in

Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton

Penggemar anime pastinya sudah tidak asing lagi mendengar istilah shonen. Banyak serial anime populer yang memiliki genre shonen. Walaupun, sudah menjadi istilah yang sering didengar oleh penggemar, nyatanya masih cukup banyak orang yang tidak memahami apa itu shonen. Nah, shonen sendiri merupakan genre dari anime atau manga yang biasanya ceritanya dikhususkan kepada remaja laki-laki. Shonen sendiri berarti “boy” atau anak laki-laki, biasanya berkisar usia 13 – 17 tahun. Shonen sendiri merupakan kebalikan dari shoujo yang berarti remaja perempuan. Biasanya konten dari genre shonen memiliki cerita mengenai petualangan, persahabatan, dan aksi. Namun, semakin ke depan, genre shonen juga berkembang menjadi lebih dari sekadar cerita untuk remaja laki-laki. Banyak pembaca genre shonen yang merupakan orang dewasa dan perempuan. Ceritanya juga banyak berkembang, dengan protagonis perempuan, cerita yang semakin berkembang, dan lain-lainnya. Tentunya dari banyaknya anime shonen, terdapat beberapa rekomendasi anime shonen yang wajib kamu tonton.

Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Sumber: Shounn Jump

Beberapa judul yang akan kami berikan mungkin akan terdengar familiar karena ada banyak judul anime shounn yang terkenal. Beberapa mungkin sudah pernah pembaca tonton. Kebanyakan genre shounn memang identik karena biasanya memiliki peran utama yang merupakan remaja, biasanya duduk di bangku SMA. Karena segmen pasar memang ditujukan kepada remaja laki-laki, tidak sedikit dari anime ini yang berlatar belakang di sekolah. Hal ini karena kebanyakan penonton yang juga duduk di bangku sekolah. Jadi, cerita tersebut dapat lebih dipahami oleh penonton. Seperti yang sudah disebutkan juga sebelumnya, genre yang satu ini mulai berevolusi seiring berjalannya waktu. Genre shounn biasanya memiliki pesan moral yang hitam putih, protagonis baik dan antagonis jahat. Namun, beberapa judul anime yang menyandang genre shonen sudah berevolusi dari hal tersebut. Cerita yang diangkat juga lebih mature dan terkadang merupakan refleksi dari realitas. Kalau begitu langsung saja kita simak apa saja rekomendasinya.

Bakuman

Mungkin judul anime yang satu ini kedengaran cukup asing di telinga orang-orang. Serial yang satu ini memang tidak sepopuler nama-nama besar lainnya seperti Naruto, One Piece, dan serial lainnya. Namun, Bakuman menceritakan kisah perjuangan dua orang remaja yang ingin mencapai mimpinya. Bakuman menceritakan perjuangan dua orang remaja yang duduk di bangku SMA berusaha menggapai impian mereka menjadi seorang komikus atau mangaka. Mashiro memiliki bakat sebagai ilustrator dan Takagi yang memiliki ide-ide brilian sebagai pengarang cerita. Bersama-sama keduanya berusaha menggapai mimpi mereka sebagai sebuah tim, menjadi mangaka yang sukses. Serial anime yang diadaptasi dari manga karya Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba ini cukup digandrungi orang-orang, terutama kaum millenial. Menariknya lagi, manga yang satu ini banyak mereferensi manga, editor, dan mangaka nyata, terutama dalam majalah Shonen Jump yang juga tempat serial manga ini terbit dari tahun 2008 ke 2012. Ceritanya mudah dipahami dan membuat kamu bersemangat dalam menggapai mimpi kamu.

Great Teacher Onizuka

Rekomendasi anime shonen selanjutnya adalah Great Teacher Onizuka atau sering disingkat GTO. Walaupun, merupakan serial anime yang agak jadul (1998), tetapi cerita dan pesan moral dari anime ini masih dapat kamu terima dan masih related dengan zaman ini. Seperti judulnya, anime ini menceritakan seorang guru SMA Onizuka Eikichi dan kehidupan sehari-harinya mengajar murid-muridnya yang terkenal sangat bandel. Biasanya kisah dari genre shonen akan dilihat dari sudut pandang siswa, tetapi GTO membawa kita melihat dari sudut pandang seorang guru. Hal ini cukup menarik karena kebanyakan penonton adalah murid SMA, sehingga manga ini bisa menjadi refleksi terhadap hubungan guru dan siswanya. Ceritanya memadukan unsur komedi dan slice of life. Diceritakan kalau Onizuka merupakan seorang anggota berandalan yang memutuskan untuk bertobat dan menjadi seorang guru. Dia berusaha menjadi seorang guru sesuai dengan filosofinya, tidak menyukai tradisi, dan lebih mengajarkan pesan moral dibandingkan mata pelajaran biasanya.

Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Sumber: Netflix

Fullmetal Alchemist Brotherhood

Serial anime yang satu ini sering dianggap sebagai salah satu serial shonen terbaik dan juga terpopuler. Serial ini populer tidak hanya di Jepang, tetapi juga di negara lainnya. Kisahnya sendiri diangkat dari serial manga Fullmetal Alchemist karya Hiromu Arakawa. Cerita Fullmetal Alchemist mengangkat kisah historical dan fantasi petualangan. Jika kamu menyukai beragam scene pertarungan, serial ini memberikan visual yang menawan dan alur cerita yang bisa membuat kamu terkagum-kagum. Menceritakan dunia dimana manusia dapat menggunakan kekuatan alchemy. Edward dan Alphonse Elrich yang kehilangan Ibu mereka saat masih muda, berusaha menggunakan kekuatan alchemist untuk menghidupkan ibunya kembali. Namun naas, sebagai bayaran tersebut, Edward harus kehilangan satu tangan dan kakinya, sementara Alphonse harus kehilangan seluruh tubuhnya. Jiwa Alphonse dimasukkan ke dalam perisai dan sejak saat itu mereka berdua bertualang ke berbagai tempat untuk mencari cara mengembalikan tubuh Alphonse. Dalam perjalanan, mereka bertemu berbagai orang dan sedikit demi sedikit rahasia mulai terbongkar.

Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Sumber: Medium

Haikyuu!!

Rekomendasi anime shonen selanjutnya datang dari kategori anime sport. Genre shonen yang banyak membahas soal petualangan, mimpi, dan kerja keras memang dapat digambarkan dengan baik melalui sport. Salah satu anime tersebut adalah Haikyuu!! Yang merupakan serial anime yang mengangkat tema olahraga bola voli. Menceritakan mengenai Kageyama Tobio dan Hinata Shoyo yang berhadapan satu sama lain saat pertandingan antar SMP. Hinata yang saat itu kalah telak dari Kageyama bersumpah suatu saat nanti akan menang darinya. Namun, siapa yang menyangka kalau Hinata dan Kageyama harus membuang rivalitas mereka dan bekerjasama dalam satu tim. Haikyuu!! Memang menjadi salah satu seria shonen yang mampu memperlihatkan perjuangan masing-masing karakter untuk mencapai mimpi mereka, rasa ingin menang, menerima kekalahan, dan rivalitas serta persahabatan. Sama seperti anime shonen lainnya, Haikyuu!! Juga memiliki unsur komedi yang membuat anime ini sangat menyenangkan untuk ditonton.

Boku No Hero Academia

Bagi penggemar anime shonen rasanya tidak lengkap jika tidak menonton anime yang satu ini. Boku no Hero Academia atau My Hero Academia memang sangat identik dengan unsur-unsur genre shonen. Serial anime ini merupakan hasil adaptasi manga karya Kohei Horikoshi yang di serialisasi dalam Shonen Jump. Menceritakan petualangan dari Midoriya Izuku atau yang lebih sering dipanggil Deku dalam menggapai mimpinya menjadi pahlawan super. Langkah pertama untuk mencapai mimpi tersebut, masuk ke sekolah khusus untuk menjadi pahlawan profesional. Dunia My Hero Academia juga sangat menarik karena membawa unsur fantasi ke dalam dunia modern. Quirk adalah kekuatan super yang dimiliki oleh banyak orang dalam dunia My Hero Academia dan Deku, sejak kecil tidak memiliki quirk apapun. Namun, dengan bantuan All Might, dia berusaha sekali lagi berusaha mencapai mimpi yang tidak pernah dia lepaskan.

Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton Otaku

Sumber: Newsweek

Itulah artikel mengenai “Rekomendasi Anime Shonen Yang Wajib Kamu Tonton:. Untuk segala hal mengenai anime, manga, dan dunia otaku lainnya silahkan kunjungi Tulizan Otaku!.

What do you think?

Advocate

Written by Tulizan Otaku

Content Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan Kopiko Muncul di Drama Vincenzo, Begini Reaksi Pecinta Drakor!

Tips Cara Menyambungkan HP ke TV