tidak hanya berasal dari satu orang saja. 101 kisah dalam buku ini berasal dari berbagai pengalaman orang – orang yang berhasil memaafkan dan mengikhlaskan masa lalunya.

Selama pandemi tentunya kita memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. Membaca buku ini bisa membantu kita untuk melakukan self healing,lho! Terkadang kita mungkin belum benar-benar bisa memaafkan seseorang maupun mengikhlaskan suatu kejadian buruk dalam hidup ini. melalui buku ini kita akan mendapat banyak gambaran bahwa kekuataan memaafkan itu benar adanya. Ibaratnya kebencian itu adalah racun dan memaafkan adalah penawarnya.

4. The Life Changing Magic of Tidying Up

Rekomendasi 4 Buku Terbaik Yang Cocok Dibaca Ketika Dirumah Saja! Buku

Foto : dok. Amazon.com

Pandemi membuat kita berada dirumah lebih lama dari biasanya. Hal itu memang membosankan terlebih lagi jika kamu tipe orang yang tak biasa berdiam diri dirumah saja. Tetapi membaca buku The life changing magic of tidying up ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menipis rasa bosan itu. Buku ini berisikan tentang seni berberes yang bisa mendatangkan kedamaian dalam hidup. Buku yang ditulis oleh penulis terkenal, Marie Kondo ini menjadi salah satu buku yang menjadi rekomendasi banyak orang. Tak heran ini juga menjadi salah satu buku terbaik dari Kondo yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu. Banyak sekali ilmu-ilmu baru yang kita dapatkan setelah membaca buku ini. apalagi saat kita hanya berada dirumah saat ini.

Seni berberes yang dikulik oleh Marie Kondo dalam bukunya ini bisa langsung kita praktek kan lho di rumah. Berjumlah sebanyak 206 halaman, membuatnya dibaca habis dalam sekali duduk saja. Dan tak perlu menunggu lama, tangan sudah gatal ingin mempraktekan berbagai saran yang dituliskan oleh Marie Kondo dalam bukunya ini. mengutip salah satu kutipan Marie Kondo dalam bukunya ini, “Pokoknya, curahkanlah waktu dan antusiasme Anda untuk hal-hal yang paling menggembirakan Anda, yang menjadi misi Anda dalam hidup ini” ternyata menyortir barang-barang di rumah kita bisa menjadi salah satu langkah perubahan dalam hidup.

Untuk ulasan atau rekomendasi buku / novel lainnya, bisa kunjungi Tulizan Buku & Novel!

What do you think?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

9 Film Perang yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Pernah Minum Alkohol di Bawah Umur, Go Min Si Minta Maaf

Go Min Si Pernah Lakukan Diet Ketat Demi Peran Dalam Drama